TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100
Tablet Budget yang Anda Impikan
May 03 2012 2:07PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.7
56
138355

Vendor Samsung kembali menghadirkan tablet seri Galaxy miliknya yang sudah menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS yaitu Tab 2. Sebenarnya Samsung merilis dua versi dari seri Tab 2, yaitu Tab 2 10.1 inci dan Tab 2 7.0 inci, namun untuk di Indonesia saat ini Samsung Indonesia hanya merilis yang versi 7.0 inci saja. Tablet Galaxy Tab 2 7.0 ini ditujukan sebagai pengganti dari tablet Galaxy Tab 7.0 P1000. Tablet ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 3,9 juta rupiah, kira-kira pantaskah tablet ini dibanderol dengan harga segitu? Silahkan baca review kami hanya di bawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; HSDPA 900 / 1900 / 2100
  • Layar PLS LCD 7.0 inci (600 x 1024piksel) (~170 ppi)
  • Prosesor TI OMAP 4430 1GHz dual-core; Power VR SGX540
  • Kamera Utama 3.15 MP fokus tetap; Kamera Sekunder VGA
  • Memori 16 GB, RAM 1GB
  • Baterai Lithium Ion 4000 mAh


Isi Paket Pembelian

  • Tablet Galaxy Tab 2 7.0
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Manual



Desain dan Bodi
Desain dari tablet Galaxy Tab 2 7.0 ini terlihat mirip seperti desain Galaxy Tab 7.0 Plus. Tablet ini memiliki dimensi 193.7 x 122.4 x 10.5 mm dengan berat 344 gram. Tablet ini terasa cukup ringan dan bentuk yang cukup tipis, sehingga lebih mudah untuk dibawa bepergian. Seperti ciri khas Samsung, seluruh bodi terbuat dari plastik, dan kami merasakan kualitas bahan material yang digunakan, lebih bagus milik Galaxy Tab 7.0 P1000.




Pada bagian muka terdapat sensor proximity, earpiece, kamera sekunder, serta layar 7.0 inci, tidak ada kehadiran tombol di bagian muka, dikarenakan juga sistem operasi Android ICS yang memiliki tombol di antarmuka. Pada bagian belakang dengan permukaan yang bertekstur terdapat sebuah kamera utama tanpa kehadiran flash.




Sisi kiri tablet terdapat tombol power/lock dan tombol volume. Untuk bagian kanan tablet terdapat slot untuk sim card dan kartu memori microSD. Bagian atas terdapat port headset 3.5mm dan sebuah mic. Untuk bagian bawah terdapat dua buah speaker stereo, port charger/data khas tablet Samsung, dan sebuah mic. Tablet ini memiliki dua buah mic dan dua buah speaker seperti yang sudah disebutkan, sayang untuk bagian speaker penempatannya yang berdekatan di satu sisi dirasa kurang tepat sehingga keluaran suara tidak terdengar stereo.





Layar
Layar di tablet Galaxy Tab 2 7.0 ini menggunakan teknologi PLS LCD seperti yang digunakan di tablet samsung pada umumnya. Dengan layar beresolusi 600 x 1024 piksel 7.0 inci dengan kedalaman 170 ppi sama seperti Tab 7.0 Plus dan Tab 7.0, tampilan cukup tajam. Tapi jika dibandingkan tipe PLS LCD dengan Tab 7.0 Plus, kualitas layar Tab 2 7.0 ini terlihat sedikit dibawahnya. Pada unit yang kami review bagian layar sebelah kanan dalam posisi potrait terlihat sedikit kekuningan, hal ini terlihat jika membuka halaman yang berwarna putih.




Antar Muka
Tablet Galaxy Tab 2 7.0 menggunakan antar muka Android 4.0 ICS yang dimodifikasi dengan TouchWiz UX. Pada bagian homescreen mampu menampung hingga tujuh halaman yang dapat diisi berbagai item. Seperti pada Android 3 Honeycomb, Android 4 ICS juga menggunakan semacam bar dibagian bawah yang selalu muncul, yang terdiri dari tombol back,home, recent apps, screenshot, tombol panah untuk memunculkan dock yang berisi jalan pintas ke aplikasi favorit, dan menu informasi yang juga berisi notifikasi dan jalan pintas ke menu setting dibagian kanan bawah. Untuk sisi atas bagian kiri terdapat shortcut untuk melakukan pencarian via Google dan bagian kanan terdapat tombol untuk masuk ke menu drawer. Untuk tampilan menu, ikon-ikon terjejer dengan formasi 4 x 6. Susunan ikon juga dapat disusun secara abjad, bisa juga anda atur sesuai keinginan anda.




