TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia sola MT27i
Xperia dengan Sentuhan Sihir
Jun 18 2012 1:11PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.9
127
82827

Mungkin diantara Teknokerz sudah tahu akan Sony meluncurkan ponsel smartphone Android dengan teknologi Floating touch yang bernama Xperia sola (MT27i). Teknologi ini memungkinkan anda melakukan navigasi tanpa harus menyentuh langsung layar. Ponsel bergaya ini juga memiliki teknologi terkini yang sedang ramai diperbincangkan salah satunya NFC. Dengan dibanderol harga sekitar 3 jutaan, seberapa layakah ponsel ini untuk anda miliki? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quad-band GSM/GPRS/EDGE, HSDPA
  • Layar sentuh kapasitif LED-backlit LCD 3,7 inci FWVGA (480 x 854 piksel)
  • Android Gingerbread v2.3.7 (upgradeable to 4.0 ICS)
  • Prosesor Nova Thor U8500 1GHz Cortex-A9, GPU Mali-400
  • RAM 512 MB, Memori internal 8 GB, dukungan microSD
  • Kamera 5 MP autofocus dengan LED flash
  • Konektivitas NFC
  • Baterai Lithium Ion 1320 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia sola
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • 2 Smart Tags (merah, hitam)
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Xperia sola bukanlah seri ponsel Sony NXT, sehingga dari segi desain ponsel ini terlihat berbeda dengan garis dan sudut yang tegas dan terkesan rapi. Xperia sola memiliki dimensi 116 x 59 x 9.9 mm dengan bobot 107 gram, cukup tipis dan nyaman di genggam. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu warna hitam, merah dan putih. Material yang digunakan berbahan plastik dengan lapisan doff sehingga meminimalisir bercak jari dan mantap di genggam karena tidak licin.




Bagian muka terlihat cukup unik, karena terdapat perbedaan ketebalan diantara bagian bawah dan bagian layar serta tombol kapasitif. Terdapat sensor proximity dan cahaya serta lampu notifikasi, layar 3,7 inci, serta tiga tombol fisik Android berjenis kapasitif. Bagian belakang terdapat lampu LED flash, kamera beresolusi 5 MP, microphone, dan speaker. Bagian kiri ponsel terdapat port microUSB, tombol volume dan tombol shutter kamera. Tombol shutter kamera merupakan tombol dua langkah, saat kami mencoba untuk tekanan pertama dapat dioperasikan dengan baik, namun untuk tekanan kedua atau untuk mengambil gambar dirasa cukup keras sehingga dapat mengoyangkan bidikan. Bagian kanan hanya terisi tombol lock/power. Untuk bagian atas terdapat port headset 3,5 mm. Terakhir bagian bawah terdapat microphone dan lubang untuk menggantungkan strap/gantungan.



Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Layar
Layaknya ponsel smartphone Sony lainnya, Xperia sola menggunakan layar sentuh kapasitif berjenis LED-backlit LCD berukuran 3,7 inci 16 juta warna dengan resolusi FWVGA (480 x 854 piksel) dengan kedalaman 265ppi. Tampilan dilayar ponsel ini terlihat halus dan menarik mata, tapi yang disayangkan kami masih merasakan efek layar kekuningan yang juga hadir di ponsel Xperia Sony sebelumnya. Jika melihat layar yang menampilkan warna memang tidak masalah, namun saat anda melihat layar dengan latar belakang mayoritas berwarna putih, sebagai contoh aplikasi browser, maka efek kuning ini cukup mengganggu. Tidak ketinggalan, ponsel ini juga dibenamkan teknologi Mobile Bravia Engine yang dikatakan dan memang teruji menampilkan gambar dan video di gallery dan player terlihat kaya warna dan kontras.

Salah satu nilai jual di Xperia sola adalah teknologi floating touch. Floating touch merupakan teknologi dimana anda dapat melakukan navigasi di layar tanpa harus menyentuh layar. Tapi kami beranggapan fitur seperti ini hanya sebagai gimmick saja, karena jujur saja lebih nyaman anda melakukan navigasi dengan menyentuh layar. Terlebih di ponsel ini teknologi Floating touch hanya dapat digunakan di tema bawaan untuk efek dan hanya untuk menghighlight link di aplikasi browser. Sehingga dirasa kurang berguna selain hanya untuk faktor ''wow''.

