TOP
REVIEWS
Review: Prada Phone 3.0 by LG
Ketika Kemewahan Prada Bertemu Teknologi LG
Jan 05 2012 1:45PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
28
15868

1.Perkenalan
Prada Phone 3.0 by LG adalah sebuah smartphone canggih dengan balutan kemewahan. Ponsel ini diharapkan dapat menarik perhatian fashionista terutama dari kaum wanita dan akan siap bersaing dengan kompetitor sekelasnya. Prada Phone 3.0 yang memiliki desain setipis 8,5 mm dan desain yang mewah ini dipersenjatai dengan layar 4,3 inci Nova Plus, yang diklaim memiliki tingkat keterangan layar 2 kali lipat dari layar berjenis Super AMOLED, Prosesor 1 GHz dual-core dan kamera utama 8 MP dengan dukungan pengambilan video kualitas Full HD 1080p. Seperti apakah performa dan isi dari Prada Phone 3.0 by LG ini? Silahkan simak review dari kami di bawah ini.

Spesifikasi Utama Prada Phone 3.0 :

  • Layar 4,3 inci WVGA, IPS Nova Plus
  • Prosesor 1 GHz dual core / dual channel
  • Android OS 2.3 Gingerbread (update ke ICS tersedia)
  • Kamera 8 MP Auto Focus + LED Flash, Video Recording 1080p
  • Kamera depan 1,3 MP
  • Memori internal 8 GB
  • NFC
  • Baterai 1540 mAh

2.Desain dan Bodi
Prada Phone 3.0 by LG memiliki desain yang elegan dan mewah. Saat digenggam terasa sekali build quality dari ponsel ini sangat baik dan dengan ketebalan hanya 8,9mm membuat ponsel ini terlihat begitu berkelas. Sekeliling sisi ponsel dibalut dengan rangka/bezel dengan warna Black Chrom sehingga semakin menonjolkan sisi kemewahan dari Prada Phone 3.0.

Pada tampak muka terdapat layar berukuran 4,3'' dengan resolusi WVGA 800x480 pixel dengan teknologi Nova Plus 800nit yang memberikan tingkat keterangan layar 2x lipat daripada layar berjenis lainnya. Sekeliling layar didominasi oleh frame berwarna hitam, sebuah logo PRADA di bagian atas dan sebuah kamera depan beresolusi 1,3MP di sebelah kiri logo PRADA.




Tampak belakang didominasi dengan warna hitam. Cover baterai terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan bahan texture yang sedikit kasar, hal ini meningkatkan grip/pegangan tangan sehingga ponsel tidak mudah slip dan terjatuh. Di pojok kiri atas terdapat sebuah kamera beresolusi dengan 8 MP dengan dukungan LED Flash. Logo PRADA dipasangkan di bagian tengah bodi belakang, sedangkan logo LG terdapat dibagian tengah bawah. Di pojok kiri bawah terdapat dua buah lubang speaker.


Pada bagian sisi atas ponsel terdapat lubang audio 3,5mm, tombol kamera, port microSD dengan penutupnya, dan tombol power/lock. Sedangkan di sisi kiri terdapat tombol pengaturan volume up/down.


3.Antar Muka
Antar muka ponsel ini menggunakan antar muka khusus yang didesain untuk Prada Phone 3.0. Antar muka didominasi oleh warna hitam dengan ikon-ikon unik berwarna putih. Namun sayangnya tidak semua ikon aplikasi terkustomisasi, misalnya aplikasi-aplikasi Google (Gmail, Maps, Talk,dll) ikonnya masih berupa ikon standar sehingga terlihat berbeda dengan ikon bawaan lainnya. Namun beberapa ciri khas antar muka LG masih terasa di Prada PHone 3.0 ini.




Home screen terdapat 7 halaman yang seperti biasa dapat dikustomisasi dengan wallpaper, folder, shortcut aplikasi dan widget. Widget-widget pada Prada Phone 3.0 terlihat unik dan lain dari ponsel-ponsel lainnya. Seperti baisa pada bagian atas terdapat halaman notifikasi yang dapat diakses dengan menarik turun bar notifikasi.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery



Pada bagian drawer aplikasi tampilannya mirip dengan ponsel LG lainnya, aplikasi dibagi dalam beberapa kategori seperti Applications. Google Services dan Downloads. Drawer aplikasi akan menampilkan aplikasi dengan format 5 baris x 4 kolom. Dimana 4 aplikasi di baris terbawah tidak bergerak (dock).


4.Input Teks
Input teks pada Prada Phone 3.0 mengandalkan LG Keyboard saja. Keyboard LG ini juga dapat dirubah tampilannya menjadi menu Handwritting, namun untuk penggunaan masih dirasa kurang maksimal karena memakan waktu lama dan tidak begitu akurat.



