TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia P LT22i
Xperia Paling Terang
Jun 22 2012 4:04PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
114
57154

Setelah kemarin kami berkesempatan mengetes Sony Xperia Sola dengan teknologi Floating Touch-nya, kali ini kami kedapatan Sony Xperia P. Smartphone Android 2.3 Gingerbread ini merupakan anggota keluarga NXT, seperti Xperia S dan Xperia U. Sebagai seri NXT tentu Sony memberikan P fitur yang canggih, sebut saja teknologi NFC, prosesor dual core 1GHz (Cortex A9) dengan GPU Mali400 dan RAM 1GB, kamera 8MP (AF dan LED flash) dengan perekam video 1080p, storage 16GB, serta yang paling diunggulkan adalah layar 4 inci beresolusi qHD (960x540 piksel) dengan teknologi Bravia Engine dan White Magic. Penasaran dengan ponsel yang dibanderol sekitar Rp. 4,1 juta ini?

Paket Penjualan

  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Sebagai seri NXT, Xperia P memiliki tema desain yang sama, yakni list transparan di bagian bawah ponsel. List transparan ini juga berfungsi sebagai tombol sentuh kapasitif untuk 3 fungsi, secara berturut-turut dari kiri ke kanan: Back, Home dan Menu. Layarnya seperti biasa adalah bahan glossy hitam. Kamera depan yang berukuran besar menemani sensor cahaya dan logo Sony di bagian atas. Omong-omong, Xperia P ini casing belakangnya tidak bisa dibuka begitu saja, jadi Anda tidak bisa menggunakan atau mengganti batre cadangan. Meski memiliki layar 4 inci, ponsel ini terasa cukup kompak dan kecil, penempatan layar yang memenuhi ponsel sangat efisien, kecuali untuk bagian bawah yang memanjang dan membuat ponsel menjadi panjang.



Slot kartu SIM ada di sebelah kiri ponsel, sudah menggunakan micro SIM. Port micro USB pun ada di dekat slot kartu SIM, beserta port HDMI yang merupakan keunggulan lain Xperia P. Untuk bagian kanan, ada loudspeaker, tombol lock, volume dan tombol kamera. Yang cukup unik adalah penempatan loudspeaker di bagian samping kanan ini, tepatnya di bagian atas, berbeda dengan ponsel lain yang biasanya ada di belakang. Ponsel ini tidak punya slot untuk memori eksternal, seperti Xperia U dan S.




Bagian belakang dengan bahan aluminium yang menambah kesan serius pada ponsel ini dihiasi dengan logo lama Sony Ericsson yang bulat dan hijau itu. Sementara tentu ada kamera 8MP dengan LED flash yang berukuran kecil serta stiker yang menandakan bahwa ponsel ini menggunakan teknologi NFC. Jack audio untuk headset 3.5 mm ada di bagian atas, sementara bagian bawah ada mic.




Layar
Layar Xperia P menggunakan teknologi baru bernama White Magic. Sony membuat WhiteMagic sedikit berbeda dari yang lainnya, Sony menambahkan subpixel keempat berwarna putih untuk menemani subpixel merah, biru, dan hijau (RGB). Imbasnya, teknologi 4 subpiksel tersebut bisa memberikan tingkat pencahayaan seterang mungkin sekaligus menghemat daya baterai. Unsur putih ekstra dalam setiap pixel memberikan software ponsel lebih leluasa melakukan kontrol atas berbagai tingkat kecerahan yang dapat dihasilkan. Dengan menggunakan software dan sensor cahaya di sekitar ponsel, Xperia P dapat dengan cerdas menyeimbangkan tingkat pencahayaan untuk menjaga kecerahan, sementara tingkat konsumsi daya baterai lebih sedikit atau berkurang sekitar 50%. Tingkat kecerahannya memiliki fitur automatic brightness, yang terdiri dari dua mode tambahan, Bright Mode dan power Save Mode. Selain White Magic, tentu Sony memberikan fitur khas Bravia Engine pada saat memutar foto atau video.


iPod Touch 4 (kiri), Xperia P (tengah) dan SGS III (kanan)

