TOP
REVIEWS
Review: BlackBerry Curve 9220
BlackBerry 7 Paling Terjangkau
Apr 30 2012 12:42PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.0
46
41443

1.Perkenalan
Researh In Motion baru saja memperkenalkan salah satu smartphone terbarunya yaitu BlackBerry Curve 9220. Dengan harga jual Rp 1.999.000,- ponsel ini ditujukan sebagai penerus Curve 8520 Gemini dan dirilis untuk generasi muda. BlackBerry Curve 9220 mengandalkan OS 7.1, RAM 512 MB, Kamera 2 MP, tombol khusus BBM dan satu-satunya smartphone BlackBerry yang dilengkapi dengan fitur Radio.

Spesifikasi utama BlackBerry Curve 9220

  • BlackBerry OS 7.1
  • RAM 512 MB
  • Layar 2,44 inci, 320 x 240 pixel
  • Kamera 2 MP
  • Tombol khusus BBM
  • FM Radio
  • Baterai 1450mAh


Paket penjualan

  • BlackBerry Curve 9220
  • Baterai JS1 1450mAh
  • Adapter Charger
  • Kabel data MicroUSB
  • Kartu garansi dan buku panduan

2.Desain dan Bodi
Curve 9220 memiliki desain sedikit mirip dengan Curve 8520 Gemini. Ponsel ini memiliki dimensi sebsar 109 x 60 x 12.7 mm dan bobot hanya 102 gram saja. Selisih ketebalannya dengan Curve 8520 sekitar 1mm dan sedikit lebih ringan.

Tampak depan Curve 9220 sekilas terlihat mirip dengan Gemini. Pada bagian tengah atas terdapat earpiece logo BlackBerry dan terdapat lampu led notifikasi. Layar berukuran 2,44 inci dengan resolusi 320 x 240 pixel melengkapi tampak depan Curve 9220. Perbedaan mencolok terlihat pada tombol-tombol navigasi yang terpisah-pisah, berbeda dengan Gemini yang terlihat menyatu. Optical Trackpad ciri khas BlackBerry tepat berada di bagian tengah diantara tombol-tombol navigasi lainnya. Dan 1 sett keyboard full QWERTY yang terlihat sedikit lebih lebar daripada Gemini, dimaksimalkan untuk keperlian mengetik yang nyaman dan cepat.


Tampak belakang ponsel memiliki desain yang membulat. Keseluruhan bodi didominasi oleh bahan plastik berwarna hitam. Bagian belakang terlihat minimalis, hanya terdapat logo BlackBerry pada tutup baterainya, sebuah kamera 2 MP di pojok kiri atas dan ukiran Curve di bagian tengah atas. Kamera dan ukiran Curve terletak pada sebuah list/bingkai karet berwarna hitam yang menyambung dengan list karet di sisi kiri, kanan dan bawah ponsel.
Pada sisi kiri ponsel terdapat port microUSB dan sebuah tombol khusus BBM. Pada sisi kanan ponsel terdapat tombol volume up, volume down dan tombol kecil yang berfungsi sebagai play/pause. Selain itu terdapat sebuah tombol jalan pintas untuk kamera.




Pada sisi atas ponsel hannya terdapat tombol lock di bagian tengah dan sebuah port audio 3,5mm. Pada sisi bawah ponsel terdapat speaker out untuk tempat keluarnya suara multimedia.


Penggunaan bodi yang berbahan plastik glossy, membuat ponsel mudah terlihat kusam karena menempelnya sidik jari atau minyak, dan jika tidak hati-hati terkadang terjadi slip saat memegang ponsel ini karena sedikit licin.

3.Antar Muka
BlackBerry Curve 9220 sudah menggunakan OS 7.1 yang tampilan antar mukanya tidak berbeda dengan OS 7.0. Antar muka ditampilkan pada layar sebesar 2,44 inci dengan resolusi 320 x 240 pixel. Walaupun tertampil cukup cerah namun tidak terlalu tajam. Pada halaman home screen terdapat informasi-informasi penting seperti status baterai, network, kekuatan sinyal, waktu dan tanggal.


Terdapat beberapa jalan pintas melalui home screen yang juga dimiliki semua BlackBerry 7 lainnya. Anda dapat mengakses pengaturan network, pengaturan jam dan opsi lainnya dengan cara mengklik layar pada bagian teratas yang terdapat informasi jam, tanggal dan sebagainya. Selain itu di pojok kiri terdapat sebuah ikon kecil berbentuk speaker yang dapat langsung menuju ke pengaturan profile. Sedangkan di pojok kanan terdapat sebuah ikon kecil berbentuk kaca pembesar yang dapat digunakan untuk mengakses fitur universal search. Diantara kedua ikon kecil tersebut terdapat bar notifikasi yang dapat anda buka.



