TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Ace 2 - I8160
Ponsel dengan Pesona dan Performa Lebih dari Pendahulunya
Jul 26 2012 3:01PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.6
96
95274

Setelah disegarkan oleh seri Ace Plus, kini jajaran kelas menengah Samsung Galaxy Ace kembali disegarkan dengan Galaxy Ace 2 - I8160. Galaxy Ace 2 memiliki peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan dari Ace Plus, tercatat tertanam prosesor dual core dibandingkan sebelumnya yang hanya single core. Dengan desain yang mirip dengan pendahulunya dan dibanderol dengan harga 2,9 juta rupiah, layakkah ponsel ini untuk anda miliki? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quad band GSM 850/900/1800/1900
  • HSDPA 900/2100 14.4 Mbps
  • Prosesor Nova Thor U8500 dual core 800 MHz Cortex-A9
  • Layar sentuh WVGA PLS TFT kapasitif 3.8 inci (480x800 piksel) (~246 ppi)
  • Kamera utama 5MP 2592 x 1944 pixels, autofokus, LED flash
  • Kamera sekunder VGA
  • Android OS Gingerbread v2.3.6
  • Memori 4GB (2GB sistem, 1GB aplikasi, 1GB USB storage) RAM 768MB
  • Baterai Lithium Ion 1500 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Galaxy Ace 2
  • Baterai Lithium Ion 1500 mAh
  • Charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu Garansi


Desain dan Bodi
Galaxy Ace 2 berdimensi 118.3 x 62.2 x 10.5 mm dengan berat 122 gram. Desain Galaxy Ace 2 ini mirip sekali dengan Galaxy Ace Plus. Jika dibandingkan juga desainnya mirip seperti desain Galaxy S III dalam ukuran yang lebih kecil. Seperti biasa Samsung menggunakan material plastik untuk seluruh bodi ponsel dengan aksen frame krom untuk memberi aksen mewah dan tidak murahan. Tidak ada suatu yang spesial dalam hal desain, mirip seperti ponsel Android Samsung pada umunya. Ponsel terasa kokoh dan cukup nyaman untuk digenggam. Dimensi ponsel juga terasa compact untuk dimasukkan ke dalam kantong.




Galaxy Ace 2 ditawarkan dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih, untuk warna hitam bagian back cover bertekstur sedangkan untuk warna putih polos mengkilap, seperti pada ponsel lain Samsung akhir-akhir ini.


Pada bagian muka terdapat earpiece, sensor proximity, kamera sekunder, layar sentuh 3,8 inci, dua tombol fungsi Android berjenis kapasitif dan sebuah tombol home berjenis fisik. Bagian belakang terdapat kamera utama, LED flash, speaker.


Bagian kiri ponsel terdapat tombol lock/power, bagian kanan terdapat lubang strap, tombol volume, dan slot kartu memori microSD. Bagian atas hanya terdapat port headser 3,5mm, sedangkan bagian bawah terdapat mic dan port charger/ koneksi PC berjenis micro USB 2,0.


Samsung Galaxy Ace 2 - I8160 Review Gallery

Layar
Galaxy Ace 2 menggunakan layar berjenis PLS LCD TFT dengan resolusi WVGA (480 x 800 piksel) berukuran 3,8 inci. Tampilan yang dihasilkan sangat memanjakan mata, terlihat terang, tajam dan halus. Untuk dilihat dibawah sinar matahari juga masih terbilang cukup baik, karena lapisan kaca tidak terlalu memantulkan cahaya. Sudut pandang layar juga luas meskipun dilihat dari kemiringan yang ekstrim, layar masih dapat terlihat dan terbaca.

Antar Muka
Sangat disayangkan ponsel baru yang memiliki spesifikasi mumpuni ini hanya diberikan sistem operasi Android Gingerbread v2.3.6 yang tidak jelas juga apakah diberikan update ke ICS atau harus menerima nasib.


Antar muka yang digunakan, antar muka Touch Wiz 4.0, sehingga meskipun masih menggunakan Android roti jahe tapi pengalaman ice cream sandwich ala Samsung masih sedikit terasa. Dengan dukungan prosesor dual core serta sensivitas layar yang baik, pengalaman menelusuri bagian-bagian menu dapat dilakukan tanpa masalah.


