TOP
REVIEWS
Review: Apple New iPad
Tablet Tertajam Saat Ini
Apr 02 2012 4:36PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
24
29817

Ketika semua menyangka kalau Apple akan merilis tablet dengan nama iPad 3 untuk meneruskan kejayaan iPad dan iPad 2, mereka malah merilis suksesor tablet paling populer ini dengan nama New iPad, yang akan sering membuat kerancuan sehingga orang tetap menyebutnya sebagai iPad 3. Seperti yang mereka lakukan terhadap iPhone 4 dan iPhone 4S, desain iPad baru tetap sama dengan iPad 2. Benar-benar tidak dapat dibedakan kecuali fakta kalau iPad baru sedikit lebih tebal dan berat dibanding iPad 2. Untuk fitur memang ada beberapa perbedaan seperti adanya jaringan 4G (meski di Indonesia maksimal sampai 3,5G saja), kamera yang lebih bagus (5Mp vs 0,7MP), dan yang paling kentara: Retina Display (2048x1536 vs 1024x768) serta prosesor A5X.


Paket Penjualan
Seperti biasa Apple hanya memberikan paket penjualan yang sangat simpel, di antaranya:
- kabel data
- kepala charger
- informasi (sangat) singkat





Desain dan Bodi
iPad yang kami review adalah iPad 4G+WiFi 16GB dengan warna putih. Desain ala iPad 2 ini bisa dibilang seperti iPod Touch 4th gen raksasa, kecuali bahan bagian belakang yang berbeda (iPod menggunakan stainless steel mengkilap sementara iPad menggunakan bahan stainles steel yang tidak mengkilap). Bodi dengan bahan seperti ini memang terlihat ekslusif, namun sangat rentan baret, jadi lebih baik Anda segera membeli aksesoris pelindung.





Biarpun ketebalannya di atas iPad 2, namun Apple mempertahankan ketebalan New iPad di bawah 10mm, tepatnya 9.4 mm saja. Beratnya 662 gram, lebih berat 55 gram dibanding iPad 2, cukup terasa. Bagian belakangnya yang agak melengkung di ujung kiri dan kanan membuatnya enak digenggam. Tombol-tombol yang ada standar Apple yakni tombol lock (atas), tombol Home (bawah, tengah) serta tombol volume dan sebuah tombol geser yang bisa berfungsi sebagai tombol untuk mengunci orientasi layar ataupun tombol profil silent. Kamera ada di sebelah kiri atas sementara speaker di kiri bawah, dan port charger ada di bagian bawah.

Apple New iPad Review Gallery




Retina Display
Apple telah melipatgandakan resolusi layar di iPad terbarunya, vertikal (768 piksel menjadi 1536 piksel) dan horizontal (1024 piksel menjadi 2048 piksel) masing-masing digandakan 2 kali lipat sehingga jumlah piksel pada layar iPad baru 4 kali lebih banyak dibanding iPad sebelumnya, dan hal ini cukup terasa. Perbandingannya kurang lebih seperti iPhone 4 yang jumlah pikselnya juga diperbanyak 4 kali lipat dari iPhone 3GS. 264 piksel per inci pada iPad baru memang belum mampu menandingi iPhone 4 atau 4S yang memiliki ketajaman 330 ppi, namun yang jelas unggul jauh dibanding 132 ppi pada iPad 1 dan iPad 2. Format 4:3 yang dimiliki iPad bisa dibilang kurang cocok untuk menikmati video HD yang rata-rata berformat 16:9 atau malahan ada yang seperti format rasio bioskop (2.35:1) sehingga ada border hitam berukuran cukup besar di bagian atas dan bawah.

Seperti biasa keunggulan layar IPS pada produk iOS adalah di warna putih, sudut penglihatan yang nyaris sempurna dan warna yang natural. Memang untuk tingkat kontras dan blackness tidak bisa menandingi Super AMOLED Plus, namun jika bejaban dengan layar LCD pada tablet lain, layar iPad terlihat cukup superior. Apalagi keunggulan sudut penglihatan serta visibilitas di bawah sinar matahari bisa dikatakan sempurna.