Antar Muka
Xperia sola masih menggunakan Android Gingerbread 2.3.7 yang dikatakan akan mendapat update ke ICS 4.0. Untuk urusan tampilan antar muka, ponsel ini menggunakan antar muka yang sama seperti ponsel Sony Xperia NXT yang terlihat menarik.


Pada halaman utama homescreen dapat memuat lima halaman yang tidak dapat dikurangi dan ditambah Sebagi tempat untuk menaruh item seperti widget, folder, shortcut. Ada juga dock dibagian bawah untuk menyimpan empat ikon yang dapat dikustomisasi. Jika anda menahan tombol home maka akan ditampilkan recent apps. Jendela notifikasi tampil polos tanpa diisi dengan jalan pintas ke menu konektivitas.



Untuk tampilan drawer aplikasi, ikon ikon menu tersusun dalam posisi 4 x 4 dengan latar belakang transparan. Anda dapat mengatur posisi ikon-ikon ini dan dapat melakukan sorting berdasarkan abjad, paling sering dipakai, dan paling akhir diinstall.


Untuk lockscreen, terdapat informasi yang muncul ketika anda berada di lockscreen bahkan jika anda sedang mendengarkan musik maka anda dapat memunculkan mini music player dengan melakukan swipe ke jam digital besar.


Tersedia tujuh pilihan tema yang dapat dipilih sesuai keinginan. Nah, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, teknologi Floating touch dapat digunakan di tema bawaan untuk efek. Jadi jika anda berada di halaman homescreen, anda dapat menggerakkan jari anda secara mengambang di layar maka efek gelombang di tema akan bergerak layaknya anda melakukan swipe halaman homescreen.


Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Input Teks
Terdapat satu pilihan keyboard saja dalam kondisi default, yaitu Xperia Keyboard yang tersedia dalam bahasa Mandarin dan Jepang. Ada juga pilihan pengaturan untuk masing-masing bahasa. Saat kami mencoba melakukan pengetikan, keyboard ini dapat memberikan tingkat akurasi yang tinggi, sehingga terasa mantap dan mudah ketika dioperasikan.


Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Contacts
Seperti Android pada umumnya menu contact dan phone memiliki isi yang sama hanya beda highlight sub menu saat masuk aplikasi. Untuk urusan contact anda dapat melakukan sinkronisasi dari berbagai akun lain seperti akun Facebook, WhatApp, Google, dan akun lainnya.



Tampilannya sama seperti ponsel Xperia NXT sebelumnya. Nama-nama contact akan disajikan secara alfabetis dan terdapat bar abjad disebelah kanan untuk mempercepat pencarian, bisa juga melakukan pengetikan nama di kolom paling atas. Untuk menambahkan contact baru anda cukup memilih tombol di sebelah kanan atas. Anda juga dapat membuat daftar contact yang sering anda hubungi melalui sub menu favorites.


Ada juga fitur Quick contact, yaitu hanya dengan melakukan tap di foto contact maka akan dimunculkan menu cepat untuk melakukan komunikasi seperti telepon, sms, Facebook, atau info.

Messaging
Menu messaging memiliki tampilan yang sederhana, saat masuk anda akan disajikan thread chat dari percakapan yang anda lakukan. Untuk memulai percakapan baru anda dapat melakukannya dengan memilih tombol di bagian kanan atas. Untuk mengubah tipe pesan SMS menjadi MMS anda cukup melampirkan konten multimedia dengan memilih tombol di sebelah kanan di text editor.




Aplikasi Gmail masih selalu setia memberikan anda akses ke layanan email Gmail, dengan tampilan yang sederhana namun powerful untuk mengorganisir email anda. Jika anda menggunakan layanan email lain, anda dapat melakukan pengaturan melalui menu Email.


Aplikasi Talk juga selalu hadir untuk memberi anda akses layanan pesan instan milik Google ini. Sayangnya karena tidak memiliki kamera sekunder, anda tidak dapat melakukan percakapan video dengan Xperia sola ini.