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Pada saat digunakan di dalam ruangan dalam kondisi tingkat keterangan tertinggi memang sangat menyilaukan namun gunanya memang sangat terasa di kondisi pencahayaan yang terik seperti luar ruangan jam 12 siang, layar terlihat sangat jelas, lebih terlihat dari Samsung Galaxy Note. Untuk tingkat visibilitas dari viewing angle, Xperia P bisa dibilang lebih bagus dari Xperia S. Untuk tingkat warna hitam sendiri dan tingkat kontras cukup bagus untuk ukuran LCD. Namun tampilan warna putih di layar Xperia P terasa kekuningan, karakteristik yang sama dari jaman Xperia Arc sampai Xperia S dan U. Terutama jika Anda membandingkannya dengan warna putih pada iPhone 4. Meski begitu, secara keseluruhan tetap layar Xperia P tergolong impresif, apalagi di galeri, karena Bravia Engine aktif dan membuat layar mengeluarkan warna-warni yang indah dan enak dilihat.


Outdoor: Xperia P dan SGS III


Indoor: SGS III dan Xperia P

Antar Muka
Xperia P memiliki antar muka Timescape UI seperti pada setiap smartphone Android dari Sony. Pada bagian homescreen terdapat 5 halaman dan dapat dikustomisasi sesuai selera pengguna, anda dapat megubah Wallpaper, menambah widget, dan akses pintas ke aplikasi. Terdapat 7 Themes yang dapat anda pilih yaitu Silk, Turquoise, Emerald, Sapphire, Gold, Ruby dan Amethyst. Perpindahan layar dari halaman ke halaman cukup lancar walaupun banyak widget yang terpasang. Di bar notifikasi hanya ada notifikasi, tak ada akses pintas ke setting maupun pengaturan singkat aktif tidaknya WiFi, Bluetooth dan sebagainya.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Pada bagian Menu utama terbagi dalam beberapa halaman yang dapat digeser dengan melakukan sapuanhorizontal. 1 halaman menu utama terdiri dari 4 kolom dan 5 baris yang dapat disortir urutan-urutannya berdasarkan own order (susunan pengguna), alfabet, most used (paling sering dipakai akan menjadi urutan teratas) dan recently installed (aplikasi yang baru diinstal akan menduduki posisi teratas). Tentu saja Anda juga bisa mengatur secara bebas susunan aplikasi semau Anda.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Input Teks
Saat pertama kali menggunakan keyboard, ada pertanyaan mengenai tipe penggunaan yang Anda pilih, apakah Anda menggunakan auto correction, atau hanya mau dibantu untuk huruf besar pada awal kalimat, atau tidak dibantu sama sekali. Jenis keyboard yang digunakan sendiri adalah Xperia Keyboard. Seperti biasa ada pengaturan bahasa, mode keyboard untuk mode portrait (full atau phone 123), pengaturan input teks, pengaturan input suara dan tipe feedback pada saat mengetik. Mengetik saat mode portrait di Sony Xperia P sangat mudah meskipun Anda menggunakan satu tangan, karena lebar layar dan bodinya pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu lebar.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Kontak
Kontak dapat di-sinkronisasi dengan akun-akun anda semisal Facebook, WhatsApp, Exchange, Sync ML dan Google. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call. Integrasi Facebook dan Twitter cukup mendalam, apalagi di Timescape. Galeri juga bisa Anda sinkronkan dengan galeri foto pada Facebook Anda.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Messaging
Seperti biasa antar muka pada penulisan SMS sangat intuitif dan mudah digunakan,dengan tampilan format chat disediakan untuk memudahkan pengguna melihat obrolan mereka. Untuk mengubahnya menjadi MMS pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan file multimedia. Sementara G-Mail seperti ponsel Android memang sangat powerful dan menyerupai fitur pada versi desktop, apalagi didukung push email sangat cepat. Mendukung beberapa akun Gmail, dan fitur-fitur standar seperti signature, text size, label, notification, dan lain-lain. Sedangkan untuk Anda yang gemar chatting, aplikasi IM bawaan adalah Google Talk. Namun masih ada alternatif lain di PlayStore seperti LINE, WhatsApp, dan lain-lain yang lebih bagus.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Kamera
Sony melengkapi Xperia P dengan kamera 8 megapiksel, hal yang lumrah mengingat pesaing di rentang harga Rp. 4 juta memang rata-rata sudah menggunakan kamera 8MP. Tambahan lagi, ada LED flash yang menyertai kamera. Mengenai antar muka kamera sendiri cukup mudah digunakan dengan fitur-fitur sebagai berikut: resolusi, flash, selftimer, smile detection, geotag, metode penangkapan gambar, shutter sound dan Quick launch. Mengenai metode penangkapan gambar, ada on screen button, camera key only dan touch capture. Kameranya sendiri memiliki fitur continous autofokus. Salah satu kelebihan kamera di ponsel ini adalah metode pengambilan gambar secara cepat dengan fitur Quick Launch, bahkan anda tidak perlu membuka lockscreen dahulu. Hanya dengan langsung menahan tombol shutter kamera sekitar dua detik saat layar terkunci maka anda akan langsung dapat mengambil gambar, ataupun hanya meluncurkan aplikasi kamera, tergantung opsi yang Anda pilih sebelumnya.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Hasil kamera cukup bagus dan bisa diandalkan. Terlebih untuk kondisi outdoor dan cahaya cukup. Di dalam ruangan dirasakan ada noise namun tidak mengganggu. Ketika memotret menggunakan flash, entah mengapa single LED flash pada ponsel ini tidak terlalu membantu. Silakan lihat sendiri untuk lebih jelasnya, dan klik foto untuk perbesar.
Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Perekam video
Untuk perekaman video fitur-fiturnya ialah Scenes, tingkat EV, flash, resolusi video, selftimer, mode fokus (continous autofokus atau face detection), white balance, metering dan image stabilizer.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Hasil perekaman video mulus dan tidak patah-patah. Tidak mengherankan karena bitratenya tinggi, dengan framerate 29.6 frame per detik dan bitrate 12000kbps, Xperia P menghasilkan file sebesar 100MB per menitnya untuk video 1080p. Continous autofokus berjalan dengan cepat dan lancar.

