TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800
TABlet 7 Inci Bintang 7
Feb 10 2012 3:14PM
Oleh Aldo
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
41
47101

Setelah menelurkan Galaxy Tab 7, 7+, 8.9, dan 10.1, kali ini tablet terbaru Samsung dengan layar Super Amoled Plus telah dirilis dengan beberapa spesifikasi dan fitur andalan seperti desain tipis dengan lapisan metal di bagian belakang, prosesor dual core 1,4GHz, serta baterai kapasitas besar hingga 5.100 mAh. Sesuai dengan namanya, tablet ini memiliki ukuran panjang diagonal layar 7,67 inci dan resolusi 1280 x 800 piksel.

Spesifikasi utama Samsung Galaxy Tab 7.7

  • Layar Super Amoled Plus 7,67'' 1280 x 800 piksel
  • Prosesor dual core 1,4GHz dan RAM 1GB
  • Kamera belakang 3 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel
  • Android OS 3.2 Honeycomb
  • Memori internal 16GB
  • Baterai 5.100 mAh
  • Slot sim card untuk koneksi data, SMS, dan panggilan telepon










Desain dan Bodi

Samsung Galaxy Tab 7.7 bisa dikatakan adalah tablet dengan desain termanis yang pernah dirilis Samsung hingga saat ini.Bodi nya sangat tipis, hanya 7,9 mm dan bagian belakang di lapisi dengan bahan metal sehingga tetap menonjolkan sisi kokoh dari tablet yang tipis ini.

  • Pada bagian depan terdapat layar Super Amoled Plus HD dengan panjang diagonal 7,67 inci, earpiece serta sensor dan kamera depan di bagian atas, dan logo Samsung di bawah.
  • Di bagian atas hanya terdapat lubang headset jack 3,5mm dan mouthpiece
  • Di sisi kanan terdapat slot sim card dan MicroSD (hingga 32GB)
  • Di sisi kiri terdapat tombol home dan volume
  • Di bagian bawah ada colokan multifungsi, dua buah speaker, dan mouthpiece
  • Di bagian belakang terdapat kamera 3,2 megapiksel, lampu LED flash, logo Samsung, dan sertifikasi serta keterangan produk di bagian bawah




Ketiadaan slot MicroUSB bisa jadi akan sedikit menyulitkan Anda jika dibandingkan dengan penggunaan colokan tersebut yang lebih universal. Letak speaker stereo di tablet ini kurang memberikan sensasi suara stereo karena hanya terletak di satu sisi.

Layar

Galaxy Tab 7.7 menggunakan layar Super Amoled Plus dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Penggunaan layar jenis Super Amoled Plus berarti menjamin kalau tidak akan ada efek-efek PenTile Matrix yang menggangu jika melihat gambar khusus nya huruf-huruf dari jarak dekat. Resolusi layar Galaxy Tab 7.7 adalah 1280 x 800 piksel dengan total PPI mencapai 196ppi. Tingkat PPI ini adalah salah satu yang tertinggi di kelas tablet.

Tingkat saturasi (kemurnian dan kecemerlangan) warna pada Galaxy Tab 7.7 cukup tinggi yang bahkan dalam beberapa kasus membuat warna terlihat tidak seperti aslinya dan sedikit 'menipu' mata. Warna hitam tertampil sangat pekat, hitam sehitam-hitamnya, sedangkan untuk warna putih tidak terlihat bersih dan sedikit kekuningan. Jika melihat satu gambar dengan berbagai macam warna akan terlihat mencolok dan bersinar meski akan ada satu atau dua warna yang terlihat dominan. Ketika di coba digunakan dibawah terik matahari pun layar Galaxy Tab 7.7 masih mampu bekerja dengan baik.

Kelebihan dari Super Amoled Plus ini juga terletak pada sudut pandang yang hampir mendekati 180 derajat. Keluaran warna juga tidak membutuhkan backlit seperti pada layar jenis LCD. Sedangkan kekurangan layar yang berasal dari LED adalah kurang stabil dan umur yang lebih pendek dibanding LCD.

Secara umum layar Galaxy Tab 7.7 sangat memuaskan dan salah satu yang terbaik untuk penggunaan pada tablet.

