TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy S III GT-I9300
The Next Android Star
May 28 2012 10:31AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.8
149
79160

1.Perkenalan
Samsung Galaxy S III baru saja tiba di meja redaksi kami. Kesempatan ini sudah kami tunggu-tunggu sebelumnya. Smartphone yang baru akan dijual mulai tanggal 2 Juni mendatang ini memiliki sejumlah fitur andalan yang belum pernah kita lihat sebelumnya seperti pop up play, smart stay, direct call, S Beam, dan lainnya. Seperti apakah performa dan isi dari Samsung Galaxy S III ini? Nantikan review selengkapnya di TeknoUp - Technology Speaking.


Spesifikasi Utama Samsung Galaxy S III

  • Layar 4.8 inci 1280 x 720 pixel, Super AMOLED, Gorilla Glass 2
  • Prosesor Exynos quad-core 1.4 GHz
  • Android OS 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Kamera 8 MP, support 1080p video recording
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 16 GB
  • Baterai 2100mAh

2.Desain dan Bodi
Samsung Galaxy S III memiliki konsep yang terinspirasi dari alam, dan untuk mewakili konsep tersebut Galaxy S III tersedia dalam 2 warna pilihan yaitu Pebble Blue dan Marble White. Meskipun Galaxy S III memiliki layar besar berukuran 4.8 inci namun dimensi bodi ponsel bukan berarti akan menjadi sangat bongsor, hal ini berkat penggunaan frame layar yang lebih tipis sehingga lebih maksimal. Dimensi Galaxy S III adalah 136.6 x 70.6 x 8.6 mm dan memiliki bobot 133 gram saja.

Pada tampak depan terdapat layar 4.8 inci dengan resolusi 1280x720 pixel. Di bagian atas layar terdapat speaker earpiece dan logo Samsung, lalu di pojok kanan ada sebuah kamera depan beresolusi 1.9 MP, sensor cahaya, dan sensor proximity. Pada bagian bawah layar terdapat tombol home yang memanjang yang diapit oleh tombol sentuh menu dan back.





Sisi belakang ponsel menggunakan bahan polycarbonate yang tipis dan lentur, kemudian dilapisi coating keramik kemudian dilakukan finishing dengan teknik pengecatan Hyperglaze. Teknik ini merupakan sebuah lapisan tembus pandang di atas bodinya yang diklaim mampu mengurangi menempelnya sidik jari pada bodi. Tampak belakang cukup sederhana, terdapat sebuah kamera 8MP di bagian tengah atas. Di sebelah kiri kamera terdapat LED Flash, dan di sebelah kanan terdapat grill speaker. Selain itu terdapat logo Samsung di bagian tengah sedikit ke atas.




Pada sisi-sisi ponsel ini dikelilingi oleh bezel stainless steel dengan tekstur hairline (garis-garis halus) yang membuat tampilannya semakin elegan. Pada sisi atas terdapat sebuah lubang port audio 3.5mm untuk dikoneksikan dengan headset, sedangkan di sisi bawah hanya terdapat port micro USB dan sebuah microphone berupa lubang kecil pada bezelnya. Pada sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan di sisi kanan terdapat tombol power/lock.







Secara keseluruhan Galaxy S III memiliki desain yang minimalis namun elegan jika dilihat secara langsung (bukan melalui gambar atau foto). Ukurannya yang pas di genggaman tangan dan bobotnya yang ringan menjadi nilai tambah. Sayangnya penggunaan bahan bodi yang diklaim sebagai polycarbonate terasa tidak terlalu premium di genggaman tangan, terutama jika dibandingkan dengan HTC One X. Dan untuk grip terasa sedikit licin.

3.Layar
Galaxy S III memiliki layar sebesar 4.8inci dengan resolusi 1280x720 pixel, dengan lapisan Gorilla Glass 2. Layarnya berjenis Super AMOLED dengan Pentile Matrix berbeda dengan pendahulunya yaitu Galaxy S II yang menggunakan layar berjenis Super AMOLED Plus dengan RGB. Seperti biasa berkat penggunaan layar Super AMOLED layarnya terlihat cerah dan kontras, dan memiliki sudut pandang yang baik. Kepekatan warna hitam mencapai 0.

SAM_0318

Layar ponsel ini terlihat jernih, tajam dan cerah. Dan jika dibandingkan dengan layar Samsung Galaxy Nexus yang juga menggunakan layar Super AMOLED 1280x720 pixel, layar ponsel ini terlihat lebih natural terutama pada saat background berwarna putih. Sedangkan Galaxy Nexus terlihat lebih biru saat menampilkan warna putih. Kualitas layar 4.8 inci Super AMOLED 1280 x 720 pixel menjadi salah satu nilai jual dari ponsel ini.