Kamera
Xperia sola memiliki kamera beresolusi 5 MP (2592 x 1944 piksel) dengan autofocus serta ditemani dengan LED flash untuk membantu pengambilan gambar di kondisi yang minim cahaya. Terdapat banyak fitur di menu kamera ini seperti 3D Sweep Panorama (foto panorama dengan efek 3D), 3D Sweep Angle (foto objek dengan efek 3D), Sweep Panorama (foto mode panorama 180 derajat), mode scene, Smile Shutter, dan lainnya.




Salah satu kelebihan kamera di ponsel ini adalah metode pengambilan gambar secara cepat, bahkan anda tidak perlu membuka lockscreen dahulu. Hanya dengan langsung menahan tombol shutter kamera sekitar dua detik anda akan langsung dapat mengambil gambar.


Hasil pengambilan gambar untuk dalam ruangan terlihat baik meskipun kurang tajam, namun untuk kehadiran noise dan tingkat kecerahan sudah lebih baik. Untuk luar ruangan, hasil terlihat cukup detail dan cerah. Untuk melihat hasil aslinya dapat diunduh melalui link ini.



Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Perekaman Video
Dengan Xperia sola anda dapat melakukan perekaman hingga resolusi HD 720p. Terdapat beberapa menu pengaturan untuk menyesuaikan kondisi perekaman anda seperti mode scene, exposure, photo light, image stabilizer, dan lainnya.



Kami coba melakukan perekaman dengan resolusi 720p sekitar tiga puluh detik menghabiskan sekitar 22,9 MB. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format .MP4. Berikut hasil perekaman video dari kamera Xperia sola:


Gallery
Gallery tempat kumpulan foto dan video anda tampil standar Android aja. Hadir dengan penggolongan berdasarkan folder dan ditemani efek khas 3D. Karena ditanamkan teknologi Mobile Bravia Engine, maka koleksi foto dan video anda akan terlihat menarik mata karena kombinasi warna menjadi kontras dan meminimalisir noise di foto.





Untuk melihat konten 3D anda harus memilih tab ikon disebelah kanan atas yang bersebelahan dengan ikon kamera. Disini anda disediakan kembali pilihan dua tombol untuk melihat konten 3D panorama dan yang kedua untuk melihat konten Sweep Multi Angle.

Dengan pengintegrasian ke layanan Facebook, maka semua kumpulan foto anda di layanan tersebut akan ditampilkan di galeri ini, dan anda juga dapat memberikan komentar dan like.

Pemutar Video
Secara default tidak ada aplikasi terdedikasi untuk memutar video, jadi anda harus memutar konten video melalui menu gallery. Player video di Xperia sola ini tidak dapat melakukan pemutaran video dengan resolusi 1080p jadi maksimal terbatas hanya di 720p saja. Tercatat hanya MP4, MKV saja yang dapat diputar, kami mencoba memasukkan konten video dengan format FLV, AVI, WMV namun tidak dapat diputar. Untuk subtitle juga tidak dapat ditampilkan.

Tampilan antar muka video player sederhana saja seperti stock Android. Hanya terdapat tiga tombol yaitu tombol previous, play/pause, dan tombol next. Sekali lagi karena fitur Mobile Bravia Engine, maka tampilan video anda di ponsel ini akan terlihat colourful dan cerah. Ada juga menu untuk edit sederhana (crop video).




Pemutar Musik
Mungkin inilah letak keunggulan dari ponsel Xperia milik Sony. Xperia sola dan seri NXT lain dipersenjatai dengan music player yang kaya fitur dan memiliki performa yang baik. Antar mukanya terlihat menarik denggan efek-efek yang bagus serta terdapat fitur-fitur seperti pencarian informasi lagu, lirik, video, edit informasi, equalizer dengan clear bass, surround, dan tidak ketinggalan fitur xLOUD yang berlaku di speaker sehingga menghasilkan keluaran suara kencang tanpa adanya distorsi. Sayangnya peletakan speaker berada di bagian belakang, sehingga jika ponsel ditaruh di permukaan dengan bagian muka di atas, keluaran suara otomatis terbungkam.




Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Radio FM
Fitur klasik ini tetap hadir di Xperia sola, seperti biasa dibutuhkan headset tercolok untuk dapat menikmati siaran stasiun radio favorit anda. Tampilan antar mukanya juga menarik dengan kehadiran semacam bar frekuensi sehingga anda cukup melakukan swipe di bar tersebut untuk mencari frekuensi stasiun radio, anda juga dapat melakukan pencarian informasi lagu yang sedang diputar melalui aplikasi TrackID yang terintegrasi dan juga anda dapat memberikan jempol anda atas lagu yang sedang diputar. Anda juga dapat menyimpan stasiun-stasiun radio kesukaan anda.


Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Browser
Browser di Xperia sola sudah dapat dikatakan mumpuni untuk menjadi kendaraan berseluncur di dunia maya. Tampilannya standar Android stock. Browser ini dapat melakukan proses rendering halaman web dengan cukup cepat dan tidak begitu terasa lag yang mengganggu. Untuk melakukan browsing mutitab dapat dilakukan hingga delapan tab secara bersamaan. Konten flash juga dapat ditampilkan di browser ini.




Teknologi Floating touch berlaku disini, sayang teknologi hanya berfungsi untuk meng-highlight link saja tanpa dapat digunakan untuk membuat pilihan atau menggeser halaman. Kami dapat katakan fungsi Floating touch di browser ini kurang berguna.

Konektivitas
Jangan ragu membawa ponsel ini kemanapun anda pergi karena ponsel ini dapat berjalan di jaringan Quadband GSM dan HSDPA asal negara tujuan anda memiliki jaringan seluler. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi b/g/n dengan kemampuan DLNA, yang mengijinkan anda untuk memutar video dan melihat foto bahkan mendengarkan musik dari atau ke perangkat yang juga memiliki kemampuan DLNA. Ada juga dukungan A-GPS, Bluetooth v3.0, USB On-the-Go, dan NFC. Tenang karena ponsel ini bukanlah seri Xperia NXT jadi terdapat slot untuk kartu memori microSD yang mampu menampung hingga 32 GB.



Nah untuk fitur NFC, dalam paket penjualan Xperia sola diberikan dua aksesoris SmartTags. Sehingga anda dapat menggunakan aplikasi SmartTags, dimana anda dapat mengubah profil ponsel dan aksi lain sesuai dengan pengaturan tag yang anda sentuh ke ponsel. Cukup praktis dan berguna, jadi anda tidak perlu repot mengatur pengaturan ponsel jika anda masuk ke lingkungan tertentu.



Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2273 poin
  • AnTuTu Benchmark: 5313 poin
  • Neocore : 59,6 fps
  • MultiTouch: maksimal 4 sentuhan
  • CamSpeed: 340 poin (Shutter Time), 479 poin (Image Time), 629 poin (Focus Time)

Sony Xperia sola MT27i Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Ponsel Xperia sola memiliki baterai yang tidak dapat dicopot/ sudah tertanam di dalam bodi ponsel. Baterai yang digunakan berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 1320 mAh. Meskipun ukurannya terbilang standar, namun untuk mendukung kegiatan anda di ponsel ini dirasa cukup minim, sehingga kami perkirakan hanya dapat menemani anda pagi sampai sore saja dengan pengaturan dan penggunaan normal. Tapi kembali lagi tergantung dari jaringan operator dan frekuensi penggunaan ponsel.

Kesimpulan
Digadang-gadang memiliki kelebihan fitur Floating touch, Xperia sola kami rasa layak untuk anda miliki. Karena dengan harga 3 jutaan anda akan mendapatkan ponsel kelas menengah dengan performa baik secara keseluruhan. Fitur NFC yang benar-benar dapat anda gunakan karena diberikan aksesoris SmartTags. Terlebih dengan desain yang menurut kami cukup bergaya serta bobot yang cukup tipis dan ringan. Sebagai pembanding kami mennyarankan anda untuk mempertimbangkan ponsel HTC kelas menengah milik HTC yaitu One V. One V juga memiliki performa yang baik, langsung mendapatkan Android 4.0 ICS, kapasitas baterai yang lebih besar, dan kualitas layar yang lebih baik dari Xperia sola, namun anda harus mengorbankan prosesor dual core, fitur unik Floating touch, dan konektivitas NFC.

Kelebihan

  • Floating touch
  • Performa yang baik
  • Prosesor dual-core

Kekurangan

  • Tidak ada kamera sekunder
  • Kapasitas baterai yang dirasa kurang mumpuni



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
9
31 Oct 2014
24
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
9
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
24
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.