TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D
Penerus yang Memiliki Performa Memuaskan
Jun 07 2012 12:01PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
114
57120

Samsung pernah mendulang sukses dengan ponsel Android terjangkau Galaxy Mini, dan kini pabrikan asal Korea Selatan ini merilis penerus Galaxy Mini yaitu Galaxy Mini 2. Dengan ditelurkannya penerus, berarti ada peningkatan yang diberikan di Galaxy Mini 2 ini. Tercatat adanya peningkatan resolusi layar dari QVGA menjadi HVGA, kemudian peningkatan speed prosesor dari 600MHz menjadi 800MHz dan naiknya kapasitas memori internal dari 160MB menjadi 4GB. Kira-kira dengan dibanderol harga Rp 1,9 juta apakah layak ponsel ini untuk Teknokerz miliki? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quad band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)
  • Dual band HSDPA (900 / 2100)
  • Layar sentuh TFT kapasitif 16 juta warna 3,27 inci (320 x 480 piksel)
  • Memori internal 4GB (1GB aplikasi, 2GB multimedia, 1GB sistem), eksternal microSD hingga 32GB
  • Kamera 3,15 MP (2048x1536 piksel) fixed focus
  • Android Gingerbread v2.3.6
  • Prosesor Qualcomm MSM7227 800MHz, GPU Adreno 200
  • Baterai Lithium Ion 1300 mAh


Isi Paket Pembelian

  • Handset Samsung Galaxy Mini 2
  • Baterai
  • Charger
  • Handsfree
  • Kabel data micro USB
  • Ekstra back cover
  • Manual
  • Kartu Garansi



Desain dan Bodi
Jika melihat bagian muka, ponsel ini terlihat mirip dengan ponsel-ponsel Android kelas bawah buatan Samsung lainnya. Galaxy Mini 2 terlihat elegan dan berkelas pada bagian muka, dan memiliki kesan muda yang bergaya pada bagian belakang. Anda akan mendapatkan dua back cover, warna kuning dan warna hitam jika anda ingin lebih terlihat formal. Ponsel ini memiliki dimensi 109,4 x 58,6 x 11,6 mm dengan bobot 105,3 gram. Semua bodi ponsel ini terbuat dari plastik dan terasa cukup kokoh serta mantap saat digenggam karena bagian belakang yang melengkung.



Bagian muka ponsel terdapat earpiece, sensor proximity dan sensor cahaya, layar 3,27 inci, tombol menu dan back bertipe kapasitif, dan sebuah tombol fisik home. Bagian belakang diisi dengan kehadiran speaker dan kamera saja. Bagian kiri ponsel hanya diisi dengan tombol lock/power. Bagian kanan terdapat lubang untuk strap tombol volume dan slot memori microSD. Bagian atas terdapat port headset 3,5mm dan bagian bawah terdapat port microUSB dan mic.


Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery



Layar
Nah inilah salah satu poin peningkatan yang ada di Galaxy Mini 2, ponsel ini memiliki resolusi layar HVGA (320 x 480 piksel). Sebelumnya Galaxy Mini hanya memiliki resolusi layar QVGA (240 x 320 piksel). Tingkat ketajaman layar tentu saja lebih baik, tampilan terlihat lebih tajam dan halus. Tapi sayang tidak terlalu jernih. Untuk sudut pandang sendiri terlihat lebih baik dari sebelumnya, terasa lebih luas.

Antar Muka

Ponsel ini menggunakan Android versi 2.3.6 Gingerbread dengan antarmuka khas Samsung TouchWiz UI. Untuk tampilannya sendiri sudah terlihat moderen seperti perangkat mobile Samsung terkini. Terciri dari desain locksreen, homescreen, dan drawer aplikasi.



Pada halaman homescreen dapat memuat hingga tujuh halaman yang dapat diisi berbagai macam item seperti widget, folder, shortcut. Jika anda menahan tombol fisik home maka akan muncul daftar recent apps. Jendela notifikasi tampil seperti ponsel smartphone Samsung lainnya, ditambahkan jalan pintas ke konektivitas.


Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery

Drawer aplikasi, ikon-ikon aplikasi terjejer dalam formasi 4 x 4 ditemani latar belakang hitam transparan. Anda dapat merubah posisi ikon-ikon aplikasi yang ada sesuai keinginan anda serta dapat juga mengubah tampilannya ke posisi list. Pengalaman menjelajahi menu-menu dan halaman di Galaxy Mini dapat dilakukan dengan lancar tidak terasa lag sama sekali.



Input teks

Untuk urusan pengetikan, terdapat dua pilihan keyboard di kondisi default yaitu Samsung keypad , dan Swipe. Terdapat pengaturan untuk masing-masing keyboard agar lebih sesuai dengan kenyamanan anda. Dalam melakukan pengetikan kami tidak menemukan masalah, respon layar baik.




Contacts

Menu contact dan phone memiliki isi yang sama, memiliki lima tab yang terdiri dari tab keypad, logs, contacts, favorites, groups. Seperti biasa, Samsung menyediakan jalan pintas untuk contact yang memudahkan anda untuk berkomunikasi. Jalan pintas ini adalah anda cukup melakukan slide ke kiri untuk mengirim pesan dan slide kekanan untuk melakukan panggilan di salah satu contact yang di highlight. Anda juga dapat melakukan sinkronisasi daftar contact dari berbagai akun.


Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery



Messaging
Menu messaging tampil dengan ciri khas Android, simpel namun tetap fungsional dan intuitif. Saat masuk ke aplikasi messaging anda akan disajikan daftar thread chat yang sedang anda lakukan dan jika ingin membuat pesan ke contact baru anda dapat memilih timbol bergambar plus di sebelah kiri atas. Tampilan composing juga sederhana saja, jika anda ingin mengirim pesan MMS anda cukup memilih tombol bergambar klip kertas.




Untuk urusan email terdapat aplikasi Gmail yang menjadi layanan email default dan untuk layanan dari provider email lain dapat dilakukan setting otomatis di menu email. Untuk urusan perpesanan instan juga terdapat aplikasi Talk milik Google, seperti biasa jika anda tidak menggunakan layanan ini, anda dapat mengunduh aplikasi client lain melalui Google Play.





Kamera
Galaxy Mini 2 disenjatai kamera beresolusi 3,15MP fokus tetap tanpa ditemani kehadiran LED flash sama seperti pendahulunya. Terdapat berbagai pilihan pengaturan dan mode pengambilan gambar seperti continuous,smile shot, dan panorama. Untuk panorama disayangkan ukuran gambar yang dihasilkan sangat kecil sehingga tidak terlalu berguna menurut kami. Untuk pengaturan terdapat mode scene, brightness, timer, resolusi, white balance, effect, metering, image quality, guidelines, review, gps, shutter sound, storage, dan reset.



Performa kamera ini terbilang cukup bagus anda dapat melakukan proses pengambilan gambar dengan sangat cepat. Untuk pengambilan gambar dalam ruangan hasil terlihat kurang tajam dan warna terlihat sedikit pucat. Untuk luar ruangan, hasil terlihat cerah namun tetap terlihat sedikit pucat.



Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery



Perekam Video
Kamera di Galaxy Mini 2 dapat melakukan perekaman video dengan resolusi VGA saja (640 x 480 piksel) dengan framerate 29 fps. Terdapat beberapa pengaturan seperti recording mode, brightness, timer, resolution, white balance, effects, video quality, guidelines, audio recording, review, storage, reset. Video akan disimpan dalam format MP4.


Hasil perekaman video Galaxy Mini 2:



Gallery
Tampilan menu gallery di Galaxy Mini 2 ini standar saja, dengan kumpulan foto dan video anda disajikan berdasarkan folder serta efek 3D jika ponsel digerakkan ke kiri atau kekanan. Ada juga jalann pintas ke menu kamera di bagian kanan atas. Jika anda kurang puas dengan gambar atau hasil foto anda dapat melakukan proses editing kecil seperti crop, rotate, rename, dan lainnya. Proses zooming juga dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu pinch and zoom, tap dua kali dilayar, atau menggunakan tombol zoom.