Perbandingan layar Galaxy S III dan Galaxy Nexus (Brightness full 100%)

SAM_0308

SAM_0312

SAM_0316

SAM_0314

SAM_0311

Layar Samsung Galaxy S III merupakan layar terbaik yang pernah kami lihat pada ponsel. Lebar, tajam, kontras, jernih, kepekatan warna hitam, dan sudut pandang yang baik menjadi bukti keunggulannya. Ditambah lagi Samsung menyediakan 4 pilihan pengaturan pada layar untuk menyesuaikan selera mata Anda, yaitu Dynamic, Standard, Natural, dan Movie.


4.Antar Muka
Galaxy S III telah menggunakan sistem operasi terbaru dari Android yaitu Ice Cream Sandwich. Namun tampilannya sudah dimodifikasi dan dibalut dengan TouchWiz UI terbaru dari Samsung. Antar mukanya terlihat mirip dengan ICS pada Galaxy S II namun pada Galaxy S III lebih dioptimalkan lagi. Misalnya pada halaman lockscreen yang memudahkan pengguna untuk melakukan unlock, Anda dapat melakukan unlock dengan cara tap dan drag layar ke arah mana saja dan di posisi mana saja. Selain itu proses unlock ini dilengkapi dengan efek gemericik air dan suara tetesan air, konsep ini terinspirasi dari alam sesuai tema Galaxy S III. Pada halaman lockscreen ini terdapat 4 jalan pintas aplikasi yang dapat Anda sesuaikan keinginan.




Pengaturan pada lockscreen cukup lengkap yaitu:

  • Shortcuts: untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan jalan pintas pada lockscreen. Anda juga dapat mengatur 4 aplikasi pilihan yang ingin Anda jadikan shortcut pada lockscreen.
  • Information ticker: Anda dapat menampilkan informasi News atau Stock pada halaman lockscreen. News dapat Anda pilih kategorinya dan interval waktu refreshnya.
  • Camera quick access: Anda dapat mengaktifkan jalan pintas dari lockscreen langsung menuju kamera dengan cara menahankan jari di layar dan memutar perangkat ke posisi horizontal.
  • Clock: Menampilkan dan menyembunyikan informasi jam.
  • Dual clock: Saat Anda di daerah lain yang memiliki perbedaan waktu/regional maka fitur dual clock akan aktiff di lockscreen.
  • Weather: Untuk menampilkan informasi cuaca.



Halaman homescreen terdapat 7 halaman yang merupakan jumlah maksimal halaman homescreen pada Galaxy S III. Anda dapat mengurangi halaman yang tidak anda inginkan juga. Keseluruhan halaman ini dapat anda kustomisasi dengan berbagai macam widget, wallpaper, live wallpaper, dan jalan pintas aplikasi. Khusus penggunaan Live Wallpaper perangkat ini menyediakan Live Wallpaper berupa News wall, Photo Wall, dan Stock Wall. Live Wallpaper tersebut akan menampilkan berita, informasi saham, atau foto favorit Anda dalam mode slideshow dan Live.


Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Untuk halaman notifikasi dapat diakses melalui bagian teratas layar yang dapat disapu ke bawah. Terdapat 10 toggle pengaturan untuk mempermudah Anda. Terdapat pengaturan seperti WiFi, GPS, Silent, Screen Rotation, Power saving, Mobile data, Bluetooth, Notification, Driving mode, dan Sync. Selain itu juga terdapat informasi jaringan operator seluler, dan jalan pintas menuju menu settings.




Samsung Galaxy S III dilengkapi dengan task manager yang khas pada perangkat ICS seperti yang terdapat pada Galaxy Nexus. Namun halaman task manager ini sudah dilengkapi tombol tambahan yaitu Remove all yang akan memudahkan Anda untuk menutup seluruh aplikasi yang masih terbuka atau berjalan di background. Untuk mengakses task manager Anda cukup menahan tombol home selama beberapa detik saja.




