TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia S LT26i
Smartphone Pertama Dengan Bendera Sony
Mar 30 2012 4:57PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
165
54438

1.Perkenalan
Sesuai janji kami sebelumnya, review salah satu smartphone yang cukup ditunggu-tunggu oleh banyak orang telah kami selesaikan. Sony Xperia S menawarkan sejumlah fitur canggih yang diinginkan banyak penggemar smartphone saat ini, yaitu prosesor Snapdragon 1.5 GHz dual-core, RAM 1 GB, kamera 12 MP, memori internal 32 GB dan beberapa teknologi canggih milik Sony seperti Bravia Engine Mobile, Exmor R, xLOUD, PlayStation Certified dan lainnya. Mau tau seperti apa isi dan performa dari Sony Xperia S? Simak review kami berikut ini.

Spesifikasi utama Sony Xperia S

  • Layar LED-backlit LCD 4,3 inci 1280 x 720 pixel
  • Prosesor Snapdragon 1.5 GHz dual-core
  • GPU Adreno 220
  • Android OS 2.3 Gingerbread
  • Kamera 12 MP, Full HD 1080p video recording
  • Kamera depan 1,3 MP, HD 720p video recording
  • RAM 1 GB
  • Memori Internal 32GB
  • Baterai 1750 mAh


Paket Penjualan

  • Sony Xperia S
  • Kartu garansi
  • Buku petunjuk pemakaian dan informasi penting
  • Adaptor Charger
  • Kabel data micro USB
  • Earphone

2.Desain dan Bodi
Memegang Xperia S memiliki feel yang berbeda dibandingkan smartphone lainnya. Penggunaan bahan pada bodinya yang seperti dicoating dengan bahan khusus terasa mirip seperti memegang bahan gabus yang lembut namun sedikit kesat. Untuk grip cukup baik, walaupun ukurannya besar namun masih enak digenggam. Bodinya yang cukup tebal dan sedikit curvy membuat genggaman terasa lebih mantap daripada menggenggam smartphone berukuran 4,3 inci lainnya.

Smartphone ini memiliki dimensi 128 x 64 x 10.6mm dan memiliki bobot sedang yaitu sekitar 144 gram, sebagai perbandingan HTC Sensation XE memiliki bobot 151 gram dan Samsung Galaxy S II memiliki bobot 116 gram.
Bagian depan, pada bagian pojok kanan atas terdapat sebuah kamera beresolusi 1,3 MP dan di bagian tengah terdapat logo SONY yang di bawah logo tersebut terdapat speaker out untuk mendengarkan saat melakukan panggilan telp. Di bagian bawah layar terdapat 3 tombol sentuh back, home dan menu. Selain itu terdapat sebuah list transparan yang dapat menyala sebagai tanda notifikasi. Pada bagian tengah paling bawah terdapat logo emboss XPERIA.



Bagian belakang Xperia S terdapat kamera 12 MP dengan dukungan LED Flash, speaker, logo bulat hijau khas Sony Ericsson dan logo emboss Xperia di paling bawah.


Sony Xperia S LT26i Review Gallery

Pada sisi kiri terdapat port micro USB yang memiliki penutupnya. Dan tidak terdapat port/lubang dan tombol lainnya. Pada sisi kanan terdapat port HDMI, tombol volume dan tombol kamera.

Pada bagian atas terdapat tombol power/lock dan sebuah lubang audio 3,5mm. Sedangkan di bagian bawah ponsel terdapat lubang untuk menggantung aksesoris.

Sony Xperia S LT26i Review Gallery

3.Display
Layar Xperia S berukuran 4.3 inci dengan jenis LED-Backlit LCD dengan resolusi HD 1280 x 720 pixel. Secara tingkat kecerahan dan ketajaman layar sudah setingkat lebih baik dari jenis layar LCD biasa pada smartphone lainnya, tingkat keterangan layarnya sudah seperti Nova Display milik LG yang sangat terang, namun soal kualitas warna masih terasa sedikit kekuningan terutama jika dilihat dari sudut pandang yang sempit atau miring. Silahkan lihat perbandingan layar Xperia S dengan iPhone 4 dan Galaxy Nexus pada saat membuka website google yang berlatar belakang putih, terlihat latar belakang berwarna putih tertampil sedikit pucat kekuningan.


Perbandingan layar iPhone 4 vs Xperia S


Perbandingan layar Galaxy Nexus vs Xperia S


Perbandingan layar Galaxy Nexus vs Xperia S vs iPhone 4


4.Antar Muka
Xperia S masih mengandalkan Timescape UI seperti pada ponsel Android dari Sony Ericsson sebelumnya. Pada bagian homescreen terdapat 5 halaman dan dapat dikustomisasi sesuai selera pengguna, anda dapat merubah Themes, Wallpaper, menambah widget, dan jalan pintas aplikasi. Terdapat 7 Themes yang dapat anda pilih yaitu Silk, Turquoise, Emerald, Sapphire, Gold, Ruby dan Amethyst. Perpindahan layar dari halaman ke halaman cukup lancar walaupun banyak widget yang terpasang.