Pemutar Video
Koleksi video anda dapat diputar melalui gallery maupun aplikasi video. Antar muka aplikasi video sederhana saja, video video akan ditampilkan dengan format list yang dapat di sort berdasarkan size, name, date, type. Saat video diputar,tampil informasi baterai dan waktu di kanan atas, di sebelah kiri atas terdapat pilihan untuk rasio tampilan video. Terdapat pula bar penunjuk durasi video, tombol kontrol (previous, play/pause, next), ikon volume, dan efek keluaran suara 5.1 tapi hanya dapat digunakan jika anda menggunakan earphone. Untuk format video, Galaxy Mini 2 hanya mendukung video berformat MP4 saja bahkan untuk video beresolusi 720p tidak dapat diputar. Tapi hal ini dapat diatasi dengan menginstall aplikasi pemutar video pihak ketiga seperti Mobo Player atau MX Player.





Pemutar Musik
Koleksi lagu-lagu yang ada di ponsel ini akan ditampilkan berdasarkan lima kategori seperti all, playlist, album, artist, dan folder (dapat ditambah atau dikurangi di menu music setting). Tampilannya secara garis besar mirip seperti aplikasi musik stock Android lainnya, hanya saja ada beberapa penambahan seperti tampilan mini player di lock screen, equaliser, sound effects, efek surround 5.1, lirik, animasi, dan lainnya. Untuk efek surround 5.1 sama seperti yang ada di video player, hanya dapat diaktifkan jika anda menggunakan headset. Kualitas speaker terbilang baik keluaran suara terdengar kencang dan tidak pecah saat kami atur ke tingkat maksimal.







Radio FM
Fitur klasik ini masih hadir untuk memberi anda hiburan dan informasi melalui stasiun radio favorit anda. Tampilannya cukup menarik dengan gaya radio analog yang dapat ditekan untuk mengaktifkan atau nonaktifkan radio, serta dapat diputar untuk mengganti frekuensi. Anda dapat juga menyimpan 4 stasiun radio favorit anda dibagian muka ini.


Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery



Konektivitas

Galaxy Mini 2 ini berjalan di jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 MHz. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802.11b/g/n, A-GPS, Bluetooth v3.0, microUSB v2.0. Terdapat pula pilihan Tethering untuk berbagi konektivitas internet via USB atau WiFi.

Web Browser
Browser atau Internet di Galaxy Mini 2 memiliki performa yang baik, dalam menelusuri halaman-halaman di situs kami www.teknoup.com rendering halaman terasa cepat dan pergerakannya pun lancar. Anda dapat juga menonton video di situs YouTube versi desktop, karena browser ini mendukung konten flash. Untuk Mutitab dapat dilakukan hingga delapan tab maksimum.






Hasil Benchmark

  • Quadrant Standart: 1842 poin
  • AnTuTu Benchmark: 2675 poin
  • Neocore 3D: 61,7 frame per detik
  • Multitouch tester: maksimal 5 sentuhan
  • CamSpeed: 253 ShutterTime, 880 ImageTime, - FocusTime

Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D Review Gallery


Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy Mini 2 dibekali dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1300 mAh. Baterai ini di klaim dapat bertahan stand by hingga 120 jam dan dapat digunakan untuk berbicara hingga 6 jam. Berdasarkan proses review yang kami lakukan, baterai di ponsel ini mampu menemani anda seharian beraktivitas. Tapi hal ini tergantung juga dari kondisi sinyal dan intensitas penggunaan ponsel.




Kesimpulan

Di Galaxy Mini 2 terlihat adanya peningkatan yang lebih baik dari Galaxy Mini seperti prosesor, resolusi layar, dan memori internal, meskipun tidak terlalu signifikan. Performa ponsel ini juga baik, dan dapat diandalkan penggunaannya secara keseluruhan. Namun dengan dibandrol sekitar 1,9 juta rupiah, harga yang diberikan terasa terlalu tinggi jika dibandingkan dengan spesifikasinya. Karena saat ini ada beberapa pilihan lain dalam range harga tersebut yang menawarkan spesifikasi lebih baik, salah satu contohnya Sony Xperia Mini Pro yang memiliki prosesor dan kamera lebih besar dan dukungan ke Android terbaru 4.0 ICS, meskipun anda harus mengorbankan ukuran layar dan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Kelebihan

  • Performa yang baik
  • Desain yang kokoh
  • Back cover ekstra


Kekurangan

  • Harga yang cukup tinggi untuk spesifikasi yang diberikan
  • Hanya Android 2.3 Gingerbread



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
10
17 Apr 2014
90
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
10
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
90
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.