TOP
REVIEWS
Review: HTC Sensation XL with Beats Audio
Sensasi Xtra Large Dari HTC
Jan 13 2012 3:26PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.2
22
15696

1.Perkenalan
HTC Sensation XL berwarna putih baru saja mendarat di meja redaksi kami. Salah satu smartphone terbaru dari HTC ini menawarkan sensasi smartphone dengan layar yang Xtra Large sesuai namanya yaitu sebesar 4.7 inci. Sebagai motor penggerak Sensation XL mengandalkan prosesor Scorpion 1.5 GHz single-core dan RAM sebesar 768 MB. Selain itu teknologi Beats Audio telah ditanamkan ke dalam Sensation XL yang pada paket penjualannya juga mendapatkan Headset khusus buatan Beats.

Spesifikasi Utama HTC Senstion XL

  • Layar S-LCD 4.7 inci, 800 x 480 pixel
  • Prosesor Scorpion 1.5 GHz single-core
  • Android OS 2.3.5 Gingerbread
  • HTC Sense UI 3.5
  • RAM 768 MB
  • Kamera 8 MP, dual LED flash
  • Memori Internal 16 GB
  • Beats Audio
  • Baterai 1600 mAh

2.Desain dan Bodi
HTC Sensation XL memiliki desain yang bongsor karena penggunaan layar yang cukup besar yaitu 4.7 inci. Namun walau terlihat besar berkat penggunaan warna putih Sensation XL tetap terlihat trendy dan mewah.




Tampak depan cukup sederhana dan tanpa tombol fisik sama sekali. Pada bagian atas terdapat sebuah speaker ear piece, logo HTC di tengah atas, sebuah sensor cahaya dan kamera depan beresolusi 1.3 MP di pjok kanan atas. Di bagian bawah layar terdapat 4 tombol sentuh softkey (home, menu, back, search). Tampak depan di dominasi dengan warna putih.

Tampak belakang menunjukkan ciri khas HTC. Bodi berbahan aluminium berwarna silver. Pada bagian tengah atas terdapat sebuah kamera beresolusi 8 MP, dukungan dual LED flash dan sebuah lubang speaker out yang bentuknya memanjang. Terdapat logo HTC di bagian tengah bodi dan sebuah logo Beats di bagian tengah bawah. Keseluruhan tampak belakang didominasi warna silver dan putih.




Pada sisi atas terdapat sebuah lubang audio 3.5mm dan sebuah tombol power/lock. Pada sisi kiri terdapat port micro USB dan pada sisi kanan terdapat tombol volume up/down. Pada sisi bawah hanya terdapat sebuah tombol untuk membuka cover baterai.




HTC Sensation XL berukuran cukup bongsor dan cukup berat yaitu sekitar 162.5 gram. Tetapi masih nyaman untuk digunakan. Namun membuka tutup baterai cukup aneh dan sedikit menyulitkan.

3.Antar Muka
Sensation XL menggunakan antar muka HTC Sense 3.5 pada layar 4.7 inci 800 x 480 pixel. Walaupun layar yang digunakan hanya berjenis SLCD namun warna-warna yang hadir cukup cerah walaupun masih di bawah teknologi layar lainnya. Selain itu sayangnya ukuran layar yang besar tidak diimbangi dengan resolusi layar yang tinggi juga, sehingga terkadang pada saat tertentu layar terlihat kurang tajam.

Pada halaman lockscreen terdapat informasi-informasi standar seperti informasi waktu, tanggal, baterai, koneksi, dll. Dan terdapat juga 4 buah ikon shortcut yang dapat anda kustomisasi sesuai pilihan anda. Shortcut ini memudahkan anda masuk ke aplikasi pilihan anda lebih mudah dan cepat langsung pada posisi ponsel terkunci.





Halaman home screen terdiri dari 7 halaman yang dapat anda kustomisasi dengan wallpaper dan berbagai shortcut atau widget. Seperti ponsel HTC lainnya yang menggunakan HTC Sense UI, ponsel ini juga menyediakan beberapa pilihan scene seperti HTC, Social, Work, Play dan Travel. Setiap scene ini akan menyediakan layout susunan aplikasi dan widget yang berbeda-beda sesuai dengan temanya. Selain itu juga terdapat pilihan skin seperti HTC, Blue Sky dan Burgundy.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Pada halaman app drawer aplikasi terbagi dalam formasi 4 baris x 4 kolom an tersusun berdasarkan abjadnya. App drawer didominasi dengan latar belakang berwarna hitam. Pada bagian bawah terdapat 3 kategori berbeda yang akan mempermudah pencarian aplikasi. Kategori tersebut terbagi menjadi All apps (semua aplikasi), Frequent (aplikasi yang sering dipakai), dan Downloaded (berisi daftar aplikasi pihak ketiga yang diunduh).