Pada bagian drawer aplikasi terbagi dalam beberapa halaman yang dapat digeser dengan melakukan Swipe / sapuan ke kiri atau ke kanan layar. 1 Halaman drawer aplikasi terdapat 20 aplikasi yang terbagi dalam 4 kolom x 5 baris. Untuk memudahkan pengguna aplikasi-aplikasi tersebut dapat disortir dengan beberapa cara seperti berdasarkan own order (susunan pengguna), alfabet, most used (paling sering dipakai akan menjadi urutan teratas) dan recently installed (aplikasi yang baru diinstal akan menduduki posisi teratas).


Bar notifikasi seperti biasa terdapat pada bagian atas dan dapat diakses dengan cara menyapu ke bawah status bar di bagian teratas layar. Pada saat aplikasi music player sedang dijalankan, akan muncul fitur now playing pada bar notifikasi untuk mempercepat akses ke dalam music player. Sisanya tidak ada yang istimewa pada bagian bar notifikasi Xperia S.

Sony Xperia S LT26i Review Gallery

5.Input Text
Untuk metode penginputan teks hanya bisa menggunakan keyboard bawaan yang bernama Xperia keyboard. Selain keyboard full QWERTY, Xperia keyboard juga mendukung keyboard dalam bahasa Jepang dan Cina. Pengaturan keyboard full QWERTY ponsel ini cukup lengkap, terdapat beberapa fitur seperti Automatic space, Quick fixes, Gesture input (seperti swype), dan lainnya. Ukuran keyboard Xperia S pada posisi landscape maupun potrait cukup besar dan cukup mudah untuk digunakan.


Sony Xperia S LT26i Review Gallery

6.Contacts
Menu phonebook pada ponsel ini cukup lengkap seperti smartphone Android hi-end lainnya. Anda dapat melakukan sinkronisasi kontak melalui akun Gmail, Facebook, Twitter dan mengimport dari sim card anda. Tampilan kontak tersusun berdasarkan alfabet dan tertampil cukup besar, sehingga untuk melihat kontak lebih jelas dan mudah.

Pada bagian atas terdapat kolom pencarian, anda cukup mengetik huruf-huruf atau nama kontak yang anda ingin cari untuk mempercepat aksesnya. Di sebelah kanan kolom pencarian terdapat tombol untuk menambah kontak baru. Pada bagian sisi kanan terdapat slider bar yang berfungsi sebagai jalan pintas yang cepat untuk mengakses kontak pada alfabet tertentu yang anda inginkan. Pada bagian bawah terdapat jalan pintas untuk mengakses Phone dan Favorites langsung dari menu Contacts. Detail kontak yang bisa ditambahkan sangat lengkap, sama seperti smartphone Android hi-end lainnya.


7.Messaging
Fitur Messaging pada Xperia S memiliki antar muka yang sederhana, penggunaannya cukup mudah, untuk membuat pesan singkat anda cukup menambahkan kontak / no telp yang dituju dan kemudian mengetik isi pesan yang diinginkan. Sedangkan untuk merubah pesan SMS menjadi MMS, anda cukup menambahkan attachment berupa file media. Tampilan pesannya dengan format Threaded / seperti chatting.



Fitur Gmail dan Email sama seperti ponsel Android lainnya. Untuk Gmail sudah memiliki fitur Push email dan multi akun. Fitur Email memudahkan anda untuk menambahkan akun email selain Gmail ke perangkat Xperia S misalnya akun Yahoo, Hotmail, dll. Namun untuk fitur Email tidak terdapat Push email sehingga anda harus mengatur frekuensi update untuk email tersebut.




8.Camera dan Video Recorder
Xperia S dilengkapi dengan kamera 12 MP lengkap dengan LED Flash. Pada menu kamera terdapat pilihan Scenes yang dapat dipilih seperti Landscape, Night potrait, Sports, Potrait, Night scene, Beach and snow dan party. Selain itu anda juga dapat mengatur ukuran foto mulai dari 2 MP ratio 4:3, 2 MP ratio 16:9, 9 MP ratio 16:9 dan 12 MP ratio 4:3.


Sony Xperia S LT26i Review Gallery

Terdapat 5 Focus mode yang bisa dipilih antara lain Single autofocus, Multi autofocus, Face detection, Infinity dan Touch focus. Selain yang telah kami sebutkan tadi masih terdapat beberapa fitur seperti Smile detection, pengaturan ISO, White balance, Exposure value, Self-timer dan fitur-fitur lainnya.


