TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia U ST25i
Smartphone Mungil Performa Besar untuk yang Berjiwa Muda
May 10 2012 3:56PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
173
105865

Setelah dirilisnya ponsel Sony Xperia S beberapa waktu yang lalu, kini Sony Indonesia kembali merilis sebuah ponsel seri NXT Xperia kembali yang bernama Xperia U (ST25i). Ponsel ini diposisikan untuk mengisi seri Xperia kelas menengah. Jika dilihat bentukan ponsel ini seperti saudara tuanya Xperia S, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Kira-kira dengan dibanderol sekitar 2,8 juta rupiah pantaskah smartphone ini anda miliki? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 900 / 2100
  • Layar LED backlit LCD 3,5 inci (480 x 854 piksel) (~280 ppi)
  • Memori internal 8GB (4GB-multimedia, 2GB-aplikasi, 2GB sistem)
  • Prosesor dual-core 1GHz STE U8500
  • Kamera 5MP (2592 x 1944) autofokus LED flash
  • Android 2.3 Gingerbread (dapat diungrade ke 4.0 ICS)
  • Baterai Lithium Ion 1290 mAh


Paket Penjualan

  • Handset Xperia U
  • Baterai
  • Penutup bagian bawah ekstra
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Anti gores
  • Manual
  • Kartu garansi



Desain dan Bodi
Ponsel Xperia U ditargetkan oleh Sony untuk pengguna yang memiliki jiwa muda. Mengapa demikian? Karena salah satu ciri khas atau keunikan dari ponsel ini adalah efek lampu dibagian bawah yang akan berganti-ganti warna sesuai dengan tema atau mayoritas warna yang tampil dalam sebuah gambar.



Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, ponsel ini memiliki kemiripan desain dengan ponsel Xperia S yang sudah lebih dahulu rilis di Indonesia, namun hadir dalam ukuran yang lebih kecil. Kami bisa mengatakan persentase kemiripan yang dimiliki hampir 95%. Dengan dimensi bodi 112 x 54 x 12 mm serta bobot 110 gram, ponsel ini terbilang nyaman saat digenggam walaupun sudut-sudut ponsel terlihat kaku. Bahan material yang digunakan menggunakan plastik bermotif doff. Sony mengatakan bahwa bahan material yang digunakan untuk ponsel Xperia U sama seperti bahan material untuk ponsel Xperia S sehingga dikatakan mudah dibersihkan jika kotor.




Pada bagian muka terdapat sensor proximity dan light, earpiece, kamera sekunder, layar berukuran 3,5 inci, serta tiga tombol fungsi Android berjenis kapasitif. Pada bagian belakang terdapat lampu LED flash, kamera utama serta sebuah speaker. Untuk bagian kiri ponsel terdapat tombol power/lock, volume, dan tombol shutter kamera. Bagian kanan ponsel hanya diisi dengan port micro USB untuk charging dan konektivitas ke PC. Bagian atas diisi dengan kehadiran port headset 3,5 mm serta sebuah mic. Bagian bawah diisi dengan lubang untuk menggantungkan strap atau aksesoris dan sebuah mic.


Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Layar
Sony Xperia U ini memiliki layar berukuran 3,5 inci yang berjenis LED-backlit LCD yang memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Ponsel ini juga dibekali dengan fitur Mobile Bravia Engine andalan Sony untuk mempercantik tampilan foto atau video yang ada. Tampilan layar ini terlihat halus dan cukup kontras, isu layar kekuningan terlihat masih ada di Xperia U, namun intensitasnya tidak sebanyak layar milik Xperia S.

Antar Muka
Ponsel ini masih menggunakan Android versi 2.3 Gingerbread yang dikatakan akan mendapat update ke Android 4.0 ICS. Seperti smartphone Android milik Sony/Sony Ericsson lainnya, Xperia U menggunakan antar muka Timescape. Pada bagian Homescreen anda dapat mengisi ke lima halaman homescreen dengan berbagai item seperti widget, aplikasi, folder, shortcut, dan lainnya.


