TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Beam - I8530
Proyeksikan Dunia Mobilemu
Jul 24 2012 9:44AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
45
17633

Smartphone proyektor dari Samsung telah datang ke meja redaksi kami. Yap, inilah smartphone berbasis Android Galaxy Beam I8530 yang memiliki fitur unik proyektor, yang dapat memproyeksikan gambar, video, tampilan apapun yang muncul di layar ponsel ke dinding atau permukaan lain.

Ini bukan kali pertama Samsung mengeluarkan ponsel proyektor, sebelumnya ada Galaxy Beam I8520 yang dipamerkan pada acara MWC 2010 lalu, yang tidak sempat mendatangi Indonesia. Galaxy Beam I8530 dipamerkan pada acara MWC 2012, dan sudah mendatangi Indonesia bulan ini. Dengan memiliki fitur unik dan inovatif kira-kira patutkah ponsel ini berada di genggaman anda? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Proyektor DLP nHD (640x360 piksel)
  • Quad band GSM/GRRS/EDGE (850 / 900 / 1800 / 1900)
  • HSDPA 14,4 Mbps, HSUPA 5,76 Mbps (850 / 900 / 1900 / 2100)
  • Prosesor Nova Thor U8500 dual core 1GHz Cortex-A9
  • Layar sentuh WVGA TFT kapasitif 4.0 inci (480x800 piksel) (~233 ppi)
  • Kamera utama 5MP 2592 x 1944 pixels, autofokus, LED flash
  • Kamera sekunder 1,3MP
  • Android OS Gingerbread v2.3.6 (upgradeable to ICS)
  • Memori 8GB (2GB sistem, 2GB aplikasi, 4GB USB storage) RAM 768MB
  • Baterai Lithium Ion 2000 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Galaxy Beam
  • 2 buah baterai 2000 mAh
  • Kepala Charger
  • Kabel data
  • Headset in-ear
  • Desktop charger
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Galaxy memiliki dimensi 124 x 64.2 x 12.5 mm dengan bobot 145,3 gram cukup besar dan berat saat digenggam, namun ingat anda membawa proyektor mini di genggaman. Meskipun begitu bodi ponsel yang seluruhnya terbuat dari plastik ini terasa mantap ketika digenggam karena sudut-sudut yang melekuk terlebih bahan back cover plastik bertekstur dengan lapisan yang kesat seperti karet, sehingga tidak licin. Saat review ini ditulis Galaxy Beam hanya terdapat dalam pilihan warna Ebony Black dengan aksen garis kuning di sekeliling ponsel yang memberi kesan muda.



Bagian muka ponsel ini tampil khas samsung dengan dikelilingi frame chrome gelap terdapat kamera sekunder 1,3MP, sensor proximity, earpiece, layar sentuh 4 inci, dua tombol fungsi menu dan back berjenis kapasitif dan sebuah tombol fisik home. Untuk bagian belakang terdapat kamera utama 5MP beserta LED flash dan sebuah speaker dibagian bawah.




Sisi kiri ponsel terisi tombol proyektor untuk mengaktif dan non aktifkan lampu proyektor, tombol lock/power, dan slot kartu memori microSD. Sisi kanan terdapat port headset 3,5mm, tomol volume, dan slot sim card. Bagian atas hanya terdapat lampu proyeksi di bagian tengah yang memakan sepertiga luas bagian atas. Bagian bawah ponsel terdapat mic dan port charger/koneksi ke PC.

Samsung Galaxy Beam - I8530 Review Gallery

Layar
Samsung Galaxy Beam menggunakan layar sentuh TFT berjenis kapasitif 4 inci dengan resolusi WVGA (480 x 800 piksel) dengan kedalaman 233 ppi. Tampilan yang muncul terlihat tajam, terang, dan halus, sangat memanjakan mata. Hanya saja kaca pelindung layar cukup reflektif, sehingga jika dibawah sinar matahari tampilan kurang terlihat jelas.

Antar Muka
Android v2.3.6 Gingerbread masih digunakan untuk Galaxy Beam, namun jangan takut karena pihak Samsung mengatakan di situs resminya ponsel ini akan mendapatakan update Android v4.0 ICS meskipun belum jelas kapan tanggal pastinya.



Tampilan antar muka masih setia dengan TouchWiz UI v4.0 khas Samsung. Seperti biasa, halaman homescreen dapat memuat hingga 7 halaman yang dapat diisi berbagai widget, folder, shortcut. Dan bagian bawah terdapat empat buah posisi untuk aplikasi yang selalu tertampil baik di homescreen dan drawer aplikasi. Drawer aplikasi memiliki formasi ikon 4 x 4 yang ditemani latar belakang hitam transparan. Anda juga dapat mengubah tampilan menjadi tampilan list.


