TOP
REVIEWS
Review: ROB n ROLL - iPhone
Si Hamster Tampan yang Lihai Mencuri
Jun 19 2012 1:31PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.1
9
7132

Dirilis 14 Juni 2012, Alegrium, pengembang aplikasi yang berasal dari dalam negeri merilis game terbaru untuk perangkat iPad dan iPhone. Bernama ROB n ROLL, game ini mengisahkan tentang hamster bromas yang terkenal dengan kelihaiannya dalam mencuri makanan. Ia harus mengambil semua makanan berupa kacang berkualitas tinggi yang sudah ada dalam jalur yang sudah ditentukan. Namun pencarian kacang tak mudah, ia harus menghindari kucing penjaga dan rintangan lain. Game ini memiliki 60 level yang dapat dimainkan, dan tiap level yang berhasil dimainkan sempurna akan mendapat tiga bintang. Sementara total bintang yang harus dikumpulkan sebanyak 180.



ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

Terdapat empat karakter dalam permainan ini, satu sang hamster dan tiga sang kucing. Sang hamster adalah karakter yang akan kita mainkan, dan sang kucing adalah musuhnya. Sang hamster berada di dalam kaca lingkaran yang ia gulingkan untuk berlari.

Sang kucing terdiri dari warna kuning, hitam dan biru. Sang kucing warna kuning memiliki agresifitas yang standar, ia hanya dapat melihat keberadaan hamster dalam jarak dekat dan berada di depannya. Sang kucing warna hitam memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari kucing kuning. Sang kucing hitam ini berpenampilan seperti anjing Herder, ia dapat mencium keberadaan hamster dari jarak jauh, namun larinya lebih lambat ketimbang kucing kuning. Karakter kucing ketiga adalah warna biru. Kucing warna biru ini berkarakter pemalas, ia hanya tidur dan tidak berjalan-jalan seperti kucing kuning dan hitam. Namun jika ia tersentuh atau berada dekat dengan hamster, ia akan bangun dan langsung mengejarnya.

Caranya cukup unik. Sang hamster dapat berlari, menyelinap dan bersembunyi. Kadang ia harus berlari untuk menghindari sergapan kucing, menyelinap perlahan agar tidak kelihatan dan terlihat sang kucing, serta bersembunyi di dalam kardus. Menggunakan sensor akselerasi pada smartphone, pemain harus menyeimbangkan gerakan handset untuk mengatur arah dan larinya.




Untuk melumpuhkan sang kucing, disediakan juga senjata berupa dinamit (bom). Hamster dapat mengambil dinamit yang disediakan dan kemudian ditabrakkan ke sang kucing. Sang kucing akan hangus terkena dinamit dan sang hamster dapat melewatinya. Dinamit yang diambil hanya dapat dipergunakan sekali, dan kemudian harus mengambil dinamit kembali untuk melumpuhkan sang kucing. Namun lumpuhnya sang kucing tak berlangsung lama, ia akan hidup kembali beberapa saat kemudian. Tips jika pada di level yang hanya disediakan satu dinamit namun terdapat dua kucing adalah ambil dulu dinamit tersebut, kemudian pancing kedua kucing agar menangkap hamster secara bersamaan. Jika bersamaan, dinamit tersebut akan mengenai kedua kucing tadi. Tapi, cepatlah karena kucing ini dapat hidup kembali. Tidak hanya dinamit, senjata lain juga berupa listrik. Kucing akan tersetrum saat sang hamster mengambil senjata bergambar baterai dan menabrakannya ke kucing. Selain itu juga masih ada senjata lain yang tersembunyi di beberapa level yang disediakan.

Tidak hanya rintangan berupa kejaran si kucing, dalam jalur tersebut juga ada rintangan lain. Seperti jaring laba-laba dan lubang. Pada rintangan jaring laba-laba, ketika sang hamster melewati jaring tersebut, larinya akan terhambat karena jaring yang lengket.








Sang hamster harus mengambil kacang dalam jalur yang sudah ditentukan. Akan ada indikator di pojok kiri atas yang menggambarkan jumlah kacang yang sudah diambil. Terdapat tiga bintang di indikator tersebut. Ketika indikator sudah mendekati bintang pertama, pintu keluar akan terbuka. Sementara jika indikator sudah sampai ke bintang yang ke-2, maka akan ada bonus berupa kacang setoples. Kacang sebanyak satu toples ini dapat menambah nilai akhir. Sedangkan bintang ke-3 akan terpenuhi jika hamster berhasil mengambil kacang dalam toples tersebut. Penilaian dihitung dari jumlah makanan yang berhasil diambil dan lama waktu yang dibutuhkan. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, maka nilai akan semakin tinggi.


Pada endingnya, sang hamster akan bertemu dengan pasangannya. Mereka berdua makan malam romatis dengan menu kacang berkualitas yang berhasil dikumpulkan :).



ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

Kesimpulan
ROB n ROLL bukanlah termasuk game berat. Hanya butuh beberapa strategi untuk dapat menghindari sergapan kucing, dan mengumpulkan kacang sebanyak-banyaknya. Game ini sangat cocok dimainkan ketika waktu senggang, menunggu ataupun sedang bosan. Permainanan yang ringan dapat meregangkan fikiran pemainnya yang sedang suntuk. Meski ringan, game ini terbilang tidak membosankan karena tiap level memiliki strategi yang berbeda. Terdapat 60 level yang bisa dimainkan dan akan terus bertambah. ROB n ROLL bisa diunduh langsung dari App Store dengan harga $0,99. Kompatibel dengan iPhone, iPod touch, dan iPad. Sementara sistem operasi yang dibutuhkan adalah iOS 4.0 ke atas dan memakan ruang penyimpanan sebesar 67,7 MB.

TeknoUp


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
53
Nov 5 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.