TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102
Android Dual SIM dari Samsung
Feb 13 2012 12:27PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
36
56202

Vendor asal Korea, LG sudah mengeluarkan produk smartphone Android dengan fitur dual-sim GSM beberapa waktu yang lalu. Kini giliran raksasa Korea lain yaitu Samsung yang mengeluarkan produk smartphone Android dual-sim dengan nama Galaxy Y Duos. Dilihat dari seri dan penggunaan nama Duos, smartphone ini menawarkan kemampuan dual-sim GSM secara bersamaan dengan keunggulan-keunggulan yang ada di sistem operasi Android tentunya dengan harga yang terjangkau. Bagaimanakah performa smartphone Android dual-sim ini? Apakah layak untuk dimiliki pengguna yang menggunakan dual-sim GSM sekaligus? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama Galaxy Y Duos

  • Layar sentuh TFT kapasitif 3.14 inci, 240 x 320 piksel (~127 ppi)
  • ROM 512MB, RAM 384MB
  • Kamera 3.15 MP (2048x1536 piksel) fixed focus
  • Android Gingerbread 2.3.6
  • Prosesor 832 MHz
  • Baterai li-Ion 1300 mAh


Desain dan Bodi

Galaxy Y Duos ini memiliki desain khas Samsung Galaxy, yang lebih menonjolkan kesan elegan. Untuk tes unit yang kami gunakan berwarna hitam dengan list chrome abu-abu. Ponsel ini berdimensi 109.8 x 60 x 12 mm dengan berat 109 gram, dimana jelas lebih besar dari Galaxy Y. Bagian muka terdapat sensor proximity, earpiece, layar sentuh 3.14 inci, dan tiga tombol yang terdiri dari dua tombol kapasitif (menu dan back) dan satu tombol fisik yang berfungsi ke menu home (tahan untuk memunculkan recent app).



Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik glossy yang sangat mengkilap sehingga mudah tergores dan sidik jari mudah sekali tertempel. Bagian belakang ini terisi oleh kamera 3.15 MP dan satu buah speaker. Bagian atas hanya terdapat port headset 3.5 mm. Bagian bawah terisi oleh port microUSB dan sebuah mic. Bagian kiri berisi lubang untuk stap dan tombol volume. Bagian kanan hanya terisi tombol power/lock.


Untuk kualitas layar terlihat sama seperti Galaxy Y. Layar terlihat kurang bagus dan cenderung melelahkan jika dilihat terlalu lama. Karena keterbatasan resolusi, layar juga kurang halus dalam menampilkan gambar.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Antar Muka
Galaxy Y Duos menggunakan Android versi 2.3.6 dengan antar muka TouchWiz. Seperti biasa anda dapat memasukkan hingga 7 halaman homescreen yang dapat diisi berbagai item seperti widget, folder, shortcut atau mengganti wallpaper.


Untuk menampilkan jendela notifikasi dapat dilakukan dengan cara menyapu layar bagian atas kebawah. Terdapat beberapa shortcut di jendela notifikasi ini seperti pengaktif/non-aktifan Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Sound Vibration, Auto Rotation. Terdapat juga informasi sim card yang dipasang di slot 1 dan slot 2. Serta pilihan cepat untuk mengganti sim card mana yang diutamakan.






Ikon-ikon di menu utama tersusun dalam format 3x4 dengan latar belakang hitam transparan. Anda dapat juga merubah posisi ikon-ikon ini. Untuk bagian bawah terdapat bar berisi 4 ikon yang tetap walaupun anda berganti halaman.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Input Teks
Untuk pilihan input teks terdapat tiga pilihan dalam kondisi default yaitu DioPen Chinese IME, Samsung keypad, Swipe. Terdapat juga menu pengaturan untuk setiap jenis pilihan input.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Contacts
Untuk menu Contact terlihat sama seperti yang ada di Galaxy Y, anda dapat mensinkronkan contact dari berbagai akun seperti Gmail, Facebook, Twitter, dan lainnya. Terdapat empat tab yaitu tab contact yang menampilkan semua contact yang ada, tab group untuk daftar contact yang dikategorikan, history untuk melihat recent call, activities untuk menampilkan kegiatan jejaring sosial anda.Untuk melakukan panggilan ke suatu contact anda cukup melakukan slide ke kanan untuk memulainya, sedangkan slide ke kiri untuk mengirim pesan.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Messaging

Untuk tampilan SMS menggunakan ala chatting sehingga mempermudah melihat percakapan. Tampilan menunya juga simpel anda akan langsung dibawa ke inbox dan untuk membuat pesan baru cukup menekan tombol New message. Untuk mengirim MMS anda hanya dibutuhkan menekan tombol bergambar paperclip untuk memasukkan berbagai konten multimedia.


Untuk urusan email, layaknya ponsel besutan Google, Gmail menjadi layanan email utama di ponsel ini. Aplikasinya sendiri tampil sebaik aplikasi Gmail di ponsel Android lainnya. Kinerjanya tidak perlu ditanyakan lagi, push email sangat lancar dihantarkan.