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Pada bagian halaman notifikasi terbagi menjadi 2 bagian yaitu notifications itu sendiri yang sekaligus menampilkan recent apps dan quick setting untuk akses cepat ke menu konektivitas, setting dan informasi memory. Untuk menampilkan recent apps juga dapat dilakukan dengan menahan tombol home.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

4.Input Teks
Seperti pada ponsel Android lainnya, input teks pada ponsel ini menggunakan keyboard virtual full QWERTY. Yang membedakan adalah layout keyboard pada ponsel HTC berbeda dengan pada ponsel lainnya. Keyboard HTC memiliki desain layout khusus dan terdapat tombol navigasi 4 arah untuk mempermudah penggunaan. Metode input teks ada tiga yaitu: Thai keyboard, Touch input dan Vietnamese IME. Untuk touch input ada tiga jenis keyboard yang bisa anda pilih, antara lain: Standart, Phone dan Compact.


5.Contact
Menu contact / people masih serupa dengan ponsel Android HTC lainnya. Dapat menyimpan berbagai informasi detail lainnya selain no telp dan nama. Anda dapat mengimpor Contact dari akun lain seperti Facebook. Tampilan menu Contact terbagi menjadi 3 kategori yaitu All, Groups dan Call History.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

6.Messaging
SMS pada ponsel ini standar ponsel Android, menggunakan tampilan Threaded. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda cukup mmenambahkan file multimedia ke dalam pesan yang akan dikirim.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Selain itu ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Gmail lengkap dengan kemampuan push notifikasi dan multi akun. Selain itu anda juga dapat menambahkan akun email selain Gmail.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

7.Kamera
Sama seperti pendahulunya, Sensation XL juga tidak dilengkapi dengan tombol kamera, sehingga akses ke aplikasi kamera harus dengan memilih aplikasi kamera dan mengambil gambar hanya dengan layar sentuh saja. Namun berkat antar muka HTC Sense UI 3.5 akses menuju aplikasi kamera menjadi lebih mudah bahkan dalam posisi layar terkunci, anda cukup menarik ikon shortcut kamera yang ada ke dalam lingkaran (seperti yang sudah kita bahas di antar muka).

Kamera pada Sensation XL sudah menggunakan teknologi touch to focus dan dilengkapi dengan pengaturan yang cukup lengkap. Pada pengaturan terdapat self-timer, scenes, image adjustments, white balance, ISO, resolution, review duration, wide screen, geo-tag photos, auto enhance, auto focus, face detection, shutter sound, grid, auto upload dan reset to default.

Selain itu Kamera telah dilengkapi dengan efek-efek yang dapat anda pilih yaitu Distortion, vignette, depth of field, vintage, vintage warm, vintage cold, grayscale, sepia, Negative, Solarize, Posterize, Aqua.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Hasil tangkapan kamera 8 MP dari ponsel ini cukup baik dalam keadaan indoor maupun outdoor. Kamera dapat menangkap gambar dengan cukup cerah, natural dan tajam.

Hasil Foto Indoor




Hasil Foto Indoor + Flash




Hasil Foto Indoor - objek dekat




Hasil Foto Indoor + Flash - objek dekat




Hasil Foto Oudoor - cuaca cerah


Video Kamera
Perekam video berfitur lebih sederhana dari kamera, antara lain efek, image adjustment, white balance dan stereo recording untuk audio. Stereo recording ini memungkinkan hasil rekaman kiri dan kanan berbeda, untuk menimbulkan efek surround. Untuk rekaman video anda bisa menyalakan flash. Saat merekam video anda bisa melakukan fokus dengan menyentuh objek yang ingin difokuskan di layar (touch to focus).

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Hasil rekaman video dari kamera 8 MP mampu memberikan rekaman berkualitas HD 720p dengan format mp4. Hasilnya pun cukup memuaskan. Cahaya yang ditangkap oleh kamera sangat pas dan sesuai sehingga terlihat natural. Selain itu hasil rekaman microphonenya cukup bagus, suara yang direkam sangat powerfull dan jernih.

Hasil Rekaman Video

8.Pemutar Musik
Pemutar musik menjadi salah satu fitur andalan apda ponsel ini karena sudah ditanamkan teknologi Beats Audio lengkap dengan headset iBeats. Seperti pada Sensation XE suara yang dihasilkan pun tidak terlalu beda jauh dan masih dalam karakter Beats Audio yang menonjok dan tinggi. Efek dari Beats Audio hanya akan bekerja pada saat anda memasang headset iBeats saja, saat menggunakan loudspeaker efek ini tidak akan bekerja. Dan jika menggunakan headset lain akan terdapat efek lain yaitu HTC Enhancer. Jika menggunakan loudspeaker suara tergolong biasa saja dan kurang poweeerfull.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Pemutar musik sudah dilengkapi dengan Album art. Pemutar musik ini bukan bawaan Gingerbread melainkan full kustomisasi HTC. Kategori-kategorinya antara lain: Artist, Albums, playlist, Songs, dan Genres. Seperti biasa jika memutar musik tampilannya ada di bar notifikasi (hanya bisa di-pause, tidak ada tombol next atau previous).


