TOP
REVIEWS
Review: Tabulet Beat 2
Tablet Terjangkau Fitur Menawan
May 23 2012 4:17PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.3
10
27229

Setelah merilis beberapa tablet Android, vendor lokal Tabulet merilis sekuel dari Tabulet Beat, yakni Tabulet Beat 2. Namun berbeda dengan Beat pertama yang merupakan sebuah portable multimedia player (PMP) dengan layar kecil, Tabulet Beat 2 merupakan full tablet Android dengan layar 7 inci beresolusi 1024x600 piksel. Tidak melupakan faktor multimedia, Tabulet Beat 2 bisa memutar file video dengan banyak format. Untuk itu diperlukan perangkat keras yang mumpuni, tablet ini memiliki prosesor single core ARM Cortex A9 dengan clock hanya 800MHz namun dilengkapi RAM 512MB dan GPU Mali 400 (sama dengan GPU Samsung Galaxy S II). Dibanderol di kisaran harga Rp. 1,5 juta, akankah Tabulet Beat 2 memuaskan para penggemar multimedia dengan bujet terjangkau?


Paket Penjualan
- Kabel data micro USB
- Kabel USB On the Go
- charger
- headset standar
- kartu garansi
- buku petunjuk penggunaan





Desain dan Bodi
Desain dari Beat 2 sangat mirip dengan Beat 1, dengan warna putih dan bahan plastik glossy. Di bagian belakang logo Tabulet terlihat memiliki posisi landscape yang berarti penggunaan utama tablet ini adalah landscape. Namun yang cukup menyulitkan adalah posisi layar dan bezel (bingkai) tidak rata; posisi layar sedikit terbenam. Menyulitkan jika Anda ingin menyentuh bagian ujung layar karena ada gap antara layar dan bezel.






Bagian depan selain layar 7 inci ada kamera VGA. Lalu di bagian bawah ada port infrared untuk remote control tablet ini saat memutar file multimedia, namun sayangnya remote control tersebut tidak ada di paket penjualan. Bagian atas ada tombol volume, tombol menu dan back, serta tombol power/lock.





Di bagian samping kanan Tabulet Beat 2 dijejali berbagai macam port, ada slot micro SD, jack audio 3,5mm, port HDMI dan port Micro USB. Sementara port charger sendirian di sebelah kanan. Di bagian belakangnya di kiri kanan dihiasi bahan yang bergerigi sedangkan bagian tengah polos. Sayangnya loudspeaker tablet ini terletak di bagian kanan saja, tidak kiri dan kanan sehingga tidak memberikan efek stereo saat memutar lagu atau video.


Tabulet Beat 2 Review Gallery




Layar
Tabulet Beat 2 menggunakan layar LCD 7 inci beresolusi 1024x600 piksel. Cukup bagus dibanding tablet di rentang harga sama yang menggunakan resolusi 800x480 piksel. Tingkat kontras, kecerahan sudut cukup bagus saat tablet diposisikan tegak lurus dengan mata, namun berkurang seiring sudut yang semakin miring, meski masih tergolong tidak mengganggu kenyamanan penggunaan. Dalam keadaan mati, layar berwarna keunguan seperti film negatif, sepertinya ini merupakan anti glare yang disebutkan Tabulet. Namun meski sudah menggunakan lapisan anti glare, sidik jari tetap menempel dengan mudah. Yang pasti untuk memutar video HD layar ini sudah tergolong bagus dan cukup terasa ketajaman layarnya.



Tabulet Beat 2 Review Gallery



Antar Muka
Tabulet Beat sudah menggunakan sistem operasi terbaru Ice Cream Sandwich 4.0.3. Seperti tablet sekelasnya, antar mukanya bisa dibilang benar-benar stock bawaan Google. Mulai dari huruf, ikon, tampilan notifikasi sampai efek layar mati ketika mengunci layar tablet. Lock screen sendiri memiliki akses pintas langsung ke kamera. Lock screen ini bisa diganti, Anda bisa memakai proteksi berupa slide, pattern, PIN dan password. Face Unlock tidak tersedia di tablet ini. Untuk pengaturan lainnya hanya ukuran huruf saja.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Homescreen terdiri dari beberapa layar home yang tersusun horisontal, Anda dapat melakukan penggantian wallpaper, menambahkan Widget namun letaknya ada di menu utama dan cara memindahkannya ke Homescreen sama dengan cara memindahkan ikon aplikasi ke homescreen, yakni drag and drop. Widget Google Search ada di bagian kiri atas layar. Di bagian paling bawah layar hadir 3 ikon pengganti tombol fisik yakni Back, Home dan Task Switcher (yang berguna untuk berpindah aplikasi dan dapat menutup aplikasi dengan menggesernya kesamping).

