TOP
REVIEWS
Review: LG Optimus L7 P700
Android Stylish Kelas Menengah
Jun 04 2012 2:39PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.4
67
69636

Di bulan Februari lalu pada event Mobile World Congress LG merilis trio ponsel L Series, yakni L3, L5 dan L7. Jajaran L Series merupakan ponsel-ponsel yang menekankan pada style, dengan basis yang berasal dari LG Prada. April lalu kami sudah mereview seri termurah dari L Series yakni Optimus L3. Sekarang kami akan mereview jagoan dari L Series yakni Optimus L7. Meski dibilang jagoan, namun harganya ternyata tidaklah semahal LG Prada. Tepatnya, smartphone Android ICS ini dilepas dengan harga Rp. 2999.000. Fitur-fitur unggulan pun bisa dibilang lumayan, yakni layar LCD IPS 4,3 inci WVGA (800x480) dengan Gorilla Glass, ketebalan hanya 8.7 mm, kamera 5MP dengan autofokus dan LED flash, serta OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang ditenagai oleh prosesor Cortex A5 1GHz, RAM 512MB dan batere 1700 mAh.

Desain dan Bodi
Sebagai L Series, wajar saja jika desain sangat diperhatikan di smartphone Android ini. Dengan warna putih glossy di bagian depan, ponsel ini bagian sampingnya diselimuti list metalik yang memberi kesan premium. List metalik ini juga memenuhi bagian teratas ponsel. Sudut-sudut ponsel tajam di bagian atas dan agak melengkung di bagian bawah. Di bagian depan ada tombol Home yang dikelilingi tombol kapasitif Back dan Option. Sementara kamera depan VGA, sensor proksimitas ada di bagian atas.







Sementara itu di back cover ponsel ini berbahan plastik bergerigi dengan tujuan agar grip Anda saat memegang ponsel tetap terjaga. Seperti L3, aksen list silver metalik menghiasi kamera 5MP dan LED flash, sementara logo LG yang ada di bawahnya juga terbuat dari bahan metalik yang sama. Dengan desain tipis dan ukuran layar cukup besar yakni 4, 3 inci, namun ponsel tetap nyaman saat digenggam dikarenakan sudut-sudut yang pas dengan genggaman tangan Anda.






Tombol volume ada di sebelah kiri dan berwarna putih seperti bodi ponsel, tidak mencolok. Sementara untuk port ada port micro USB di bagian bawah ponsel dan jack audio 3.5 mm di bagian atas. Slot kartu SIM dan micro SD ada di balik back cover, namun tidak perlu mencabut batere untuk memasukan/mengeluarkan kartu tersebut.






Layar ponsel ini berjenis IPS, menjanjikan sudut pandang yang bagus dan reproduksi warna yang lebih natural. Untuk tingkat kecerahan terasa cukup terang dan bisa digunakan di luar ruangan dalam kondisi terik matahari yang menyilaukan. Anehnya tidak ada fitur auto-brightness yang menyesuaikan terhadap kondisi pencahayaan sekitar ponsel. Karakteristik warna yang dihasilkan sendiri dalam menampilkan warna putih agak kekuningan. Meski begitu secara garis besar layar IPS ponsel ini cukup memuaskan, terlebih ukurannya cukup besar untuk ponsel berharga di bawah 3 juta, yakni 4,3 inci.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery



Antar Muka
Berbeda dengan L3, ponsel ini sudah menggunakan OS Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Terlihat dari indikator sinyal dan baterai serta aksen-aksen antarmuka lainnya yang menggunakan warna cyan, serta penggunaan font Roboto. Namun lockscreen tidak bisa menggunakan Face Unlock seperti pada Galaxy Nexus. Di Lock Screen juga tidak ada akses pintas ke menu lainnya, namun ada pilihan agar bisa mengaktifkan widget dan akses pintas di lockscreen tersebut.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Untuk homescreen menggunakan 5 halaman home yang bisa Anda penuhi dengan akses pintas aplikasi maupun widget. Ada beberapa pengaturan yang bisa Anda pilih misalnya mengaktifkan animasi, efek saat melakukan gerakan menyapu layar homescreen, memilih wallpaper, dan mengaktifkan agar homescreen tersusun secara sirkular.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Drawer aplikasi tersusun secara menyamping dengan ikon-ikon 5 baris dan 4 kolom. Dengan opsi ''Show More Icons'', susunan tersebut bisa berubah menjadi 6 baris dan 5 kolom, untuk memuat lebih banyak ikon pada layar. Drawer aplikasi sendiri terbagi menjadi 3 yakni Apps, Downloads dan Widgets. Susunan ikon bisa diubah sesuai keinginan Anda.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Bar notifikasi hadir dengan beberapa akses pintas yakni Vibrate, WiFi, Bluetooth, GPS. Susunannya bisa diubah, juga bisa ditambahkan Airplane Mode, auto rotate, tingkat kecerahan, dan lain-lain. Selain itu ada tanggal dan akses ke Setting. Seperti pada ponsel ICS lain, jika Anda menahan tombol Home, maka akan keluar list aplikasi terakhir yang Anda buka dan berjalan di background, dan bisa Anda tutup saat itu juga dengan menyapunya ke arah kiri atau kanan.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery






Input Teks
Hanya ada keyboard bawaaan QWERTY dari LG untuk input teks, selain Google Voice Typing yang ada di kebanyakan perangkat Android. Fitur-fiturnya antara lain auto-capitalize, auto-punctuation, sugesti kata-kata dan feedback sentuhan. Layar lebar 4.3 inci membuat pengetikan dua tangan cukup nyaman, untuk pengetikkan menggunakan satu tangan pun bukan masalah.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Kontak
LG membagi kontak dalam ponsel ini menjadi 3 kategori yakni Groups, daftar kontak dan favorit. Kontak dapat disinkronisasikan dengan akun jejaring sosial dan Gmail. Dalam melakukan pencarian, mengedit maupun menambah kontak semua mudah untuk dilakukan. Setiap kontak bisa ditambahkan foto dan ringtone khusus.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Messaging
Seperti ponsel Android lainnya, ada 3 model messaging di Optimus L7 yakni SMS, Email dan Instant Messaging. Untuk SMS mudah digunakan seperti juga ponsel Android lainnya, ada format threaded. Sementara email Anda bisa menggunakan Gmail yang memiliki banyak fitur serupa dengan versi desktop maupun email client lainnya. Sementara untuk Instant Messaging yang tersedia adalah Google Talk, selain itu Anda bisa menambahkan alternatif seperti Line, WhatsApp, Viber, YM dan sebagainya.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Kamera
LG L7 memiliki kamera yang cukup menjanjikan, 5 megapiksel dengan autofokus dan LED flash. Fitur-fitur lumayan banyak seperti tingkat kecerahan, mode panorama dan Continous shoot (memotret 6 foto dalam waktu berdekatan, hanya saja resolusi diturunkan menjadi WVGA saja), autofokus, face tracking, resolusi, mode scene, ISO, white balance, efek warna, geotag, shutter sound dan auto review. Untuk mem-fokuskan gambar bisa dilakukan dengan menyentuh objek pada layar. Fokusnya sendiri bersifat continous. Secara keseluruhan kamera pada ponsel ini cukup mudah digunakan, apalagi LG memberikan petunjuk tiap fitur kamera. Tombol volume keduanya bisa digunakan sebagai tombol untuk memotret.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Hasil kamera tergolong biasa-biasa saja untuk ukuran 5 megapiksel. Warna-warnanya terasa kurang nendang meskipun kondisi outdoor bermandikan cahaya. Lebih jelasnya klik foto-foto dibawah.
CAM00025

CAM00023

CAM00022

CAM00020

CAM00019

CAM00018





Perekaman video
Perekaman video merupakan titik lemah L7, karena ponsel ini hanya bisa merekam video sampai resolusi VGA (640x480 piksel) saja, padahal ponsel sekelasnya minimal sudah bisa merekam video HD 1280x720 piksel (720p). Fitur-fiturnya antara lain tingkat kecerahan, resolusi, white balance, efek warna, geotag, audio recording dan auto review. Anda bisa merekam video pada objek yang dekat (makro) dengan continous autofokus, namun responnya lambat dalam memfokuskan lensa ke objek, tidak seperti pada kamera yang cukup cepat.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Meskipun hasil perekaman video hanya beresolusi VGA, namun untuk masih mulus dan tidak patah-patah karena framerate 30 frame per detik. Sementara bitratenya hanya 1600-1660kbps saja.



Galeri Foto dan Video
Di galeri yang cukup standar ini, Anda bisa melihat foto-foto dan video berdasarkan Albums (folder), lokasi pengambilan foto dan waktu pengambilan foto. Foto-foto dapat Anda share melalui bluetooth, Gmail, G+, dan lain-lain. Sementara itu untuk fitur pengeditan Anda dapat melakukan cropping, merotasi foto, dan menambahkan efek-efek sederhana.



LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Pemutar Video
LG Optimus L7 memiliki pemutar video terdedikasi dengan sertifikasi DivX. File .avi dan .mp4 beresolusi maksimal 480p (854x480 piksel) dapat diputar dengan lancar berikut file subtitle berformat .srt yang menyertainya. Namun video HD, 720p tidak bisa diputar sama sekali (resolusi tidak mendukung). Memang 480p sudah cukup maksimal karena resolusi layarnya saja 800x480 piksel, namun untuk Anda yang sudah punya koleksi video 720p harus meng-convertnya terlebih dulu ke resolusi 480p.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Pemutar Musik
Pemutar musik terbagi menjadi 5 kategori yakni Songs, Albums, Artists, Playlists dan Folders. Lagu dapat Anda jadikan ringtone, dimasukkan ke playlist yang Anda buat sendiri dan dibagikan via Bluetooth, Gmail dan MMS. Keluaran suara dari loudspeaker cukup kencang dan dipenuhi treble seperti biasa, serta agak sember pada volume tertinggi. Pada saat memutar musik Anda bisa memilih untuk mengaktifkan kontroler pemutar musik di bar notifikasi. Selain itu ada fitur sleep timer dan beberapa efek audio seperti clear treble, deep bass, bright stage, Dynamics dan Pure Bypass. Secara default, selain membuat playlist baru Anda juga bisa menggunakan playlist otomatis seperti Most Played, Recently Played dan Recently Added, serta Favourites. Anda bisa melihat lirik lagu pada saat memutar lagu.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Radio FM
Untuk memutar radio Anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena radio. Ada fasilitas scanning pada Radio FM ponsel ini.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Konektivitas
Ponsel ini menggunakan jaringan GSM dengan kemampuan internet hingga HSDPA. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 3.0, WiFi (802,11 b/g/n) dengan kemampuan WiFi tethering dan DLNA. Untuk terhubung ke PC, Optimus L7 menggunakan kabel micro USB.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Web Browser
Identik dengan LG Optimus L3, browser bawaan pada L7 hanya bisa membuka maksimal 4 buah tab saja. Dalam membuka situs full dengan banyak konten seperti TeknoUp kinerjanya cukup cepat dan smooth, walaupun tentunya tidak se-smooth perangkat Android dual core. Pengaturan-pengaturannya antara lain: Find, share, Bookmark, opsi untuk selalu membuka situs desktop, save untuk offline reading dan pengaturan tingkat kecerahan layar. Selain itu tentunya ada fitur-fitur standar yakni cache, cookies, form data dan lain-lain.


LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Aplikasi Pihak Ketiga
Angry Birds Space
Game perang antara burung dan babi yang bersetting di luar angkasa ini berjalan sangat lancar di LG Optimus L7.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Temple Run
Game kejar-kejaran dengan baboon dengan format 3D ini cukup lancar dimainkan di LG Optimus L7, namun terkadang terjadi frameskip dan lag yang cukup mengganggu.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




MX Video Player
Dengan menggunakan aplikasi ini, format .mkv beresolusi 720p menjadi terbaca, menggunakan software decoding, fast mode, namun tidak begitu mulus, frameratenya terasa kurang shingga video patah-patah, namun audio dan video tetap tersinkronisasi dengan baik sehingga bisa dibilang masih enjoyable.

LG Optimus L7 P700 Review Gallery




Hasil Benchmark
Quadrant Standart: 2082 poin


LG Optimus L7 P700 Review Gallery


Antutu: 2862 poin


Neocore 3D: 57,4 frame per detik



NenaMark2: 19,1 frame per detik



Multitouch Tester: maksimal 9 sentuhan





Daya Tahan Baterai
Dengan batere sebesar 1700 mAh, daya tahan LG Optimus L7 cukup bagus. Dengan kondisi internet menggunakan WiFi, tingkat kecerahan layar 50 persen, penggunaan heavy use untuk keperluan review, backlit baru mati setelah 10 menit, ponsel dapat bertahan sekitar 18-24 jam.


Kesimpulan
Dengan harga Rp. 2999.000, LG Optimus L7 jelas menawarkan desain ciamik yang elegan dan bercitarasa bagaikan LG Prada, namun bisa dibilang kalau soal fitur dan performa L7 harus takluk dengan pesaingnya di range harga yang sama, seperti Sony Ericsson Xperia Play (Rp. 2,9 juta), Samsung Galaxy W (Rp. 2,7 juta), HTC One V (Rp. 2,9 juta) dan jagoan lama LG sendiri, Optimus Black (Rp. 2,9 juta). Meski begitu, desain L7 relatif lebih bagus dibanding pesaingnya, layarnya lebih besar, dan kelebihan lainnya L7 sudah menggunakan OS Ice Cream Sandwich (kecuali dengan HTC One V yang juga ICS) .

Kelebihan

  • Desain ramping dan elegan
  • Layar IPS 4.3 inci dengan Gorilla Glass
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Ada NFC


Kekurangan

  • Perekaman video hanya sampai resolusi VGA
  • Performa menurun drastis kalau ada beberapa aplikasi di background



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014