Apple New iPad Review Gallery




Antar Muka
New iPad menggunakan iOS versi terbaru 5.1 yang kurang lebih sama saja dengan antarmuka OS yang sama pada iPhone, tentu dengan penyesuaian mengingat layar iPad jauh lebih besar dari iPhone. Malahan jika dibanding iOS pertama pada iPhone 2G pun perbedaannya tidak terlalu jauh sebetulnya.

Slide to Unlock memiliki pendamping berupa tombol untuk menjalankan slideshow. Tekan tombol home 2 kali, muncullah pemutar musik instan. Seperti pada iPhone (dan ponsel Android) bar notifikasi ada di bagian atas dan dapat ditarik ke bawah. Bar notifikasi yang disebut Apple sebagai Notification Center ini menampilkan pemberitahuan-pemberitahuan baru seperti mention Twitter, Email masuk, komen Facebook dan lain-lain. Notifikasi yang masuk benar-benar instan, teman Anda mention, nyaris seketika notifikasi dari Twitter akan masuk. Tentu jika Anda terhubung ke internet. Notifikasi pada Notification Center ini juga bisa diatur tata letak dan bagaimana notifikasi ini akan muncul.

Apple New iPad Review Gallery




Menunya masih sama seperti dulu, tersusun per layar ada 5 ikon vertikal dan 4 ikon horizontal, serta 4 ikon tetap di bagian bawah. Ikon-ikon memang terlihat tajam, namun untuk aplikasi pihak ketiga yang belum ada update penyesuaian resolusi, ikon terlihat pixelate. Sementara untuk mengubah letak ikon sangat mudah, tahan saja ikon tersebut dan pindahkan ketika ikon-ikon aplikasi mulai menampilkan efek goyang. Di layar yang paling kiri ada Search yang bisa mencari kontak, lagu, gambar, video dan lain-lain yang ada di iPad.

Apple New iPad Review Gallery




Di iOS 5.1 ini Anda dapat berpindah aplikasi dengan cepat menggunakan gesture 4 jari. Gerakkan 4 jari Anda, sapuan 4 jari ke samping akan membuat iPad berpindah ke aplikasi lain yang sedang digunakan, sementara sapuan secara vertikal ke atas memunculkan Most Recent Apps (hal yang sama terjadi ketika Anda menekan tombol Home 2 kali). Cubit layar ke arah dalam dengan 4 jari dan Anda akan terbawa ke Home. Gesture ini bisa Anda matikan jika Anda tidak menyukainya. Gesture ini cukup meminimalisir penggunaan tombol Home pada iPad maupun iPhone yang sudah bukan rahasia lagi kalau tombol tersebut gampang rusak dan macet. Untuk lebih jelasnya silakan disimak video berikut:



Input Teks
Keyboard QWERTY adalah satu-satunya metode input untuk iPad, dengan fitur-fitur seperti auto-kapital, auto correct, check spelling, enable capslock dan shortcut. Shortcut ini bisa Anda edit sendiri, jadi seperti halnya auto-text pada BlackBerry. Untuk keyboard berbahasa lain seperti Chinese, Arabic, Japanese dan lain-lain dapat Anda pilih sebagai International Keyboard dengan cara memilihnya terlebih dulu di Setting kemudian pilih keyboard lalu International Keyboard. Lalu ketika mengetik Anda bisa melakukan switch dengan menekan tombol globe. Tahan untuk memilih bahasa yang ingin digunakan jika Anda menginstal banyak pilihan bahasa. Di iOS juga sudah terintegrasi "Emoji" emotikon-emotikon lucu seperti yang ada pada WhatsApp.

Apple New iPad Review Gallery




Contacts
Tampilan pada Contacts seperti buku dengan informasi yang cukup lengkap seperti nama, perusahaan, email home page, ringtone, SMS tone, alamat dan lain-lain. Pada menu ini anda dapat melihat, menyimpan dan mengubah kontak-kontak anda yang telah anda masukkan sebelumnya. Anda juga dapat melakukan sinkronisasi melalui Microsoft Outlook atau Exchange untuk menambahkan kontak kedalam buku telfon anda. Menu Contacts juga dilengkap kolom pencarian untuk mempercepat dalam melakukan pencarian kontak. Meskipun tidak bisa digunakan untuk menelepon dan SMS, namun Anda masih bisa mengirim iMessage. Untuk calling ada FaceTime ke sesama pengguna iPad (iPad 2 dan 3) serta iPhone (4 dan 4S). Itupun Anda harus menggunakan WiFi dengan koneksi cepat agar video yang tertampil mulus.