Untuk jendela notifikasi tampil dengan beberapa jalan pintas menu konektivitas dan jika anda sedang mendengarkan musik maka sebuah mini player juga akan muncul disini. Sama seperti jendela notifikasi, lockscreen juga akan menampilkan mini musik player jika anda sedang mendengarkan musik.



Samsung Galaxy Beam - I8530 Review Gallery

Proyektor
Inilah yang menjadi poin utama penjualan ponsel ini, yaitu proyektor mini dan portabel yang dapat memproyeksikan tampilan apapun dari layar ponsel. Fitur ini dapat diaktifkan kapan saja dengan menahan tombol proyektor diatas tombol lock/power.


Proyektor mini ini memiliki satuan cahaya 15 Lumen dimana dapat menembakkan gambar cukup jelas dengan resolusi nHD (640 x 360) walau kondisi ruangan cukup terang. Resolusi tersebut merupakan resolusi tetap untuk mode landscape, sehingga jika anda memproyeksikan gambar dalam mode potrait maka resolusi hanya resolusi crop dari resolusi nHD. Samsung mengklaim proyektor ini dapat menampilkan gambar yang dapat dilihat dengan baik hingga jarak 2 meter atau sebesar 50 inci.



Terdapat banyak pilihan menu di aplikasi terdedikasi untuk penggunaan fitur proyektor ini seperti mode Quick pad untuk mencoret-coret layar ketika melakukan presentasi atau hal lain, Visual presenter untuk menjadikan fitur proyektor seperti OHP dengan mengaktifkan kamera, sehingga anda dapat menaruh dokumen menghadap kamera dan di presentasikan kelalui proyektor, Ambience mode untuk mendekorasi ruangan atau untuk mendukung suatu momen agar lebih bermakna, Torch light menjadi senter untuk menerangi anda di ruangan gelap dengan empat pilihan warna (putih, merah, hijau, biru), terakhir mode Briefing untuk menjadikan fitur alarm lebih menarik dengan menembakkan gambar beserta informasi seperti jam, dan cuaca.








Terdapat juga pengaturan untuk proyektor seperti pengaturan fokus, keterangan dan orientasi layar. Anda juga dapat mengatur kapan layar di ponsel mati untuk menghemat daya tahan baterai. Dengan baterai berkapasitas 2000 mAh, Galaxy beam dapat memproyeksikan konten selama 3 jam dalam kondisi baterai penuh terisi. Jika terasa belum cukup, Samsung sudah menyiapkan baterai cadangan beserta desktop charger sebagai perlengkapan tambahan bawaan.



Dalam paket penjualan tidak diberikan aksesoris semacam tripod atau kickstand, namun untungnya ponsel ini memiliki desain yang nyaman digenggam dan permukaan backcover yang kesat dan bertekstur, sehingga menaruh di berbagai jenis permukaan bukanlah menjadi masalah. Bodi ponsel memang terasa panas jika fitur ini digunakan secara terus menerus namun masih dalam batas normal.

Input Teks
Dalam kondisi default terdapat tiga pilihan keyboard yang dapat digunakan seperti DioPen Chinese, Samsung Keyboard, dan Swype. Terdapat pengaturan untuk masing-masing pilihan keyboard agar lebih sesuai dan nyaman untuk pengguna. Karena Galaxy Beam memiliki layar berukuran 4 inci maka melakukan pengetikan dalam posisi potrait maupun landscape bukanlah sebuah masalah.


Contacts dan Messaging
Untuk kedua fitur ini hadir dengan tampilan standar Android Samsung, tidak tampak sesuatu yang spesial disini. Jalan pintas seperti slide ke kiri untuk sms dan slide ke kanan untuk telepon di entri contact juga dapat ditemukan disini.



Karena sudah memiliki kamera depan, maka anda dapat melakukan panggilan video melalui ponsel Galaxy Beam.


Kamera
Seperti yang sudah disinggung diatas, Galaxy Beam memiliki kamera utama beresolusi 5MP (2560 x 1920 piksel) dengan kemampuan autofokus serta ditemani LED flash. Ada juga kamera depan dengan resolusi 1,3MP untuk keperluan panggilan video dan memotret diri sendiri.


Tampilan antar mukanya juga sama seperti Android Samsung baru-baru ini, dan masih hadir tanpa tombol shutter kamera di bodi. Fiturnya terbilang lengkap berisikan berbagai pilihan mode pemotretan seperti mode fokus, scenes, panorama, smile shutter, dan lainnya.



Untuk hasil di dalam ruangan tanpa flash kamera utama Galaxy Beam kurang dapat menginterpretasikan warna dengan baik, sehingga hasilnya terlihat kusam dan tidak tajam. Untuk pemotretan luar ruangan terlihat cukup baik, hasil terlihat detil, cukup tajam dan cukup berwarna. Hasil asli dapat diunduh disini.



