TOP
REVIEWS
Review: Instagram - Android
Aplikasi Filter Foto Populer di iOS yang Menyambangi Android
Apr 05 2012 10:47AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
13
14450

Aplikasi filter foto yang selama ini eksklusif hanya ada di platform iOS, Instagram, kini hadir di platform yang sedang berkembang pesat saat ini, Android. Aplikasi filter foto ini memang bukan aplikasi pertama yang revolusioner namun harus kita akui bahwa kepopuleran aplikasi ini mengalahkan aplikasi serupa milik pesaingnya. Kemungkinan faktor yang membuat aplikasi ini lebih populer adalah dari segi aspek sosial yang dimilikinya. Instagram seperti membentuk kumpulan pengguna yang suka fotografi dari perangkat mobile dengan penambahan efek agar hasil foto terlihat lebih artistik atau terlihat analog.

Aplikasi Instagram di Android dapat diunduh langsung secara gratis di Google Play sebesar 13MB, dan membutuhkan Android versi 2.2 keatas. Kami menggunaan Instagram versi 1.0.2 dengan perangkat Galaxy Nexus (Android ICS 4.0.1).

Seperti pada halnya di versi iOS, anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu (atau log in jika sudah memiliki akun). Setelah masuk, anda akan disuguhkan semacam timeline dimana tempat disajikannya hasil filter foto baik dari anda maupun dari pengguna yang anda follow akun instagramnya. Aspek sosial aplikasi Instagram ini mirip seperti sistem Twitter, yaitu dengan followers dan following.




Menu-menu di aplikasi ini terbagi menjadi lima tab utama yang terletak dibagian bawah. Terdapat tab Home, Popular, Take Photo, News, Profile.

  • Home, di tab ini anda akan disajikan timeline foto-foto yang diposting oleh anda atau pengguna lain yang anda follow akun instagramnya.


  • Popular, tab ini berisi kumpulan foto dari seluruh pengguna instagram yang paling banyak diperbicarakan.


  • Take Photo, tab ini merupakan tab utama yang berfungsi untuk mengambil foto dan mengeditnya.


  • News, tab ini berisi berita-berita seputar akun instagram anda dan akun yang anda follow.



  • Profile, disinilah anda dapat melihat profil dari akun instagram anda dan terdapat juga menu option di bagian kanan atas sebelah tombol search (kaca pembesar).




Untuk mulai mengambil foto anda harus memilih menu tab yang berada di tengah (kamera). Maka anda akan ditampilkan viewfinder kamera yang memiliki fitur flash, menggunakan kamera depan, dan mengambil gambar dari gallery. Terdapat perbedaan dengan versi iOS disini, dimana di versi iOS anda langsung diberikan preview hasil dari efek filter yang akan digunakan, sedangkan di versi Android anda harus mengambil foto dahulu baru nanti anda masuk ke bagian pemilihan efek filter. Selain itu di versi iOS langsung diberikan pilihan seperti penggunaan efek blur dan penggunaan frame di viewfinder kamera, sedangkan versi Android tanpa fitur blur dan pilihan seperti ini baru muncul di tahap selanjutnya.



Dibagian pemilihan efek filter ini anda dapat mengatur keberadaan frame (tergantung jenis filter), meningkatkan brightness, atau rotate foto. Untuk keberadaan jumlah efek filter sama seperti yang ada di versi iOS. Setelah tahap ini anda akan dibawa ke tahap untuk mengunggah foto tersebut ke jejaring instagram.Sekali lagi ada perbedaan di tahap ini, dimana versi iOS memiliki lebih banyak pilihan layanan berbagi seperti ke Twitter, Facebook, Email, Flickr, Tumblr, Posterous, Foursquare. Sedangkan untuk instagram versi Android hanya terdapat pilihan ke layanan seperti Twitter,Facebook, Foursquare dan Tumblr saja.







Fitur notifikasi juga hadir dan bekerja dengan baik. Notifikasi ini akan memberi anda informasi seperti pengguna yang me-like foto anda, akun yang baru me-follow anda, dan lainnya.

Untuk me-follow teman-teman anda mudah saja, anda dapat mencari teman anda melalui akun Facebook atau Twitter anda, Instagram akan menyajikan teman anda yang juga menggunakan aplikasi ini.


Berikut beberapa contoh hasil foto dari Instagram:






Kesimpulan
Aplikasi Instagram di Android ini memiliki performa yang hampir setara dengan versi iOSnya, karena terdapat beberapa fitur yang absen disini. Salah satu fitur yang absen adalah efek blur sehingga untuk memberikan efek blur anda harus mengakalinya dengan teknik pemotretan yang dibantu dengan kamera autofokus. Namun hal ini bukan berarti aplikasi ini jelek, maklum saja aplikasi Instagram di Android ini baru sampai di versi 1.0.2 sedangkan versi iOS sudah mencapai 2.2.1, tidak menutup kemungkinan kedepannya Instagram di Android akan memiliki fitur yang lebih banyak. Kestabilan aplikasi juga baik, kami tidak mengalami lag atau crash saat proses review berlangsung. Sungguh patut dicoba bagi anda yang suka fotografi lewat ponsel.



Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
22
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.