Untuk themes bawaan terdapat tujuh pilihan (Silk, Turquoise, Emerald, Sapphire, Gold, Ruby dan Amethyst) yang mewakilkan warna tertentu yang pastinya akan sesuai dengan lampu warna dibagian bawah.


Untuk jendela notifikasi tampil polos, standar saja, tanpa ada jalan pintas ke menu pengaturan. Untuk menu utama jejeran ikon aplikasi hadir dalam formasi 4 x 4 per halaman. Anda dapat mengubah posisi atau menyusun ikon-ikon tersebut berdasarkan abjad, paling sering dipakai, yang baru diinstal atau susunan anda sendiri. Seperti biasa jika anda menahan tombol home maka akan muncul daftar aplikasi yang sudah anda buka sebelumnya, untuk kemudahan akses switch aplikasi.



Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Input Teks
Untuk penginputan teks hanta tersedia satu pilihan keyboard dalam kondisi default yaitu Xperia Keyboard yang tersedia juga dalam bahasa Jepang dan Mandarin. Terdapat banyak pengaturan untuk keyboard ini. Dengan layar yang berukuran 3,5 inci, melakukan pengetikan dalam kondisi layar potrait terasa cukup sulit bagi anda yang memiliki jari besar, apalagi jika dalam situasi terburu-buru. Sebagai pembanding saja, lebar layar Xperia U lebih kecil dari iPhone yang sama-sama memiliki ukuran layar 3,5 inci. Untuk menyiasati hal tersebut anda bisa melakukan proses pengetikan dalam posisi landscape, atau mencari aplikasi keyboard pihak ketiga yang anda sukai.






Contacts
Seperti biasa layaknya menu contact di smartphone Android, anda bisa melakukan sinkronisasi ke berbagai akun seperti akun Facebook, WhatsApp, Google, dan lainnya. Tampilan menu contact sederhana, nama-nama contact tersusun sesuai abjad kebawah. Untuk mempermudah anda melakukan pencarian terdapat kolom untuk melakukan pengetikan, ada juga bar alfabet a-z disebelah kanan dan tombol membuat contact baru di bagian kanan atas.





Messaging
Antar muka menu messaging (SMS, MMS) juga sederhana, anda akan disuguhkan tampilan thread percakapan dimana untuk memulai percakapan baru anda dapat memilih tombol disebelah kanan atas. Seperti biasa untuk mengubah pesan menjadi format MMS anda cukup memilih tombol diatas tombol send untuk memasukkan konten multimedia.




Untuk urusan email terdapat aplikasi default Gmail yang tampil sederhana namun powerful, terlebih dengan sistem Push Notification yang dimilikinya. Untuk layanan email lain seperti Yahoo, Hotmail, dan lainnya anda dapat melakukan pengaturan di menu email.


Untuk pesan instan, walaupun kurang populer dan jarang digunakan, namun aplikasi Talk tetap setia hadir sebagai aplikasi pesan instan bawaan. Anda dapat melakukan panggilan video dengan aplikasi ini, terlebih Xperia U memiliki kamera sekunder, sehingga percakapan anda akan lebih menyenangkan.




Kamera
Ponsel Xperia U ini dibekali kamera utama beresolusi 5MP (2592 x 1944 piksel) autofokus dan dukungan LED flash, serta kamera sekunder yang beresolusi VGA. Kamera di Xperia U ini memiliki banyak fitur yang unik dan menarik seperti 3D Sweep Panorama (foto panorama dengan efek 3D), 3D Sweep Angle (foto objek dengan efek 3D), Sweep Panorama (foto mode panorama 180 derajat). Untuk foto dengan efek 3D hanya bisa dilihat dengan aplikasi khusus karena format yang disimpan (.MPO) juga berbeda dari foto biasa. Terdapat juga pilihan scene seperti Potrait, Landscape, Night Scene, dan lainnya. Terdapat pula fitur Smile Shutter seperti yang ada di kamera digital Cyber Shot.




Untuk hasil pengambilan gambar dalam ruangan cukup baik dan detail tidak terlihat banyak noise yang mengganggu, namun hasil memiliki efek seperti sedikit berkabut kurang jernih. Untuk pengambilan luar ruangan juga terlihat demikian cukup baik dan detail namun terlihat efek sedikit berkabut. Hasil foto original dan 3D dapat diunduh disini.



Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Perekaman Video

Kamera utama Sony Xperia U mampu melakukan perekaman hingga resolusi HD 720p. Anda dapat juga melakukan perekaman dengan kamera sekunder. Terdapat beberapa pengaturan seperti scene (landscape, beach and snow, party, dll), exposure, photo light, image stabilizer, dan lainnya.




Saat kami melakukan perekaman dengan resolusi 720p sekitar satu menit menghabiskan sekitar 45 MB. Hasil perekaman akan disimpan dalam format .MP4. Berikut hasil perekaman video dari kamera Xperia U:



Gallery
Gallery foto dan video di Xperia U ini tampil dengan tampilan standar Android dengan efek 3D, koleksi foto-foto dan video anda akan dikelompokkan berdasarkan folder. Anda juga bisa langsung mengunggah hasil jepretan anda ke berbagai layanan seperti Bluetooth, Gmail, Facebook, Google+, Twitter, Picasa, Whatsapp, Messaging dan lainnya.



Salah satu senjata utama Sony seri Xperia adalah fitur mobile Bravia Engine yang akan mempercantik tampilan foto dan video anda di galeri sehingga terlihat lebih kontras. Efek dari fitur ini sangat terasa, namun disatu sisi juga dapat membuat anda kecewa karena jika anda mengambil hasil foto dan melihatnya di ponsel terlihat bagus dan cerah, namun ketika anda melihatnya di PC, foto tersebut akan terlihat lebih kusam. Untuk melihat konten foto 3D anda dapat memilih tombol di samping tombol kamera dikanan atas.

Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Pemutar Video
Untuk pemutar video tidak terdapat aplikasi khusus untuk memutarnya dalam kondisi default, jadi jika anda ingin memutar video anda dapat melakukannya via galeri. Antar muka video simpel saja hanya terdapat tiga tombol, yaitu tombol previous, play/pause, dan forward. Resolusi video maksimal yang dapat diputar di Xperia U adalah 720p. Format video yang dapat diputar secara default hanya .MP4 dan .M4V. kami mencoba memasukkan video dengan format .AVI, .FLV, .MKV, .WMV, namun tidak dapat diputar. Fitur Mobile Bravia Engine juga hadir disini sehingga tampilan video akan memanjakan mata anda.


Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Pemutar Musik
Untuk urusann pemutar musik, antar muka pemutar musik di Xperia U terlihat menarik dan memiliki cukup banyak fitur. Warna lampu di bagian bawah ponsel juga akan menyesuaikan dengan warna mayoritas yang tampil di album art lagu. Tenang jika koleksi-koleksi lagu anda kebanyakan tidak memiliki album art, anda dapat melakukan pencarian informasi serta album art secara otomatis melalui layanan Gracenote. Tombol Infinite juga hadir untuk memberi anda akses lebih jauh tentang lagu yang sedang diputar, seperti video di YouTube, informasi di situs Wikipedia, dan informasi lain.



Untuk urusan keluaran suara, terdapat equalizer dengan berbagai pilihan, anda juga dapat mengatur equalizer secara manual sesuai preferensi anda. Jika anda menggunakan headphone, anda dapat mengaktifkan fitur headphone surround. Nah, salah satu fitur yang dibanggakann Sony masalah keluaran suara ini adalah fitur xLoud yang dikatakan akan meningkatkan kekuatan speaker. Memang level suara terdengar lebih kencang, tapi jika anda menonaktifkan fitur tersebut maka suara speaker terdengar sangat kecil, jauh dibawah standar speaker normal. Kami tidak tahu apakah hal ini hanya permainan Sony untuk lebih menonjolkan fitur tersebut. Kami melakukan tes dengan memaksimalkkan volume, keluaran suara dari speaker utama terdengar pecah dan sember.

Sony Xperia U ST25i Review Gallery

Radio FM
Untuk menikmati siaran radio favorit anda, wajib dicolokan dahulu headset yang berfungsi sebagai antena. Setelah headset terpasang, anda dapat mendengarkan siaran radio lewat headset maupun speaker. Tampilan antar muka terlihat menarik dengan bar frekuensi yang besar. Terdapat juga tempat untuk menyimpan stasiun radio favorit untuk kemudahan akses.


