TOP
REVIEWS
Bagaimana cara menghemat battery di Android?
Mei 9 2011
11

Bagaimana sih cara menghemat battery di Android?

Haloo Mas Pbateman,

Wah, terima kasih lho udah nanya ke saya. Btw namanya unik dan lucu, kok mirip sama tokoh salah satu film yah ;)

Duh, kok jd OOT nih.. kembali ke topik, handphone Androidnya sering low-bat ya? pasti deh sering nelponin pacar gelap :)

Berikut jawaban Anggun yaaa...

Kalau mau menghemat baterai di ponsel Android ada beberapa cara lho, misalnya dengan:

1. Fitur Battery Usage Screen

Mas Pbateman tau kan, hp Android punya fitur yang bisa lihat apa saja yang menguras baterai di ponsel. Nah caranya tinggal masuk ke Setting - About Phone - Battery Use. Gambarnya saya attach dibawah yah

 

2. Atur intensitas cahaya layar secukupnya

Memang mas, kalau terang-terang itu selain menguras baterai juga kurang romantis. ;)

Layar ponsel kan sering menyala dan kalo terang-terang pasti bisa menguras baterai. Jadi atur saja lampu layar menjadi yang paling gelap, tapi jangan sampai tidak bisa dibaca lho. Caranya dengan masuk ke Setting - Display - Brightness.

Nah kalau masih kurang bisa juga waktu timeout diisi sekecil mungkin jadi layar bisa langsung mati kalau tidak digunakan. fitur auto juga boleh diaktifkan kalau mas PbateMan sering berpindah-pindah dari tempat yang cahayanya berbeda (terang-gelap).

3. Coba lihat, WiFi nya udah terputus belom? =)

Kalau ga dipakai, Wi-Fi nya jangan dinyalain terus lho karena dapat menguras baterai. Jadi dinyalakan kalau diperlukan aja yah, soalnya ponsel akan terus mencari jaringan hotspot tersedia di sekitar kita kalau dinyalakan.

Satu lagi soal WiFi, kalau kita sedang menggunakan WiFi dan layanan internet unlimited sekaligus, atur aja agar WiFi always On. Dengan begini kalau layar mati, WiFi tidak akan mati. Tau kan kalau WiFi mengkonsumsi baterai lebih sedikit jika dibandingkan koneksi 2G/3G.

Caranya masuk ke Settings - Wireless & networks - Wifi Settings - Tekan tombol menu - Klik advanced - Atur Wifi sleep policy ke never.

4. Coba dilihat, Bluetoothnya udah mati belom? =D

Ini nih yang Anggun juga sering kelupaan =( Kalau emang ga dipakai mending Bluetoothnya dimatikan aja mas, caranya dengan masuk ke Settings - Wireless & networks - Bluetooth. Penggunaan aksesoris tambahan dengan Bluetooth juga bisa cepat menguras baterai lho.

5. Gunakan Power Widget (untuk mematikan GPS, Bluetooth, Wireless, dan Cahaya layar)

Android punya widget berguna lho yang namanya Power Widget, fungsinya yah untuk mematikan atau menghidupkan fitur-fitur tersebut. Caranya juga mudah cukup tahan lama di bagian kosong Homescreen - Widget - Power Control.

6. Jangan gunakan Live Wallpaper

Kalo yang ini mas PbateMan harus milih, mau korbanin tampilan antarmuka ciamik atau daya tahan baterai. Kalau pilih baterai, nah fitur Live wallpaper ini dimatikan yah, karena akan membuat Launcher menjadi tidak stabil sehingga membuat baterai cepat habis. =)

7. Biasakan gunakan tombol Back untuk keluar aplikasi

Kalau ingin keluar aplikasi coba mas biasakan menggunakan tombol Back (bukan tombol Home lho, jangan ketukar yah ;p). Terkadang ada saja aplikasi yang kalau tombol home yang ditekan masih tetap aktif dan menjalankan suatu proses, sedangkan tombol Back bisa menghapus aplikasi tersebut sepenuhnya.

Itu semua yang Anggun jawab berdasarkan pengalaman Anggun memakai Hp Android lho. Moga-moga bisa membantu memaksimalkan baterai HP Android mas PbateMan yah. Tapi kalau mau benar-benar irit baterainya, HPnya jangan dipakai atuh mas, jadiin tongkrongan aja ;p

With Love, TeknoLady

KOMENTAR
Login atau Daftar untuk memposting komentar
wrote on Mei 23 2011
@Andre Taufik.... mungkin gak kalo permasalahan yg loe alamin terkait resolusi layar?
yg laen mungkin bisa bantu...
wrote on Mei 23 2011
well, kalo gw pake Android Booster buatan Netqin di Nexian Journey gw yg masih mentok di Eclair 2.1
gabungan antara Task Killer & Power Control + bisa On Off Mobile Networks. Jadi kalo mau browsing or chatting seperlunya aja. Biasanya gw matiin pas malam hari. Kalo Pagi sampe sore gw aktifin terus krn gw pake buat Push Email, YM, WhatsApp & aplikasi lain yg butuh koneksi data... result : seharian masih kuat battery-nya... biasanya bisa 2x nge-charge. he5x...
wrote on Mei 18 2011
hii gan app yg kalian omongin tu gaa ad buat hpe ane galaxy 551 ,, mohon pencerahan,,
wrote on Mei 17 2011
nice info :)
wrote on Mei 16 2011
yang pasti aplikasi online macam Gtalk, YM, dan yang sifatnya auto start itu yang paling jengkelin. solusinya donlod gemini app manager... selain bisa hapus aplikasi juga bisa manage aplikasi yang selalu auto start. semoga bermanfaat.
wrote on Mei 14 2011
pake aplikasi juice defender, lalu aktifkan mode offline pada jam 2 pagi sampe jam 6, aktifkan juga mode mobile karena saat gadget lock maka tidak akan ada koneksi data, jika di unlock maka koneksi data hidup kembali.
wrote on Mei 13 2011
juicedefender itu sepertinya bikin irit, coba pake kelihatannya sih memang lebih irit, entah apa cuma sugesti
wrote on Mei 10 2011
mencoba kasih alternatif lain..
buat bantu lebih hemat batrei dan pulsa...
download di market --> Green Power battery saver
JIka rooted user, bisa donlot aplikasi Sysctl Config, setingan yg dipake untuk average user..
Sysctl suppot = enable
in free kbites = 16384
dirty ratio = 90
dirty background ratio = 55
VFS cache Pressure = 20
Oom Allocating task = enable
wrote on Mei 10 2011
Satu lagi, klo pengen sangat hemat ya pakai koneksi 2g aja karena lebih stabil

Biasanya yg bikin cpt habis itu karena dipakai untuk download2 file dll, cpt banget turun btrainya dan cepet panas (pengalaman pribadi)
wrote on Mei 4 2011
thanks ya, teknolady <3
hp masa jd tongkrongan, mubazirzirzir dong.... :p
Halaman 1 dari 2
1 2
RECENT
REVIEWS
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Sony Xperia T3
Akan Datang
8
Aug 19 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
51
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
29
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014