TOP
REVIEWS
Review: HTC Radar
Elegan dan Unik
May 24 2012 1:17PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
14
17900

1.Perkenalan
Nama Windows Phone dalam beberapa bulan terakhir ini ramai dibicarakan, apa lagi sejak Nokia ikut terjun meramaikan pasar. HTC juga memiliki Windows Phone 7.5 yang bernama HTC Radar. Smartphone ini mengandalkan prosesor 1 GHz, RAM 512 MB, memori internal 8GB, dan sistem operasi Windows Phone 7.5 Mango. Selain itu HTC Radar juga dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 5MP auto focus dengan dukungan LED Flash, dan kamera depan VGA. Seperti apa isi dan performa HTC Radar? Silahkan simak review kami di bawah ini.

Spesifikasi utama HTC Radar

  • Prosesor Qualcomm Scorpion 1 GHz
  • Layar S-LCD 3.8 inci, 800 x 480 pixel
  • RAM 512 MB
  • Memori Internal 8GB
  • Kamera 5 MP, auto focus, LED flash
  • Kamera depan VGA
  • Windows Phone 7.5 Mango
  • Baterai 1.520mAh


2.Desain dan Bodi
HTC Radar memiliki dimensi 120.5 x 61.5 x 10.9 mm dan bobot sekitar 137 gram. Bodinya terbuat dari campuran aluminium dan plastik. Ukuran HTC Radar sangat pas menurut kami dan sangat nyaman untuk digenggam dan dimasukkan ke dalam saku.

Pada bagian depan terdapat layar S-LCD berukuran 3.8 inci dengan resolusi 800 x 480 pixel. Sebuah kamera depan beresolusi VGA, dan sebuah sensor cahaya terdapat di pojok kiri dan kanan atas layar. Pada bagian bawah layar terdapat 3 tombol sentuh kapasitif yaiut back, home, dan search. Pada bagian depan atas terdapat earpiece berbentuk grill yang terdiri dari lubang-lubang kecil, dan sebuah lampu notifikasi tersembunyi di antaranya.


Pada sisi belakang smartpohone ini terdapat sebuah kamera beresolusi 5MP lengkap dengan lampu LED flash di pojok kiri atas. Di pojok kanan atas terdapat speaker audio berbentuk grill. Sedangkan di bagian tengah bodi terdapat logo HTC dan logo Windows Phone di tengah bawah.



Pada sisi kiri HTC Radar terdapat slot microUSB untuk pemindahan data dan pengisian daya baterai. Pada sisi kanan terdapat tombol volume up/down dan sebuah tombol shutter camera.




Pada sisi atas terdapat tombol power/lock dan lubang audio 3.5mm, sedangkan di sisi bawah hanya terdapat microphone berupa lubang kecil.



3.Layar
HTC Radar memiliki layar sebesar 3.8 inci dengan resolusi 800 x 480 pixel. Layarnya berjenis S-LCD. Untuk kualitas layar HTC Radar masih sedikit di bawah Lumia 710 dengan teknologi clear black displaynya. Layar HTC Radar memiliki daya pantul yang tinggi terhadap cahaya (silau) dan kepekatan warna hitamnya tidak sebaik celar black display milik Lumia 710.


4.Antar Muka
Sama seperti perangkat Windows Phone 7.5 lainnya, HTC Radar memiliki tampilan Metro UI, dengan tampilan yang begitu khas, sederhana, namun terlihat berkelas. Dan salah satu kelebihanya adalah antar muka bebas dari lag.

Antar muka Windows Phone 7.5 hampi disetiap bagiannya mendapatkan sentuhan efek sehingga terlihat lebih hidup. Halaman lock screen tertampil sederhana dengan informasi waktu dan tanggal, dan informasi lainnya seperti kapasitas baterai, konektivitas, dan lainnya.


Halaman home screen smartphone ini bernama Start dan tertampil berupa kotak persegi/tile dalam susunan vertikal. Posisi menu dan aplikasi pada halaman Start dapat Anda atur sesuai keinginan, Anda cukup menahan tile dan menggesernya ke yang Anda inginkan. Beberapa tile pada Windows Phone 7.5 ada yang berupa LiveTile, contohnya people yang akan terus menampilkan foto-foto berbeda dari kawan Anda di Facebook dan Twitter. Ada juga Hotmail yang akan menampilkan jumlah email yang belum dibaca.


Jika aplikasi yang Anda inginkan tidak ada di LiveTile, Anda cukup ke menu utama dengan menekan tanda panah di sebelah kanan atas atau menyapu layar ke sebelah kiri. Lalu menahan ikon yang ingin dimasukkan ke bagian Start dan pilih Pin to Start. Untuk berpindah aplikasi, ada task switcher yang bisa diaktifkan dengan menahan tombol back selama beberapa detik.



Selain itu untuk memberikan tampilan yang sedikit berbeda di HTC Radar telah ditanamkan pengaturan Theme. Dari pengaturan ini Anda dapat mengubah background yaitu dark dan light. Selain itu terdapat juga pengaturan warna tile yang dinamakan Accents. Pilihan warna yang tersedia cukup banyak yaitu HTC, magenta, purple, teal, lime, brown, pink, mango, blue, red, dan green.