Apple New iPad Review Gallery




Messaging
Untuk fitur messaging, selain email iPad punya iMessage, sejenis chatting yang mirip dengan BBM yang ekslusif untuk iMessage saja, namun memakai nomor telepon maupun Apple ID sebagai akun yang digunakan. Pengguna bisa memilih untuk mematikan atau menyalakan fitur iMessage. Selain itu juga ada pilihan untuk menerima notifikasi baca. Untuk layanan email yang tersedia adalah Microsoft Exchange, Google Mail, Yahoo, AOL dan Hotmail. Layanan email bawaan yang bersifat push hanya Yahoo dan Exchange saja.

Apple New iPad Review Gallery





Kamera
Dari 0.7MP melompat menjadi 5MP. iPad 2 dikenal memiliki kamera yang sepertinya asal ada saja, sudah resolusinya kecil (960x720 piksel untuk foto) hasilnya jelek pula, dipenuhi noise dan lain-lain. Nah, di iPad baru Apple memberikan kamera beresolusi 5 megapiksel + makro mode. Memang aneh jika Anda memotret menggunakan iPad, namun mungkin saja Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu. Namun Apple sangat pelit dalam memberikan fitur-fitur kamera. Hanya ada Grid saja, kamera iPhone setidaknya masih ada fitur HDR. Flash tidak ada di iPad baru. Tombol volume up dapat digunakan untuk menjepret gambar.

Apple New iPad Review Gallery



Hasil foto memang cukup bagus, namun cahaya yang masuk terlalu banyak saat berfoto di kondisi cuaca cerah pada tengah hari. Padahal aplikasi kamera ini benar-benar tidak memiliki opsi atau pengaturan parameter apapun. Foto dalam ruangannya pun dipenuhi banyak noise, dan iPad ini tidak dilengkapi flash, namun sejujurnya hasil fotonya masih bisa dibilang cukup lumayan. Terlebih lagi hasil foto makronya cukup bagus. Silakan klik untuk melihat foto ukuran asli.

IMG_0140

IMG_0051

IMG_0145

IMG_0141

IMG_0144


Perekam Video
Perekam video juga tidak memiliki fitur apapun. Format rekaman saja hanya 1080p, tidak bisa lebih kecil, tentu akan menjadi masalah jika storage tinggal sedikit dan Anda ingin merekam video. Touch to focus maupun continous autofocus hadir di perekaman video.

Apple New iPad Review Gallery



File yang dihasilkan perekam video berukuran sangat besar. Perekaman 1 menit menghasilkan file sebesar 158MB. Wajar saja sebab total bitrate yang dihasilkan mencapai 21700kbps, dengan framerate 29 frame per detik. Maka dari itu sebelumnya kami sudah menegaskan tiadanya opsi untuk merekam dengan resolusi lebih rendah akan mempersulit Anda jika storage Anda tinggal sedikit. Hasilnya memang jernih dan tajam, meskipun kelemahan kamera seperti over brightness saat perekaman outdoor dan noise di dalam ruangan tetap ada.





Galeri foto
Apple menyatukan galeri dari kamera dan perekam video ke folder Camerra Roll Di folder ini juga hadir hasil screenshot (dilakukan dengan menahan tombol Lock kemudian menekan tombol Home) dan gambar hasil unduhan. Anda dapat memasukkan foto-foto dari komputer, namun harus melalui proses sinkronisasi terlebih dahulu di iTunes. Namun untuk mengkopi foto dari iPad tidak perlu sinkronisasi, hubungkan saja iPad dengan PC dan iPad akan terbaca sebagai kamera dan bisa diambil foto-fotonya.

Selain Photos ada juga menu Albums dan Places. Albums berisi Camera Roll dan foto-foto yang Anda sinkronisasikan dari PC ke iPad, dibagi-bagi berdasarkan folder yang sama dengan di PC. Sementara Place berisi foto-foto berdasarkan lokasi yang tertera sebagai metadata di foto tersebut. Foto yang ada dapat di-share melalui mail, message, contact, tweet dan print. Sayangnya tidak ada opsi untuk share foto ke situs atau aplikasi lain seperti Facebook, WhatsApp meskipun Anda sudah menginstal aplikasi tersebut. Edit sederhana juga bisa dilakukan, untuk memutar gambar,menghilangkan efek Red Eye, cropping dan Auto Enhance.