Samsung Galaxy Beam - I8530 Review Gallery

Perekam Video
Dengan resolusi kamera 5MP, kamera utama di Galaxy Beam dapat melakukan perekaman video hingga resolusi HD 720p. Namun untuk perekaman video fitur touch fokus absen disini, sehingga anda mau tidak mau harus menggunakan fokus tetap. Video hasil perekaman akan disimpan dalam format MP4.



Multimedia
Tampilan menu gallery standar Android saja dengan tampilan 3D beserta fitur-fitur standar lain seperti edit, crop, share, dan lainnya.



Untuk konten video anda dapat memutarnya melalui aplikasi terdedikasi atau lewat gallery. Saat kami mencoba format-format video, Galaxy Beam mampu memutar beragam format seperti MP4, AVI, MKV, FLV, M4V, namun dengan maksimal resolusi 720p. Subtitle dapat dimunculkan disini bersama pengaturan seperti ukuran dan sinkronisasi.



Pemutar musik hadir seperti pemutar musik di ponsel Androdi Samsung lain, dengan beberapa nilai tambah seperti keluaran suara 5.1, equalizer, sound effect, lirik, dan lainnya. Saat kami coba mendengarkan via headset, keluaran suara terdengar powerful dentuman bass juga terasa walau dengan pengaturan normal. Kualitas speaker juga bagus, dapat mengeluarkan suara yang kencang dan tidak pecah saat diatur ke volume maksimal.



Tidak ketinggalan Fitur klasik Radio FM masih setia menemani anda.


Browser
Browser di Galaxy Beam standar browser di Gingerbread dengan semua kelebihannya. Browser ini dapat melayani anda mumbak halaman-halaman lain dengan baik dan tidak terasa lag yang menganggu. Untuk proses zooming seperti biasa dapat dilakukan dengan pinch and zoom, double tap atau menggunakan tombol zoom di layar.


Ada pengaturan brightness layar khusus di browser sehingga anda dapat menyesuaikan tingkat keterangan layar jika anda sedang melihat atau membaca konten di halaman web. Anda juga dapat melakukan multitab hingga 8 tab sekaligus.


Browser ini juga sudah mendukung konten flash, namun anda harus mengunduh secara manual dulu Flash 11 baru berikutnya anda dapat memutar video dari YouTube versi desktop.


Konektivitas
Ponsel ini mendukung jaringan quad band baik untuk 3G maupun GSM/GPRS/EDGE dan memiliki semua konektivitas terkini, kecuali NFC, seperti WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, A-GPS, microUSB 2.0, serta dukungan kartu memori hingga 32 GB.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2803 poin
  • AnTuTu Benchmark: 5271 poin
  • Neocore : 58,5 fps
  • MultiTouch: maksimal 5 sentuhan

Samsung Galaxy Beam - I8530 Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Dengan dibekali baterai berkapasitas 2000 mAh, Samsung Galaxy Beam dikatakan mampu melakukan proyeksi hingga 3 jam sekaligus dan juga mampu memberikan talk time yang lama hingga 9 jam dalam jaringan 3G. Ya, bukan sebuah kejutan memang karena biasanya baterai dengan kapasitas diatas 1500 mAh diberikan ke ponsel yangg memiliki spesifikasi yang tinggi yang haus akan energi baterai. Jika dirasa kurang, Samsung juga memberikan baterai cadangan dengan kapasitas yang sama beserta aksesoris desktop charger.


Kesimpulan
Meskipun sebelumnya fitur proyektor seperti ini pernah muncul di ponsel-ponsel keluaran negeri tirai bambu, namun kali ini Samsung mencoba untuk lebih serius menggunakan fitur ini dengan dikombinasikan dengan sistem operasi Android serta aplikasi bawaan yang mendukung aktivitas anda, baik untuk tujuan hiburan atau tujuan bisnis.

Untuk masalah harga yang dibanderol, Samsung mematok sekitar 4,9 juta rupiah. Harga tersebut memang cukup tinggi, dan anda bisa mendapatkan ponsel lain seperti misalnya Xperia S yang sudah berprosesor 1,5 GHz dan kamera 12 MP. Namun, dengan harga segitu anda akan mendapatkan sebuah proyektor mini dengan resolusi nHD 15 lumen dengan kinerja yang dapat diandalkan, dan sebuah ponsel kelas menengah yang kami rasa cukup untuk mendukung kegiatan anda sehari-hari. Dan saat ini belum ada kompetitor lain yang sebanding dengan Galaxy Beam.

Kelebihan

  • Proyektor mini nHD 15 lumen
  • Kapasitas baterai yang mumpuni
  • Paket bawaan yang memiliki nilai tambah
  • Kualitas layar yang baik

Kekurangan

  • Bentuk bodi yang besar dan tebal
  • Performa kamera biasa saja, mengingat harga yang dibanderol cukup tinggi



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
88
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014
1
05 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
88
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
Lenovo Vibe Z K910
Fitur Cerdas Performa Buas
14
Feb 26 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.