Secara keseluruhan performa pengalaman menggeser-geser halaman homescreen dan menu cukup baik, kami tidak merasakan lag-lag yang mengganggu yang biasanya muncul di tablet Samsung ber OS Honeycomb. Namun jika homescreen banyak terisi widget/item dan anda menggunakan live wallpaper barulah terasa pergeseran halaman tidak terlalu lancar.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery



Input Teks
Untuk input teks, tablet ini hanya menyediakan satu buah pilihan yaitu Samsung Keyboard dann tambahan Google Voice Typing untuk melakukan pengetikan melalui suara. Untuk menggunakan Google Voice Typing anda cukup menekan tombol bergambar keyboard di bar bawah. Dengan ukuran layar sebesar 7.0 inci, tentu saja melakukan proses pengetikan cukup nyaman dilakukan sehingga juga mengurangi kesalahan input.





Contact
Dengan kehadiran earpiece di bagian muka terlebih kehadiran dua mic, tentu saja tablet ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan, layaknya ponsel dengan ukuran ekstra. Untuk menu contact terbagi dalam tiga kelompok yaitu groups, contacts, dan favorite. Dalam melakukan pencarian contact dapat mudah dilakukan karena layar yang besar dan antarmuka yang intuitif. Seperti biasa anda dapat mengintegrasikan akun-akun dari jejaring sosial untuk memperlengkap informasi contact anda.



Messaging
Layaknya sebuah smartphone, tablet Tab 2 7.0 ini mampu mengirim pesan dengan format sms, mms, email, atau pesan instan. Untuk tampilan menu messaging (sms, mms) layar terbagi dua tampilan. Sebelah kiri untuk daftar percakapan dan sebelah kanan berisi percakapan tersebut. Kami yakin anda dapat dengan mudah beradaptasi menggunakan antarmuka ini karena terbilang simpel dan intuitif namun powerful. Seperti biasa untuk mengirim pesan dengan format mms anda cukup menekan tombol bergambar paperclip.


Untuk urusan email terdapat layanan Gmail secara default, tampilannya pun lebih detil dan mudah penggunaannya serta powerful. Bagian kiri diisi dengan menu-menu seperti inbox, starred, sent, outbox, dll dan bagian kanan diisi dengan isi dari menu disebelah kiri tersebut.


Untuk urusan pesan instan terdapat aplikasi Talk (Google Talk) bawaan Android tampilannya pun simpel dan intuitif, namun sayang layanan Google Talk ini kurang populer jika dibandingkan dengan layanan serupa lainnya.




Kamera
Tablet ini memiliki kamera utama beresolusi 3 MP dengan fokus tetap tanpa ditemani flash dan kamera sekunder beresolusi VGA yang ditujukan untuk panggilan video. Baik kamera utama maupun kamera sekunder dapat digunakan untuk memotret dan merekam video.


Dengan ukuran layar yang cukup lebar maka antar muka menu kamera ini dapat dengan mudah diakses, tampilannya sama seperti Android Samsung lainnya. Terdapat menu pengaturan seperti pemilihan penggunaan kamera (utama/sekunder), single shot, smile shot, panorama, timer, exposure, effects, scene mode, resolusi, dan lainnya.


Hasil kamera dari Galaxy Tab 2 7.0 ini terlihat detail, namun pewarnaan terlihat agak pucat. Dan juga karena kamera ini berfokus tetap, maka untuk pengambilan gambar jarak dekat tidak dapat dilakukan dengan baik. Untuk pengambilan gambar dalam ruangan noise tidak terlalu terlihat.



Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery




Perekaman Video
Kamera utama memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman hingga 720p 30 fps. Terdapat banyak menu pengaturan seperti pemilihan penggunaan kamera (utama/sekunder), exposure, timer, recording mode, effect, resolusi, dan lainnya. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4. Untuk melakukan perekaman video dengan resolusi 720p selama 40 detik menghabiskan memori sebanyak 60 MB.





Galeri
Menu galeri ini memuat semua koleksi foto dan video anda. Tampil dengan antarmuka standar ICS tanpa efek 3D. Tampilan koleksi foto dan video dapat diatur berdasarkan nama folder. Location, times, atau tags. Terdapat juga shortcut langsung ke menu kamera di bagian kanan atas. Dari galeri anda dapat langsung melakukan sharing foto atau video ke berbagai layanan yang mendukung seperti All Share, ChatON, Picassa, Google+, dan lainnya. Thumbnails foto-foto dalam 1 folder yang sama muncul di bawah, sehingga mempermudah anda untuk menjelajahi galeri foto.