Halaman homescreen memuat hingga 7 halaman yang dapat di kustomisasi sesuai keinginan. Jendela notifikasi hadir dengan ciri khas Samsung tidak ada perubahan. Begitu juga dengan tampilan drawer aplikasi masih sama standar Android Samsung dengan formasi ikon 4 x 4 serta 4 buah ikon yang memiliki posisi tetap baik di homescreen atau drawer. Lockscreen hadir dengan kemampuan menampilkan mini music player jika sedang mendengarkan musik sehingga untuk sekedar mengganti track atau pause dapat dilakukan tanpa membuka lockscreen.



Samsung Galaxy Ace 2 - I8160 Review Gallery

Pilihan input teks saat kondisi default terdapat tiga pilihan yaitu DioPen Chinese IME, Samsung Keypad, dan Swype. Dengan ukuran 3,8 inci kami rasa proses pengetikan dalam posisi potrait tidak begitu menjadi masalah, kecuali anda yang memiliki jari besar, namun dapat diatasi dengan melakukan pengetikan di posisi landscape atau mencari aplikasi keyboard yang sesuai.


Contact dan Messaging
Untuk urusan ini, Galaxy Ace 2 masih menawarkan fasilitas yang sama seperti ponsel Android Samsung lain, yang memiliki nilai praktis dan intuitif. Contact dan phone memiliki isi menu yang sama hanya beda di highlight ketika masuk ke menu tersebut. Jalan pintas untuk melakukan panggilan dan perpesanan juga hadir. Agar lebih sosial dan update anda juga dapat mengintegrasikan akun jejaring sosial anda ke contacts. Karena sudah memiliki kamera depan, maka anda dapat melakukan panggilan video di Galaxy Ace 2 ini.



Messaging juga masih sama hadir dengan kemampuan sms ala Android, email dengan Gmail dan talk sebagai layanan pesan instan secara default. Sekali lagi tidak ada masalah dan sesuatu yang spesial disini.

Kamera
Galaxy Ace bersenjatakan kamera utama bersensor CMOS 5MP dengan kemampuan autofokus serta ditemani LED flash untuk melakukan pengambilan gambar di lingkungan minim cahaya, dan juga kamera sekunder yang berada di muka beresolusi VGA untuk melakukan panggilan video atau sekedar untuk mengaca.

Tampilan antar muka dan pilihan pengaturan pengambilan gambar sama juga masih sama seperti standar Android Samsung, terdapat smile shot, panorama, action shot, cartoon, dan fitur lainnya.





Untuk pengambilan dalam ruangan, kamera utama Galaxy Ace 2 menghasilkan foto yang sedikit berkabut dengan warna yang agak pucat dan tidak terlalu tajam, lain halnya jika anda menggunakan flash, maka hasil akan terlihat lebih berwarna.


Untuk pengambilan gambar luar ruangan, hasil yang diberikan cukup berwarna cerah namun masih dengan efek sedikit berkabut. Bisa dibilang kamera 5MP milik Galaxy Ace 2 bukan yang terbaik bahkan sedikit dibawah kamera sekelasnya yang lain.


Samsung Galaxy Ace 2 - I8160 Review Gallery

Perekam Video
Kamera utama di Galaxy Ace 2 dapat melakukan perekaman video hingga 720p 30fps. Anda dapat juga memberikan efek seperti negatif, hitam putih dan sepia selama perekaman belangsung. Hasil perekaman video ini dalam hal ketajaman gambar terbilang bagus, hanya saja warna yang ditampilkan kurang baik, cenderung pucat.




Multimedia
Untuk gallery masih sama menggunakan tampilan standar gallery Android dengan efek 3D dengan beragam fitur yang menyertainya seperti edit, crop, share, rotate, dan lainnya. Kumpulan foto akan otomatis dikelompokkan berdasarkan folder. Anda juga dapat melakukan sorting berdasarkan waktu pengambilan foto.



Konten video dapat diputar melalui gallery atau aplikasi video terdedikasi. Video dapat diputar hingga resolusi maksimal 720p. Kami melakukan tes dan menemukan hampir semua format video dapat diputar dengan lancar kecuali untuk format MOV, dan WMV yang hanya muncul suara saja. Terdapat pengaturan seperti tampilan subtitle dan brightness.



Pemutar musik standar Android Samsung digunakan disini. Hadir dengan beberapa kelebihan dari pemutar musik stok seperti equalizer, sound effect, keluaran suara 5.1, dan lainnya. Kami merasakan chip audio yang digunakan ponsel ini mengalami peningkatan dibanding ponsel Android Samsung sebelumnya, karena saat mencoba via headset keluaran suara terdengar powerful. Kualitas speaker biasa saja tidak terlalu kencang juga tidak terlalu pelan. Satu lagi, saat anda mendengarkan musik atau radio maka akan muncul mini player di jendela notifikasi untuk akses cepat.