Antar muka OS 7 terbagi dalam beberapa halaman yang terbagi ke dalam 5 yaitu :

  1. All : berisi semua aplikasi yang ada di smartphone ini
  2. Favorites : berisi aplikasi-aplikasi favorit anda yang telah anda tandai sebelumnya
  3. Media : berisi menu-menu multimedia seperti kamera, pictures, video, music, dan lainnya
  4. Downloads : berisi aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang anda unduh
  5. Frequent : berisi aplikasi-aplikasi yang paling sering anda buka

BlackBerry Curve 9220 Review Gallery

4.Input Teks
Curve 9220 mengandalkan keyboard full QWERTY sebagai satu-satunya alat input teks. Keyboardnya memiliki susunan yang khas, tombol yang lebih lebar, lebih empuk dan nyaman, sehingga mengetik menjadi lebih cepat dan akurat.



5.Contacts
Menu kontak pada Curve 9220 terlihat sama saja dengan BlackBery OS 7 lainnya. Tertampil sederhana dalam list yang diurutkan berdasarkan abjadnya. Detail kontak yang dapat ditambahkan cukup banyak seperti Title, Company, Email, PIN, Birthday, Website, Notes, dll. Kontak-kontak favorit bisa anda tambahkan dengan nada dering khusus sesuai pilihan anda, sehingga anda dapat membedakan panggilan masuk hanya melalui nada dering saja.


BlackBerry Curve 9220 Review Gallery

6.Messaging
Kemampuan messaging Curve 9220 cukup lengkap, dan kemampuan push email dari BlackBerry masih menjadi fitur andalan utama yang sangat bermanfaat bagi sebagian besar penggunanya. Email-email dari berbagai macam alamat domain dapat diatur untuk dipush ke BlackBerry.




BlackBerry Messenger juga menjadi kunci utama kesuksesan BlackBerry yang membuat BlackBerry masih bisa bertahan sampai saat ini. Anda dapat menambahkan ribuan kontak/PIN, mengirimkan gambar/file/pesan suara, melaukan group chat, broadcast messages, memasang foto profil, update status dan lainnya melalui BBM. Penghantaran dan penerimaan pesan yang cepat, dan tidak memerlukan login/logout yang artinya anda akan selalu terkoneksi dengan teman-teman anda kapan saja dan dimana saja selama koneksi BIS tersedia.





Selain kedua fitur utama di atas masih ada beberapa fitur lain pada kategori Messaging, misalnya menu SMS yang dilengkapi dengan emoticon dan pengiriman pesan melalui PIN Message.

BlackBerry Curve 9220 Review Gallery



Sedikit kekurangan adalah antar muka BlackBerry yang sangat sederhana, dibandingkan dengan OS lainnya.

7.Kamera
BlackBerry Curve 9220 dilengkapi dengan sebuah kamera beresolusi 2 MP, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan fitur auto focus dan dukungan LED Flash. Untuk smartphone seharga kurang lebih 2 juta, fitur dan kemampuan kamera masih sangat minim dan jauh di bawah para pesaingnya terutama dari platform Android.




Scene yang dapat dipilih pun sangat terbatas tidak seperti pada Bold 9790 atau Bold 9900. Scene yang dapat dipilih hanya Auto dan Night. Kamera Curve 9220 memiliki fitur 4x Digital Zoom dan tidak dilengkapi efek, berbeda dengan pendahulunya yaitu Gemini yang memiliki 2 efek pilihan: Black and White dan Sephia.




Hasil foto indoor sore hari, kondisi low light




Hasil foto outdoor siang hari


Hasil foto outdoor sore hari


Video Recorder
Video recorder pada Curve 9220 sangat sederhana, tanpa fitur apapun. Pada bagian pengaturan kita bisa mengatur ukuran video, terdapat 2 pilihan ukuran yang dapat dipilih yaitu VGA 640 x 480 pixel atau MMS mode 176 x 144 pixel. Hasil rekaman video berupa format Mp4 dan otomatis tersimpan di memory card external.

Hasil rekaman video

8.Gallery
Galeri foto Curve 9220 sama dengan perangkat BlackBerry 7 lainnya. Tampilan muka galeri terbagi menjadi beberapa folder kategori yang dapat anda pilih, misalnya camera pictures, picture library dan wallpaper. . Galeri pada Curve 9220 terpisah satu sama lain antara file foto, musik dan video. Dalam galeri foto terdapat juga jalan pintas untuk menuju aplikasi kamera.


Melalui menu kita dapat menjadikan foto yang kita pilih sebagai wallpaper ataupun sebagai foto kontak pada phonebook kita. Terdapat juga menu properties untuk melihat informasi detail dari sebuah foto. Anda juga dapat menikmati galeri foto dengan fitur slideshow.

BlackBerry Curve 9220 Review Gallery

9.Music
Tampilan awal music player sangat sederhana. Lagu-lagu dikategorikan berdasarkan beberapa kategori, seperti:

  • All Songs
  • Artists
  • Albums
  • Genres
  • Playlists


Informasi sebuah lagu tertampil cukup jelas beserta album art, informasi judul lagu, penyanyi, genre musiknya dan informasi panjang lagu. Sedangkan pada halaman Now Playing tertampil Album Art yang cukup besar, judul lagu, nama penyanyi, nama album, dan informasi panjang lagu.