5.Input Teks
HTC Radar dilengkapi dengan keyboard virtual full QWERTY. Pada keybaord juga telah ditanamkan emoticon-emoticon standar seperti :), :D, ;), dan lain sebagainya, namun emoticon yang tertampil hanya berupa karakter tanda baca saja, tidak terbentuk seperti pada BlackBerry. Fitur-fitur saat mengetik pun cukup lengkap, serperti adanya fitur auto kreksi, sugesti kata, dan auto kapital untuk huruf pertama awal kalimat setelah titik. Pengetikan cukup mudah dilakukan karena layout keyboardnya cukup sederhana, walaupun layarnya hanya berukuran 3.8 inci namun untuk mengetik pada mode potrait cukup akurat.



6.Contacts
Walaupun tergolong sederhana namun kontak pada Windows Phone sudah terintregasi dengan akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Windows Live, Oudlook, Google , dan LinkedIn. Saat menambah kontak baru, detail kontak cukup banyak yang bisa diisi, mulai dari nama, nomor telp, email, ringtone, dan detail tambahan seperti alamat, website, birthday, notes, dan lain-lain.




Kontak pada HTC Radar yang bernama People ini terbagi 2 yaitu All dan What's New. All menumpukkan semua teman Anda di phonebook dan jejaring sosial. Di sini selain melihat profil teman Anda dan melihat histori kontak maupun SMS dengan mereka, Anda juga dapat menulis di wall mereka dan melihat apa saja yang mereka post di akun Facebook dan Twitter mereka. What's New adalah timeline Twitter dan News Feed Facebook yang dipadukan, Anda bisa langsung Like atau memberi komentar di post teman Anda di Facebook ataupun me-reply dan Retweet kicauan teman Anda di Twitter.

Selain menu People terdapat juga menu Profile untuk diri Anda sendiri. Menu Profile terbagi 3 bagian yaitu Profile untuk melakukan update status, What's New berisi seluruh status update atau post yang dibuat Anda, dan Notification.

HTC Radar Review Gallery

7.Messaging
Pada fitur Messaging selain SMS juga terdapat inregasi dengan Windows Live Messenger dan Facebook chat, Anda bisa melihat teman yang online dan langsung melakukan percakapan. Messaging terbagi 2 bagian yaitu threads dan online. Threads berisi pesan singkat biasa dan MMS, sedangkan online berisi Windows Live Messenger dan Facebook chat.




Untuk Email HTC Radar mendukung email Windows Live dengan sangat baik, lengkap dengan fitur push notifikasi, dan Anda dapat memilah-milah folder. Selain Windows Live Anda dapat menambahkan akun email Outlook, Yahoo, Google, dan lainnya.



8.Kamera
HTC Radar dilengkapi dengan kamera 5MP dan memiliki pengaturan yang cukup banyak seperti adanya Scene Mode, Effects, Panorama Shot, Burst Shots, White Balance, Brightness, Contrast, Saturation, Sharpness, ISO, Face Detection, Metering Mode, dan Flicker Adjustment. Antar muka kamera dan pengaturannya cukup sederhana. Kamera HTC Radar juga dilengkapi fitur touch to capture. Selain itu adanya tombol shutter kamera menjadi salah satu keunggulan HTC Radar.

HTC Radar Review Gallery

Hasil foto yang dihasilkan pun tergolong lumayan. Kondisi foto di dalam maupun luar ruangan terlihat cukup cerah, dan lampu LED flash sangat mendukung untuk pengambilan gambar dalam kondisi rendah cahaya. Silahkan lihat hasil foto-foto di bawah ini.

Hasil foto indoor tanpa flash

WP_000027

Hasil foto indoor + flash

WP_000007

Hasil foto outdoor

WP_000010

Hasil foto outdoor makro mode

WP_000011

Hasil foto indoor rendah cahaya

WP_000022

Perekam Video
Kamera HTC Radar telah mendukung perekaman video sampai resolusi HD 720p. Ada 3 pilihan ukuran video yaitu HD 720p, VGA , dan QVGA. Fitur lainnya adalah terdapat pengaturan Effects, Continuous Focus, White Balance, Brightness, Contrast, Saturation, Sharpness, dll.

HTC Radar Review Gallery

Hasil rekaman video HD 720p cukup baik, cukup cerah dan microphone menangkap suara dengan cukup jelas. Output perekaman video berupa format Mp4 dengan frame rate 30 fps dengan bitrate 9719kbps.

9.Pictures
Galeri foto tertampil dengan ciri khas antar muka Metro UI. Pictures terbagi dalam beberapa kategori seperti camera roll, albums, date, dan people. Selain itu terdapat halaman favorites untuk melihat foto-foto favorit Anda yang sebelumnya telah ditambahkan. Terdapat juga halaman what s new yang berisi foto terbaru yang diupdate oleh teman-teman Anda melalui Facebook atau Twitter. Terdapat juga halaman apps yang berisi list aplikasi yang berhubungan dengan foto.