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Seperti tablet lainnya, bar notifikasi terletak di bagian kanan bawah. Pada tablet ini yang tertampil adalah waktu, sinyal WiFi, indikator batere dan pengaturan. Sementara menu utama terdiri dari dua kategori yakni Apps dan Widget dengan susunan ikon 6x4 dan tersusun secara alfabetis.

Tabulet Beat 2 Review Gallery






Input Teks
Untuk keyboard dan metode input yang digunakan hanya ada Google voice typing dan Android Keyboard dengan fitur-fitur seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion.


Tabulet Beat 2 Review Gallery




Email
Sebagai tablet Android tentunya layanan Google Mail sangat diperhatikan. Tabulet Beat 2 ini menggunakan Gmail versi 4.0.1 dengan pengaturan-pengaturan yang cukup lengkap dan tampilan yang menyerupai versi desktopnya untuk penggunaan email yang lebih baik.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Instant Messaging
Untuk chatting secara default ada dua aplikasi yang sudah terinstal yakni Google+ Messenger dan Google Talk. Masih ada opsi untuk menginstal apps dari Google Play yakni Yahoo Messenger, WhatsApp, Line dan lain-lain.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Kamera
Disematkan kamera yang hanya beresolusi 2MP dan VGA, kamera pada Beat 2 tampaknya tidak merupakan suatu senjata utama dari tablet 7 inci ini. Fitur-fiturnya standar saja seperti White balance, tingkat eksposur, dan opsi untuk menyimpan lokasi pada foto. Penggunaannya pun standar saja, memotret dengan tombol potret pada layar, tanpa ada touch to focus. Kamera pada Beat 2 ini berjenis fixed, jadi tidak ada fitur autofokus ataupun mode makro. Mode panorama hadir disini, tapi penyimpanannya agak lama, sementara penggunaannya sendiri cukup mudah.


Tabulet Beat 2 Review Gallery




Hasil kamera dalam kondisi pencahayaan yang cukup hasilnya lumayan, dengan karakteristik agak keunguan. Yang terasa cukup kurang adalah ketajaman gambar, memang hanya 2 MP namun seharusnya bisa lebih bagus lagi. Meski begitu bisa dimaklumi karena ini adalah sebuah tablet, terlebih harganya ada di segmen entry level.

PANO_20120523_153331

IMG_20120523_153640

IMG_20120523_153634

IMG_20120523_153531

IMG_20120523_153314




Perekam Video
Fitur-fiturnya antara lain: White Balance, Time Lapse, dan Store Location.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Hasil perekaman video tidak begitu bagus dan terpatah-patah. Dengan resolusi 640x480 (VGA), framerate yang dihasilkan hanya 11 frame per detik dengan bitrate 1200kbps



Galeri Foto
Gaeri foto menggunakan latar belakang hitam yang sederhana. Foto dapat Anda rotasi, di-crop dan dijadikan wallpaper. Bisa juga di-share via Google+ dan Gmail serta jejaring sosial yang Anda instal. Foto dapat dilihat detil-detilnya (metadata). Ada pengeditan foto sederhana dengan fitur-fitur dan spesial efek yang cukup menarik.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Pemutar Video
Ini dia fitur unggulan dari Tabulet Beat 2. Tabulet melengkapi tablet ICS ini dengan banyak kodek untuk video, sehingga Anda tidak perlu repot-repot meng-convert video ke format yang diinginkan perangkat Anda. Dari format .mp4, .mkv, .avi, .mov sampai resolusi 1080p bisa terbaca dengan lancar. Subtitle dengan file tambahan .srt bisa tertampil, namun untuk subtitle yang sudah ter-embedd langsung dengan file video tidak tampil, namun bisa diakali dengan menggunakan aplikasi pemutar video pihak ketiga. Sewaktu memutar video ada berbagai pengaturan seperti Resume Mode, pemilihan track audio, pengaturan subtitle, display mode, tingkat kecerahan dan melihat detil video.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Kelemahan pemutar video bawaan adalah aplikasi ini tidak secara otomatis membaca seluruh file video di dalam tablet, namun Anda harus menjelajahi file explorer terlebih dulu, sehingga kurang praktis. Keluaran suara menggunakan loudspeaker juga biasa saja, meskipun kencang namun sensasi stereo kurang terasa karena posisinya tidak kiri-kanan. Namun masih ada keunggulan lain yakni HDMI untuk meng-output video ke layar yang lebih besar dan kemampuan memutar video yang berasal dari perangkat terhubung dengan USB on the go seperti flashdisk maupun harddisk.