Pemutar music pada Curve 9220 mendunkung fitur headset Equalizer, pilihan EQ yang tersedia cukup banyak, sama seperti pada BlackBerry Bold 9790 yaitu:

  • Bass Boost
  • Bass Lower
  • Dance
  • Hip Hop
  • Jazz
  • Lounge
  • Loud
  • R&B
  • Rock
  • Treble Boost
  • Treble Lower
  • Vocal Boost


Meskipun hanya memiliki satu buah speaker di bagian bawah, Curve 9220 mampu menghasilkan suara yang cukup keras (powerfull) dan cukup jernih. Komposisi suara yang dihasilkan sangat seimbang, tidak terdengar terlalu tajam dan cempreng.

Pemutar Video

Mengingat ini bukanlah smartphone multimedia, pemutar video Curve 9220 ini memiliki kemampuan yang tergolong biasa saja. Format yang dapat diputar hanya Mp4 dan 3gp saja. Ditambah lagi layarnya yang kecil dan beresolusi rendah sangat tidak mendukung kenyamanan dalam menonton video. Fitur pemutar video hanya sebagai pelengkap saja.


BlackBerry Curve 9220 Review Gallery

10.Browser
Karena Curve 9220 sudah menggunakan OS 7.1, fitur browser pada Curve 9220 memiliki kemampuan yang sama dengan browser perangkat BlackBerry OS 7 lainnya. Jika dibandingkan pendahulunya (Gemini), browser mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dari segi tampilan, performa dan kecepatannya. Browser BlackBerry tidak dilengkapi dengan fitur Flash Player. Navigasi pointer memanfaatkan trackpad. Browser BlackBerry Curve 9220 mampu membuka lebih dari 30 halaman web secara bersamaan.




11.Konektivitas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth v2.1 with A2DP
  • MicroUSB 2.0
  • MicroSD up to 32 GB

12.Aplikasi Bawaan BlackBerry Curve 9220

  • BlackBerry Messenger
  • BlackBerry App World
  • Facebook for BlackBerry
  • Twitter for BlackBerry
  • Yahoo Messenger
  • Windows Live Messenger
  • Google Talk
  • BlackBerry Maps
  • Social Feeds
  • Documents to go

13.FM Radio
FM Radio merupakan salah satu fitur yang ditanamkan ke dalam BlackBerry Curve 9220. Belum ada perangkat BlackBerry sebelumnya yang dilengkapi dengan FM Radio ini. Tampilannya cukup sederhana hanya terdapat bar frekuensi dan beberapa tombol navigasi seperti play/stop, favorites, dan headset / loudspeaker.


14.Daya Tahan Baterai
BlackBerry Curve 9220 dilengkapi baterai Li-Ion berkapasitas 1450mAh, terbesar di antara jajaran perangkat BlackBerry OS 7 lainnya. Dan karena konektivitasnya juga tanpa dukungan 3G maka smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang sangat bagus. Selama tiga hari proses review (rata-rata 5jam /hari) dengan terkoneksi ke WiFi dan dengan penggunaan yang cukup intens baterai yang semula di posisi 65% turun menjadi 10% saja. Jika dengan penggunaan yang normal dengan terkoneksi ke jaringan BIS, kami yakin ponsel ini dapat bertahan sekitar 20-24jam yang artinya cukup untuk penggunaan seharian. Sebagai bahan perbandingan BlackBerry Bellagio dengan koneksi BIS 3G hanya mampu bertahan 12 jam untuk pemakaian normal sehari-hari.

**Ketahanan baterai sangat relative dan tergantung pada aktivitas pemakaian, kondisi sinyal operator, suhu ruangan dan lainnya.

15.Kesimpulan
BlackBerry Curve 9220 diarahkan sebagai penerus BlackBerry Gemini, namun sayangnya tidak ada peningkatan yang berarti selain penggunaan OS 7.1, RAM 512 MB dan Baterai berkapasitas besar. Secara desain Curve 9220 memiliki desain yang lebih ringan dan ramping daripada BlackBerry Gemini. Keypad yang lebih nyaman dan lebar cukup membantu saat mengetik. Multimedia yang sangat minim dan kamera yang miskin fitur menjadi kekurangan yang cukup fatal. Absennya konektivitas 3G pada smartphone seharga 2 juta rupiah ini sangat amat disayangkan, mengingat dengan harga yang sama pengguna bisa mendapatkan ponsel saingan lainnya yang lebih lengkap.

Kelebihan :

  • Desain lebih ringan dan ramping
  • Daya tahan sangat baik
  • Browser cukup cepat dan mampu membuka banyak tab
  • Kualitas suara speaker cukup baik
  • Ditanamkannya FM Radio

Kekurangan :

  • Over price
  • Tidak ada konektivitas 3G
  • Kamera miskin fitur tanpa autofocus dan tanpa dukungan LED Flash
  • Multimedia sangat sederhana

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
17
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.