Berlanjut ke drawer aplikasi. Drawer aplikasi memiliki tampilan wallpaper yang sama dengan homescreen. Dan terbagi dalam 2 bagian, yaitu Apps dan Widgets. Halaman Apps merupakan isi semua aplikasi yang ada di perangkat tersebut, dan halaman Widgets adalah kumpulan Widgets yang dapat Anda pilih dan terapkan ke halaman homescreen. Drawer aplikasi tersusun berdasarkan Abjad dan tertampil dengan formasi 4 kolom x 5 baris. Selain itu di pojok kanan atas terdapat jalan pintas untuk mensortir aplikasi pihak ketiga yang diinstall pengguna.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

Smart stay
Fitur baru yang menjadi salah satu andalan Galaxy S III adalah Smart stay, Fitur ini memanfaatkan sensor kamera depan untuk mendeteksi mata pengguna, layar akan menyala terus selama mata pengguna menatap layar. Sensor ini akan aktif bekerja sesuai dengan pengaturan waktu screen time out, jika Anda mengatur screen time out 30 detik maka setiap 30 detik sekali sensor akan melacak mata Anda. Saat sensor bekerja ditandai dengan lambang mata di bagian status bar di atas kayar. (Lihat point 12)


5.Input Text
Metode input teks menggunakan keyboard bawaan Samsung dan memiliki layout yang cukup sederhana. Karena layanya yang besar, mengetik dengan keyboard full QWERTY pada posisi potrait cukup mudah dan akurat. Selain melalui virtual keyboard jg terdapat Google voice typing yang tersedia dalam berbagai bahasa. Saat mencobanya dalam modus Bahasa Indonesia ternyata cukup lancar asalkan pelafalan kata Anda cukup jelas dan kencang. Selain itu terdapat fitur hand writing input juga.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

6.Contacts
Contacts pada ponsel ini terbagi dalam 4 jalan pintas di bagian atas yaitu Phone, Groups, Contacts, dan Favorites. Di bawahnya terdapat kolom pencarian kontak untuk mempermudah aksesnya, dan di sebelah kanan kolom pencarian terdapat jalan pintas untuk membuat kontak baru (lambang +). Seperti biasa detail kontak yang bisa ditambahkan selain nama, no telp, dan email, cukup banyak (silahkan lihat gambar di bawah). Namun ada pengaturan spesial yang mungkin belum pernah ada pada smartphone lainnya yaitu Vibration pattern. Anda dapat mengatur irama getaran pada kontak, Anda dapat memilihi 7 irama pilihan (Default, Basic call, Heart Beat, Jinglebell, Ticktock, Waltz, dan Zig-zig-zig). Selain itu Anda dapat menciptakan irama getaran sesuai keinginan Anda.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Tampilan kontak terbagi dalam abjad dan tertampil cukup besar. Pada sisi kanan layar terdapat scrolling bar untuk mempercepat pengguna untuk menuju abjad kontak yang diinginkan. Pengaturan-pengaturan seperti import/export kontak, menampilkan kontak berdasarkan akun-akun tertentu (Gmail, Facebook, SIM, dll). Untuk melakukan panggilan telepon atau pengiriman pesan secara cepat, Anda dapat melakukan sapuan ke kiri dan ke kanan pada kontak sebagai jalan pintasnya.





Pada menu kontak ini terdapat motion tap to top yang akan memudahkan Anda ke list teratas kontak dalam waktu singkat. Caranya adalah dengan melakukan tap sisi atas ponsel 2x. (Lihat point 12)

7.Messaging
Tampilan Messaging pada ponsel ini terlihat sama dengan pada ponsel Android lainnya. Tampilan berupa threaded messages. Dan untuk merupaha pesan SMS menjadi MMS anda cukup menambahkan attachment berupa file multimedia. Pada inbox SMS Anda dapat dengan cepat melakukan panggilan atau membalas pesan dengan cara menyapu ke kiri dan kanan pada SMS yang ada di inbox (sama seperti fitur sapuan pada kontak).

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Untuk Gmail sama seperti ponsel Android lainnya, seperti biasa dilengkapi dengan fitur push notifikasi dan multi akun. Untuk Email domain lain juga dapat ditambahkan dengan mudah melalui menu Email.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Direct Call

Salah satu fitur intelligence yang ditanamkan ke dalam Galaxy S III selain Smart stay adalah Direct call. Saat anda membaca pesan dari rekan Anda atau siapa pun, Anda dapat melakukan panggilan langsung ke pengirim pesan tersebut hanya dengan mengarahkan ponsel ke telinga Anda. Fitur ini tidak memerlukan sentuhan tombol sama sekali, sehingga lebih praktis dan cepat saat Anda memutuskan untuk langsung menelpon pengirim pesan tersebut.