HTC Radar Review Gallery



Gambar yang ada dapat langsung dihsaring melalui MMS, Hotmail, Facebook, Twitter, Skydrive, dan akun-akun lainnya. Selain itu foto dapat ditambahkan ke menu Favorite dan dapat diatur sebagai Wallpaper juga. Salah satu fitur tambahan pada Windows Phone adalah fitur Auto Fix yang dapat memperbaiki kualitas gambar sedikit.


10.Music & Videos
Lagu dan video di perangkat Windows Phone digabungkan, dan semuanya harus melalui sinkronisasi Zune yang merupakan satu-satunya cara untuk menambahkan konten.

Menu Music dan Videos terbagi ke dalam halaman Zune yang berisi music, videos, podcasts, dan radio. Lalu ada halaman bernama history yang menampilkan history terakhir media yang Anda putar. Terdapat juga halaman New yang menginformasikan konten terbaru pada HTC Radar. Dan ada halaman Apps yang berisis informasi aplikasi yang berhubungan dengan Music dan Video.

HTC Radar Review Gallery



Pemutar musik membagikan lagu-lagu berdasarkan kategori. Terdapat kategori artists, albums, songs, playlists, dan genres. Pada bagian settings terdapat pengaturan Sound Enhancer yaitu berupa SRS Enhancement dan Equalizer.



Pilihan Equalizer cukup banyak yang dapat dipilih yaitu:

  • Bass boost
  • Mid boost
  • Treble boost
  • Loudness
  • Live
  • Dance (Beat)
  • Warmth
  • Sweetener (Air)



Hasil keluaran suara melalui loud speaker cukup powerfull namun terdengar cempreng pada volume tinggi. Jika menggunakan Headset suara lebih lembut dan efek-efek yang tersedia cukup membantu, shingga keluaran suara lebih baik lagi.

Untuk pemutar video sedikit mengecewakan dan menyulitkan pengguna, karena selain harus diinput melalui Zune, beberapa video HD dengan format Mp4 dan Mkv akan diconvert oleh Zune, selain menurunkan kualitas video hal ini juga membuat proses input video semakin lama.



Radio
Fitur radio telah ditanamkan ke dalam HTC Radar, Anda cukup mengkoneksikan headset yang berfungsi sebagai antena radio untuk menjalankan fitur ini.


11.Konektivitas

  • GSM / HSDPA
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA
  • Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
  • Micro USB 2.0
  • Internet sharing
  • GPS, with A-GPS support

12.Web Browser
Browser pada HTC Radar adalah Internet Explorer yang terintregasi dengan mesin pencari Bing. Tampilannya cukup sederhana. Terdapat beberapa fitur seperti Favorite, Share page, dan melakukan sticky halaman web ke homescreen. Browser HTC Radar bisa membuka 6 halaman website secara bersamaan. Ada yang special pada bagian pengaturan yaitu terdapat pengaturan Website preference, fitur ini adalah untuk mengatur website yang Anda buka diutamakan versi Mobile atau Desktop.






Performa browsernya juga cukup lumayan. Saat membuka website TeknoUp yang memiliki banyak konten, browser dapat berjalan dengan sempurna. Browser tanpa dukungan Flash player.

13.Daya Tahan Baterai
HTC Radar dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1520mAh. Prosesor single core 1GHz membuat konsumsi daya baterai tidak terlalu berelebihan. Ditambah lagi antar muka Windows Phone yang sederhana semakin mendukung efisiensi dari konsumsi baterai. Untuk sekali charging, HTC Radar dapat bertahan 1.5 hari dengan posisi terkoneksi ke WiFi dan digunakan dengan cukup intens.

*Ketahanan baterai sangat bergantung banyak hal, mulai dari pemakaian, kondisi jaringan, suhu ruangan, jumlah aplikasi yang dijalankan, dan lain sebagainya.

14.Kesimpulan
Performa HTC Radar cukup bagus, saat review dilangsungkan tidak terjadi gangguan yang besar. Antar muka Windows Phone 7.5 dengan style Metro UI membuat tampilannya sangat sederhana, unik, namun mudah untuk digunakan. Konsumsi baterai juga termasuk irit dan efisien. Sedikit kekurangan ada pada multimedianya yang terlalu sederhana, terutama pemutar video. Ketergantungan dengan Zune juga menjadi nilai minus untuk pengguna yang tidak suka dengan proses yang lama. Salah satu nilai plus dari HTC Radar adalah desainnya yang menarik dan terlihat mewah.

Kelebihan:

  • Desain elegan dan menawan
  • Performa sangat bagus, bebas lag dan lancar
  • Konsumsi baterai cukup irit
  • Kamera 5 MP cukup bisa diandalkan
  • Antar muka unik dan mudah digunakan

Kekurangan:

  • Ketergantungan dengan Zune
  • Multimedia kurang maksimal terutama pemutar video
  • Layar tidak sebagus milik Lumia 710
  • Dukungan aplikasi untuk Windows Phone masih minim

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
89
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014
1
05 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
89
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
Lenovo Vibe Z K910
Fitur Cerdas Performa Buas
14
Feb 26 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.