Apple New iPad Review Gallery




Pemutar Video
Di pemutar video Anda bisa memutar video yang disinkronisasikan maupun hasil pengunduhan dari iTunes. Format yang terbaca hanya .mp4 dan .m4v sampai resolusi 1080p. Meski format .m4v cukup lengkap fiturnya (dapat dibagi per-chapter, beberapa kanal audio, dan dilengkapi subtitle) namun tentunya format ini tidak umum dan kalah populer dibanding format divx/xvid (.avi) maupun matroska (.mkv). Untungnya video unduhan dari Youtube yang dimasukkan via iTunes dengan resolusi 1080p berjalan dengan lancar di iPad. Video dapat dilihat secara full tanpa ada pemotongan gambar maupun close captioning (di-crop sehingga video tampil penuh selayar). Karena resolusi New iPad yang sangat besar, video Full HD 1080p (hasil unduhan dari Youtube) saja diperbesar sehingga tampak seperti kurang tajam.

Apple New iPad Review Gallery

Apple New iPad Review Gallery




Pemutar Musik

Untuk kategori musik yang ada Playlist, Artist, Songs, Albums dan lain-lain. Ada fitur Cover Flow, pilihan Equalizer, shake to shuffle, volume limit, lyrics dan lain-lain. Kualitas suara bagus dan sangat kencang jika menggunakan headset bawaan Apple. Namun jika menggunakan speaker, suara terdengar cukup keras namun terdengar sember. Speakernya pun cuma satu buah saja. Pengaturan ekualiser agak merepotkan karena tidak terintegrasi di pemutar musik dan terletak di Settings-> Music.

Apple New iPad Review Gallery


Apple New iPad Review Gallery




Konektivitas
iPad yang kami review adalah jenis 4G+WiFi namun tentunya 4G tidak terpakai disini, menggunakan operator lokal maksimal Anda akan mendapatkan 3G dan HSDPA saja. Bluetooth sudah versi 4.0 namun Anda tidak bisa mengirim atau menerima file melalui si Gigi Biru. WiFi 802.11 a/b/g/n.

Apple New iPad Review Gallery




Web Browser
Retina Display dengan layar beresolusi super tinggi membuat tulisan-tulisan di website menjadi lebih enak dibaca. Bahkan untuk mempermudah Anda dalam membaca browser ini dilengkapi fitur Reader, di mana yang tertampil hanya tulisan dan gambar pada sebuah artikel, dan Anda dapat mengubah ukuran hurufnya.
Sedangkan nyaris semua gambar yang ada menjadi agak pixelated karena diperbesar melebihi ukuran asli gambar tersebut. Performa browser yang bernama Safari ini pun cukup bagus, baik rendering, loading dan scrolling semua mulus meskipun kita membuka situs yang dipenuhi banyak konten.

Apple New iPad Review Gallery



Seperti biasa konten flash tidak didukung oleh iOS. Anda memang bisa menikmati video Youube langsung dari Safari (bisa sambil melihat komentar), namun ini bukanlah benar-benar memutar Youtube seperti pada browser di PC, bisa dibilang hanya meng-embedd aplikasi streaming video ke Safari saja. Buktinya, tidak ada opsi pilihan resolusi seperti pada Youtube yang sebenarnya.


Pengaturan pada browser tidak tersedia langsung di browser melainkan di menu Setting --> Safari sehingga agak merepotkan demikian juga dengan aplikasi lain. Fitur yang tersedia antara lain Search engine, auto fill, open links in new page, private browser, cookies, history, javascript serta fitur pop up blocker.

Apple New iPad Review Gallery



Aplikasi Bawaan
Aplikasi yang sudah ada di iPad adalah Calendar, Notes, Reminder, Maps, Youtube, Game Center, Newsstand, PhotoBooth. Kami akan membahas beberapa di antaranya:

Maps
Google Maps di iOS memang tidak secanggih di Android yang memiliki kemampuan menampilkan peta 3D, cache untuk offline mode dan lain-lain. Namun secara umum penggunaan peta di Maps pada iPad relatif mudah dan memiliki performa cepat, belum lagi resolusi layar yang super tinggi membuat tampilan peta sangat jelas di tiap detilnya. Fitur-fitur standar seperti search, directions perjalanan, dan bookmark tersedia disini, Anda juga bisa melihat rute berdasarkan rute mobil, angkutan umum maupun berjalan kaki.

