TOP
REVIEWS
Review: HTC One X
Smartphone Quad-Core Pertama di Indonesia
May 03 2012 1:51PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.4
34
38584

Sebuah smartphone terbaru dari HTC baru saja tiba di meja redaksi kami. Smartphone yang ditenagai prosesor quad-core ini merupakan satu-satunya smartphone quad-core yang dirilis di Indonesia saat ini. HTC One X dibanderol dengan harga resmi 6,5 juta rupiah. Selain prosesor 1.5 GHz quad-core, smartphone ini dilengkapi dengan beberapa fitur andalan seperti penggunaan sistem operasi Android 4.0 ICS, RAM 1 GB, kamera 8 MP dengan lensa F2.0 28mm, dan memori internal sebesar 32 GB. Tidak ketinggalan teknologi Beats Audio ikut ditanamkan ke dalam HTC One X. Seperti apa performa smartphone sebesar 4.7 inci ini? Silahkan simak review lengkap kami di bawah ini.


Spesifikasi Utama HTC One X

  • Super IPS LCD2 4.7 inci, 1280 x 720 pixel
  • Corning Gorilla Glass Display
  • Prosesor Nvidia Tegra 3, 1.5 GHz quad-core
  • Kamera 8 MP F2.0 28mm
  • RAM 1 GB
  • Android 4.0 ICS
  • HTC Sense UI 4.0
  • Teknologi Beats Audio

Paket Penjualan

  • HTC One X
  • Adapter Charger
  • Kabel data microUSB
  • Headset
  • Microsim Eject Tool (Jarum)
  • Kartu garansi
  • Panduan cepat

2.Desain dan Bodi
HTC One X memiliki dimensi 134.4 x 69.9mm dengan ketebalan hanya 8.9mm. Ukuran HTC One X cukup lebar akibat ditanamkannya layar sebesar 4.7 inci, namun perangkat One X tergolong enak digenggam karena cukup tipis dan bobot yang cukup ringan yaitu sekitar 130 gram saja.

Pada tampak depan smartphone ini terdapat sebuah layar berukuran 4.7 inci, logo HTC di bagian tengah atas layar, earpiece tertata rapih di bagian atas dan di pojok kanan atas terdapat kamera depan beresolusi 1.3MP. Di bagian bawah layar terdapat tiga buah tombol sentuh yaitu back, home dan recent apps. Dan dibagian atas diantara earpiece (letaknya tersembunyi) terdapat lampu led notifikasi.


Pada bagian belakang smartphone juga terlihat cukup simple. Pada bagian tengah atas terdapat sebuah kamera 8MP dengan dukungan LED Flash, kamera dan LED Flash didesain membulat seperti terlindung sebuah ring berwarna kecoklatan. PAda bagian tengah bodi terdapat logo HTC yang cukup besar, sedangkan di bagian bawah bodi belakang terdapat speaker out yang terlihat seperti sebuah grill yang terdiri dari titik-titik kecil dan di atasnya terdapat tulisan Beats Audio. Pada bagian pojok kiri atas ponsel terdapat micro SIM tray yang dapat dikeluarkan menggunakan SIM eject tool yang didapat dari paket penjualan.



Pada sisi atas HTC One X terdapat sebuah tombol lock/power dan sebuah lubang audio 3.5mm. Pada sisi kiri terdapat sebuah prot micro USB dan pada sisi kanan smartphone ini terdapat tombol volume up/down saja. Pada sisi bawah tidak terdapat tombol atau port apapun.


HTC One X memiliki desain unibodi berbahan polycarbonate dengan coating doff sehingga sedikit kesat dan tidak terlalu licin.

3.Display
Layar One X berjenis Super IPS LCD2 berukuran 4.7 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Dari segi ukuran dan ketajaman layar saat ini hanya Samsung Galaxy Nexus saja yang bisa menjadi pembandingnya. Layar HTC One X memiliki sudut pandang yang sangat baik dan juga ada peningkatan dari segi kepekatan warna hitam dibandingkan ponsel HTC sebelumnya. Saat menampilkan gambar warnanya pun cukup kontras dan cerah. Jika dibangingkan dengan Galaxy Nexus, layar HTC One X sedikit kemerahan, sedangkan layar Galaxy Nexus sedikit kebiruan. Silahkan simak perbandingan layar HTC One X dengan Samsung Galaxy Nexus di bawah ini.