Antar Muka


Seperti tablet Samsung Honeycomb lain, Galaxy Tab 7.7 juga memiliki desain tampilan antar muka TouchWiz UX. Tampilan ini paling mudah dilihat dengan adanya shortcut untuk mengambil screenshot serta langsung mengedit tampilan SS nya dan juga adanya deretan 'dock' aplikasi yang bisa diubah-ubah pada homescreen.

Homescreen terdiri dari lima halaman yang bisa di kustomisasi dengan penambahan widget, aplikasi, wallpaper statis, dan live wallpaper. Dibagian kiri atas terdapat jalan pintas menuju Google Search, lalu menu aplikasi dan akses untuk menambah apa saja di tampilan homescreen ''+'' berada di kanan atas. Di bagian bawah terdapat empat tombol navigasi virtual yakni untuk back, home, recent apps, serta mengambil screenshot. Serta di bagian kanan bawah terdapat tempat pengaturan serta notifikasi.

Untuk melakukan kustomisasi layar bisa dilakukan dengan menekan logo ''+'' di kanan atas atau bisa juga dengan menahan layar sekitar dua detik.

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Hingga saat ini masih belum ada tablet Honeycomb yang penggunaannya mulus dan bebas lag, termasuk juga Galaxy Tab 7.7 ini. Padahal secara spesifikasi tidak ada yang menyangsikan kekuatan hardware yang diusung tablet ini seperti prosesor dual core 1,4GHz dan RAM 1GB. Untuk menggulirkan layar di homescreen saja sudah terasa lag dan berat. Perpindahan yang tidak mulus ini juga berlanjut di tampilan menu aplikasi serta di beberapa tempat di sub menu serta ketika melakukan scrolling baik pada browser maupun pada aplikasi atau menu lain. Meski kadang tidak terlalu mengganggu tetapi untuk mengharapkan pengalaman pengguna yang baik kadang kala akan terasa menyebalkan.

Bar recent apps hanya menampilkan aplikasi terakhir yang dibuka tetapi tidak bisa digunakan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan. Untuk melakukan fungsi tersebut, Anda harus melakukannya dari menu setting atau task manager. Alternatif lainnya adalah dengan menginstal widget / aplikasi tambahan. Fitur menutup aplikasi langsung dari bar multitasking ini nantinya akan tersedia pada update ICS.

Beralih ke tampilan menu, ada tiga tab yang terdiri dari All yang memperlihatkan semua aplikasi yang ada, tab My Apps untuk aplikasi tambahan dari Market, serta tab Frequent yang memperlihatkan aplikasi terakhir yang dibuka. Lalu ada akses langsung ke Android Market di bagian paling kanan atas. Secara keseluruhan antar muka tidak berbeda dari tablet Honeycomb Samsung lainnya.

Input Teks


Ada lima macam cara untuk melakukan input teks pada Galaxy Tab 7.7 ini. Dua yang pertama adalah dengan Android keyboard dengan satu diantaranya menggunakan voice, bisa juga dengan DioPen Chinese IME, Samsung keypad, dan dengan cara Swype.

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Contacts, Messaging, dan Phone


Seperti sudah disinggung sebelumnya, tablet ini adalah sedikit dari tablet Honeycomb yang bisa digunakan untuk menelpon dan SMS yang tentunya menggunakan jaringan seluler dari sim card.

Menu contacts menampilkan dua bar kiri-kanan dengan beberapa tab info dan pengaturan di bagian atas. Tampilan pada menu contacts ini sangat informatif dan cukup mudah digunakan. Ketika masuk Anda akan berada di tab terakhir yang dibuka, bisa pada Dialer(Phone), Logs, Contacts, Favorites, dan Groups. Ketika ada di Dialer / Phone, selain ada keypad juga akan menampilkan daftar kontak favorit. Selain itu dialer ini juga dilengkapi dengan teknologi smart dial yang sangat berguna untuk mempermudah ketika ingin menelpon

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Menemani email, Galaxy Tab 7.7 memiliki fitur messaging (SMS) dengan tampilan yang simpel dan dilengkapi dengan fitur search. Seperti umumnya fitur SMS pada smartphone, terdapat beberapa pengaturan yang tersedia seperti menentukan batas SMS dalam tiap percakapan, delivery reports, mengatur ringtone, dll.

