TOP
REVIEWS
Review: Google Chrome untuk Android
Browser Alternatif dari Google untuk Android Anda
Mar 09 2012 12:08PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.9
5
15990

Bagi sebagian Teknokerz, kami yakin Google Chrome adalah salah satu web browser yang tidak asing lagi bagi anda. Belum lama ini Google telah merilis Chrome browser untuk perangkat Android. Seperti apa tampilan dan fitur-fiturnya? Silahkan simak review singkat kami di bawah ini.

Antar Muka

Antar muka Google chrome untuk Android cukup bagus dan sederhana. Pada bagian atas antar muka halaman awal terdapat bar untuk memasukkan alamat website, di samping kanannya terdapat jalan pintas ke Tab / halaman lainnya. Jumlah tab yang dapat dibuka secara bersamaan sepertinya tidak terbatas, saat review kami membuka 31 halaman secara bersamaan dan masih bisa menambahkannya lagi. Ini salah satu fitur yang cukup bagus, mengingat biasanya web browser pada beberapa perangkat Android memiliki keterbatasan membuka halaman tab.



Pada posisi sebelah jalan pintas menuju tab terdapat tombol menu, posisi menu ini sama seperti posisi menu seperti yang terdapat pada web browser bawaan ICS 4.0, karena ICS 4.0 didesain untuk perangkat tanpa tombol menu seperti Galaxy Nexus yang kami gunakan saat ini.


Bagian menu terdiri dari :

  • Shortcut navigasi : back, forward dan favorite
  • New tab : untuk membuka halaman baru
  • New Incognito tab (akan dijelaskan di bawah)
  • Bookmarks : untuk mengakses Mobile Bookmarks pada perangkat anda


  • Other devices : untuk mengkoneksikan perangkat Android anda dengan PC, sehingga anda bisa mengakses bookmark, tab, history dan pengaturan dari PC anda


  • Find in page : fitur pencarian untuk memudah mencari sebuah kata / kalimat


  • Settings : pengaturan web browser, kurang lebih isinya sama dengan pengaturan web browser bawaan Android


  • Help : help akan membawa anda ke halaman bantuan dari Google

Masih di bagian antar muka, pada halaman awal terdapat juga beberapa thumbnail berupa informasi website yang terakhir anda buka dan terdapat juga informasi website yang terakhir anda tutup.

Di bagian bawah terdapat logo Chrome, jalan pintas ke halaman muka, jalan pintas menuju bookmark dan jalan pintas menuju pengaturan koneksi Android anda dengan PC / laptop.



Fitur Incognito Browser

Fitur ini memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas di web browser dengan penyamaran dan tanpa terlacak. Semua halaman yang anda buka di web incognito ini tidak akan muncul sama sekali di history browser anda atau history pencarian, dan fitur ini tidak akan meninggalkan jejak yang terlacak seperti cookies, file download, bookmarks dan lain sebagainya akan terhapus saat anda menutup halaman browser incognito.



Hasil Benchmarking

HTML 5 : 343 + 10 bonus points


Acid3 Test : 100/100


IE fish tank : 20 FPS


IE Speed Reading : 50 FPS


Kesimpulan

Google Chrome untuk Android bekerja cukup lancar dan cepat. Beberapa fitur baru seperti unlimited tab, browser incognito dan lainnya membuat browser ini cukup lengkap dan powerfull. Ditambahkan lagi antar muka yang bagus dan kemampuan mensinkronisasikan Chrome pada perangkat Android dengan Chrome pada PC / laptop sangat memudahkan pengguna. Hasil uji benchmarking pun semua berjalan lancar dengan nilai yang memuaskan. Dengan performa dan fitur seperti ini tampaknya Google Chrome mungkin bisa menjadi pengganti Android browser yang ada saat ini. Walaupun masih beta, tetapi aplikasi ini cukup bisa bersaing dengan aplikasi web browser untuk Android yang lain.

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
17
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.