TOP
REVIEWS
Review: Nokia Asha 305
Ponsel Layar Sentuh Bergaya untuk Pemula
Jul 10 2012 11:00AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.1
28
37074

Beberapa hari yang lalu Nokia sudah mengumumkan merilis tiga ponsel seri Asha terbaru di Indonesia. Salah satunya dalah Nokia Asha 305 dengan kelebihan Dual SIM GSM yang sudah hadir ke meja redaksi kami. Seri Asha kali ini disebut-sebut sebagai ''Smartphone lite'' yang memiliki kemampuan diatas ponsel biasa dengan bentuk full touch screen. Dibanderol dengan harga 800-ribuan, pantaskah ponsel ini berada digenggaman anda? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Jaringan Dual Band GSM (900 / 1800)
  • Dual SIM GSM On
  • Layar sentuh resistif TFT 3.0 inci, 240x400 piksel
  • Memori internal 10 MB, 64 MB ROM, 32 MB RAM
  • Micro SD up to 32 GB
  • Sistem operasi Nokia s40
  • Kamera 2 MP 1600x1200 piksel Fixed Focus
  • Bluetooth v2.1
  • Baterai Lithium Ion 1110 mAh (BL-4U)

Isi Paket

  • Handset Asha 305
  • Charger tipe AC 11E
  • Headset tipe WH-102
  • Micro SD 2GB (terdapat di dalam ponsel)
  • Manual
  • Kartu Garansi


Desain dan Bodi
Mungil dan bergaya muda, mungkin itulah kesan yang muncul jika melihat fisik ponsel Asha 305. Ponsel berdimensi 110.3 x 53.8 x 12.8 mm dengan bobot hanya 98 gram ini juga memiliki pilihan warna metal yang menarik seperti silver, red, blue, dan grey. Seperti yang sudah disebutkan diatas Asha 305 memiliki desain tanpa keypad. Material yang digunakan seluruhnya terbuat dari plastik cukup berkualitas.



Pada bagian muka terdapat earpiece, layar berukuran 3 inci, dua tombol fisik call dan end (berfungsi juga sebagai tombol power), dan sebuah mic. Bagian belakang terdapat kamera dan speaker. Untuk sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan tombol lock screen. Sisi kanan terdapat slot SIM 2 dan slot memory card micro SD. Bagian atas terdapat tiga port yaitu port charger khas Nokia, micro USB, dan headset 3.5mm. Untuk bagian bawah hanya terdapat lubang untuk strap/gantungan aksesoris.



Nokia mengatakan ponsel ini memiliki fitur Easy Swap untuk kemampuan dual sim yang diusungnya, namun hal ini hanya berlaku untuk sim card 2 yang bertempat di sisi ponsel. Sedangkan untuk sim card 1 berada di dalam dan dibawah baterai sehingga anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu.

Nokia Asha 305 Review Gallery

Layar
Ponsel Asha 305 masih menggunakan teknologi layar sentuh resistif sehingga dibutuhkan sedikit tenaga untuk navigasi di layar. Layar di Asha 305 memiliki resolusi WQVGA (240 x 400 piksel) kerapatan 155ppi dan sudah mendukung multitouch. Tampilan layar cukup baik sudut pandang juga luas.

Keuntungan dari layar jenis resistif adalah, anda dapat melakukan navigasi di layar dengan bantuan alat lain yang berbentuk seperti pen, sehingga pemilihan di layar akan lebih presisi.

Antar Muka
Meskipun dikatakan dengan sebutan Smartphone lite, namun Asha 305 masih menggunakan Nokia s40, sehingga ponsel ini tidak dapat melakukan multitasking, hanya beberapa aplikasi saja (musik, radio) yang dapat di minimize.


Tampilan antar muka Asha 305 terlihat segar dan sedikit mengadaptasi antar muka dari Windows Phone, dimana saat kita membuka lock screen dengan swipe layar ke kiri atau ke kanan, maka langsung ditampilkan jajaran ikon menu yang berwarna-warni. Swipe ke kiri atau ke kanan akan memunculkan menu seperti dialer/music/radio dan halaman shortcut. Ada juga semacam jendela notifikasi untuk pemberitahuan missed call atau sms dan juga terdapat beberapa jalan pintas seperti konektivitas, profil, music player, dan pengaturan sim card.



Anda juga bebas mengatur posisi ikon menu dan shortcut layaknya sebuah smartphone. Halaman Homescreen juga akan menampilkan informasi jika ada notifikasi yang masuk.

