TOP
REVIEWS
Review: Tabulet Sparta
Android Dual-GSM dan Dual-Kamera Harga Hemat
Jun 25 2012 2:13PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.6
8
17482

Ponsel dengan kemampuan dual-SIM memang masih populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemampuan sinyal, fasilitas, dan harga layanan yang diberikan tiap operator berbeda-beda. Dengan menggunakan dual-SIM, pengguna menjadi lebih leluasa memilih layanan dari operator yang dipakainya tanpa harus gonta-ganti SIM card. Pada tanggal 7 Juni 2012, PT Erasa Mandiri Teknosis (Tabulet Electronics Corp) mengenalkan tiga produk terbarunya, yakni Tabulet Troy 2 (tablet Android Ice Cream Sandwich), Tabulet Beat 2 (tablet Ice Cream Sandwich) dan Tabulet Sparta (smartphone Android Gingerbread). Dan kali ini, TeknoUp berkesempatan mereview kemampuan smartphone Tablet Sparta. Smartphone ini menggunakan dual-SIM card GSM, layar berukuran 3.5 inci TFT, dual kamera, memori internal 512 MB dan radio FM. Seperti apa kemampuan smartphone ini? Nantikan review lengkapnya di TeknoUp - Teknology Speaking.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan 3G UMTS
  • Dual-SIM standby
  • Layar sentuh TFT kapasitif 3,5 inci (320 x 480 piksel)
  • Kamera 3 MP + flash (belakang), VGA (depan)
  • Android 2.3.5 Gingerbread
  • Prosesor ARMv6 MT6573 668MHz
  • Memori internal 512 MB, RAM 256 MB
  • Baterai Lithium 1.500mAh

Isi Paket Pembelian

  • Handset Tabulet Sparta
  • Baterai
  • Charger
  • Handsfree
  • Kabel micro USB
  • Buku manual
  • Kartu garansi



Desain dan Body

Terbungkus dalam desain minimalis dengan tombol logam, Tabulet Sparta memiliki dimensi 116 x 62 x 12,9mm dan berat sekitar 78 gram. Pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan shutter kamera. Pada bagian samping kiri hanya terdapat port micro USB untuk charging dan data transfer ke computer. Pada bagian atas terdapat tombol power dan lubang jack 3,5mm untuk penggunaan earphone, sementara di bagian body bawah terdapat mic dan lubang strap untuk membuka back cover.

Pada bagian muka Tabulet Sparta, menggunakan layar berukuran 3,5 inci TFT. Di bagian atasnya terdapat earpiece dan disebelahnya ada sensor proximity, sensor cahaya, dan kamera VGA. Sementara pada bagian bawahnya terdapat empat tombol kapasitif.


Bagian belakang Tabulet Sparta disematkan kamera beresolusi 3 megapiksel dan flash dan speaker untuk mendengarkan audio.


Sementara pada bagian dalam terdapat 2 buah slot SIM card GSM dengan kemampuan komektifitas 3G HSDPA pada salah satu slotnya. Selain itu juga ada slot memory microSD yang mampu mendukung kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.


Tabulet Sparta Review Gallery


Antarmuka

Tabulet Sparta menggunakan sistem operasi Android 2.3.5 Gingerbread dengan antarmuka yang cukup standar. Tampilan lockscreen, home screen dan drawer juga tampil standar.



Pada halaman home screen, dapat memuat hingga tujuh halaman. Ketika tombol home ditekan, akan tampil tujuh pilihan halaman, dan saat ditahan agak lama akan tampil aplikasi-aplikasi yang digunakan terakhir kali.


Pada jendela notifikasi, terdapat pengaturan Wifi, Bluetooth, Data, GPS dan Audio Profile. Pengaturan Audio Profile ini merupakan jalan pintas untuk merubah profile suara dari General, Silent, Meeting, dan Outdoor.


Salah satu keunggulan Tabulet Sparta adalah dual-SIM card. SIM 1 mendukung konektifitas 3G dan SIM 2 hanya mendukung 2G. Dalam tampilan antarmuka, Tabulet Sparta memudahkan pengguna mengenali SIM dengan tampilan warna biru dan merah.



Tabulet Sparta Review Gallery


Input Teks

Terdapat dua pilihan input keyboard, yakni Android keyboard versi standar dan bahasa mandarin. Disediakan juga pengaturan untuk masing-masing keyboard agar lebih sesuai dengan kenyamanan penggunanya.


Tabulet Sparta Review Gallery


Contacts

Menu contacts dan phone terdiri dari lima tab yang berada di bawah, yakni Phone, Call log, Contacts dan Favorite. Pada bar bagian atas terdapat pilihab grup, pencarian dan tombol plus (+) yang merupakan shortcut untuk menambahkan kontak. Juga disediakan speed dial untuk melakukan panggilan cepat kepada kontak yang sudah kita atur.


Tabulet Sparta Review Gallery


Messaging

Tampilan messaging di Tabulet Android tetap simple seperti pada umumnya. Simpel, fungsional dan intuitif. Saat melakukan compose new message, disediakan juga menu attach, quick text, insert smiley, dan lain-lain. Untuk pengiriman SMS, pengguna akan selalu ditanyakan akan mengirimnya menggunakan SIM 1 atau SIM 2. Namun Anda juga bisa mengatur SIM default melalui SIM management.



Tabulet Sparta Review Gallery

Untuk urusan pengiriman surat elelktronik (e-mail), seperti smartphone pada umumnya, Tabulet Sparta juga sudah menyediakan aplikasi e-mail bawaan dan juga aplikasi Gmail. Serta tak ketinggalan aplikasi chattting Gtalk.


