TOP
REVIEWS
Review: HTC One V T320e
Ponsel Mid Level Nan Tipis di One Series
Apr 18 2012 3:24PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.6
21
42477

HTC akan merilis koleksi ponsel seri One miliknya di Indonesia. Kali ini kami mendapatkan salah satu ponsel seri One tersebut yaitu seri One V. HTC One V merupakan ponsel smartphone seri One paling bawah untuk saat ini, atau menempati kelas menengah (Mid Level). Berbeda dengan dua saudaranya yaitu One X dan One S yang bertengger di kelas atas.

Jika melihat perawakannya, desain ponsel ini mirip seperti ponsel HTC sebelumnya yaitu HTC Legend, hanya minus di bagian trackpad. Kira-kira bagaimanakah performa dari ponsel HTC One V ini? Apakah sesuai dengan harga yang dibanderol yaitu berkisar 3 jutaan rupiah? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)
  • Triband HSDPA (850 / 900 / 1900)
  • Prosesor Qualcomm ARMv7 1GHz, Adreno 205
  • RAM 512MB, Phone Storage 95MB, Internal Storage 1GB (Total Storage 4GB)
  • Layar sentuh kapasitif S-LCD 3.7 (480 x 800 piksel) (~252 ppi)
  • Kamera 5MP (2592 x 1944 piksel) autofokus, LED flash, BSI sensor
  • Android 4.0 ICS, HTC Sense 4
  • Beats Audio
  • Baterai Lithium Ion 1500 mAh (non removeable)


Paket Penjualan

  • Handset HTC One V
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Handsfree
  • Kartu Garansi
  • Manual


Desain dan Bodi
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kesan pertama jika melihat ponsel ini adalah bentuknya yang mirip dengan ponsel HTC sebelumnya yaitu HTC Legend. Dimana memiliki desain kotak dan bagian bawah yang melengkung seperti dagu. Ponsel ini memiliki dimensi sebesar 120.3 x 59.7 x 9.2 mm dengan bobot seberat 115 g cukup tipis dan compact. Bahan yang digunakan berupa aluminium unibody dengan beberapa bagian kecil terbuat dari plastik berbalut karet, seperti bagian kamera dan bagian penutup slot Sim Card dan Memory Card.


Pada bagian muka terdapat grill earpiece dibagian atas terdapat juga sensor proximity, layar 3.7 , serta tiga tombol fungsi Android (back, home, recent apps) bertipe kapasitif. Pada bagian belakang terdapat kamera yang ditemani dengan LED flash, serta speaker grill dibagian bawah.

Pada bagian atas terdapat port headset 3.5mm, lampu notifikasi berbentuk garis, dan tombol lock/power. Bagian kiri ponsel hanya diisi dengan tombol volume. Bagian kanan ponsel terdapat port micro USB. Untuk bagian bawah hanya terdapat lubang mic.


HTC One V T320e Review Gallery

Untuk layar, HTC One V ini menggunakan layar bertipe S-LCD berukuran 3.7 dengan resolusi 480 x 800 piksel dan memiliki kerapatan ~252 ppi. Kualitas layar milik One V ini terlihat baik, warna yang ditampilkan cerah dan hidup serta warna hitam yang ditampilkan pekat, sehingga tidak terlihat abu. Jarak antara layar dengan kaca pelindung juga sangat dekat, membuat sudut pandang layar menjadi luas.




Antar Muka

Saat menyalakan ponsel pertama kali, anda akan ditanyakan untuk melakukan transfer data yang mendukung seperti contact, calendar, sms, dan bookmark dari ponsel anda sebelumnya, apapun mereknya. Fitur yang bagus sehingga anda tidak perlu memindahkan data-data anda melalui komputer, karena fitur ini akan memindahkan data lewat teknologi Bluetooth. Anda juga diberikan layanan penyimpanan Dropbox 25 GB selama dua tahun secara gratis.




HTC One V menggunakan sistem operasi Android terbaru 4.0 yang sudah dikustomisasi dengan HTC Sense 4. Bagian homescreen hanya mampu menampung 5 halaman yang dapat diisi berbagai item seperti widget, aplikasi atau shortcut. Pergerakan di antarmuka berjalan dengan smooth. Terdapat juga widget-widget khas HTC. Selebihnya antarmuka ini sama seperti HTC Sense versi sebelumnya.