Nokia Asha 305 Review Gallery

Contact
Menu contact, phone, dan log memiliki isi yang sama hanya perbedaan highlight tab menu yang berbeda saat masuk ke masing-masing menu. Kumpulan contact entri akan tersusun secara alfabetis. Untuk membuat contact baru anda dapat menentukan ingin di simpan dimana apakah memori ponsel, sim card 1 atau 2. Banyak detail dan kostumisasi yang dapat anda lakukan ketika membuat contact baru. Ada juga bar pencarian untuk mencari contact dengan cepat




Messaging
Urusan sms, mms, email, instant messaging, dapat tangani dengan baik di Asha 305. Untuk SMS saat masuk ke menu messaging, akan langsung ditampilkan thread chat yang sedang dilakukan. Untuk memulai pesan baru, pilih ikon pesan baru di kanan atas dan anda akan langsung dapat mengetik isi pesan anda. Untuk pengetikan terdapat dua pilihan layout keyboard alfanumerik atau QWERTY, sayangnya tidak terdapat input dengan handwritting. Padahal layar dengan teknologi resistif ini cukup nyaman jika digunakan untuk handwritting.




Ada juga aplikasi bawaan milik Nokia untuk mengurus bidang pesan instan dari berbagai layanan seperti Facebook, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, dan lainnya. Email juga dapat anda gunakan di ponsel ini via aplikasi terdedikasi.



Gallery dan Videos
DI menu ini akan ditampilkan semua koleksi foto dan juga hasil perekaman video anda. Anda dapat melakukan sorting berdasarkan tanggal, nama, dan ukuran. Ada juga menu disebelah kanan atas untuk mengirim konten tersebut secara cepat ke MMS, email, website, atau Bluetooth. Koleksi foto dapat ditampilkan secara kelompok berdasarkan album/folder, yang dapat anda buat. Fitur slide show hadir untuk menampilkan koleksi foto anda dengan menarik.




Meskipun bukan smartphone tapi jangan takut dengan urusan filter foto, karena terdapat fitur edit foto di dalam menu gallery ini. Anda bisa juga melakukan aksi crop, warp, frames, dan lainnya di menu ini.


Untuk pemutaran video, tampilannya sangat standar. Hanya terdapat tombol play dan stop serta mute saat pemutaran video, tanpa kehadiran bar durasi. Untuk file yang dapat diputar juga sangat terbatas, video-video yang kami masukkan tidak dapat diputar dan tidak muncul gambar, hanya suara saja.


Kamera
Asha 305 hanya di senjatai dengan kamera fixed focus beresolusi 2 MP (1600 x 1200 piksel). Tampilan antar muka menu kamera terlihat menarik dengan beragam pilihan pengaturan seperti efek, lighting, self-timer, grid, dan lainnya. Untuk pilihan resolusi anda hanya diberikan tiga pilihan yaitu maximum, upload, dan phone. Tidak dijelaskan secara detail berapa resolusi yang digunakan untuk tiap pilihan.



Hasil kamera Asha 305 cukup bagus secara keseluruhan untuk pengambilan gambar dalam atau luar ruangan. Untuk dalam ruangan hasil terlihat cukup cerah dan tajam walaupun kondisi cahaya agak redup. Untuk pengambilan gambar luar ruangan juga terlihat baik, warna yang ditampilkan cukup cerah dengan tingkat keterangan yang tidak berlebihan.



Nokia Asha 305 Review Gallery

Perekam Video
Sayangnya kamera di Asha 305 hanya bisa melakukan perekaman dengan resolusi QCIF aja (176 x 144 piksel) 10fps. Terdapat beberapa pilihan pengaturan seperti efek, lightning, mic, grid, dan lainnya. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format 3GP.



Music
DI menu music ini terdapat tiga tab utama yaitu now playing, library, dan playlist. Pemutar musik ini mampu memainkan beragam format audio, seperti wav, mp4, aac, mp3, m4a, dan format lainnya. Tampilan antarmukanya juga menarik dengan tampilan album art yang besar serta penempatan tombol yang rapi dan efisien.



Koleksi lagu anda akan dikategorikan ke beberapa kelompok seperti all tracks, artist, albums, genres, dan juga anda dapat memainkan video disini. Kami merasa aplikasi music player di Asha 305 ini sudah mumpuni untuk menjadi pemutar musik andalan anda. Karena music player ini memiliki banyak fitur, salah satunya equalizer.


Asha 305 juga memiliki nilai tambah, yaitu anda dapat mengunduh ratusan lagu dari Nokia Store secara gratis selama 6 bulan. Lagu-lagu hasil unduhan ini dapat anda simpan dan mainkan diperangkat lain tanpa ada batasan.


Speaker di Asha 305 memiliki performa yang tergolong baik, saat kami coba dengan pengaturan volume maksimal keluaran suara terdengar sangat kencang dan tidak pecah.

