TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia Ion LT28i
Ujung Tombak Sony Xperia Saat Ini
Jul 26 2012 3:06PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.1
114
39162

Sony Xperia S sudah kami review akhir Maret lalu. Kini Sony merilis sebuah ponsel yang mirip dengan smartphone Android tersebut. Dinamakan Xperia Ion dan dibandrol sekitar Rp. 5,6 juta, perbedaan utamanya dengan Xperia S adalah layarnya yang lebih besar (4.6 inci vs 4.3 inci), adanya slot micro SD dan desain yang agak berbeda dikarenakan Xperia Ion ini bukan seri NXT, yang ditandai dengan tiadanya bar transparan di bagian bawah Xperia Ion. Lainnya kurang lebih berfitur sama, yakni kamera belakang 12 megapiksel, layar HD 720p dengan Bravia Engine, OS Android 2.3 Gingerbread, prosesor Qualcomm Snapdragon 1.5GHz, GPU Adreno 220, RAM 1GB, port Micro SIM dan port HDMI.


Paket Penjualan:

  • Dus
  • Kartu Garansi
  • Kabel data+charger
  • Startup guide
  • Handsfree stereo tipe in-ear MH750



Desain dan bodi
Impresi pertama yang muncul ketika melihat dan memegang ponsel ini adalah ukurannya yang besar dan berat. Bagian belakang melengkung mengikuti lengkungan telapak tangan sehingga genggaman ponsel lebih mantap. Jika disebut ukurannya besar dan berat ternyata tidak juga karena ponsel ini hanya sedikit lebih besar dari Xperia S. Beratnya pun sama yakni 144 gram. Jadi, bisa dibilang Xperia Ion memiliki dimensi dan berat lebih efisien sebab layarnya 4.6 inci, lebih besar daripada Xperia S yang hanya 4.3 inci.

Untuk desain sendiri mirip dengan Xperia P, dengan sudut-sudut lancip, serta bagian belakang stainless yang membuat built quality dan material dari ponsel ini terasa mewah. Semua tombol ada di sebelah kanan, yakni lock/power, tombol volume dan tombol kamera. Port HDMI dan micro USB ada di sebelah kanan sementara jack audio 3.5 mm ada di bagian atas. Slot micro SIM dan micro SD ada di belakang ponsel, tersembunyi di balik bagian atas ponsel dan mesti digeser, suatu hal yang agak menyulitkan. Batere 1900mAh pada ponsel ini bersifat paten alias tidak bisa diganti-ganti.







Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Layar
Dengan layar jumbo 4.6 inci beresolusi HD, tidak salah jika kita berharap banyak pada Xperia Ion, terlebih lagi ada Bravia Engine yang menjanjikan tampilan multimedia yang prima. Resolusi 1280x720 di bidang 4.6 inci membuat Xperia Ion menembus batas 300 piksel per inci, tepatnya 319 ppi. Untuk tingkat kontras dan kepekatan warna hitam sudah tergolong oke untuk ukuran LCD, meski masih jauh dibanding layar tipe OLED. Bravia Engine membuat tampilan foto dan video sangat menarik, warna yang ditampilkan cukup nendang . Sudut pandang layar, warna, kontras dan keseluruhan layar LCD pada Xperia Ion tergolong kurang bagus jika dibandingkan HTC One X yang menggunakan Super LCD 2.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Input teks, Contact dan Messaging, Timescape
Keyboard yang tersedia adalah Xperia Keyboard dengan fitur- fitur standar seperti bahasa, sugesti, quick fixes dan lain-lain. Meski desain ponsel tergolong lebar namun pengetikan 1 tangan masih tergolong nyaman.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Kontak sama dengan ponsel Android lainnya, bisa disinkronisasikan dengan akun Google, Facebook, Twitter dan akun online lainnya.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Untuk messaging yang tersedia adalah SMS, MMS, email melalui Gmail dan akun lainnya, serta Instant Messenger berupa Google+ Messenger dan Google Talk.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Timescape merupakan fitur unik dari smartphone Sony Xperia, menggabungkan Facebook, Twitter dan Foursquare ke satu tempat dengan tampilan scrolling yang menarik. Di sini juga Anda bisa melakukan update status ke FB maupun Twitter.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Antar Muka
Untuk user interface pada Xperia Ion kurang lebih sama saja dengan smartphone Xperia dengan OS 2.3 Gingerbread lainnya. Memiliki homescreen dengan 5 halaman yang dapat ditambahkan widget dan akses pintas ke aplikasi, anda dapat megubah Wallpaper, juga mengubah theme. Cubit layar homescreen maka akan muncul Overview Mode. Terdapat 7 Themes aksen warna yang dapat anda pilih yaitu Silk, Turquoise, Emerald, Sapphire, Gold, Ruby dan Amethyst. Perpindahan layar dari halaman ke halaman cukup lancar walaupun banyak widget yang terpasang, hal yang wajar mengingat prosesornya sudah dual core 1.5GHz ditambah lagi dengan GPU Adreno 220. Di bar notifikasi hanya ada notifikasi, tak ada akses pintas ke setting maupun pengaturan singkat aktif tidaknya WiFi, Bluetooth dan sebagainya. Pada bagian drawer aplikasi, desainnya terbagi menjadi beberapa halaman yang tersusun secara horizontal. 1 halaman menu utama terdiri dari 20 ikon app (4 kolom dan 5 baris) yang dapat disortir urutan-urutannya berdasarkan own order (susunan pengguna), alfabet, most used (paling sering dipakai akan menjadi urutan teratas) dan recently installed (aplikasi yang baru diinstal akan menduduki posisi teratas). Tentu saja Anda juga bisa mengatur secara bebas susunan aplikasi semau Anda.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery




Kamera
Beresolusi 12 Megapiksel, kamera belakang Xperia Ion menjanjikan hasil yang bagus, terlebih lagi dilengkapi sensor Exmor R. Untuk fiturnya sendiri ada Scene, 3D Sweep Panorama, Sweep Multi angle, Sweep Panorama, pilihan resolusi, flash, self timer, smile detection, geotagging, shutter sound, dan data storage. Untuk metode pemotretan, ada tombol virtual, touch capture dan tombol fisik. Tombol fisik ini sangat membantu agar hasil foto tidak blur dikarenakan genggaman tangan akan lebih mantap saat memotret. Selain itu, tombol kamera di ponsel ini juga bisa berfungsi untuk mengaktifkan Quick Launch. Pada saat layar dalam kondisi terkunci, tahan tombol kamera dan kamera pun langsung memotret. Juga bisa diatur agar Quick Launch menjadi akses pintar ke kamera saja. Fitur yang sangat berguna.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Hasil foto cukup bagus baik dalam maupun luar ruangan, meskipun di dalam ruangan noise cukup terasa. Makro mode-nya cukup bagus dan tajam. Adanya tombol shitter kamera juga sangat berguna dalam mengambil foto yang bagus. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat foto di bawah:

DSC_0032

DSC_0031

DSC_0030

DSC_0025

DSC_0023

DSC_0016

DSC_0009


Perekam Video
Untuk perekam video fitur-fitur yang ada adalah Scene, tingkat eksposur, dan mengaktifkan LED flash untuk video light. Serta pilihan resolusi, selftimer, mode fokus, white balance, metering, stabiliser, mic. Continous autofokus berlangsung saat merekam video. Hasil perekaman video 1 menit menghasilkan file sebesar 100MB, dengan bitrate 13800kbps dan framerate 29 frame per detik. Hasilnya bagus, apalagi perekam video pada Ion ini bisa melakukan makro mode.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Galeri Foto, Video, Pemutar Musik dan Radio FM
Dalam hal tampilan, tidak ada yang spesial di galeri foto pada Xperia Ion. Ponsel ini menggunakan galeri standar ponsel Android. Meskipun standar tapi memang galeri ini sudah cukup, ada fitur-fitur seperti Share, Crop, Rotate, melihat detil-detil foto, serta memutar slideshow untuk folder pada galeri. Ang menarik adalah integrasi Facebook, foto-foto Anda dari Facebook tampil disini, namun tentunya untuk melihat foto-foto tersebut diperlukan koneksi internet.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Xperia Ion tidak memiliki aplikasi terdedikasi untuk pemutar video. Jadi video hanya tampil bareng dengan foto di gallery saja. Video yang bisa diputar dengan smooth dan lancar antara lain: .mp4 sampai resolusi 1080p, .mkv sampai resolusi 1080p, file divX/Xvid, file .mov resolusi 720p. Sementara file yang tidak terbaca di galeri adalah file .wmv. Bravia Engine membuat video tampil maksimal dengan tingkat kontras dan saturasi yang bagus. Meski bisa memutar banyak format video, namun pengaturan video player sangat sederhana, hanya ada timeline video saja. File subtitle .srt pun tidak terbaca. Solusinya Anda bisa mengunduh aplikasi pemutar video pihak ketiga seperti Mobo, Mxplayer dan lain-lain di Android Market.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Pemutar musik Xperia Ion berpenampilan menarik, tentunya dengan tampilan cover art. Pembagian lagu antara lain berdasarkan track, album, artis, playlist, SensMe Channels (berdasarkan mood), dan My Favorite. Tentu saja Anda bisa membuat playlist sendiri dengan mudah. Selain itu ada mode shuffle dan mode repeat. Untuk pengaturan-pengaturan efek suara yang ada adalah equalizer (membuat pengaturan sendiri atau memilih eq standar seperti Rock, Jazz, Pop dan lain-lain), fitur Headphone Surround untuk efek suara 3 dimensi ketika mendengar lagu menggunakan headset baik itu Studio, Concert, fitur xLOUD untuk meningkatkan tingkat kebisingan loudspeaker ponsel, lalu ada fitur edit informasi lagu, Anda bahkan bisa memasukkan album art sendiri. Lagu yang ada bisa langsung dicari video klipnya di Youtube, mencari info, lirik bahkan versi karaoke di Youtube.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery

Untuk memutar radio Anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena radio. Ada fasilitas scanning pada Radio FM ponsel ini.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Konektivitas
Xperia Ion yang masuk ke Indonesia adalah versi HSDPA dan GSM Quadband, sesuai dengan jaringan maksimal yang bisa diperoleh disini. Selain itu, ada WiFi b/g/n dengan kemampuan WiFi Hotspot, bluetooth 2.1, micro USB dan port HDMI serta teknologi NFC, namun dalam paket penjualan Tag tidak disertakan.

Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Web Browser
Maksimal tab yang bisa dibuka web browser bawaan sampai dengan 8 buah. Performa browser saat membuka situs fullsite sangat smooth dan lancar. Membuka Youtube dan melakukan streaming video 720p pun tidak terlalu memberatkan kinerja ponsel. Terlebih lagi layar HD 4.6 inci sangat mendukung tampilan situs HTML. Sayangnya di browser tidak ada opsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Untuk fitur-fitur lain adalah berbagai pengaturan standar browser seperti history, cookies, javascript dan lain-lain.


Sony Xperia Ion LT28i Review Gallery


Benchmarking
Quadrant Standart: 3009 poin
Mutitouch Tester: maksimal 10 poin
NenaMark2: 37.7 fps
CamSpeed: lihat foto
SunSpider: 2658.3 ms
BrowserMark: 66404


Sun Spider


BrowserMark


Quadrant Standart


Multitouch Tester


NenaMark 2


CamSpeed, resolusi 12MP tanpa autofokus


CamSpeed, resolusi 12MP dengan autofokus

Daya Tahan Batere

Derngan baterai berkapasitas cukup besar yakni 1900mAh, mampu membuat Xperia Ion bertahan seharian dari pagi sampai malam dalam penggunaan sehari-hari yang normal seperti sesekali browsing, jejaring sosial dengan background notification), memutar musik dan video serta memotret dengan kamera 12MP miliknya.


Kesimpulan

Sebagai smartphone Sony yang memiliki spek tertinggi saat ini, Xperia Ion memiliki sejumlah kelebihan seperti layar HD, kamera 12MP serta desain ala Sony Xperia. Untuk pesaingnya dengan harga sekitaran Rp. 5,5 juta, ada beberapa pilihan seperti BlackBerry Dakota (beda segmentasi), dan HTC One S dan Samsung Galaxy Note (beda segmentasi). Jika dibandingkan dengan HTC One S, kelebihan Ion adalah layar HD yang besar dan kamera 12MP, namun One S sudah menggunakan Ice Cream Sandwich dan prosesor dengan clock yang lebih besar. Yang pasti harga kedua ponsel ini berdekatan dengan LG Optimus 4X yang sudah menggunakan prosesor quadcore. Namun tentu saja pilihan ada di tangan Anda, semua tergantung selera,

Kelebihan:

  • layar 4.6 inci HD 720p dengan Bravia Engine
  • kamera 12MP dengan Exmor R
  • Desain khas jajaran Xperia
  • material bagus
  • tombol fisik kamera
  • port micro HDMI
  • ada slot micro SD

Kekurangan:

  • masih menggunakan Android 2.3 Gingerbread
  • batere tidak bisa diganti
  • sudut pandang layar kurang bagus
  • bodi agak berat



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014