Tampilan menu utama ikon-ikon aplikasi tersusun dalam formasi 4 x 4 yang ditemani dengan latar belakang berwarna hitam. Tampilan ikon juga dapat di sort baik berdasarkan abjad, dan tanggal. Juga ikon-ikon yang ada dikategorikan ke tiga kelompok seperti all, frequent, dan download.


Untuk jendela notifikasi terdapat jalan pintas ke menu setting, serta jika sedang memainkan musik, informasi lagu juga akan ditampilkan dengan album art jika ada, dan terdapat tombol untuk pause.


HTC One V memiliki teknologi Fast Boot, sehingga anda dapat dengan cepat melakukan booting. Jika dalam posisi lockscreen dan anda menahan tombol lock/power selama tiga detik lebih maka ponsel akan otomatis melakukan restart.

HTC One V T320e Review Gallery



Input Teks

Dalam kondisi default terdapat empat pilihan keyboard yaitu Google voice typing, HTC Sense Input, Thai Keyboard, Vietnamese IME. Terdapat juga pengaturan untuk masing-masing keyboard. Kami tidak mengalami masalah saat melakukan pengetikan di layar 3.7 inci ini baik secara landscape maupun potrait, kata-kata dapat terinput secara tepat.


HTC One V T320e Review Gallery



People
Menu people ini merupakan nama yang digunakan oleh HTC Sense untuk menu contacts. Seperti biasa di smartphone sekarang ini, anda dapat mengintegrasikan daftar contact anda dari berbagai layanan seperti facebook, Twitter, Google dan lainnya. Oleh karena itu akan terdapat banyak informasi yang didapatkan jika anda menginput nama di setiap layanan secara benar.


Untuk masing-masing entri, dapat dimasukkan banyak informasi yang detail. Terdapat juga Group untuk mengelompokkan contact-contact yang ada agar lebih mudah memilah ketika anda ingin melakukan interaksi.

HTC One V T320e Review Gallery



Messaging
Pada halaman awal menu Messages, anda akan ditampilkan tampilan inbox dengan pilihan untuk melakukan pencarian, membuat pesan baru dan menu. Tampilan SMS editor hadir dengan tampilan simpel. Untuk mengirim MMS anda cukup memasukkan konten multimedia dengan menekan tombol bergambar paperclip.


HTC One V T320e Review Gallery

Untuk urusan email, seperti biasa pada ponsel ber OS Android, layanan Gmail akan menjadi layanan email default yang memiliki ikon menu terpisah dari menu email. Tampilan aplikasi Gmail sama seperti yang ada di ponsel lainnya, intuitif dan mudah digunakan. Untuk menggunakan layanan lain anda dapat masuk ke menu email yang akan memberikan wizard untuk melakukan setting email di berbagai layanan.



Pesan instan yang hadir secara default adalah Talk milik Google. Aplikasi ini juga tampil seperti di ponsel Android lainnya. Jika ingin menggunakan layanan lain, mudah saja tinggal mengunduh aplikasi yang anda inginkan dari Google Play.




Kamera
HTC One V atau lebih umumnya seri One dikatakan memiliki performa kamera yang baik. Untuk HTC One V sendiri memiliki kamera beresolusi 5MP autofokus ber LED flash serta sensor BSI yang berguna untuk melakukan pengambilan gambar di situasi rendah cahaya. Kamera One V ini memiliki Aperture 2.0 dan lensa 28mm.


Terdapat banyak pengaturan kamera seperti camera scene, flash, zoom, self-timer, image resolution, video quality, review duration, image adjustments, ISO, white balance, storage, continous shooting, camera option, video option, camera interface, auto upload, reset to default.





Hasil kamera untuk penangkapan dalam ruangan terlihat terang dan cukup detail sesuai dengan yang dijanjikan bahwa kamera One V dapat melakukan pemotretan di situasi kurang cahaya, namun hasil terlihat kurang tajam dan sedikit pucat. Untuk luar ruangan hasil terlihat cerah, cukup detail, namun ada sedikit efek berkabut. Terdapat juga fungsi HDR, makro dan panorama yang dapat membantu mempercantik hasil pemotretan anda. Untuk menambah fitur fun, seperti biasa HTC menyediakan fitur filter berbagai efek secara bulit-in. Klik disini untuk mengunduh file foto dalam ukuran original.