5.Contacts
Tampilan kontak pada Prada Phone 3.0 mirip dengan tampilan kontak pada ponsel Android Gingerbread pada umumnya. Kontak tersusun secara abjad dengan tampilan cukup besar untuk memudahkan pencarian kontak. Pada sisi kanan terdapat bar navigasi abjad untuk mempercepat pencarian kontak.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery



Menu contacts diisi dengan tab berjumlah empat buah, yang terdiri dari tab Dial, Call log, Contacts, dan Groups. Anda dapat mengimpor contacts dari microSD dan sinkronisasi akun dari MS Exchange, Facebook, Twitter, Myspace dan Google.




Detail kontak cukup banyak namun masih tergolong standar kontak pada ponsel Android. Nama, No telp, Email, Groups, Alamat, Organisasi, Custom Ringtone, IM, Website, Event, Note dan Nickname bisa ditambahkan ke dalam kontak. Anda juga bisa membuat kontak menjadi favorit dan menambahkan foto ke kontak pilihan anda.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery

6.Messaging
Seperti di smartphone Android yang lain, fitur Messaging tampil dengan tampilan yang sederhana. Saat masuk anda akan langsung terhubung dengan inbox serta tombol New Message untuk memulai pembuatan pesan. SMS editor tampil dengan format threaded. Untuk mengubah pesan menjadi MMS, cukup menekan tombol bergambar paperclip untuk memasukkan file multimedia seperti gambar, video,musik, dan lainnya.


Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery

Gmail pada Prada Phone 3.0 sama seperti pada ponsel lain. Sudah mendukung push notifikasi dan multi akun. Tampilannya mirip hanya saja beberapa bagian berwarna hitam sesuai dengan tema bawaan Prada Phone 3.0. Tidak ada fitur yang spesial pada fitur Gmail di ponsel ini. Selain Gmail anda juga bisa melakukan pengaturan Email lainnya untuk ditambahkan ke ponsel anda.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery

7.Gallery
Galeri yang ada di ponsel ini adalah galeri standar ponsel Android yaitu galeri dengan tampilan 3D standar yang mencampurkan video serta gambar sekaligus. Waktu yang diperlukan untuk loading galeri cukup cepat, sedangkan zooming dapat dilakukan dengan pinch and zoom. Kita dapat langsung berbagi foto melalui MMS, Twitter, email, Facebook, Picasa, Bluetooth dan Gmail dan lain-lain. Lalu gambar yang ada bisa dijadikan wallpaper, di crop, atau dirotasi.



8.Kamera
Prada Phone 3.0 by LG ditanamkan kamera beresolusi 8MP dengan resolusi maksimal 3264x2448 pixel. Sedangkan untuk fokus mode hanya tersedia pilihan Auto, Face tracking dan Continous. Fitur lainnya seperti Scene Mode, ISO sampai 400, dan White balance sudah ditanamkan pada menu kamera Prada Phone 3.0 ini. Hasil jepretan kamera memiliki hasil yang cukup baik.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery

Hasil Foto Indoor




Hasil Foto Indoor - Flash




Hasil Foto Indoor - Objek dekat 1




Hasil Foto Indoor - Objek dekat 2




Hasil Foto Outdoor (cuaca mendung)




Hasil Foto Outdoor - Objek dekat (cuaca mendung)


Video Recorder
Kamera belakang Prada Phone 3.0 mampu merekam video dengan kualitas Full HD 1080p. Hasil rekaman video yang dihasilkan oleh kameranya cukup baik, gambar cukup tajam, cerah dan suara yang ditangkap melalui microphone cukup jernih dan keras. Pada perekam video terdapat pengaturan Video size, White balance, Audio Recording dan Auto review.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery



Hasil Rekaman Video

9.Pemutar Musik
Pemutar musik ponsel ini tidak berbeda jauh dengan ponsel Android biasa, dengan 4 kategori utama yakni Songs, Albums, Artists dan Playlists. Album art ditampilkan saat memilih album maupun saat memutar lagu. Pemutar musik ini memiliki pengaturan equalizer yang hanya dapat diaktifkan saat ponsel terkoneksi dengan headset/headphone, namun anda tidak dapat mengedit equalizer secara manual. Pilihan Equalizer sangat banyak. Suara yang dihasilkan loudspeaker, cukup powerfull, terdengar lumayan nyaring namun tidak pecah pada volume tinggi. Dengan memakai headset bawaan 3.5mm keluaran suara akan lebih baik, apalagi jika memakai berbagai efek yang sesuai dengan lagu yang anda putar.

Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery



10.Pemutar Video
Pemutar Video bawaan ponsel ini cukup mumpuni untuk memutar film-film beresolusi HD 720p. Kami sempat mencoba video dengan format mkv dan video dapat diputar dengan sempurna, berikut subtitlenya. Selain itu video dengan format mp4 dengan resolusi HD 720p juga dapat diputar dengan sempurna. Suara yang dihasilkan pun cukup jernih dan keras. Rupanya Prada dan LG tidak melupakan sisi multimedia dari ponsel ini. Berkat dukungan layar Nova Plus yang cukup cerah membuat video yang tertampil cukup bagus.