Hasil kamera pada saat kondisi cahaya cukup baik akan sangat bagus, foto terlihat sangat tajam dan warna yang dihasilkan sangat cerah baik itu dengan ukuran 9 MP maupun 12 MP. Pengambilan foto dengan mode makro menghasilkan gambar yang sangat bagus dan sangat memuaskan. Hasil foto outdoor, indoor, makro dan dengan flash dari Xperia S dapat menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas. Kamera menjadi senjata utama Xperia S yang siap menumbangkan smartphone sejenis di kelasnya. Pengambilan gambar termasuk cepat, jeda / lag yang terjadi hanya sesaat saja, tidak secepat Galaxy Nexus namun bisa disamakan dengan Sensation XE.

Hasil foto indoor tanpa flash


Hasil foto indoor dengan flash


Hasil foto indoor dengan flash (kondisi gelap)


Hasil foto outdoor sore hari


Hasil foto outdoor siang hari


Hasil foto makro outdoor



Hasil foto makro indoor


Hasil foto lainnya

Sony Xperia S LT26i Review Gallery

Untuk mengunduh file asli hasil foto dari Xperia S silahkan klik di sini.

Video Recorder
Kamera utama Xperia S mampu merekam video dengan kualitas Full HD 1080p sedangkan kamera depan mampu merekam video dengan kualitas HD 720p saja. Secara pengaturan tidak terlalu berbeda dengan pengaturan kamera, terdapat pilihan Scenes, ukuran video, focus mode, self timer, dan lain sebagainya.

Sony Xperia S LT26i Review Gallery

Hasil rekaman video yang dihasilkan oleh Xperia S memiliki format mp4 dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan memiliki 29 frames per second. Video Full HD sepanjang 32 detik memiliki ukuran 54 MB. Hasil rekaman video sangat bagus, microphonenya mampu menangkap suara dengan baik dan jernih, kualitas gambar pun cerah dan tajam. Saat ponsel bergerak cukup cepat, tidak terjadi frame skip atau lag. Kamera dan video kamera benar-benar menjadi senjata utama Xperia S.


9.Gallery, Video dan Music
Gallery foto pada Xperia S memiliki tampilan standar Android dengan tampilan efek 3D, foto-foto tertampil berdasarkan kategorinya. Salah satu kelebihan Xperia S adalah ditanamkannya teknologi Bravia Engine Mobile dalam galerinya, sehingga kualitas gambar atau video lebih dioptimalkan dan terlihat lebih baik, hal ini kami rasakan saat membandingkan foto yang sama di Gallery Xperia S dan di komputer. Untuk mengkatifkan Bravia Engine Mobile anda cukup masuk ke pengaturan ponsel dan memilih pilihan layar. Selain itu galeri Xperia S sudah terintregasi cukup sempurna dengan beberapa aplikasi atau konektivitas, sehingga dari galeri anda dapat langsung melakukan sharing melalui Bluetooth, Gmail, Facebook, Google+, Twitter, Picasa, Whatsapp, Messaging dan lainnya.




Pemutar video pada ponsel ini memiliki tampilan yang sederhana. Video dapat diakses melaui Gallery saja karena tidak ada menu Video Player pada Xperia S. Pemutar video mampu memutar video 720p dengan format mp4, dan memang kualitas gambar yang dihasilkan berkat dukungan Bravia Engine cukup bagus dan memiliki kontras yang sangat baik, sehingga warna-warna terlihat lebih cerah. Ditambah lagi layar Xperia S memiliki resolusi yang cukup tinggi, sehingga setiap video yang diputar terlihat tajam. Untuk format lain selain mp4, kami sempat mencoba memasukkan video dengan format mkv dan avi. Video dengan format mkv dapat diputar namun tidak bia mendeteksi file subtitle srt, sedangkan format avi sama sekali tidak dapat diputar. Sedikit kekurangan Xperia S adalah ponsel ini tidak memiliki kualitas audio yang baik, suara yang dihasilkan 1 buah speakernya di bagian belakang ponsel terdengar terlalu tajam dan sedikit cempreng pada volume tinggi.


Secara keseluruhan menu Gallery pada Xperia S sama seperti Gallery standar Android pada perangkat lainnya, yang membedakan hanya teknologi Bravia Engine dan ketajaman layar yang mendukung kualitas gambar atau video.

Pemutar Musik
Pemutar musik memiliki tampilan yang bagus. Terbagi dalam 2 halaman, yaitu halaman Playing dan My Music. Pada halaman Playing berisi informasi lagu yang sedang diputar atau terakhir diputar, terdapat cover album art, informasi (judul, penyanyi dan album) lagu, dan tombol navigasi berupa play, next dan back. Di pojok bawah terdapat menit lagu berjalan dan total panjang lagu. Pada halaman My Music terdapat 6 kategori yaitu Tracks, Albums, Artists, Playlists, SensMe channels, dan My Favorites Playlist.