SAM_0112

SAM_0114

SAM_0113

SAM_0119

4.Antar Muka
HTC One X telah menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS yang telah dilengkapi dengan HTC Sense UI versi 4.0. HTC Sense sangat populer dan menjadi favorit banyak orang karena tampilannya yang menarik dan mudah digunakan. Antar muka yang tertampil pada layar sebesar 4.7 inci dengan resolusi HD terlihat cerah dan tajam, cukup memanjakan mata pengguna.




Halaman home screen terdiri dari 7 halaman yang dapat dikustomisasi dengan berbagai widget, shortcut aplikasi dan wallpaper. Dan salah satu kelebihan HTC Sense adalah adanya kustomisasi Scenes dan Skins. Scenes yang dapat dipilih yaitu HTC, Social, Work, Play, dan Travel. Sedangkan Skins yang dapat dipilih yaitu HTC, Aluminium, Serene, Matte, Fracture, dan Infinite.


HTC One X Review Gallery



Halaman notifikasi ada pada posisi atas sama seperti smartphone Android lainnya, halaman notifikasi ini dapat dibuka dengan melakukan sapuan jari ke bawah dari bagian atas layar. Selain berisi notifikasi terdapat juga informasi nama operator dan jalan pintas menuju settings diletakkan pada pojok kanan atas, sehingga pengguna dapat dengan cepat menujut menu settings langsung dari halaman notifikasi.




Pada bagian drawer, aplikasi tersusun dengan format 4 kolom x 5 baris dan terbagi dalam beberapa halaman sesuai banyaknya jumlah aplikasi yang terdapat di dalam ponsel. Pada bagian drawer HTC Sense memberikan kemudahan yang memberikan beberapa jalan pintas di bagian atas, misalnya terdapat jalan pintas ke fitur pencarian aplikasi, jalan pintas menuju Play Store dan juga terdapat menu di pojok kanan atas. Menu tersebut berisi beberapa pilihan untuk melakukan sortir aplikasi, sharing aplikasi, manage aplikasi (jalan pintas menuju menu applications management), dan menu edit tabs. Sedangkan di bagian bawah terdapat beberapa kategori aplikasi yang dapat anda pilih. Ada tiga kategori yang tersedia yaitu All, Frequent dan Downloads.

HTC One X Review Gallery

5.Input Text
Metode input teks memanfaatkan keyboard bawaan HTC yang memiliki layout/susunan yang khas. Virtual keyboard yang tertampil pada layar cukup besar meskipun digunakan mengetik pada posisi landscape. Selain itu terdapat juga fitur Google voice typing yang tersedia dalam berbagai bahasa, saat kami mencobanya dalam bahasa Indonesia fitur ini bekerja cukup lancar. Selain itu terdapat juga input menggunakan keyboard Thailand dan Vietnamese.

HTC One X Review Gallery

6.Contacts
Phonebook HTC One X dinamai dengan nama People. Dan di dalam People terdapat beberapa menu pilihan di bagian bawah yaitu menu phone dialer, call history, people, dan groups. 4 kategori tersebut dapat dikustomisasi posisinya atau bisa dihilangkan yang tidak pengguna inginkan. Pada bagian atas terdapat drop down menu yang mengatur sumber kontak yang tertampil. Selain itu menu People (phonebook) telah dilengkapi dengan fasilitas search untuk memudahkan pencarian, shortcut untuk menambah kontak baru, dan menu untuk melakukan beberapa pengaturan.

Semua kontak tertampil dalam bentuk list yang diurutkan berdasarkan abjad. Detail yang bisa ditambahkan pun cukup banyak, selain nomor telp dan email, pengguna juga bisa menambahkan Notes, Nickname, dan informasi tambahan seperti IM, Events, Website, Organization, dan lain-lain. Kustomisasi foto kontak dan ringtone khusus juga tersedia.


HTC One X Review Gallery

7.Messaging
Fitur Messaging pada HTC One X tidak terlalu berbeda dengan smartphone Android papan atas lainnya, menu SMS memiliki antar muka yang sederhana dan mudah digunakan, dan untuk merubah pesan SMS menjadi MMS pengguna cukup menambahkan attachment berupa file multimedia seperti foto, lagu atau video. Pada bagian menu terdapat pengaturan ukuran font, laporan terkirim, laporan dibaca dan pengaturan prioritas pesan. Tampilan pesan tertampil dengan format Threaded / seperti percakapan chatting.