Galeri Foto
Gallery yang hadir di ponsel ini adalah galeri standar Android yang hadir dengan penggolongan berdasarkan folder dan ditemani efek khas 3D. Karena ditanamkan teknologi Mobile Bravia Engine, maka koleksi foto dan video anda akan terlihat menarik mata karena kombinasi warna menjadi kontras dan meminimalisir noise di foto. Foto yang ada dapat Anda share baik ke jejaring sosial, email dan lain-lain. Juga dapat dijadikan wallpaper ataupun lock screen, di-crop dan dirotasi, juga dilihat detil-detil foto tersebut.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Pemutar Video
Xperia P tidak punya aplikasi pemutar video terdedikasi sehingga pemutar video numpang di galeri saja. Hal ini cukup menyulitkan karena Anda tidak bisa melihat judul video yang akan ditonton, dan hanya mengandalkan thumbnail saja. Pada saat memutar video sendiri tidak banyak fitur yang ada, hanya ada editor video sederhana. Dengan Bravia Engine, tampilan video HD yang diputar sangat bagus dan memanjakan mata.


Untuk file yang bisa diputar, kami mencoba memasukkan .mp4 (1080p), .mov (720p), .mkv (720p), .avi (480p) semuanya bisa diputar. File yang tidak bisa diputar adalah file .wmv 1080p saja. Namun untuk format .mkv 720p, film bisa diputar namun frameratenya tidak lancar, tidak selancar pemutaran video mp4. Subtitle dengan format .srt maupun ter-embedded tidak bisa dibaca di pemutar video bawaan Xperia P.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Pemutar Musik
Pemutar musik bawaan Xperia P memiliki segudang fitur. Memiliki tampilan yang cukup bagus dan sesuai dengan Themes yang Anda pilih, pemutar musik terbagi menjadi dua yakni Now Playing dan My Music, kategori lagu-lagu yang ada adalah track, album, artis, playlist, SensMe Channels (berdasarkan mood), dan My Favorite. Tentu saja Anda bisa membuat playlist sendiri dengan mudah. Selain itu ada mode suffle dan mode repeat.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Untuk pengaturan-pengaturan yang ada adalah equalizer (bisa mengatur sendiri dan memilih eq standar seperti Rock, Jazz, Pop), fitur Headphone Surround untuk efek suara 3 dimensi ketika mendengar lagu menggunakan headset, fitur xLOUD untuk meningkatkan tingkat kebisingan loudspeaker ponsel, lalu ada fitur edit informasi lagu, Anda bahkan bisa memasukkan album art sendiri. Lagu yang ada bisa langsung dicari video klipnya di Youtube, mencari info, lirik bahkan versi karaoke di Youtube.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Radio FM
Untuk memutar radio Anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena radio. Ada fasilitas scanning pada Radio FM ponsel ini.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Konektivitas
Xperia P berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g/n) dengan DLNA dan kemampuan menjadi hotspot, micro USB (sebagai mass storage dan PC sync menggunakan Sony Ericsson PC Companion), micro HDMI serta Near Field Communication alias NFC, namun tidak ada bonus tag NFC seperti pada Xperia Sola.