Pemutar musik juga sudah dilengkapi dengan pengaturan Equalizer. Pengguna dapat memilih beberapa pengaturan yang tersedia sepeti Jazz, Rock, Pop, Unique, Soul, Bass Boost, dll. Selain itu pengguna juga dapat mengatur sendiri Equalizer sesuai dengan selera anda (custom equalizer). Pada Pemutar musik tertanam teknologi xLOUD yang membuat suara yang dihasilkan lebih powerfull jika diaktifkan.

Sony Xperia S LT26i Review Gallery



Tampilan dan fungsi dari pemutar musik pada Xperia S bagus namun sayangnya kualitas suara menurut kami tidak terlalu baik, audio yang keluar terdengar terlalu tajam dan sedikit cempreng pada volume yang tinggi.

10.Browser
Browser Xperia S memiliki tampilan seperti Android biasa saja. Pada halaman awal terdapat kolom untuk alamat website dan di sampingnya terdapat jalan pintas untuk menuju Bookmarks, Most visited, dan History. Browser Xperia S sudah dilengkapi dengan flash player sehingga konten-konten flash dapat berjalan. Total halaman / tab yang dapat dibuka secara bersamaan adalah 8 halaman saja. Pengaturan pada browser sama saja seperti pengaturan perangkat Android lainnya.




11.Konektivitas

  • GSM / HSDPA
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
  • Micro USB 2.0
  • GPS, A-GPS
  • NFC
  • HDMI Output (kabel terpisah)

12.Aplikasi Bawaan
LiveWare Manager
Aplikasi ini berguna untuk menghubungkan Xperia S dengan perangkat seperti headset atau charger. Dengan aplikasi ini anda dapat mengatur ketika headset dicolokan maka ponsel akan secara otomatis mengenali dan menuju ke fitur Radio FM. Ini tergantung dari fitur apa yang anda terapkan pada aplikasi ini, anda bisa melakukan kustomisasi aplikasi yang anda terapkan pada LiveWare Manager.



Office Suite
Aplikasi office bawaan ponsel ini dapat digunakan untuk membuka dokumen office seperti excel, ppt, word, dan pdf. Sayang aplikasi office ini tidak dapat digunakan untuk mengedit dan membuat dokumen office baru.


Power Saver
Aplikasi ini merupakan aplikasi penghemat daya baterai dengan melakukan pengaturan sesuai keinginan anda, anda dapat menyesuaikan profil power safer sesuai keinginan anda.



13.Benchmarking
Quadrant Standard : 3177 poin


Neocore : 59.4 FPS


Linpack : 49.99 MFLOPS / 1.68 seconds


Multitouch : 10 touch sensor


14.Daya Tahan Baterai
Xperia S ditanamkan baterai berkapasitas 1750mAh yang tergolong cukup besar. Namun bukan berarti konsumsi baterai ponsel ini akan langsung irit, kami merasakan konsumsi baterai yang cukup besar, mungkin hal ini disebabkan oleh penggunaan prosesor 1.5 GHz dual-core dan layar yang memiliki tingkat kecerahan tinggi. Baterai Xperia S yang kami coba dimulai dengan isi 80% dan turun menjadi 20% dalam proses review secara intens selama 7 jam pertama. Kami perkirakan untuk pemakaian normal sehari-hari dengan paket data aktif mungkin Xperia S bisa bertahan sekitar 13-14 jam.

*Ketahanan tergantung cara pemakaian, kondisi sinyal, suhu ruangan dan faktor-faktor lainnya.

15.Kesimpulan
Sony Xperia S rasanya sangat pantas dihargai sebesar 5,5 juta rupiah dan ponsel ini memang pantas menjadi pilihan anda. Desain yang sangat bagus dan sejumlah teknologi canggih yang ditanamkan menjadi nilai jual utama dari ponsel ini. Ditambah lagi Kamera pada ponsel ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk memotret gambar atau merekam video. Performanya pun cukup cepat dan bebas lag. Xperia S memiliki konektivitas yang lengkap untuk mendukung aktivitas anda. Sayangnya layar LED-backlit Xperia S terlihat sedikit kekuningan dan tidak dilengkapi dengan kualitas speaker yang baik.

Kelebihan

  • Layar HD 720p dan tajam
  • Tingkat kecerahan tinggi
  • Bravia Engine sangat berpengaruh untuk multimedia
  • Kamera 12 MP Xperia S sangat bagus
  • Desain bagus
  • Performa keseluruhan bagus
  • Konektivitas lengkap

Kekurangan

  • Layar sedikit kekuningan
  • Kualitas audio kurang baik
  • Baterai sedikit boros

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
12
17 Apr 2014
90
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
12
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
90
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.