Hasil dalam ruangan:


Hasil luar ruangan:


HTC One V T320e Review Gallery



Perekam video
Menu ini menjadi satu di menu camera. Kamera di One V ini mampu melakukan perekaman 720p dengan format mp4 dengan frame rate 30 fps. Anda dapat juga merendahkan resolusi ukuran untuk menyimpan ketersediaan memori, terutama jika tidak menggunakan kartu memori. Untuk pilihan pengaturan, sama seperti di bagian kamera, karena antar mukanya menjadi satu. Kelebihan dari perekaman video di One V ini adalah anda dapat melakukan pengambilan gambar ketika anda masih melakukan perekaman.



Hasil perekaman video:



Gallery
Menu gallery berisi kumpulan foto dan video anda. Tampilannya khas HTC dengan bergaya 2D dan tumpukan. Anda dapat melakukan sharing ke berbagai layanan yang mendukung dan melakukan proses editing kecil. Jika anda ingin menggunakan filter efek-efek, anda tidak perlu mengunduh suatu aplikasi dahulu, karena di menu gallery terdapat pula filter efek built-in yang menarik untuk dicoba. Untuk melakukan proses zoom sangat lancar dan dapat dilakukan dengan cara tap dua kali, dan pinch and zoom.



HTC One V T320e Review Gallery



Pemutar Video
Untuk memutar video anda dapat melakukannya di menu gallery. Format video yang dapat dibaca di menu ini adalah format WMV, MP4, dan AVI, tapi hanya untuk video yang memiliki resolusi 720p kebawah. Untuk memutar video beresolusi 720p, kami mengalami sedikit lag terlebih jika video sedang diputar anda mengakses menu pilihan yang ada, maka video tersebut akan sedikit tersendat. Karena kualitas layar yang baik,maka video yang tampil akan memanjakan mata anda. Terdapat beberapa pengaturan seperti volume, brightness, share, full screen, subtitle, capture mode, sound enhancer, trim, delete, lock controls.


HTC One V T320e Review Gallery



Pemutar Musik

Ketika masuk ke menu music, maka anda akan dibawa ke sub menu yyang berisi ikon-ikon dari aplikasi yang memiliki hubungan dengan musik. Anda dapat secara manual memasukkan shortcut aplikasi musik yang sudah anda unduh untuk masuk ke sub menu ini. Untuk mulai memutar lagu yang ada di memori ponsel anda pilih menu My phone. Disini anda akan disajikan koleksi lagu yang ada yang dapat disort berdasarkan penyanyi, album, lagu, playlist, dan genre musik. Untuk tampilan now playing, album art dari lagu tertampil dengan cukup besar serta beberapa tombol standar yang kita temukan di pemutar musik lainnya. Jika lagu yang anda miliki tidak memiliki informasi yang lengkap maka anda dapat mencari informasinya melalui shortcut dari aplikasi Soundhound yang sudah terintegrasi. Untuk mendapatkan album art dari lagu yang anda miliki pemutar musik ini akan dapat mencarikannya melalui layanan Gracenote yang juga sudah terintegrasi.



Seperti yang sudah diiklankan dan diinformasikan, ponsel seri One ini akan dibekali teknologi Beats Audio yang sudah terkenal itu. Seperti halnya pada ponsel HTC berteknologi ini, fitur Beats Audio baru dapat diaktifkan jika anda menancapkan headset. Untuk hasil keluaran suaranya kami merasakan adanya perbedaan dengan Beats Audio milik ponsel HTC Sensation XE. Keluaran suara bass HTC One V ini memang terdengar mantab, namun jika lagu tertentu yang memiliki bass besar, treble dari lagu tersebut akan terdengar tenggelam dengan besarnya bass tersebut, beda dengan Sensation XE yang tetap stabil. Jika anda tidak menyukai karakter Beats Audio anda dapat menonaktifkannya, atau menggunakan pilihan keluaran suara lain yang tersedia.