Web browser
Aplikasi browser standar ini bisa membuka sampai dengan 8 buah tab. Performa saat membuka situs yang dipenuhi banyak konten seperti TeknoUp cukup lancar. Demikian pula dengan streaming video langsung dari Youtube.com di resolusi 480p. Streaming 720p terlihat memberatkan kinerja ponsel dan browser terkena force close di kesempatan pertama. Untuk fitur-fitur lain adalah berbagai pengaturan standar browser seperti history, cookies, javascript dan lain-lain.


Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Aplikasi Pihak ketiga
Temple Run
Game kejar-kejaran berformat 3D ini berjalan lancar namun tercatat ada kalanya framerate tidak terlalu mulus dan terjadi beberapa kali frameskip, namun secara umum game tetap dapat dimainkan dengan baik.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

MX Player
Aplikasi pemutar video ini mengeliminasi ketidakmampuan pemutar video bawaan dalam memutar film dengan subtitle. Tidak hanya itu, ada berbagai fitur berguna seperti penggunaan gestur swipe untuk mengatur volume dan mempercepat video, kemampuan membaca file tersembunyi, dan lain-lain.

Sony Xperia P LT22i Review Gallery

Benchmarking
Quadrant Standart: 2190 poin


Sony Xperia P LT22i Review Gallery


Antutu: 5246


Sony Xperia P LT22i Review Gallery


Multitouch: maksimal 10 sentuhan secara bersamaan



CamSpeed: (lihat gambar)


hasil kecepatan kamera 8MP dengan autofokus


hasil kecepatan kamera 8MP tanpa autofokus

Daya Tahan baterai
Sebagai ponsel Android dengan spesifikasi penyerap batere (layar 4 inci, prosesor dual core) Sony hanya membekali batere 1305mAh. Apakah ini cukup? Jika penggunaan Anda tergolong kelas berat (sering browsing, cek jejaring sosial, chatting), tampaknya kurang cukup, Anda harus menggunakan pengaturan-pengaturan tertentu hanya sekedar membuat batere Xperia P bertahan untuk 1 hari pada jam kerja. Apalagi desain unibodi Xperia P membuat Anda tidak bisa menggunakan batere cadangan sebagai spare. Untuk charging cukup cepat, kami melakukan charge menggunakan charger BB selama kurang dari 30 menit, indikator baterai meningkat dari 30-an persen ke 60-an persen.

Kesimpulan
Xperia P memiliki beberapa fitur unggulan yang cukup menggiurkan sebagai ponsel 4-jutaan. Layar qHD 4 inci dengan WhiteMagic, prosesor dualcore, desain ala Xperia S, serta NFC. Namun sisi buruknya juga ada yakni batre yang kecil dan tidak bisa digonta-ganti, belum menggunakan OS terbaru, dan tidak ada slot memori eksternal (internal storage ada 11.2GB yang tersisa). Pesaingnya di rentang harga yang sama adalah Motorola RAZR XT910, dengan layar lebih besar, desain tipis ekslusif dan baru saja mendapatkan ICS. Selain itu LG Optimus 2X pun berada di rentang harga yang tidak beda jauh. Keduanya sedikit lebih mahal dari Xperia P, untuk harga yang sedikit lebih murah, ada Samsung Galaxy S Advance yang juga sudah memakai prosesor dualcore. Pilihan ada di tangan Anda, apakah kekurangan yang ada pada tiap ponsel bisa diterima ataukah tidak, semua kembali lagi ke tangan Anda.


Kelebihan:

  • layar super terang White Magic
  • NFC
  • performa bagus
  • port HDMI

Kekurangan:

  • tidak ada slot memori eksternal
  • kapasitas batre kecil untuk ponsel dengan spek yang cukup tinggi
  • tidak bisa menggunakan batre cadangan



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014