Radio FM
Fitur klasik ini dapat anda gunakan setelah mencolokkan headset terlebih dahulu, dimana berfungsi sebagai antena. Fitur radio ini memiliki beberapa fitur standar seperti pencarian otomatis, penyimpanan 40 stasiun radio, RDS, memainkan via headset/speaker, dan ada fitur yang cukup menarik yaitu perekaman secara langsung.





Games dan Aplikasi
Asha 305 diberikan fasilitas khusus dalam hal games, meskipun sudah ada beberapa game bawaan, pengguna Asha 305 dapat mengunduh games dari publisher EA hingga 40 buah game secara gratis tentunya. Satu lagi, ponsel ini sudah ditanamkan aplikasi Nokia Maps regional ASEAN sehingga anda tidak perlu mengunduhnya lagi. Beberapa games dan aplikasi yang sudah terinstal adalah:

  • Nokia Life
  • Social
  • Dictionary
  • Chat
  • Facebook
  • Twitter
  • Weather
  • Memorize
  • Casino
  • Solitaire
  • Music guess
  • Mail
  • Golf tour
  • Picture puzzle
  • Maze




Konektivitas
Disayangkan Nokia Asha 305 hanya mendukung jaringan dual GSM (900/1800) tanpa adanya dukungan 3G, sehingga anda tidak dapat menikmati kecepatan internet mobile sesungguhnya. Nokia Asha 305 juga belum mendukung konektivitas WiFi sehingga untuk berselancar internet anda harus mengandalkan konektivitas internet operator yang anda gunakan. Meskipun begitu ponsel ini sudah memiliki Bluetooth v2.1, microUSB v2.0. Untuk memori eksternal, dalam paket sudah diberikan kartu memori microSD 2GB yang dapat diupgrade hingga kapasitas 32GB.

Meskipun Nokia Asha 305 memiliki port charger 2.0 mm standar, namun tidak menutup kemungkinan anda melakukan pengisisan daya baterai melalui port micro USB. Namun kami merasakan untuk pengisisan via micro USB memakan waktu yang lebih lama.

Ponsel ini mendukung dua sim card GSM yang aktif bersamaan. Anda dapat melakukan pengaturan bagaimana penggunaan sim card tersebut untuk aktivitas tertentu.





Browser
Nokia mengatakan browser di Asha 305 memiliki kemampuan untuk melakukan kompresi hingga 85% dengan teknologi proxy, sehingga lebih hemat kuota dan halaman situs dapat lebih ringan dibuka. Teknologi tersebut memiliki algoritma yang dapat memilah konten apa saja yang dapat dibuang dan apa yang dapat digunakan. Terbukti saat kami membuka situs teknoup.com versi penuh, halaman dapat dibuka dengan lancar tanpa ada masalah. Sayangnya browser ini tetap belum dapat melakukan multitab seperti browser Opera. Karena belom mendukung pemutaran konten Flash, anda tidak dapat memutar/streaming video dari website YouTube.






Baterai
Asha 305 dibekali dengan baterai berjenis Lithium Ion BL-4U berkapasitas 1110 mAh. Dikatakan baterai di ponsel ini mampu untuk menyokong stand by hingga 528 jam, dan waktu berbicara hingga 14 jam. Selama kami melakukan proses review, baterai Asha 305 terbilang mumpuni untuk menemani anda hingga 1-2 hari meskipun dalam kondisi dua sim card aktif secara bersamaan. Hal ini mungkin bisa jadi karena tidak ada dukungan sinyal 3G sehingga lebih hemat daya tahan baterai.



Kesimpulan
Dilihat harga yang dibanderol sekitar 800 ribuan, Nokia Asha 305 memiliki nilai jual seperti desain modis dengan layar sentuh, serta kemampuan dual sim GSM easy swap (slot 2 saja) yang aktif secara bersamaan. Peforma ponsel ini juga bagus, kami tidak merasakan lag-lag saat mengoperasikannya. Terlebih di sisi software anda diberikan aplikasi Maps yang cukup membantu menunjukkan arah, download lagu gratis, dan untuk sisi entertainment anda diberikan 40 game gratis dari EA. Kami rasa sebutan ''Smartphone Lite'' cocok diberikan ke Asha 305 karena meskipun bukan smartphone tapi kemampuannya sudah diatas ponsel biasa lain.

Kelebihan

  • Desain modis dan mungil
  • Harga terjangkau untuk full layar sentuh

Kekurangan

  • Hanya mendukung dual band saja, tanpa 3G
  • Pemutar video yang kurang baik



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
44
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.