Tabulet Beat 2 Review Gallery



Pemutar Musik
Berlawanan dengan pemutar video yang diberi fitur berlimpah, pemutar musik Tabulet Beat 2 sangat standar. Fitur ekualiser maupun efek suara tidak tersedia. File-file musik hanya dibedakan menjadi kategori seperti Artist, Albums, Songs, Playlists dan Now Playing saja. Pengaturan hanya ada shuffle.


Tabulet Beat 2 Review Gallery



Konektivitas
Meski tablet ini merupakan tablet WiFi only, melalui USB on the go Anda bisa menggunakan koneksi jaringan 3G GSM dengan mencolokkan modem 3G. Selain WiFi, Tabulet Beat 2 dilengkapi dengan infrared dan port HDMI.

Tabulet Beat 2 Review Gallery




Web browser
Browser pada Beat 2 mampu membuka tab sampai 16 buah. Performanya sedang-sedang saja, dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten seperti TeknoUp, loading Home cukup lama dan ketika sudah terbuka semua ada lag yang terjadi. Pinch and zoom bisa dilakukan.


Pada saat memutar video Youtube terbilang kurang bagus. Video tampil dengan lag yang parah dan patah-patah. Padahal video yang diputar hanya video beresolusi 360p. Pun aplikasi lain yang berjalan di background sudah di-stop melalui Task Switcher. Untuk pengaturan lainnya seperti biasa ada Incognito, lalu opsi untuk meminta situs desktop pada situs mobile, serta pengaturan history, cookies, javascript, accessibility dan lain-lain.

Tabulet Beat 2 Review Gallery

Aplikasi Pihak Ketiga

Ketika dicoba memainkan game berat semacam Pro Evolution Soccer 2012, tablet dengan GPU Mali 400 ini memainkannya dengan lancar dan smooth tanpa adanya hambatan. Demikian juga game lain seperti Angry Birds, Wowfish HD dan GRave Defense.

Tabulet Beat 2 Review Gallery

Hasil Benchmarking

Multitouch Tester: maksimal 2 sentuhan

Neocore 3D: 39.4 frame per detik

Quadrant Standart: 904 poin

Antutu: 3793 poin






Daya Tahan Baterai

Menggunakan baterai sebesar 3500mAh, performanya kurang bagus. Dalam beberapa kesempatan persentase turunnya indikator baterai cukup terasa cepat. Misalnya baterai menunjukkan angka 40 persen, lalu digunakan memutar video selama beberapa menit tahu-tahu sudah 30 persen. Apalagi waktu charging juga cukup lama, dalam kondisi menyala, charging selama hampir 2 jam baterai bertambah 50 persen saja (dari keadaan kosong).

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 1,5 juta, Tabulet Beat 2 menawarkan kemampuan multimedia (khususnya pemutar video) yang sangat kompetitif bahkan dibandingkan dengan pemutar video pada perangkat Android Samsung kelas atas dalam hal codec yang bisa dibaca. Performanya dalam game kelas berat juga lumayan bagus. Namun sisi negatifnya adalah baterai yang cukup boros dan web browser yang performanya lambat.

Kelebihan:

  • Pemutar video dengan banyak format yang kompatibel
  • Layar 1024x600 piksel
  • port HDMI
  • USB On the Go

Kekurangan:

  • Batere boros
  • web browser performanya lambat
  • charger tidak bisa menggunakan tipe micro USB



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
25
17 Apr 2014
97
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
21
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
81
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
28
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.