8.Camera
Kamera pada Samsung Galaxy S III memiliki resolusi 8 MP dengan dukungan lampu LED Flash dan fitur auto focus. Antar muka kamera terlihat mirip dengan perangkat Android Samsung sebelumnya. Pengaturan Flash, Shooting mode, dan Focus dapat diatur dengan mudah. Galaxy S III juga sudah dilengkapi fitur touch to focus untuk mempermudah Anda dalam menentukan titik fokus pada foto.

Scene mode yang dapat dipilih:

  • Potrait
  • Landscape
  • Night
  • Sports
  • Party/Indoor
  • Beach/Snow
  • Sunset
  • Dawn
  • Fall Color
  • Firework
  • Text
  • Candlelight
  • Backlight

Shooting mode yang dapat dipilih:

  • Single shot
  • Burst shot
  • HDR
  • Smileshot
  • Beauty
  • Panorama
  • Cartoon
  • Share shot
  • Buddy photo share

Khusus untuk Burst shot Anda dapat mengaktifkan fitur Best photo dan kamera akan mengambil 8 foto secara cepat kemudian merekomendasikan 1 foto terbaik. (Lihat point 12)


Sedangkan untuk pilihan focus ada 3 yaitu Auto focus, Macro, dan Face detection. Pada bagian pengaturan terdapat beberapa pengaturan standar kamera seperti Timer, Resolusi, White balance, ISO, Anti-Shake, Auto contrast, Image quality,dan lainnya. Untuk pilihan efek foto hanya ada 3 yaitu Negative, Black and white, dan Sepia. Hasil foto dari Galaxy S III bagus di kondisi pencahayaan yang cukup terutama outdoor, namun untuk kondisi indoor kamera HTC One X sedikit lebih unggul berkat penggunaan lensa 28mm F2.0. Namun dengan penggunaan LED Flash, Galaxy S III lebih unggul karena flash lebih merata dan tidak kekuningan seperti pada One X.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

Hasil foto indoor rendah cahaya

20120102_215758

Hasil foto indoor rendah cahaya + flash

20120528_095520

Hasil foto indoor macro mode

20120529_102827

Hasil foto indoor

20120529_100906

Hasil foto outdoor

20120529_101027

Hasil foto outdoor macro mode

20120529_101055

Hasil foto outdoor panorama mode

20120529_101324

Video Kamera
Video kamera Samsung Galaxy S III mampu merekam video sampai resolusi full HD 1080p. Hasilnya setingkat lebih baik dari HTC One X. Gambar yang terekam lebih cerah dan tajam. Output perekaman videonya memiliki format mp4 dengan bitrate 17186kbps dan 29frames/second. Video berdurasi 1:06 memiliki size 135MB. Saat melakukan perekaman video Anda dapat mengambil foto dengan resolusi 8MP secara bersamaan. Untuk pengaturan video kamera juga tergolong standar seperti pengaturan Flash, Timer, Effects (ada 3 sama seperti kamera), Resolution, White balance, Outdoor visibility, Anti-shake, Video quality, dan lainnya.

9.Multimedia
Tampilan galeri pada ponsel ini terbilang standar Android ICS, gambar dan foto tertampil bersamaan dalam galeri namun dipisahkan berdasarkan folder kategorinya. Pada bagian atas terdapat drop down menu untuk mensortir isi galeri berdasarkan beberapa kategori seperti Albums, Locations, Time, Person, dan Group. Selain itu di pojok kanan atas terdapat jalan pintas untuk mengakses aplikasi Camera dengan cepat.

Saat melihat foto galeri fitur-fitur standar yang biasa tertanam pada galeri Android juga dimiliki ponsel ini, fitur swipe ke kiri/kanan untuk perpindahan foto, pinch to zoom, edit foto, sharing, slide show dan lainnya ada pada galeri ponsel ini. Satu fitur baru pada galeri Galaxy S III adalah fitur Social Tag yang akan saya bahas di bawah nanti. Untuk performa galeri sangat cepat dan halus saat melakukan perpindahan foto atau proses pinch zoom.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

Video Player
Tapilan pemutar video juga seperti pada galeri foto yaitu berupa thumbnail, namun yang cukup menarik adalah thumbnail video berupa live thumbnail atau bergerak. Pada bagian atas terdapat 3 kategori, Anda dapat mensortir tampilan video menjadi Thumbnails, Lists, dan Folders.