Sony Xperia U ST25i Review Gallery



Browser
Untuk urusan browser, Xperia U mampu melakukan multitab browsing hingga 8 tab sekaligus. Tampilan dari browser ini sendiri standar android Gingerbread saja, tidak ada yang spesial. Untuk konten flash anda dapat menonton video dari situs YouTube versi desktop karena browser ini mendukung konten flash. Performa dari browser ini terbilang baik, kami tidak menemukan masalah dalam menggunakannya.







Konektivitas
Ponsel ini berjalan di jaringan Quadband GSM dan Dualband HSDPA, yang tentunya tidak jadi masalah jika membawa ponsel ini bepergian ke benua manapun selama masih terjangkau sinyal. Untuk konektivitas lain terdapat Wi-Fi 802.11 b/g/n, dengan kemampuan Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot. Ada juga Bluetooth v2.1, A-GPS. Ponsel ini juga mendukung fitur USB On-the-go sehingga anda dapat dengan mudah memutar konten dari flashdisk atau memori penyimpanan berbasis USB lainnya.


Salah satu hal yang cukup mengejutkan dan sensasional di ponsel Xperia U ini adalah tidak adanya dukungan kartu memori. Sehingga mau tidak mau anda harus puas dengan kapasitas memori yang Sony berikan untuk multimedia (foto, video, musik) yang sebesar 4GB saja. Untuk aplikasi anda diberikan kapasitas memmori sebesar 2GB. Jadi sebenarnya ponsel ini memiliki basic memory sebesar 8GB hanya saja terbagi-bagi dan tidak ada dukungan memori eksternal.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2255 poin
  • AnTuTu Benchmark: 5323 poin
  • Neocore : 57,5 fps
  • MultiTouch: 4 sentuhan
  • CamSpeed: 341 poin (Shutter Time), 531 poin (Image Time), 469 poin (Focus Time)

Sony Xperia U ST25i Review Gallery


Daya Tahan Baterai
Xperia U dibekali baterai berjenis Lithium Ion dengan kapasitar 1290 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini dan jenis prosesor yang dikatakan lebih hemat energi, kami merasakan daya tahan baterai Xperia U sama saja seperti kebanyakan ponsel Android yang hanya bertahan seharian saja atau bahkan kurang, jika dipakai dengan penggunaan normal. Namun hal ini juga tergantung dari kondisi sinyal, dan penggunaan masing-masing pengguna. Terlebih mau tidak mau anda harus menggunakan efek lampu yang menyala-nyala di bagian bawah ponsel, karena kami tidak menemukan pengaturan untuk mematikan efek lampu tersebut.




Kesimpulan
Dengan bersenjatakan prosesor dual core 1GHz serta kejernihan layar dan fitur-fitur yang dimiliki Sony lainnya, terutama harga yang dibanderol tidak terlalu tinggi, kami rasa ponsel ini cocok bagi anda yang menginginkan ponsel Android yang Fun dan memiliki performa yang mumpuni. Namun satu faktor saja yang disayangkan, yaitu keterbatasan memori yang dapat digunakan. Karena seperti yang kita ketahui sekarang ini konten multimedia sudah banyak yang mendukung resolusi HD dan konsekuensinya penggunaan memori juga akan semakin besar. Namun bagi anda yang tidak terlalu memperdulikan memori, maka isu ini tidak jadi masalah bagi anda, karena selain isu memori ponsel ini sangat layak untuk anda miliki.

Kelebihan

  • Prosesor dual core 1GHz dengan harga yang tidak terlalu tinggi
  • Fitur Bravia Engine
  • Efek lampu yang unik
  • Penutup bagian bawah yang dapat diganti


Kekurangan

  • Memori terbatas
  • Kualitas speaker kurang baik
  • Kapasitas baterai yang kurang mumpuni



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
29
18 Sep 2014
14
18 Sep 2014
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
29
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
14
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
3
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
25
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
10
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.