11.Browser
Web browser ponsel ini bekerja cukup baik dan sudah dilengkapi dengan Flash Player sehingga menonton video via web browser dapat dilakukan dengan lancar. Maksimal halaman/tab yang dapat dibuka secara bersamaan adalah standar sistem Android yang hanya bisa membuka 8 halaman saja. Pengaturan-pengaturan standar seperti JavaScript, Load Images, Plug-ins, History, Bookmarks dan lain sebagainya sudah tertanam dalam pengaturan browser. Untuk melihat performa dan tampilannya silahkan lihat foto dan video di bawah ini.


Prada Phone 3.0 by LG Review Gallery

12.Konektivitas

  • GSM / HSDPA
  • Bluetooth 3.0, A2DP, EDR
  • Wi-Fi 802.11
  • Micro USB 2.0
  • NFC
  • GPS, A-GPS

13.Aplikasi Bawaan
App Manager
Aplikasi ini seperti task manager pada umumnya, untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Selain itu anda juga bisa menghapus aplikasi yang anda download juga melalui aplikasi ini.





Car Home
Aplikasi ini bertujuan agar anda lebih mudah memakai ponsel dalam keadaan menyetir, dengan 6 ikon berukuran besar yang berisi shortcut ke Navigate, Contacts, Call Log, Dial, music dan Voice Search serta shortcut lainnya.




Finance
Pemantau pergerakan bursa saham dengan auto refresh yang bisa diatur.




Polaris Office
Anda dapat melihat dan mengedit dokumen, sheet dan slide melalui aplikasi ini.




Smart Share
Aplikasi untuk memainkan dan sharing media dari optimus 3D ke device lain via WiFi.


14.Benchmarking
Quadrant Standard : 2604 point


Neocore : 57.2 FPS


Linpack : 41.687 MFLOPS / 2.01 seconds


Multitouch tester : 10 sentuhan


15.Performa
Prada Phone 3.0 sudah memakai teknologi dual core / dual channel yang juga ditanamkan pada LG Optimus 3D. Tambahan channel dan memori memberikan efisiensi kerja dari dual prosesor yang dimiliki ponsel ini yang secara langsung memberikan efek positif pada daya tahan baterai. Keunggulan lainnya adalah bandwidth memori dari chipset 2x lebih cepat daripada smartphone dual core lain yang hanya memiliki single channel dan single memory. Kedua prosesor dengan mulus dapat mencampur dan mencocokkan memori yang digunakan untuk memfasilitasi interaksi antara prosesor dual core dan dual memory. Performa dari Prada Phone cukup bagus dan lebih dari cukup, mengingat ponsel ini lebih diarahkan untuk fashion, tidak ada lag yang mengganggu saat proses review berlangsung.

16.Daya Tahan Baterai
Baterai yang diberikan oleh LG adalah sebuah baterai standar berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 1540mAh. Walaupun sudah menggunakan prosesor dual-core namun ketahanan ponsel ini cukup baik berkat efisiensi dari ditanamkannya teknologi dual core / dual channel. Kami rasa untuk penggunaan sehari-hari dengan konektivitas data yang aktif, penggunaan multimedia, web browsing, panggilan dan pesan, ponsel ini mampu bertahan hingga 18-24 jam.

*Ketahanan tergantung pada kestabilan sinyal operator, suhu ruangan, intensitas pemakaian, aplikasi yang dijalankan, dan faktor lainnya. Hasil akan variatif dan relatif.

17.Kesimpulan
Menurut informasi yang kami terima ponsel ini akan dibanderol dengan harga sebesar 6,99 juta rupiah. Harga ini cukup wajar dipasang sebagai harga jual jika dilihat dari segi fashion, mengingat ponsel ini menawarkan kemewahan dan desain dari Prada untuk para fashionista. Sebuah produk fashion dari Prada misalnya tas saja umumnya berkisar sekitar 30juta rupiah untuk sebuah tas. Soal spesifikasi kami rasa biasa saja jika dibandingkan dengan smartphone papan atas lainnya yang tentunya memiliki prosesor yang lebih cepat. Namun untuk performa sudah sangat bisa diandalkan, karena performanya cukup baik. Nilai jual utama selain desain adalah fitur multimedia seperti pemutar video, pemutar musik dan kamera.

Kelebihan :

  • Layar 4,3 inci dengan teknologi Nova Plus
  • Teknologi Dual core / dual channel memberikan efisiensi dan kecepatan
  • Suara speaker powerfull dan tidak sember
  • Antar muka unik
  • Performa bagus

Kekurangan :

  • Harga jual tinggi, mengingat ini ponsel Fashion
  • Tidak ada port HDMI
  • Layar belum HD



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
9
31 Oct 2014
24
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
9
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
24
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.