TOP
REVIEWS
Review: ROB n ROLL - iPhone
Si Hamster Tampan yang Lihai Mencuri
Jun 19 2012 1:31PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.1
9
7577

Dirilis 14 Juni 2012, Alegrium, pengembang aplikasi yang berasal dari dalam negeri merilis game terbaru untuk perangkat iPad dan iPhone. Bernama ROB n ROLL, game ini mengisahkan tentang hamster bromas yang terkenal dengan kelihaiannya dalam mencuri makanan. Ia harus mengambil semua makanan berupa kacang berkualitas tinggi yang sudah ada dalam jalur yang sudah ditentukan. Namun pencarian kacang tak mudah, ia harus menghindari kucing penjaga dan rintangan lain. Game ini memiliki 60 level yang dapat dimainkan, dan tiap level yang berhasil dimainkan sempurna akan mendapat tiga bintang. Sementara total bintang yang harus dikumpulkan sebanyak 180.



ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

Terdapat empat karakter dalam permainan ini, satu sang hamster dan tiga sang kucing. Sang hamster adalah karakter yang akan kita mainkan, dan sang kucing adalah musuhnya. Sang hamster berada di dalam kaca lingkaran yang ia gulingkan untuk berlari.

Sang kucing terdiri dari warna kuning, hitam dan biru. Sang kucing warna kuning memiliki agresifitas yang standar, ia hanya dapat melihat keberadaan hamster dalam jarak dekat dan berada di depannya. Sang kucing warna hitam memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari kucing kuning. Sang kucing hitam ini berpenampilan seperti anjing Herder, ia dapat mencium keberadaan hamster dari jarak jauh, namun larinya lebih lambat ketimbang kucing kuning. Karakter kucing ketiga adalah warna biru. Kucing warna biru ini berkarakter pemalas, ia hanya tidur dan tidak berjalan-jalan seperti kucing kuning dan hitam. Namun jika ia tersentuh atau berada dekat dengan hamster, ia akan bangun dan langsung mengejarnya.

Caranya cukup unik. Sang hamster dapat berlari, menyelinap dan bersembunyi. Kadang ia harus berlari untuk menghindari sergapan kucing, menyelinap perlahan agar tidak kelihatan dan terlihat sang kucing, serta bersembunyi di dalam kardus. Menggunakan sensor akselerasi pada smartphone, pemain harus menyeimbangkan gerakan handset untuk mengatur arah dan larinya.




Untuk melumpuhkan sang kucing, disediakan juga senjata berupa dinamit (bom). Hamster dapat mengambil dinamit yang disediakan dan kemudian ditabrakkan ke sang kucing. Sang kucing akan hangus terkena dinamit dan sang hamster dapat melewatinya. Dinamit yang diambil hanya dapat dipergunakan sekali, dan kemudian harus mengambil dinamit kembali untuk melumpuhkan sang kucing. Namun lumpuhnya sang kucing tak berlangsung lama, ia akan hidup kembali beberapa saat kemudian. Tips jika pada di level yang hanya disediakan satu dinamit namun terdapat dua kucing adalah ambil dulu dinamit tersebut, kemudian pancing kedua kucing agar menangkap hamster secara bersamaan. Jika bersamaan, dinamit tersebut akan mengenai kedua kucing tadi. Tapi, cepatlah karena kucing ini dapat hidup kembali. Tidak hanya dinamit, senjata lain juga berupa listrik. Kucing akan tersetrum saat sang hamster mengambil senjata bergambar baterai dan menabrakannya ke kucing. Selain itu juga masih ada senjata lain yang tersembunyi di beberapa level yang disediakan.

Tidak hanya rintangan berupa kejaran si kucing, dalam jalur tersebut juga ada rintangan lain. Seperti jaring laba-laba dan lubang. Pada rintangan jaring laba-laba, ketika sang hamster melewati jaring tersebut, larinya akan terhambat karena jaring yang lengket.








Sang hamster harus mengambil kacang dalam jalur yang sudah ditentukan. Akan ada indikator di pojok kiri atas yang menggambarkan jumlah kacang yang sudah diambil. Terdapat tiga bintang di indikator tersebut. Ketika indikator sudah mendekati bintang pertama, pintu keluar akan terbuka. Sementara jika indikator sudah sampai ke bintang yang ke-2, maka akan ada bonus berupa kacang setoples. Kacang sebanyak satu toples ini dapat menambah nilai akhir. Sedangkan bintang ke-3 akan terpenuhi jika hamster berhasil mengambil kacang dalam toples tersebut. Penilaian dihitung dari jumlah makanan yang berhasil diambil dan lama waktu yang dibutuhkan. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, maka nilai akan semakin tinggi.


Pada endingnya, sang hamster akan bertemu dengan pasangannya. Mereka berdua makan malam romatis dengan menu kacang berkualitas yang berhasil dikumpulkan :).



ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

ROB n ROLL - iPhone Review Gallery

Kesimpulan
ROB n ROLL bukanlah termasuk game berat. Hanya butuh beberapa strategi untuk dapat menghindari sergapan kucing, dan mengumpulkan kacang sebanyak-banyaknya. Game ini sangat cocok dimainkan ketika waktu senggang, menunggu ataupun sedang bosan. Permainanan yang ringan dapat meregangkan fikiran pemainnya yang sedang suntuk. Meski ringan, game ini terbilang tidak membosankan karena tiap level memiliki strategi yang berbeda. Terdapat 60 level yang bisa dimainkan dan akan terus bertambah. ROB n ROLL bisa diunduh langsung dari App Store dengan harga $0,99. Kompatibel dengan iPhone, iPod touch, dan iPad. Sementara sistem operasi yang dibutuhkan adalah iOS 4.0 ke atas dan memakan ruang penyimpanan sebesar 67,7 MB.

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
0
03 May 2015
10
30 Apr 2015
4
21 Apr 2015


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Lenovo P70
Kelas Mid End Dengan Baterai Besar
0
Mei 3 2015
Lenovo A6000
Hadir Sebagai Pesaing di Jajaran Mid-End
10
Apr 30 2015
Asus Zenfone 2 ZE551ML - RAM 4GB
Sang Pionir Smartphone Dengan RAM 4GB
10
Apr 27 2015
Meizu M1 Note
Smartphone Berperforma Tangguh di Kelas Mid-End
4
Apr 20 2015
Asus Zenfone 2 5 Inci & 5.5 Inci [ZE500CL & ZE550ML]
Tetap Maksi, Meski Model Dasar
9
Apr 15 2015
Meizu MX4 Pro
Spek Dewa Dengan Bodi Plastik
1
Apr 8 2015
Lenovo S90 Sisley
Serupa Tak Sama Dengan iPhone 6
2
Apr 7 2015
Blaupunkt Sonido X1+
Advanced Android Soundphone - Headphone Bawaan Jadi Unggulan
6
Apr 4 2015
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.