Layanan instant messaging default yaitu Gtalk juga hadir. Aplikasi ini hadir dengan semua fitur yang dimiliki dan dapat berjalan dengan baik untuk melayani kebutuhan perpesanan instan anda.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Kamera
Untuk sektor kamera, Galaxy Y Duos memiliki peningkatan dari Galaxy Y yang hanya beresolusi 2MP menjadi 3.15 MP (2048x1536 piksel). Namun tetap fitur auto fokus dan flash absen dari Galaxy Y Duos ini. Terdapat beberapa fitur menarik seperti smile shot dan panorama serta menu pengaturan standar lain seperti scene mode, brightness, timer, resolution, white balance, effects, metering, image quality, guidelines, review, gps, dan reset.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery

Untuk hasil pengambilan gambar di dalam ruangan terlihat cukup baik meskipun sedikit noise masih hadir dan warna yang ditampilkan tidak terlalu cerah. Untuk diluar ruangan warna yang ditampilkan kurang cerah cenderung pucat, untuk detail tertampil dengan baik.



Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Perekam Video

Untuk perekaman video, kamera di Galaxy Y Duos ini mampu melakukan perekaman hingga resolusi QVGA (320x240) 24fps. Terdapat beberapa fitur standar seperti recording mode, brightness, timer, resolution, white balance, effects, video quality, guidelines, review, dan reset. Hasil video tersimpan dalam format MP4.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery

Berikut hasil perekaman video dari Galaxy Y Duos ini:



Gallery
Tampilan gallery masih sama seperti Android lainnya dengan gallery dengan efek 3D jika anda memiringkan ponsel ke arah kiri atau kanan. Foto dan Video terkumpul disini, dan karena dalam kondisi default tidak terdapat aplikasi pemutar video jadi video yang ada dapat diputar melalui menu gallery. Kumpulan foto dikategorikan berdasarkan lokasi folder foto tersebut. Seperti biasa anda dapat melakukan proses zooming foto dengan tiga cara yaitu pinch to zoom, tap dua kali di layar dan menggunakan tombol zoom yang ada di sebelah kanan atas.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery

Anda dapat memutar video-video dengan format MP4, dan WMV namun untuk resolusi dibawah 720p. tampilannya simpel saja seperti Android standar lainnya hanya ada tambahan menu video edit (trim) yang dapat diakses dengan menekan tombol bergambar gunting saat video tersebut dimainkan.





Pemutar Musik
Tampilan pemutar musik sama seperti yang ada di Galaxy Y. Kumpulan lagu yang ada ditampilkan dalam empat kategori yaitu artist, album, song, dan playlist.


Terdapat tata suara keluaran suara 5.1 yang membuat efek surround, namun fitur ini hanya bisa diaktifkan jika memakai headset. Terdapat juga pengaturan equalizer untuk lebih memastikan keluaran suara sesuai seperti yang anda inginkan. Kualitas speaker juga bagus, keluaran suara terdengar kencang dan cukup jernih jika di atur ke tingkat maksimal.

Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Radio FM

Sekali lagi tampilan Radio FM juga sama seperti yang ada di Galaxy Y. Untuk menikmati siaran radio favorit anda, wajib dicolokan dahulu headset yang berfungsi sebagai antena. Setelah headset terpasang, anda dapat mendengarkan siaran radio lewat headset maupun speaker. Tampilan muka terdapat empat tempat untuk menyimpan stasiun radio favorit untuk kemudahan akses.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Konektivitas
Galaxy Y Duos berjalan di jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 MHz (7.2Mbps) baik untuk sim 1 maupun sim 2. Terdapat juga koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, microUSB v2.0, gps. Untuk kartu memori microSD ponsel ini mampu menampung hingga kapasitas 32GB.




Browser
Browser bawaan di Galaxy Y Duos mampu melakukan multitap hingga 4 buah halaman sekaligus. Kinerjanya baik, membuka halaman-halaman web dengan cepat, proses zooming juga dapat dilakukan dengan baik.


Browser di Galaxy Y Duos dikatakan sudah mendukung flash, namun ketika kami mencoba memutar video dari web YouTube versi desktop, meskipun sudah dipilih memutar video di browser namun saat anda ingin memutar video maka video tersebut akan dimainkan di sebuah player, bukan di halaman YouTube tersebut.


Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Benchmark

  • Neocore 3D: 49.8 FPS
  • Multitouch Test: maksimal 2 sentuhan
  • AnTuTu: 1791 poin

Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 Review Gallery



Daya Tahan Baterai
Galaxy Y Duos dibekali dengan baterai berkapasitas 1300mAh yang diklaim sanggup untuk stand by sampai 360 jam dan talk time hingga 9 jam. Saat kami melakukan proses review, dengan mentenagai dua sim card sekaligus, baterai di Galaxy Y Duos ini terbilang mumpuni untuk menemani anda 1-1.5 hari dengan pemakaian normal namun pastinya juga tergantung dari kualitas sinyal operator.




Kesimpulan
Dengan berbekal kemampuan dual sim card GSM-GSM berjalan bersamaan, ponsel Galaxy Y Duos ini mewakilkan Samsung dalam posisi Android dual sim yang seperti kita ketahui sebelumnya, vendor asal Korea lain yaitu LG sudah mengeluarkan Android dual sim miliknya belum lama ini. Secara keseluruhan, performa dari ponsel ini juga baik, terlebih dengan disandangnya huruf Y dipastikan ponsel ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Bagi Teknokerz yang menggunakan dua sim card GSM sekaligus, dan ingin mencoba sistem operasi Android, ponsel Galaxy Y Duos ini cocok untuk anda miliki, terlebih desain yang diusung juga cukup stylish.

Kelebihan:

  • Kemampuan dual sim GSM-GSM on.
  • Desain stylish


Kekurangan:

  • Kualitas layar yang kurang baik



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
9
31 Oct 2014
24
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
9
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
24
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.