Pemutar video pada Galaxy S III tidak berlebihan jika kami katakan cukup sempurna, kenapa? karena pemutar videonya bisa membaca berbagai macam format video pada umumnya seperti 3gp, avi, mp4, dan mkv. Selain itu juga pemutar video dapat menjalankan video dengan resolusi Full HD 1080p lengkap dengan subtitlenya. Semuanya dapat berjalan dengan lancar. Ditambah lagi dengan layar besar 4.8 inci berjenis Super AMOLED dan beresolusi HD 720p, maka Anda akan merasakan pengalaman menonton video yang sangat menyenangkan. Keluaran suara yang dihasilkan pun cukup powerfull dan cukup jernih.




Tampilan now playing mirip seperti pada Galaxy Nexus yang sederhana, namun untuk pengaturannya tergolong lengkap, terdapat fitur trim video, chapter preview, dan Video auto off yang akan jarang Anda temui pada ponsel lainnya. Selain itu terdapat juga pengaturan Brightness di dalam video, pengaturan kecepatan video / Play speed, pengaturan SoundAlive saat headset tersambung ke perangkat sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dan penuh efek, pengaturan Color tone, dan Outdoor visibility. Satu fitur yang menjadi andalan Galaxy S III untuk pemutar video adalah Pop up Play.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Pop up Play

Fitur Pop up Play cukup menarik, fitur ini memungkinkan pengguna yang sedang menonton video untuk mengecilkan layar video yang memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Video akan tetap berjalan di saat Anda sedang melakukan kegiatan lainnya (browsing, chatting, email,dll). Posisi pop up layar video tersebut dapat Anda pindah sesuka hati namun untuk ukurannya tidak bisa diatur. Saat kami mencoba fitur ini sambil melakukan kegiatan lainnya, video tetap berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, bahkan subtitle dari video masih bisa muncul dan terbaca dengan cukup jelas. (Lihat point 12)


Music Player
Pemutar musik bisa dibilang memiliki tampilan yang biasa saja. Pada saat pertama kali masuk ke pemutar musik Anda akan langsung disajikan dengan deretan lagu yang ada di ponsel ini. Di bagian atas terdapat beberapa kategori standar pemutar musik seperti All, Playlists, Albums, Artists, dan Folders. Pada halaman now playing di bagian atas terdapat informasi lagu seperti judul lagu, penyanyinya, dan albumnya. Sedangkan di pojok kanan atas terdapat shortcut untuk mengatur volume. Album art di bagian tengah layar tertampil dengan ukuran yang besar. Pada bagian terbawah halaman now playing terdapat tombol-tombol navigasi seperti Equalizer, back, pause/play, dan next. Khusus untuk Equalizer cukup banyak pilihannya dan bisa diaktifkan walaupun tanpa terkoneksi dengan headset. Pada bagian pengaturan terdapat pengaturan Auto off untuk pemutar musik.

Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery



Motion Recognition

Pada pemutar musik maupun video terdapat sensor gerakan yang akan membuat mute/pause media yang sedang Anda putar dengan cara membalikkan Galaxy S III dengan posisi layar menghadap ke bawah. Sensor gerakan dengan membalikkan layar ini juga bisa difungsikan untuk melakukan mute pada saat ada panggilan yang masuk ke Galaxy S III. (Lihat point 12)

Dari sisi Multimedia Samsung Galaxy S III tergolong bagus dan kaya akan fitur. Tidak salah jika Samsung memberikan tagline Designed for Humans, karena Samsung telah menanamkan fitur-fitur seperti Pop up play, Smart stay, Social tag, Motion Recognition, Video auto off, dan lainnya yang pada dasarnya akan memudahkan Anda dalam penggunaan sehari-hari.

10.Konektivitas
GSM / HSDPA
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0 with A2DP, EDR
Micro SD up to 32 GB
MicroUSB 2.0
USB OTG
NFC
GPS with A-GPS support

S Beam
Galaxy S III dilengkapi fitur S Beam yang akan memudahkan perpindahan data secara cepat sesama perangkat Galaxy S III. Fitur S Beam sendiri ini merupakan kombinasi dari koneksi NFC dan WiFi Direct. Anda dapat melakukan sharing hanya dengan saling menempelkan bagian belakang Galaxy S III lalu seteah melakukan pilihan touch to beam, perangkat dapat dipisahkan dan proses pengiriman akan langsung berjalan. S Beam mampu melakukan sharing video sebesar 25 MB kurang dari 3 detik dan bahkan file video sebesar 1 GB dapat dikirim dengan waktu kurang dari 10 menit. Silahkan simak video demo di bawah ini.