Kamera


Tampilan antar muka kamera Galaxy Tab 7.7 cukup sederhana dan sangat mirip dengan tampilan kamera smartphone Android Samsung lainnya. Resolusi kamera belakang adalah 5 megapiksel dengan autofokus (+touch-to-focus) dan LED flash serta mampu merekam hingga resolusi HD 720p. Terdapat beberapa pengaturan seperti :

  • Shooting mode – single shot, smile shot, panorama, action shot
  • Timer – off, 2 detik, 5 detik, 10 detik
  • Flash – off, on, auto
  • White balance – auto, daylight, cloudy, incadescent, fluorescent
  • Effects – none, negative, grey-scale, sepia
  • Resolution – 3,2MP, 2MP, VGA
  • Metering – center, spot, matrix
  • Outdoor visibility – off, on
  • Guidelines – off, on
  • GPS tag – off, on

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Hasil kualitas kamera Galaxy Tab 7.7 tidak istimewa dan cenderung banyak noise khususnya di dalam ruangan. Untuk foto outdoor hasil nya cukup bagus dan detil. Selain mengambil gambar, kamera Tab 7.7 mampu merekam video 720p dengan format .MP4. Untuk video selama 44 detik mengambil memori hingga 60,4MB dengan kecepatan 28 fps. Hasil rekam video nya memiliki kualitas suara stereo berkat adanya dua mouthpiece di bagian atas dan bawah.


Foto Outdoor (Makro) Samsung Galaxy Tab 7.7


Foto Outdoor Samsung Galaxy Tab 7.7


Foto Indoor Tanpa Flash Samsung Galaxy Tab 7.7


Foto Indoor Dengan Flash Samsung Galaxy Tab 7.7

Galeri

Tampilan galeri 3D ala Honeycomb tersedia di Tab 7.7 ini. Jika Anda sudah log-in dengan akun Google maka semua foto yang ada di blog dan album Picasa akan tertampil di galeri ini. Sayangnya foto-foto online tersebut tidak bisa di hapus atau dihilangkan dari album, tetapi cukup mempermudah Anda yang suka menggunakan layanan milik Google tersebut.

Tersedia berbagai pilihan untuk bisa berbagi foto dan video yakni ke layanan AllShare Samsung, Picasa, menggunakan WiFi, Bluetooth, MMS, Gmail, email, ataupun langsung upload ke YouTube untuk video.








Pemutar Video




Galaxy Tab 7.7 mampu memutar file video dengan resolusi hingga 1080p. Pilihan format video yang didukung pun terbilang banyak. Tidak ada kesulitan sama sekali untuk memutar beberapa video pada tablet ini, mulai dari MP4 dan AVI 720p hingga file MP4 dan MKV 1080p semua bisa dieksekusi dengan baik tanpa hambatan. Didukung dengan layar yang bagus, Galaxy Tab 7.7 adalah tablet yang cocok untuk Anda penikmat konten video.

Dalam pemutar video nya terdapat fitur editing sederhana yakni trim dan fitur lain seperti color tone dan outdoor visibility untuk meningkatkan kemampuan tablet ini ketika digunakan menonton di luar ruang.

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Pemutar Musik

Aplikasi music player Tab 7.7 secara tampilan dan fitur tidak berbeda dari Tab 7+ ataupun tablet Samsung Honeycomb lainnya. Secara umum terbagi menjadi beberapa kategori seperti songs, playlists, albums, artists, genres, folders, composers dan years yang mana tampilan kategori ini bisa di atur untuk tampilannya di menu setting music player.

Untuk pengaturan keluaran musiknya terdiri dari output channel 5.1, equalizer dan sound effect. Eq yang tersedia adalah off, auto, rock, pop, jazz, classic, dance, live, dan custom. Sedangkan sound effect nya terdiri dari off, wide, concert hall, music clarity, bass enhancement, dan externalization. Pengaturan channel 5.1 nya tidak bisa dinyalakan berbarengan dengan equalizer dan sound effect, Pemutar musik nya pun bisa menampilkan lirik dari lagu sehingga Anda bisa karaoke on-the-go.




Secara kualitas pemutar musik ini cukup bisa diandalkan. Pada tes ini ada beberapa file musik berbagai genre yang diuji coba dengan format MP3 320 kbps (CDRip). Ketika di dengarkan dengan headset suara yang keluar cukup detil dan jernih dengan tingkat bass yang tidak terlalu dalam dan kurang 'nonjok'. Efek-efek yang tersedia bisa menjadi alternatif lain dalam mendengarkan musik misalnya dengan mengaktifkan eq live dan sound effect concert hall. Output channel 5.1 pun bisa dijadikan pilihan untuk mendengarkan suara stereo yang lebih luas. Atau untuk Anda audiophile yang lebih suka mendengarkan lagu 'as if' maka mematikan semua efek juga tidak akan terlalu mengecewakan karena suara Tab 7.7 bisa dikatakan cukup bagus.