DIsediakan juga aplikasi Free Note untuk Anda menulis pesan. Selain itu, Free Note juga bisa digunakan untuk menggambar. Terdapat pilihan warna dan ukuran kuas.


Tabulet Sparta Review Gallery


Kamera

Tabulet Sparta memiliki dual kamera, satu di bagian depan beresolusi VGA dan satunya di bagian belakang beresolusi 3 MP ditambah lampu kilat. Pada mode kamera ini terdapat beberapa fitur efek menarik, diantaranya efek standar, mono, sepia, negative, sepia blue, dan sepia green. Terdapat juga fitur burst shot, yakni pilihan 4 shot, 8 shot dan 16 shot. Namun pengambilan dengan mode ini tidak secepat pengambilan dengan smartphone berkemampuan besar.


Kamera belakang menghasilkan foto beresolusi 2048 x 1536 piksel dan kamera depan menghasilkan resolusi VGA (640 x 480). Untuk hasil kamera belakang, foto yang diambil menggunakan Sparta ini terbilang standar. Sementara untuk kamera depannya terbilang standar, namun kurang baik saat kondisi low-light. Berikut adalah hasil foto Tabulet Sparta.



Tabulet Sparta Review Gallery

Salah satu keunggulan smartphone dual-SIM ini adalah kamera depannya. Jika dibanding dengan Galaxy Y Duos, smartphone dengan juga berkemampuan dual-SIM tersebut tidak memiliki kamera depan, berbeda dengan Tabulet Sparta. Meski masih berkemampuan VGA dan kualitas standar, Tabulet Sparta bisa digunakan untuk melakukan video call.

Tabulet Sparta Review Gallery

Perekam Video

Untuk perekaman video, Tabulet Sparta menyediakan tiga pilihan kualitas, Low (untuk MMS), Medium, dan High (untuk SD card). Durasi perekaman video juga disediakan tiga pilihan, yakni 30 detik (untuk MMS), 10 menit, dan 30 menit. Terdapat pengaturan standar seperti EV, Scene Mode, Microphone, Anti-flicker, White Balance, dll. Tak ketinggalan efek seperti yang ada pada pengambilan foto juga tersedia untuk perekaman video. Hasil video yang kami cobakan dapat merekam resolusi 720 x 480 29fps dan tersimpan dalam format 3gp.

Tabulet Sparta Review Gallery

Gallery

Sama seperti Android pada umumnya, tampilan gallery di Sparta juga standar dengan efek 3D. Jika Anda memiringkan ponsel ke kiri atau kanan, akan menampilkan efek miring.


Tabulet Sparta Review Gallery


Tabulet Sparta Review Gallery

Pemutar Musik

Tampilan pemutar musik di Tabulet Sparta sama seperti smartphone Android pada umumnya. Disediakan juga menu Sound effect untuk menambah efek suara pada lagu yang diputar. Ada empat Sound effect, yaitu BassBoost, Virtualizer, PresetReverb, dan Equalizer. Kualitas speaker yang terdengar cukup standard dan dapat diatur volumenya hingga tingkat maksimal.


Tabulet Sparta Review Gallery

Radio FM

Tabulet Sparta juga dilengkapi fasitilas Radio FM. Tampilannya cukup menarik, memadukan tampilan modern dan klasik. Pada tampilan bagian atasnya menunjukkan gelombang dalam bentuk angka, sementara dibawahnya tampil indikator jarum gelombang seperti pada radio klasik. Juga ada tuner yang seperti uang logam untuk mengganti gelombang secara manual. Anda juga bisa mencari gelombang secara otomatis melalui scan otomatis. Tak ketinggalan fitur simpan gelombang radio, loud speaker, mute dan sleep time.


Tabulet Sparta Review Gallery


Konektivitas

Tabulet Sparta berjalan di jaringan Quadband GSM (850/00/1800/1900 MHz) dan 3G UMTS. Konektivitas 3G WCDMA hanya mendukung pada slot SIM 1. Terdapat juga koneksi Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth, microUSB, GPS.



Browser

Aplikasi bawaan penjelajah internet di Tabulet Sparta mampu membuka 8 halaman secara bersamaan. Proses zooming juga lancar dan responsif. Namun sesekali kami menjumpai website yang sedikit berat untuk scrolling. Kami mencoba memutar video melalui situs YouTube. Video dapat diputar, namun video terputar menggunakan aplikasi pemutar video, bukan melalui situs.


Tabulet Sparta Review Gallery


Benchmark

Neocore 3D: 34.2 FPS
Multitouch: maksimal 4 sentuhan
AnTuTu: 1556 poin





Daya Tahan Baterai

Tabulet Sparta dibekali dengan baterai berkapasitas 1500mAh, atau lebih besar 200mAh dari Galaxy Y Duos. Besaran kapasitas baterai Sparta ini diklaim mampu standby hingga 8 hari. Ketika kami melakukan review, baterai yang dibekali terasa cukup mumpuni.



Kesimpulan

Tabulet Sparta hadir dengan tagline Change the way you learn, work, play and live . Diperuntukan untuk kalangan pengguna low-end hingga medium. Kemampuan dual-SIM yang dimiliki dirasa cocok untuk kebutuhan pengguna di Indonesia yang popular dengan dual-SIM. Meski hanya salah satu SIM-nya saja yang mendukung hingga konektifitas 3G HSDPA, kami rasa hal ini masih bisa dimaklumi mengingat harganya yang hanya sekitar Rp 1.299.000. Tak ketinggalan kamera depan juga disiapkan bagi Anda yang gemar video call.


Kelebihan:

  • Kemampuan dual-SIM (GSM – GSM 3G HSDPA)
  • Dual kamera

Kekurangan:

  • Body agak tebal



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014