Fitur Gmail sama seperti smartphone Android lainnya, tampilannya tidak terlalu berbeda jauh dan juga sudah terdapat fitur push email dan dukungan multi akun. Sedangkan Email dari domain lain seperti Yahoo atau Hotmail bisa ditambahkan melalui menu mail namun tidak terdapat dukungan push email, pengguna harus melakukan sinkronisasi waktu atau time refresh untuk menarik email.

HTC One X Review Gallery

HTC One X Review Gallery

8.Camera
Kamera yang ditanamkan ke dalam HTC One X beresolusi 8 MP dengan lensa F2.0 28mm yang diklaim HTC mampu mengambil gambar yang jelas dan detil meskipun dalam kondisi rendah cahaya. Kami sempat melakukan beberapa perbandingan hasil foto dalam ruangan gelap antara kamera HTC One X vs Galaxy Note vs iPhone 4S yang anda bisa lihat di bawah ini.

Hasil foto low light HTC One X

1x

Hasil foto low light Galaxy Note

note1

Hasil foto low light iPhone 4S

4s1

Hasil foto low light HTC One X + Flash

1x1

Hasil foto low light Galaxy Note + Flash

note2

Hasil foto low light iPhone 4S + Flash

4s2

Hasil foto indoor kondisi normal

indoor

Hasil foto indoor kondisi normal + Flash

indoorflash

Hasil foto outdoor

IMAG0026

IMAG0028

Kamera memiliki beberapa pilihan Scenes :

  • Auto
  • HDR
  • Panorama
  • Potrait
  • Group Potrait
  • Landscape
  • Whiteboard
  • Close up
  • Low light


Kamera juga terdapat banyak efek/filter yang dapat dipilih, yaitu :

  • Distortion
  • Vignette
  • Deph of field
  • Dots
  • Mono
  • Country
  • Vintage
  • Vintage warm
  • Vintage cold
  • Grayscale
  • Sepia
  • Negative
  • Solarize
  • Posterize
  • Aqua

Kamera HTC One X memiliki interface yang menyatu dengan video kamera. Sehingga untuk pengaturan kamera dan video kamera dapat diatur dari menu yang sama. Pada bagian menu pengaturan terdapat beberapa pengaturan seperti Self-timer, ukuran foto, ukuran video, pengaturan ISO, White Balance, pengaturan face detection, pengaturan ratio foto, dan lainnya. Selain itu kamera smartphone ini memiliki fitur burstmode yang memungkinkan anda mengambil beberapa frame foto dalam waktu sangat singkat.

HTC One X Review Gallery

HTC One X Review Gallery

Video Kamera
Video kamera HTC One X mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080p dan hasilnya cukup memuaskan, gambar yang dihasilkan cukup cerah dan suara yang ditangkap oleh microphone sangat jelas. Output hasil perekaman videonya memiliki format mp4. Selain itu video kamera HTC One X dapat merekam dalam fitur slow motion, namun kualitas ketajaman video akan menurun drastis. Silahkan simak sample video di bawah ini.

Hasil rekaman video 1080p



Secara keseluruhan kamera HTC One X cukup bagus, terutama pada pengambilan gambar di lokasi yang kekurangan cahaya atau nyaris gelap total, klaim HTC yang membanggakan lensa F2.0 28mm yang mampu menghasilkan gambar lebih detail pada kondisi low light sudah kami buktikan. Namun untuk pengambilan dalam kondisi gelap dengan lampu flash gambar yang dihasilkan sedikit kekuningan (efek dari lampu LED flash). Perbandingan foto bisa anda lihat di atas.

9.Gallery, Video dan Music
Galeri foto HTC One X terlihat mirip dengan galeri foto pada Sensation XE namun dengan tambahan shortcut ke aplikasi kamera di bagian pojok kanan atas HTC One X. Foto dan video tertampil dalam galeri namun terpisah menurut kategoinya masing-masing. Pada bagian pojok kiri atas juga terdapat drop down menu yang bisa mengatur foto yang tertampil berdasarkan akunnya, misalnya Facebook, Flickr, Picasa, Dropbox, dll. Sedangkan pada bagian menu yang terdapat di pojok kanan atas (di samping shortcut kamera) pengguna dapat melakukan show/hide albums.