9.Gallery
Galeri pada HTC Sensation XL tampil dengan tampilan yang sama dengan ponsel Android HTC yang lain. Foto dan video tertampil dalam Galeri dengan dikategorikan ke beberapa folder dengan animasi tumpukan foto. Rendering gambar saat proses pinch and zoom juga smooth. Anda dapat melakukan beberapa proses pengeditan seperti crop, effects, dan rotate. Pilihan slideshow juga telah tersedia pada Galeri ponsel ini.


HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery



Pemutar Video
Pemutar video tidak ada menu khusus, jadi anda harus mengaksesnya melalui Galeri. Pemutar video bisa memainkan beberapa format video seperti avi, mp4 dan xvid. Video Mp4 kualitas 720p dapat dimainkan dengan lancar. Sayangnya video berformat mkv tidak dapat diputar dan membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk memutarnya. Menonton video pada ponsel ini tergolong biasa saja, tidak ada sensai yang wah. Meskipun layarnya besar namun kurang tajam dan cerah sehingga hasil gambar video yang tertampil sangat biasa saja.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

10.Browser
Sensation XL memiliki layar sebesar 4.7 inci sehingga saat melakukan web browsing menjadi lebih nyaman karena gambar dan tulisan tertampil cukup besar dan tidak perlu terlalu sering melakukan zoom in. Flash player juga sudah ditanamkan ke dalam web browser ponsel ini sehingga anda bisa memutar video langsung dari web tanpa perlu melalui aplikasi Youtube. Total halaman yang sanggup dibuka secara bersamaan hanya sebanyak 6 halaman aja.


HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

11.Konektivitas

  • GSM/HSDPA
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth v3.0 A2DP
  • GPS with A-GPS
  • Micro USB 2.0

Penyakit death grip pada Sesantion dan Sensation XE tidak terdapat pada Sensation XL. Kami mengujicobanya melalui aplikasi WiFi Analyzer.

12.Aplikasi Bawaan
Adobe Reader
Aplikasi untuk membaca file dengan format PDF.

Flashlight
Sebuah senter yang mengandalkan lampu LED sebagai alat penerangan.

Mirror
Aplikasi untuk berkaca mengandalkan kamera depan.

Polaris Office
Aplikasi untuk membuka dan mengedit dokumen seperti Word, Excel dan Slideshow.

Stocks
Untuk melihat pergerakan saham international.

Teeter
Game bawaan ponsel HTC yang sudah menjadi ciri khas sejak dulu.

HTC Sensation XL with Beats Audio Review Gallery

13.Benchmarking
Quadrant Standard : 2038 points




Neocore : 58.6 FPS




Linpack : 49.664 MFLOPS / 1.69 seconds




Multitouch Tester : 5 sentuhan


14.Daya Tahan Baterai
Ditenagai dengan prosesor 1.5 GHz single-core, Sensation XL dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1600 mAh. Penggunaan ini kami rasa cukup tepat untuk mengimbangi konsumsi daya yang dihabiskan oleh prosesornya dan layarnya yang cukup besar. Saat proses review ponsel ini hanya terkoneksi dengan WiFi dan dengan penggunaan yang cukup intens ponsel ini menguras baterasi sebanyak 40% dalam 8 jam. Untuk pemakaian normal kami rasa akan bertahan minimal 16-20 jam.

Note : Ketahanan relatif berdasarkan penggunaan masing-masing, dan faktor lainnya seperti lokasi, suhu ruangan, jumlah aplikasi yang dijalankan dan lainnya.

15.Kesimpulan
Dengan harga jual kurang lebih 6 juta rupiah, ponsel ini masih terasa over price. Apalagi prosesor yang digunakan masih single-core. Layar besar menjadi nilai plus, namun tingkat resolusinya rendah sehingga terasa kurang tajam. Penggunaan layar berjenis SLCD sudah cukup baik namun tidak secerah jenis layar lainnya seperti Super AMOLED atau Nova Display. Kamera pada ponsel ini bisa diandalkan dan mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas. Selain itu pemutar musik menjadi salah satu fitur utama, berkat dukungan Beats Audio beserta headset iBeats. Tapi untuk anda yang menyukasi hasil suara yang lembut atau klasik, headset iBeats terasa tidak cocok untuk anda. Performa dan daya tahan ponsel ini cukup baik juga.

Kelebihan :

  • Teknlogi Beats Audio
  • Headset iBeats
  • Kamera bagus
  • Antar Muka HTC Sense

Kekurangan :

  • Harga terlalu mahal
  • Layar tidak tajam
  • Multimedia selain musik, sangat standar

TeknoUp


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014