TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100
Tablet Penerus Dinasti Tab 10.1 Inci
May 11 2012 4:04PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.7
21
61298

Selain Tab 2 berlayar 7 inci, Samsung juga merilis versi 10.1 inci dari tablet tersebut. Dengan jeroan yang tidak berbeda jauh, namun pada intinya merupakan refresh dari Galaxy Tab 10.1. Fitur-fitur unggulan yang ada di tablet Ice Cream Sandwich ini antara lain: prosesor dual core 1GHz, layar TFT PLS 10.1 inci beresolusi 1280x800 piksel, 3G, WiFi, kamera 3MP dengan perekam video 720p, dan kapabilitas playback video dengan format beragam. Dibanderol sekitar Rp. 4,9 juta, bagaimana kepantasan harganya jika dibanding dengan performa serta kemampuannya? Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.com.


Paket Pembelian
- Dus
- Charger
- Kabel data
- Manual book
- Kartu garansi






Desain dan Bodi
Sebagai tipe tablet yang sama dengan Galaxy Tab 2 7 inci, desain dan bodinya pun nyaris identik dengan tablet yang dirilis lebih dulu itu. Terkecuali di bagian depan, pada tablet 10 inci ada dua speaker yang numpang di bagian kiri dan kanan tablet (pada tab 7 ada di bagian bawah tablet). Logo Samsung untuk kedua tablet ada di bagian bawah, mencerminkan perbedaan orientasi kedua tablet ini; tablet yang lebih kecil posisi utamanya adalah portrait sedangkan tablet 10 inci posisi utamanya adalah landscape.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Bahannya sendiri sebagian besar terbuat plastik glossy pada bagian layar dan matte pada bagian belakang, dengan warna abu-abu, yang meliputi bagian depan juga pada speaker. Tablet ini memiliki ketebalan dibawah 1cm, tepatnya 9.7 mm saja. Dengan berat 565 gram tablet ini tidak terasa berat untuk tablet seukurannya, meskipun Galaxy Tab 10.1 P7500 tetap lebih ringan dan lebih enteng sedikit.




Di bagian atas ada tombol power/lock, tombol volume, port micro SD, jack audio dan port untuk kartu SIM. Sementara charger ada di bagian bawah dengan model charger sama dengan Galaxy Tab lainnya. Sayangnya tidak ada port kabel micro USB yang lebih umum digunakan di smartphone atau tablet lainnya untuk terhubung ke komputer maupun port HDMI untuk terhubung ke TV besar.








Layar
Menggunakan PLS adalah ciri khas tablet-tablet Samsung kecuali Galaxy Tab P1000 dan Galaxy Tab 7.7. Layarnya memang besar, 10,1 inci, namun resolusi yang hanya 1280x800 membuat kepadatan layar hanya 149 piksel per inci, bisa dibilang kurang bisa bersaing melawan New iPad yang 264 piksel per inci pada layar yang dimensinya tidak berbeda jauh (9.7 inci vs 10.1 inci). Meski begitu Galaxy Tab 2 baik 7 inci maupun 10.1 inci tampaknya ditujukan Samsung sebagai tablet dengan harga terjangkau di kelasnya, terutama untuk tablet dengan OS Android.
Kembali ke masalah layar, sudut penglihatan cukup bagus, demikian juga dengan tingkat kontras, namun untuk tingkat kecerahan terasa kurang meskipun sudah diatur cukup tinggi, namun tidak membuat nyaman. Untuk layar PLS, kami merasa Galaxy Tab 7.0 Plus lebih bagus layarnya, apalagi tablet tersebut dilengkapi dengan beberapa mode seperti Movie, Dynamic, dan lain-lain.





Antar Muka
Antarmuka TouchWiz UX dari Samsung mewarnai tablet dengan OS Ice Cream Sandwich ini. Memang tidak banyak perbedaannya dengan Honeycomb pada tablet-tablet Samsung sebelumnya. Di tablet ICS ini tidak ada fitur face unlock. Di bagian homescreen yang terdiri dari 5 halaman, Anda dapat menambahkan widget, application shortcut, wallpaper dan lain-lain seperti contact tertentu, setting tertentu dan lain-lain dengan menahan layar selama beberapa detik. Lalu menu search Google ada di ujung kiri atas, demikian pula dengan tombol Back, Home serta akses ke most recent apps dan akses screenshot berada di ujung bawah kiri layar, di area yang mirip taskbar pada Windows. ''Taskbar'' ini muncul di semua aplikasi, kecuali saat aplikasi fullscreen akan menghilang namun jika Anda menyentuh bagian tersebut akan muncul kembali. Semuanya dimaksudkan karena perangkat ICS pada umumnya tidak memerlukan tombol apapun di daerah sekitar layar sehingga taskbar diperlukan untuk kembali ke homescreen dan menu sebelumnya.



Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Menu utama memiliki 2 bagian utama yakni Apps dan Widget, selain itu ada akses pintas ke Google Play Store dan akses-akses untuk edit, uninstall, melihat downloaded types, view type, share app, hide app dan show hidden app di sebelah kanan atas. Menu tersusun secara horizontal, dengan 8x5 ikon aplikasi yang menjejali menu utama ini. Susunan ikon bisa semau Anda.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Untuk pengaturan ada pengaturan tingkat kecerahan, auto rotate aktif/tidak, timeout layar, jenis dan ukuran huruf. Jenis huruf ada 3 macam yakni default (Roboto), Choco Cooky dan Helvetica S. Anda bisa mengunduh di Google Play untuk font jenis lainnya. Untuk masalah performa di antar muka bisa dibilang tablet ICS ini lebih lancar dari tablet Honeycomb pada umumnya. Memang masih ada lag pada saat berpindah layar misalnya, namun bisa dibilang sudah berkurang banyak dibanding Galaxy Tab 10.1 yang masih Honeycomb, misalnya. Lebih jelasnya lihat video berikut.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery






Input teks
Untuk keyboard dan metode input yang digunakan hanya ada Google voice typing dan Samsung Keyboard dengan fitur-fitur seperti input bahasa, prediksi teks, auto capitalization dan lain-lain. Fitur Voice to type dalam bahasa Indonesia cukup cepat dan berguna, serta memiliki beberapa pengaturan keamanan seperti block offensive words, dan safe search untuk pencarian menggunakan suara. Pengetikan melalui keyboard QWERTY nya sendiri cukup nyaman dan bisa dilakukan secara tepat dan cepat meskipun dalam kondisi portrait, berkat layar yang besar. Selain itu sebagai alternatif ada juga handwriting recognition.



Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery





Phonebook
Menu Kontak terbagi menjadi 3 bagian yakni grup, all contacts dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan rekan Anda. Seperti perangkat Android lainnya, kontak dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter dan lain-lain, namun Anda harus terlebih dulu menginstal aplikasi jejaring sosial tersebut. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Notes, Nickname, Website, Relationship dan Internet Call, serta ringtone dan vibration spesial untuk kontak tersebut.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery





Messaging
Meskipun ini tergolong tablet bongsor namun masih bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima SMS. Antar muka pada penulisan SMS simpel dan mudah digunakan, dengan tampilan conversation disertai fitur Search. Tampilannya pun bisa diubah-ubah, untuk bubble (balon dialog) dan latar belakang. Untuk membuat MMS hanya perlu menambahkan attachment saja.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Seperti halnya SMS, tampilan GMail lebih intuitif dengan layar terbelah dua, dimana semua folder (starred, important, chat, outbox, drafts dan lain-lain) ada di bagian kiri, dan email-email di bagian kanan. Anda bisa melakukan mengatur label, pencarian, refresh manual dan melakukan compose email dengan ikon yang ada. Untuk pengaturan yang ada antara lain confirm sebelum melakukan apa saja, priority inbox, sync option, notifikasi dan signature.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Untuk pesan instan ada Google Talk, yang memiliki fitur-fitur sign in otomatis, IM notif, video chat dan block friend. Memang hampir semua perangkat Android memiliki fitur ini, namun tentunya penggunaannya tidak seramai WhatsApp maupun layanan IM untuk Android/lintas platform lain seperti Line, ChatOn maupun Yahoo Messenger dikarenakan fitur GTalk tidak se-powerful layanan-layanan tersebut. Selain GTalk ada juga chatting dengan Google+ dan ChatOn dari Samsung.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Kamera
Galaxy Tab 2 10.1 hanya dibekali kamera 3MP yang sayangnya tidak memiliki autofokus atau makro mode, begitu juga absennya flash membuat kamera pada tablet 10 inci ini bisa dibilang hanya sekedar ada saja, bukan merupakan sebuah fitur unggulan atau fitur penting. Antar mukanya cukup mudah digunakan, dengan fitur-fitur mode pemotretan, timer, tingkat kecerahan, resolusi, white balance, metering, guideline, GPS tag.



Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Hasil fotonya sangat biasa saja, bisa dibilang tidak ada yang spesial, kecuali untuk penggunaan luar ruangan, warna yang dihasilkan cukup cerah dan enak dilihat. Di keadaan dalam ruangan fotonya dipenuhi banyak noise.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket


Perekam Video
Perekam video berfitur: mode perekaman (MMS, email dan tak terbatas), timer, tingkat kecerahan, efek, resolusi, white balance dan guideline. Resolusi maksimal adalah 1280x720 piksel.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Hasil perekaman video cukup bagus dan smooth pada framerate yang mencapai 29 frame per detik. File yang dihasilkan berukuran besar, kurang lebih 90MB untuk tiap menit perekaman video. Suatu hal wajar mengingat bitrate yang dihasilkan cukup tinggi, 12400kbps




Galeri Foto
Galeri foto dan video tertampil dalam thumbnail yang berukuran besar dan saling berdempetan serta berlatar belakang hitam yang sederhana. Foto dapat Anda edit, dirotasi, di-crop melakukan seleksi, menambahkan efek dan masih banyak lagi, akan kami bahas di bagian akhir. Foto juga dengan mudah bisa di-share via Bluetooth, Picasa, MMS, Google+ dan Gmail. Foto dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi, waku, orang (face detection) dan tags. Bahkan detil-detil gambar seperti model kamera, panjang fokal, ISO, eksposure dan data-data EXIF lainnya bisa dibaca.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Pemutar Video
Khas perangkat Android Samsung, tablet ini memiliki pemutar video bawaan yang mandiri (terpisah dari galeri). Video dapat dilihat berdasarkan thumbnail, list dan folder. Untuk memudahkan pengelompokkan video, Anda juga bisa mengurutkannya berdasarkan nama, tanggal, ukuran file dan tipe file.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




File video .mkv beresolusi 720p mampu dibaca dengan mudah oleh tablet ini, begitu juga file .avi dan .mp4 (1080p). Untuk subtitle terpisah berformat .srt bisa dibaca, namun subtitle yang di-embedd di file video tak terbaca. Anda bisa memotong video, mengatur kecepatan dan melihat detil. Pengaturan subtitle juga cukup banyak, bisa dinonaktifkan, disinkron, diubah ukurannya, dan memilih file .srt yang ada di folder tersebut. Untuk pengaturan suara ada Normal, Voice, Movie dan 5.1 channel untuk memberi kepuasan maksimal ketika menikmati film. Apalagi speaker tablet ini ada di sisi kiri dan kanan, memberikan efek stereo yang cukup terasa. Pokoknya, sebagaimana perangkat Android dari Samsung lainnya, sebagai pemutar video portable tablet ini cukup bagus dan memuaskan.





Pemutar Musik
Pemutar musik di GTab 2 ini tampilannya biasa-biasa saja, tidak semenarik pemutar musik Sony Tablet S. Namun keluaran suara dari loudspeaker bisa dibilang sama bagusnya dengan tablet tersebut, berkat penggunaan speaker stereo di sisi kiri dan kanan pada bagian depan tablet. Untuk keluaran suara ada berbagai pilihan ekualiser dari pop, rock, bass, vocal, virtual 7.1 channel, concert hall dan lain-lain ada disini.



Seperti biasa lagu-lagu dikelompokkan berdasarkan album, artis, playlist, genre dan lain-lain. Lirik bisa dibaca ketika memutar lagu, juga bisa di-non aktifkan. Lagu dapat di-share, dijadikan ringtone. Juga ada fitur matikan lagu secara otomatis setelah melewati periode yang Anda tentukan (30 menit sampai 2 jam).

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Konektivitas
Samsung Galaxy Tab 2 10.1 berjalan pada jaringan GSM Quadband dan HSDPA Quadband. Bluetooth sudah menggunakan versi 3.0. Lalu ada assisted GPS, dan WiFi 802.11 a/b/g/n dengan dual band dan kemampuan WiFi tethering (Mobile AP). Selain itu ada fitur DLNA untuk memainkan file-file multimedia Anda ke parangkat lain. Ada pula USB tethering, menggunakan tablet anda sebagai modem dengan mencolokkan ke PC. Untuk mencegah data internet Anda melebihi kuota di pengaturan Settings ada Data Usage, disini Anda dapat melihat sudah berapa banyak data yang Anda pakai, tentu sebelumnya Anda harus memasukkan tanggal data dimulai dan berakhir.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Web Browser
Seperti Galaxy Tab 2 7.0, browser Tab 2 10.1 hanya bisa membuka maksimal 8 buah tab saja, padahal smartphone Samsung Galaxy Nexus yang juga ber-OS ICS bisa membuka 16 tab. Meski begitu masalah performa cukup bagus dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten baik itu gambar, video maupun flash. Bicara mengenai flash, pada mulanya browser tidak dilengkapi flash player, namun setelah mengunduh Flash Player dari Google Play, video Youtube langsung bisa diputar dengan lancar sampai resolusi 720p. 1080p pun bisa diputar namun tampaknya memberatkan kinerja browser. Tidak masalah, resolusi 1280x720 piksel masih terlihat bagus di layar 1280x800 piksel milik GTab.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Untuk fitur-fitur tentunya sudah cukup bagus, ada tab incognito, bookmark, share,find, opsi untuk selalu menampilkan site desktop, save. Juga fitur dan opsi lain seperti cache, cookie, history, autofit, javascript encoding dan lain-lain. Untuk aksesibilitas banyak opsi yang bisa dipilih seperti skala teks, zoom, ukuran font terkecil yang ditampilkan, serta melakukan invert warna.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Aplikasi Bawaan
Untuk aplikasi yang sudah ada di tablet ini antara lain: AllShare, ChatOn, Game Hub, Google+, Latitude, Maps (versi 6.3.0), Memo, Messenger Google+, Photo Editor, Google Play Store, Polaris Office, Readers Hub, S Planner, S Suggest, Samsung Apps, Google Talk dan Video Maker. Kami akan membahas beberapa diantaranya.

Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Screenshot Editor
Secara bawaan Tablet ini mampu melakukan screenshot dan kemudian mengeditnya. Anda bisa menambahkan tulisan tangan melalui jari Anda dengan pengaturan yang sama dengan Galaxy Note, namun bedanya harus menggunakan jari (Pen dari Note tidak bisa berfungsi disini) dan lebih lambat responnya ketika digunakan menggambar, juga sering mengalami Force Close.



Photo Editor
Aplikasi editor foto ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Tidak hanya yang standar seperti Rotate, resize, crop saja namun ada fitur seleksi. Seperti pada Adobe Photoshop, Anda dapat melakukan seleksi pada area tertentu di foto dengan opsi seleksi magnetic, lasso, brush, round dan square lalu kemudian khusus area tersebut bisa dimanipulasi. Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain efek warna (auto, exposure, saturasi, kontras dan lain-lain), efek blur, motion, distorsi, filter (vintage, faded, invert dan lain-lain). Namun untuk kinerja sendiri aplikasi ini terkadang cukup lambat.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery



Video Maker
Fungsi video maker ini kurang lebih mirip dengan Windows Movie Maker, Anda bisa memotong video, menambahkan foto dan musik kedalam video, menambah efek-efek seperti hitam putih, blur, negatif, vintage dan lain-lain serta menambahkan transisi pada video. Video yang bisa dibuka adalah maksimal .mp4 dengan resolusi 720p. Ukuran maksimal video yang dapat di-save juga sama, sampai resolusi 720p.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Aplikasi Pihak Ketiga
MX Player
Memang performa video player bawaan Samsung sudah cukup maksimal, namun untuk penggila video mungkin belum cukup. Tenang saja, ada aplikasi MX Video Player. Aplikasi gratis ini memiliki fitur lebih lengkap lagi, seperti opsi hardware/software acceleration, membaca subtitle yang ter-embedded, mengatur subtitle, membaca file hidden dan masih banyak lagi.


Samsung Galaxy Tab 2 10.1 - P5100 Review Gallery




Benchmarking
Antutu: 4817 poin
Quadrant Standart: 2719 poin
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan







Daya tahan Baterai

Kekuatan baterai bisa dibilang standar tablet Android, dengan kondisi internet terus aktif menggunakan WiFi tablet ini bisa bertahan sehari jam kerja. Namun yang cukup menyebalkan adalah charging yang memerlukan waktu lama, di-charge dalam kondisi aktif selama 1,5 jam indikator baterai hanya bertambah 38 persen. Wajar, sebab baterainya jumbo, 7000 mAh.

Kesimpulan
Seperti halnya Tablet Galaxy Tab 2 7 inci, tablet ini memiliki value yang cukup baik. Dengan harga di bawah Rp. 5 juta, Anda sudah mendapatkan tablet dual core 10 inci yang memiliki jaringan selular. Sistem operasi juga sudah menggunakan yang terbaru, Ice Cream Sandwich. Kelemahannya adalah desain yang monoton, kamera kurang bagus dan pengisian baterai yang lambat.

Kelebihan:

  • Layar cukup jernih
  • Pemutar video bawaan berfitur sangat lengkap
  • slot micro SD
  • jaringan seluler
  • Performa cukup bagus dibanding tablet Honeycomb pendahulunya

Kekurangan:

  • pengisian baterai perlu waktu lama
  • penghubung ke PC bukan micro USB yang sudah umum
  • desain monoton
  • kamera tidak ada autofokus



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
22
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.