HTC One X Review Gallery



Saat melihat foto di dalam galeri kita dapat melakukan pinch zoom, melakukan swipe ke kiri/kanan untuk pergantian foto, melakukan sharing foto, editing foto, menetapkan wallpaper, dan mengaktifkan fitur slideshow.

HTC One X Review Gallery

Pemutar Video
Untuk memutar video pengguna bisa mengaksesnya melalui Gallery dan memilih video yang diinginkan. HTC One X memiliki interface yang cukup enak dilihat, tidak seperti Xperia S yang tampilan pemutar videonya terlalu sederhana. Pada bagian pojok kanan atas pemutar video terdapat jalan pintas untuk mengatur volume dan brightness layar, sehingga anda tidak perlu bersusah-payah untuk keluar dan kembali ke menu settings. Salah satu fitur yang unik dan inovatif pada pemutar videonya terdapat fitur ''Capture Mode'' di mana pengguna dapat mengabadikan gambar saat video berjalan.




HTC One X bisa memutar berbagai macam format video seperti mkv, avi dan mp4. Semuanya dapat diputar dengan lancar dan dapat menampilkan file subtitle srt, namun sedikit disayangkan posisi munculnya subtitle tidak dapat diatur, posisi subtitle yang ditampilkan terlalu tinggi dan mengganggu kenyamanan saat menonton video.


Kualitas gambar cukup tajam karena dukungan layar HD 720p ditambah lagi ukuran layarnya cukup lebar, warna-warna yang dihasilkan cukup cerah, dan layar HTC One X memiliki sudut penglihatan lebih baik dibandingkan layar smartphone HTC sebelumnya (HTC Sensation XE, XL). Namun sayangnya suara speaker out di bagian belakang terdengar sedikit tajam pada volume tinggi meskipun masih tergolong bisa ditoleransi, dan suara yang dihasilkan cukup powerfull.

Pemutar Musik
Pemutar musik HTC One X memiliki tampilan yang mirip dengan tampilan pada HTC One V dan juga memiliki fitur yang cukup bagus, beberapa fiturnya adalah intregasi dengan SoundHound, TuneIn Radio, dan 7digital. Pada halaman awal pemutar musik juga terdapat informasi ''Recently played''.


Masuk lebih jauh ke dalam pemutar musiknya tampilan tersaji dalam bentuk thumbnail album cover. Pada bagian atas terdapat drop down menu, dari menu tersebut anda dapat mensortir lagu berdasarkan Artists, Albums, Songs, Playlists, dan Genres. Terdapat juga fitur search untuk mempercepat pencarian lagu di smartphone anda. Di pojok kanan atas layar terdapat ''Menu'' yang berisi pengaturan Shuffle all dan Play all. Pada tampilan now playing, album art dari lagu tertampil dengan cukup besar serta beberapa tombol standar yang kita temukan di pemutar musik lainnya. Jika lagu yang anda miliki tidak memiliki informasi yang lengkap maka anda dapat mencari informasinya melalui shortcut dari aplikasi Soundhound yang sudah terintegrasi.


HTC One X Review Gallery

Pada setiap lagu terdapat menu tambahan yang memudahkan pengguna untuk menambahkan lagu ke dalam playlist, memasukan lagu ke dalam antrian, share, menetapkan sebagai ringtone, delete, details, dll.




Kualitas suara yang dihasilkan speaker out cukup powerfull namun terdengar tajam/cempreng pada volume tinggi, karakter suara speakernya terdengar sama dengan Xperia S namun HTC One X lebih powerfull. Namun jika didengarkan dengan headset suara lebih enak didengar dan sound enhancer teknologi Beats Audio bisa diaktifkan. Saat menghubungkan headset ke HTC One X teknologi Beats Audio otomatis akan diaktifkan dan efek-efek yang tadinya tidak tersedia untuk mode loudspeaker akan muncul. Efek-efek yang dapat dipilih cukup banyak yaitu Classical, Bass boost, Vocal, Treble boost, Live, Dance, Warmth, dan Sweetener.

HTC One X Review Gallery



Sedikit disayangkan headset yang didapat dari paket penjualan adalah headset biasa bukan produk Beats dan tidak berjenis in ear. Secara keseluruhan pemutar musik memiliki tampilan yang bagus dan fitur yang cukup lengkap.