Untuk Radio FM masih hadir dengan mencolokkan headset terlebih dahulu untuk mulai mendengarkan stasiun radio favorit.


Browser
Tampilan antar muka browser standar Android Gingerbread, dan memiliki performa yang baik sehingga tidak menjadi masalah ketika membuka situs versi desktop di browser ini. Ada juga pengaturan brightness khusus untuk menu browser, dukungan multitab hingga 8 tab sekaligus, dan konten flash (mengunduh dahulu Flash 11 dari Play Store).




Untuk test HTML5 browser ini mendapatkan skor 189 dengan 1 bonus poin, dan untuk Sunspider (lebih kecil lebih baik) mendapat skor 3401.5ms.



Konektivitas
Ponsel ini mendukung jaringan GSM 3G quadband, dan dukungan HSDPA (900/2100). Ada juga konektivitas WiFi 802. 11 b/g/n, Bluetooth v3.0, slot kartu memori microSD hingga 32GB, dan microUSB v2.0. Tidak ketinggalan dukungan A-GPS GLONASS.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2323 poin


  • AnTuTu Benchmark: 4350 poin


  • Neocore : 54,4 fps


  • MultiTouch: maksimal 6 sentuhan


  • CamSpeed: 461 shutter time, 788 image time, 1479 focus time


Daya Tahan Baterai
Baterai Lithium Ion dengan kapasitas 1500 mAh menjadi tenaga untuk menghidupkan ponsel ini. Dengan kapasitas sekian dengan spesifikasi yang ada, baterai di Galaxy Ace 2 dapat menghidupi ponsel sekitar seharian dengan klaim stand by hingga 640 jam dan talk time hingga 7 jam 30 menit dalam konektivitas 3G (Kembali tergantung pada kualitas jaringan seluler dan penggunaan).


Kesimpulan
Galaxy Ace 2 merupakan ponsel yang memiliki pesona dari pendahulunya Galaxy Ace tentunya dengan performa dan spesifikasi yang lebih tinggi. Tercatat ada beberapa peningkatan yang signifikan seperti layar,prosesor, ram, dan hadirnya kamera depan. Ponsel ini bersaing dengan ponsel dual core sejenis lain (NovaThor U8500) seperti Sony Xperia U dengan selisih harga lebih murah dan Sony Xperia Sola dengan selisih harga lebih mahal.

Jika bersanding dengan Xperia U, Galaxy Ace 2 harus mengalah di kekuatan prosesor dan sistem operasi yang masih setia di Gingerbread tanpa kejelasan update ke ICS. Namun memiliki keunggulan di memori yang memiliki slot tambahan, ukuran layar yang lebih besar, dan baterai yang lebih besar dan removeable.

Untuk bersanding dengan Xperia Sola, Galaxy Ace 2 kalah di bidang kekuatan prosesor, kapasitas memori internal, dan sistem operasi terbaru, dan teknologi floating touch yang agak kurang berguna. Sisi lain, Galaxy Ace 2 memiliki kelebihan di ukuran layar yang sedikit lebih besar, kamera depan, dan kapasitas baterai yang lebih besar dan removeable.

Jika anda tidak menghiraukan prosesor dual core, anda dapat juga mempertimbangkan HTC One V yang memiliki performa baik dan juga sistem operasi yang sudah langsung ICS serta semua kelebihannya.

Jika anda mencari ponsel Android dengan range harga tiga jutaan dengan spesifikasi yang mumpuni, ponsel Galaxy Ace 2 dapat menjadi pilihan yang baik dengan ciri khas samsung baik dari segi desain maupun software.

Kelebihan

  • Performa yang baik secara keseluruhan
  • Bodi yang compact dan mudah digenggam

Kekurangan

  • Sistem operasi yang terbilang jadul tanpa informasi update
  • Kapasitas memori internal yang tergolong kecil



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Proporta iPhone 6 Crabon Fibre Lined Case
Case Anti Peluru dari Proporta
1
Dec 22 2014
Kajsa iPhone 6 Collection Case
Case Serbaguna Untuk Smartphone Anda
0
Dec 22 2014
Cheero Power Plus Danboard Version
Power Bank Unik Keluaran Cheero
0
Dec 22 2014
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGearâ„¢ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014