Social Tag
Fitur Social Tag ini baru pertama kali ditanamkan oleh Samsung untuk jajaran ponsel Androidnya. Jika Anda mengaktifkan fitur Social Tag maka setiap foto rekan, keluarga, dll akan bisa Anda berikan tag yang terhubung dengan kontak mereka di phonebook. Jika Anda telah memberikan tag pada seseorang pada phonebook Anda, maka dari dalam galeri foto Anda dapat dengan cepat melakukan panggilan atau membuat pesan langsung dari dalam galeri.


11.Web Browser
Tampilan browser pada Galaxy S III masih kental dengan TouchWiz UI. Pada bagian atas terdapat tombol refresh, kolom alamat website, bookmark, dan tab. Pada browsernya mampu membuka 8 halaman website secara bersamaan. Selain itu terdapat juga fitur Incognito browser yang memungkinkan Anda untuk melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak seperti history, cookies, password, dan lain sebagainya. Browsernya juga tentu saja sudah didukung dengan Flash Player seperti kebanyakan ponsel Android papan atas lainnya. Performa browsernya sangat lancar. Tidak terasa lag saat melakukan scrolling dan zooming terutama saat membuka website yang berat, misalnya saat kami membuka website TeknoUp versi desktop. Di dalam browser Galaxy S III terdapat pengaturan Brightness dan Color yang memungkinkan Anda untuk mengaturnya sesuai dengan selera mata Anda. Fitur-fitur seperti Print dan Save for offline reading juga ditambahkan oleh Samsung untuk melengkapi fitur pada web browser.


Samsung Galaxy S III GT-I9300 Review Gallery

12.Fitur Intelligence Galaxy S III

13.Benchmarking
Quadrant standar: 5570 point


Neocore: 59.9 FPS


Linpack test: 54.721 MFLOPS / 1.53 Seconds


Multitouch tester: 10 sentuhan


14.Daya Tahan Baterai
Samsung Galaxy S III dilengkapi dengan prosesor quad-core dan layr yang cukup besar. Untuk memberikan daya tahan maksimal pada ponsel ini, Samsung memberikan baterai berkapasitas cukup besar yaitu 2100mAh. Untuk pengisian ulang dari 5%-100% membutuhkan waktu sekitar 2,5-3jam. Daya tahan Galaxy S III sangat baik, kami melakukan review selama 3 hari tanpa melakukan pengisian ulang kembali, dengan kondisi terkoneksi dengan WiFi dan uji coba yang cukup intens. Untuk konektivitas 3G/HSDPA dan penggunaan normal sehari-hari, kami yakin baterai Galaxy S III akan tahan untuk menemani aktivitas Anda seharian.

*Ketahanan baterai tergantung kondisi jaringan, suhu ruangan, jumlah aplikasi, cara penggunaan, dan faktor-faktor terkait lainnya.

15.Kesimpulan
Designed for Humans, tagline yang cocok untuk disematkan kepada Galaxy S III. Fitur-fitur baru yang ditanamkan oleh Samsung memang benar-benar mampu memberikan kemudahan kepada Anda. Setelah kami melakukan review, fitur yang cukup penting antara lain Smart Stay, Direct Call, Pop up Play, dan Burst Shot. Selain itu adanya sensor motion recognition juga melengkapi kemampuan Galaxy S III. Multimedia menjadi nilai plus untuk Galaxy S III karena memiliki kemampuan yang powerfull. Layar Super AMOLED berukuran 1280x720 pixel dan berukuran 4.8 inci menjadi daya tarik sendiri untuk penikmat multimedia. Ditambah dengan baterai berkapasitas besar yang siap menunjang aktivitas Anda seharian. Namun sayangnya grip ponsel ini cukup licin dan penggunaan bahan bodi yang tidak sepremium HTC One X, namun dari segi desain sudah ada peningkatan dari pendahulunya Galaxy S II.

Kelebihan:

  • Prosesor Exynos quad-core 1.4 GHz
  • Layar 4.8 inci Super AMOLED HD
  • Performa bagus dan bebas lag
  • Kaya akan fitur baru (Smart stay, S Beam, Pop up Play, Direct call, dll)
  • Multimedia powerfull
  • Baterai 2100mAh, daya tahan bagus

Kekurangan:

  • Penggunaan bahan bodi kurang premium
  • Grip terasa licin
  • Kamera kurang bagus pada kondisi kurang cahaya

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
21
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.