10.Browser
Browser HTC One X memiliki tampilan yang sedikit dimodifikasi. Tampilan baris navigasinya di bagian atas cukup sederhana, terdapat tombol back, read, kolom untuk memasukan alamat website, dan tombol menu di pojok kanan atas. Pada bagian menu terdapat beberapa pengaturan seperti bookmarks, flash player, view desktop site, tabs, history, dan lainnya.





Kinerja browsernya cukup baik,adanya dukungan Flash Player ditambah dengan layar sebesar 4.7 inci membuat saat melakukan browsing web-web favorit anda menjadi lebih nyaman dan maksimal. Saat dicoba untuk membuka website TeknoUp versi Desktop dapat diload dengan cepat dan sempurna. Pinch zoom dan zoom menggunakan double tap bekerja cukup baik walau terkadang terasa sedikit lag saat membuka web yang memiliki banyak gambar/foto. Sedikit berbeda dengan browser pada HTC One V yang hanya mampu membuka 4 halaman web bersamaan, browser HTC One X mampu membuka maksimal 6 halaman website secara bersamaan. HTC juga menanamkan fitur browser incognito untuk menjaga privasi penggunanya, jika anda melakukan browsing dengan fitur incognito maka data-data seperti cookies, history dan lain sebagainya tidak akan tersimpan sama sekali.



11.Konektivitas

  • GSM / HSDPA
  • Micro SIM card
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth v4.0 with A2DP
  • MicroUSB 2.0
  • GPS with A-GPS
  • NFC

12.Benchmarking

Quadrant Standard : 4714 points


Camspeed HTC One X vs Galaxy Nexus :

HTC One X


Galaxy Nexus


Linpack test : 50.963 MFLOPS / 1.65 seconds


Neocore : 56.6 FPS


Multitouch tester :

2 sentuhan (HTC Gestures aktif)


10 sentuhan (HTC Gestures tidak aktif)


Antutu Benchmark : 10518 points


13.Daya Tahan Baterai
Sebuah baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 1800mAh ditanamkan ke dalam HTC One X, sedikit lebih besar dari baterai Sony Xperia S. Namun soal konsumsi daya baterai terasa sedikit lebih irit daripada Xperia S yang menggunakan prosesor dual-core. Untuk pemakaian normal sehari-hari dengan koneksi 3G kami memperkirakan baterai HTC One X dapat bertahan sekitar 15-18 jam.

*Ketahanan baterai tergantung dari cara pemakaian, kondisi sinyal, suhu ruangan, jumlah aplikasi, dan faktor lainnya.

14.Kesimpulan
Tidak dapat dipungkuri lagi, HTC One X merupakan salah satu smartphone terbaik yang beredar saat ini. HTC One X merupakan smartphone quad-core pertama yang dirilis di Indonesia. Dengan harga jual sekitar 6,5 juta rupiah spesifikasi yang ditawarkan sudah sangat baik seperti penggunaan prosesor 1.5 GHz quad-core, RAM 1GB, memori internal 32GB, layar IPS LCD2 4.7 inci, Android 4.0 ICS, dan baterai berkapasitas 1800mAh. Tampilan dari HTC Sense UI 4.0 juga sangat bagus dan mudah digunakan. Dari segi layar juga sudah terasa ada peningkatan kualitas dibandingkan smartphone HTC pendahulunya, terutama dari segi kontras, brightness, kepekatan warna hitam, dan sudut pandang. Performa dan daya tahannya sangat baik dan siap mendukung aktivitas anda sehari-hari. Namun sayangnya masih terdapat sedikit kekurangan, seperti tidak adanya tombol shutter kamera, tidak tersedianya slot microSD dan tidak adanya port micro HDMI.

Kelebihan:

  • Prosesor 1.5 GHz quad-core
  • Tampilan antar muka dan multimedia bagus
  • Layar besar 4.7 inci, HD 720p
  • Hasil kamera pada kondisi low light lebih detail dan rendah noise
  • Daya tahan baterai cukup baik
  • Desain unibodi dengan bahan polycarbonate cukup elegant
  • Performa bagus

Kekurangan:

  • Tidak ada tombol shutter kamera
  • Tidak ada port micro HDMI
  • Headset pada paket penjualan standar saja
  • Tidak tersedia slot microSD

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
18
17 Apr 2014
95
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
14
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
82
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
28
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.