Pemutar Video
Anda dapat memutar koleksi video anda lewat menu galeri atau menu video player. Player di Galaxy Tab 2 7.0 ini mampu melakukan pemutaran video beresolusi 1080p dan hampir semua format video (MP4, WMV, AVI, MKV, FLV, dll) dapat lancar diputar dengan kemampuan menampilkan teks (.srt). Terdapat menu untuk pemilihan tampilan video (fit-to-screen, center, original), equalizer, video output, trim, play speed, dan lainnya. Ketika anda sedang memutar video dan menekan tombol lock/power maka layar akan dikunci untuk mencegah tersentuh secara tidak sengaja sehingga memuncukan antarmuka menu.








Pemutar Musik
Koleksi lagu anda terbagi dalam beberapa kategori seperti song, playlist, album, artist, genre, folder, composer, year. Jika anda ingin mencari lagu secara cepat, anda dapat menggunakan fitur search yang diwakilkan dengan tombol bergambar kaca pembesar dibagian kanan atas.



Antar muka music player cukup informatif baik di posisi landscape maupun potrait. Terdapat banyak pilihan pengaturan suara/equalizer, serta dapat juga anda langsung menggunakan lagu tersebut untuk ringtone. Di bagian setting terdapat pengaturan untuk play speed, lirik, dan music auto off sehingga jika anda ditinggal tidur player ini dapat berhenti secara otomatis sesuai durasi yang sudah dipilih.





Untuk kualitas speaker, sayang speaker Galaxy Tab 2 7.0 ini kurang bagus, keluaran suara terdengar kurang jernih meskipun bertenaga, saat kami mengatur ke volume maksimal keluaran suara terdengar sangat kencang dan tidak pecah.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery



Konektivitas
Untuk urusan konektivitas, anda tidak perlu khawatir karena hampir semua jenis konektivitas dapat ditemui di tablet ini. Tablet ini berjalan di jaringan GSM Quadband dan HSDPA Triband.Untuk konektivitas lokal terdapat GPS GLONASS yang dapat menangkap satelit Rusia dan Amerika secara bersamaan, WiFi a/b/g/n, Bluetooth 3.0, slot memori card microSD, port untuk charger/data khas Samsung.




Web Browser
Browser di tablet ini mampu melakukan multitab hingga 8 tab secara bersamaan, cukup sedikit jika dibandingkan tablet Samsung seperti Tab 7.7 16 buah, dan Tab 7 Plus yang mampu hingga 22 buah tab. Tampilannya layak browser di komputer desktop dengan susunan tab berada diatas sehingga mempermudah anda untuk berganti-ganti tab. Browser ini juga sudah mendukung konten flash, sehingga anda dapat memutar konten flash seperti video di halaman browser langsung. Namun saat kami mencoba memainkan game di situs Facebook, game tersebut tidak dapat dimainkan. Selebihnya performa browser ini sudah baik, kami tidak menemukan gangguan saat menggunakannya.








Aplikasi Bawaan
Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstal di tablet ini seperti

  • All Share
  • Chat ON
  • Game Hub
  • Photo Editor
  • Polaris Office
  • Readers Hub
  • Samsung Apps
  • Video Maker

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery


Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2722 poin
  • AnTuTu: 5304 poin
  • Neocore: 57.0 fps
  • MultiTouch: 10 Sentuhan Maksimal
  • CamSpeed: 597 (ShutterTime), 632 (ImageTime)

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - P3100 Review Gallery



Daya Tahan Baterai

Tablet Galaxy Tab 2 7.0 ini dibekali baterai Lithium Ion sebesar 4000 mAh yang tidak dapat diganti-ganti karena tertanam didalam bodi. Berdasarkan kegiatan saat mereview tablet ini, daya tahan baterai tersebut terbilang cukup mumpuni, jika dipakai cukup intens seperti browsing, video, music, game, baterai di tablet ini mampu menemani anda seharian.

Kesimpulan
Samsung Galaxy Tab 2 7.0 merupakan tablet budget keluaran Samsung, yang dibanderol dengan harga 3 jutaan. Namun dengan 3 jutaan tersebut anda mendapatkan tablet yang mumpuni yang dapat diandalkan untuk mendukung aktifitas anda. Meskipun bahan material yang digunakan terbuat dari plastik namun bodi tetap terasa kokoh saat dipegang. Kelengkapan fitur juga menjadi senjata utama tablet ini. Sepertinya vendor lain harus menyiapkkan strategi baru untuk dapat bersaing di pasar tablet.

Kelebihan

  • Fitur lengkap dan performa baik dengan harga yang terjangkau
  • Tablet pertama Samsung di Indonesia yang menggunakan ICS
  • Desain bodi yang tipis dan ringan


Kekurangan

  • Kualitas speaker yang kurang bagus
  • Tidak memakai port yang umum
  • Pada review unit kami layar bagian kanan (potrait) kekuningan



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
47
18 Sep 2014
14
18 Sep 2014
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
39
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
14
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
3
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
25
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
10
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.