Apple New iPad Review Gallery



PhotoBooth
Aplikasi lucu-lucuan ini adalah aplikasi berbasis kamera dengan efek-efek lucu seperti thermal, mirror, xray, squeeze dan lain-lain. Anda bisa memotret menggunakan kamera depan maupun belakang.

Apple New iPad Review Gallery




Aplikasi Pihak Ketiga

Facebook

Aplikasi jejaring sosial paling populer ini sudah hadir dengan dukungan Retina Display pada iPad. Selain itu fitur-fiturnya masih sama dengan versi iPhone seperti ketersediaan fitur chatting, notifikasi instan, dan membaca website yang dibagikan teman langsung di aplikasi ini.

Apple New iPad Review Gallery



Twitter

Sama halnya dengan Facebook, aplikasi Twitter for iPad ini memiliki kemampuan membaca website yang dibagikan teman langsung di aplikasi ini juga notifikasi instan.

Apple New iPad Review Gallery



Diamond Dash

Game ini cukup adiktif meskipun sederhana. Intinya adalah menghancurkan 3 atau lebih berlian-berlian untuk mendapatkan poin. Aplikasi ini sudah mendukung Retina Display dari New iPad.

Apple New iPad Review Gallery



Trailers

Di aplikasi ini Anda dapat melihat Trailer, sneak peek, dan the making of dari film-film terbaru namun sayangnya tidak ada opsi untuk melihat video dalam resolusi HD.

Apple New iPad Review Gallery



Daya Tahan Batere

Dengan batre berukuran masif (11,560 mAh; iPad 2 hanya 6930 mAh) wajar saja jika daya tahan dari New iPad memuaskan. 3 Hari kami habiskan bersama New iPad untuk review ini, dan kami tidak melakukan charge batere sama sekali. Jika pemakaian Anda kelas berat seperti main game terus-terusan dan browsing, New iPad dapat bertahan dari pagi sampai malam hari.


Kesimpulan

Harga resmi di Indonesia memang belum keluar, tapi untuk versi 4G+WiFi 16GB saja tampaknya akan lebih dari 6,5 juta. Kalau berbicara soal harga, tentu saja New iPad ini tergolong mahal. Namun dukungan aplikasi yang sangat banyak, Retina Display di layar IPS yang sangat memanjakan mata, serta kamera yang bagus (untuk ukuran tablet) dan tentu saja dengan nama Apple pastinya tablet ini akan tetap laku keras. Namun jika Anda sudah punya iPad 2, kami tidak merekomendasikan untuk menggantinya dengan New iPad / iPad 3, kecuali Anda benar-benar menginginkan layar dan kamera yang jauh lebih baik. Karena sisanya tidak berbeda jauh dan bisa dibilang sama persis. Soal panas yang menerpa New iPad, kami tidak merasakannya, memang setelah digunakan untuk browsing terasa agak panas namun tidak dalam taraf yang mengganggu.

Kelebihan

  • Retina Display 2048x1536 piksel
  • Layar LCD IPS dengan viewing angle sempurna dan kualitas warna yang bagus
  • Kamera sangat bagus untuk ukuran tablet
  • Dukungan aplikasi sangat luas dan sangat banyak
  • Fitur gesture cukup mempermudah penggunaan
  • Daya tahan batre memuaskan

Kekurangan

  • Banyak konten website dan aplikasi yang belum siap dengan resolusi super besar pada New iPad
  • Bodi mudah baret
  • Tidak ada perbedaan desain yang mencolok dibanding iPad 2
  • Harga mahal
  • New iPad dengan Retina Display ini sangat rakus storage (hasil screenshoot saja bisa 1-3MB, belum aplikasi, hasil foto dan video)
  • Untuk multimedia sangat tergantung pada iTunes



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
6
18 Jul 2014
38
14 Jul 2014
23
04 Jul 2014
49
04 Jul 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
6
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
38
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
49
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
28
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
Sir Lancelot's Armor - Holy Grail Screen Protector
Pelindung Layar Tahan Peluru
1
Jun 11 2014
OPPO Find 7a
Temukan Performa Sangar
13
Jun 10 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.