Tidak hanya dari headset, speaker Galaxy ini pun sangat bertenanga dan kencang berkat dua speaker yang ada di bawah.

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery



Konektivitas


Tidak ada masalah konektivitas pada tablet ini karena dia sudah mendukung semua jaringan kelas atas, dari WiFI a/b/g/n, bluetooth 3.0, hingga jaringan HSDPA lengkap denga fitur tethering. Yang tidak biasa adalah penggunaan kabel data propietary Samsung yang pipih memanjang dibandingkan dengan penggunaan kabel MicroUSB standar.




Web Browser




Browser Samsung Galaxy Tab 7.7 bisa membuka total hingga 16 tab. Tampilan browser ini sangat mirip dengan Google Chrome dimana fitur tab berada di paling atas, lalu address bar dan fitur lain berada di bawah nya serta setting dan bookmark di bagian kanan. Ketika membuka tab baru atau pertama kali membuka browser tanpa ada tab yang tersimpan maka Anda akan dihadapkan pada delapan website terakhir yang sering Anda kunjungi. Mirip dengan Chrome.

HTML5 test – 212 +3 bonus points

Test drive HTML5 Microsoft :

  • Fish tank - 23 fps
  • Speed reading – tidak jalan
  • Galactic – 9 fps
  • Hamster Dance Revolution – lancar
  • IE logo – 4,6 detik
  • Video panorama – lancar

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery

Aplikasi Bawaan




Aplikasi-aplikasi terinstal di tablet Honeycomb ini antara lain AllShare (untuk sharing konten multimedia ke perangkat bersertifikat DLNA seperti LCD TV tertentu), eBook, Memo, MyFiles, Pen Memo (aplikasi untuk menulis memo dengan tulisan tangan dan gambar Anda sendiri), Photo Editor, Video maker, Samsung App, Social Hub, Game Hub, Readers Hub, Pulse, Task Manager dan Polaris Office.

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery



Benchmark





Quadrant standard – 3415

Antutu – 6787

Neocore – 59,9 FPS

Multi-touch – 10 jari

Samsung Galaxy Tab 7.7 GT-P6800 Review Gallery



Daya Tahan Baterai

Dengan menggunakan jaringan WiFi dan tingkat brightness layar otomatis, tablet ini memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat. Untuk penggunaan menonton film, mendengarkan lagu, browsing, mengunduh beberapa aplikasi dari market, dan menggunakan live wallpaper, Galaxy Tab 7.7 tahan penggunaan hingga 8-9 jam. Jika dirasa kurang sudah disiapkan power saving mode pada menu setting. Kapasitas baterai tablet ini sendiri adalah 5.100 mAh.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab 7.7 adalah tablet yang lengkap secara fitur dan spesifikasi hardware. Tablet ini mampu memainkan peran nya sebagai pengolah konten multimedia dengan baik, browser yang bisa di andalkan, desain yang menurut saya elegan, tipis, serta kokoh di genggam. Sayang nya beberapa kelemahan yang ditemukan seperti lag yang masih kerap dijumpai, kadang kala penggunaan juga terasa berat apalagi jika Anda menggunakan live wallpaper, serta entah penting atau tidak pada sebuah tablet, hasil kamera Tab 7.7 terlihat kurang bagus. Di pasaran, tablet ini dilepas dengan harga Rp 7,499 juta untuk versi 32GB.

Kelebihan

  • Prosesor dual core 1,4GHz yang bertenaga
  • Layar Super Amoled Plus HD
  • Desain stylish dan kokoh
  • Pemutar multimedia yang handal
  • Speaker stereo kencang
  • Bisa digunakan untuk menelpon dan SMS
  • Daya tahan baterai yang cukup lama

Kekurangan

  • Tidak memakai port universal seperti MicroUSB
  • Performa yang masih suka lag dan tidak terlalu smooth
  • Hasil kamera kurang bagus dan touch-to-focus yang sedikit lama untuk fokus
  • Posisi dua speaker hanya di satu sisi kurang memberikan efek stereo



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
44
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
14
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.