Untuk keluaran via loud speaker, suara terdengar cukup kencang namun cempreng dan akan menyakiti telinga jika di set ke pengaturan maksimal.

HTC One V T320e Review Gallery



FM Radio
Seperti pada ponsel Android pada umumnya HTC One V memiliki fitur Radio FM. Anda harus menancapkan headset terlebih dahulu jika ingin mendengarkan stasiun radio favorit anda. Tampilannya cukup menarik dengan kehadiran status sinya di bagian kiri dan kanan angka frekuensi sehingga anda dapat mengetahui seberapa bagus siaran stasiun radio yang sedang anda dengarkan. Anda juga dapat melakukan scan otomatis untuk menemukan stasiun radio.


HTC One V T320e Review Gallery



Konektivitas
Untuk masalah konektivitas, One V berjalan di jaringan quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) dan Triband HSDPA (850 / 900 / 1900), sehingga anda tidak perlu ragu untuk membawa ponsel ini ketika anda bepergian keluar negeri. Untuk konektivitas lokal terdapat A-GPS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0.

Web Browser
Seperti ponsel HTC sebelum-sebelumnya, browser di One V hanya dapat membuka 4 tab secara bersamaan. Kinerjanya baik, situs-situs favorit anda dapat dibuka dengan lancar walaupun dengan versi fullsite. Untuk proses zooming dengan double tap maupun pinch and zoom dapat dilakukan dengan baik. Terlebih dengan resolusi layar yang cukup besar, sehingga jika melihat halaman web secara zoom out tulisan-tulisan yang terdapat di halaman tersebut dapat terbaca walaupun ukurannya kecil. Untuk dapat melihat konten flash di halaman website (terutama video) anda harus mengaktifkan pilihan enable flash player terlebih dahulu di menu. Oh, terdapat juga fitur read seperi reader di iOS, sehingga jika anda ingin membaca teks yang ada di halaman web secara lebih jelas anda dapat menggunakan fitur ini.


HTC One V T320e Review Gallery



Hasil Benchmark

  • Quadrant Standart: 2092 poin
  • Antutu: 2646 poin
  • Neocore 3D: 60 frame per detik
  • Multitouch: 10 sentuhan

HTC One V T320e Review Gallery


Daya Tahan Baterai
HTC One V dibekali baterai Lithium ion berkapasitas 1500 mAh. Baterai di ponsel ini tidak dapat dilepaskan karena berada di dalam bodi ponsel. Dengan kapasitas 1500 mAh baterai ponsel ini dapat menemani anda seharian tapi tergantung lagi dari kondisi jaringan dan penggunaan.

Kesimpulan
HTC One V merupakan seri terbawah dari seri One HTC saat ini, dan kami dapat mengatakan dengan kisaran harga 3 jutaan anda akan mendapatkan ponsel yang tipis dan cukup ringan serta pas di genggaman dengan bodi yang terasa premium dan layar berkualitas baik, berbeda dengan ponsel HTC sebelumnya yang juga sama-sama menggunakan tipe S-LCD. Untuk kapasitas memori meskipun dikatakan total memori sebesar 4GB, tapi kami sarankan anda membeli kartu memori lagi, karena tempat penyimpanan untuk konten seperti foto, video dan musik hanya tersedia 95MB saja, dan untuk aplikasi tersedia 1GB. Kualitas kamera tergolong biasa saja meskipun performanya baik, dan Beats Audio yang dimiliki pun tidak sebaik milik Sensation XE. Tapi kami rasa dengan harga yang dibanderol cukup sesuai dengan performa ponsel secara keseluruhan dan juga layanan Dropbox gratis 25 GB selama dua tahun.

Kelebihan

  • Kualitas layar yang baik
  • Bodi ponsel yang berkualitas dan terasa premium
  • Antarmuka yang menarik
  • Gratis layanan Dropbox 25 GB untuk dua tahun


Kekurangan

  • Memori ponsel tergolong kecil
  • Kualitas kamera biasa saja



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
18
26 Sep 2014
5
24 Sep 2014
49
18 Sep 2014
15
18 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia C3 Dual
Akan Datang
18
Sep 26 2014
Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
41
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
15
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
26
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.