TOP
REVIEWS
Review: Motorola XT910 Droid RAZR
Kelahiran Kembali RAZR, Sang Legenda
Dec 16 2011 4:46PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
48
30223

Motorola RAZR V3 adalah ponsel clamshell yang pada tahun 2004 mendobrak dunia dengan desain tipis dan bodi yang sangat keren, dengan ketebalan 13.9 mm dan berat 95 gram membuat sebuah standar baru untuk ponsel yang tipis.Sekarang Motorola berniat meneruskan kejayaan klan RAZR dan juga DROID dengan ponsel Android barunya XT910 Droid RAZR. Penggunaan Kevlar di bagian belakang dan frame stainless steel menolong ponsel ini memiliki ketebalan 7.1 mm di bagian tertipis. Dengan prosesor Texas Instrument dual core dengan clock 1.2GHz dan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread, UI khas Motorola Moto Blur masih dipakai dan lebih dikembangkan dari sebelumnya. Memiliki layar 4.3 inci dengan resolusi 960x540 piksel dengan Super AMOLED, membuat tampilannya menjadi lebih bagus dan vivid dibanding Droid sebelumnya. Tidak kalah dengan flagship vendor Android lain, Motorola melengkapi Droid RAZR dengan kamera 8Mp dengan perekaman video 1080p.


Bodi dan Desain
Desain RAZR mirip dengan Nokia X7 bila dilihat dari depan. Kemiripan ini dilihat dari bagian sudutnya yang membengkok lalu menyiku. Bagian depan ini merupakan layar kapasitif 4.3 inci dengan bingkai hitam yang dikelilingi list warna gelap, tentu untuk memberi kesan mewah. Sementara itu di bagian belakang bagian penutup baterai dengan bahan kevlar menambah kesan mewah, seakan Droid RAZR adalah supercar yang dipenuhi dengan part-part berbahan karbon. Kevlar ini dikelilingi oleh list gelap yang sama seperti pada bagian depan. Kamera 8MP serta LED flash dan loudspeaker membuat bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya.


Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery


Dilihat dari samping, dengan bagian tertipis hanya 7.1 mm, memang akan cukup mencolok. Ditambah dengan bagian belakang yang terlihat mewah. Namun ada pengorbanannya, Droid RAZR dirasakan kurang nyaman dalam genggaman karena bagian samping dan belakangnya yang terlalu menyiku. Dibandingkan Galaxy Nexus yang sedikit lebih besar dan tebal, bodinya Nexus lebih memiliki lengkungan sehingga nyaman digenggam. Meskipun layar Droid RAZR lebih kecil daripada Galaxy Nexus (4.3 inci vs 4.65 inci) namun dimensi kedua ponsel ini serupa. Mungkin dikarenakan RAZR memiliki tombol kapasitif di bawah layar, dimana hal itu tidak diperlukan Galaxy Nexus yang menggunakan Ice Cream Sandwich.


Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Layar
Dengan layar Super AMOLED 4.3 inci beresolusi 960x540 piksel, Kepadatan piksel RAZR di atas Samsung Galaxy S II (256 ppi vs 217 ppi). Namun super AMOLED RAZR sama seperti pada Galaxy S pertama, Galaxy Nexus dan Galaxy Note, dengan PenTile Matrix dimana 1 piksel hanya berisi 2 subpiksel, sehingga akan terlihat kurang tajam dibanding jenis RGB biasa yang berisi 3 subpiksel, namun kepadatan piksel yang cukup besar hal ini tidak mengganggu dibanding PenTile Matrix pada layar Super AMOLED Galaxy S, meskipun tidak setajam Galaxy Nexus dengan layar HD 720p-nya.
Yang pasti dalam pemakaian normal PenTile Matrix tidak akan mengganggu, karena layar Super AMOLED menghasilkan layar yang sangat indah dan nyaman dilihat dengan kontras tinggi dan warna hitam yang benar-benar hitam dan gelap yang sangat memanjakan mata Anda, meskipun banyak yang menyebut kalau AMOLED tidak natural dan kebiru-biruan dibanding LCD dikarenakan warna yang sangat ngejreng. Sudut penglihatan serta performa di bawah matahari pun bagus.





Antar Muka
Menggunakan Android 2.3.5 Gingerbread, Motorola merombak antar mukanya menjadi UI khas mereka, MotoBlur. Antar mukanya mirip dengan Motorola Defy+ yang sudah diupdate Gingerbread. Lock screen cukup advance, dengan akses pintas untuk meng-aktif/non aktifkan ringtone/suara, serta akses pintas ke kamera dengan menggeser slider unlock ke arah kiri, jadi sangat berguna untuk memotret dengan cepat. Homescreen berjumlah 5 buah berjejer secara horisontal dengan efek yang menarik di tiap transisinya. Seperti biasa Anda dapat menambahkan widget, akses pintas, folder dan wallpaper serta tentu ikon aplikasi.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Menu utama pun berjejer secara horisontal, dengan ikon-ikon berjumlah 4x5 pada tiap halaman menu. Ada beberapa grup di menu utama yakni All Apps, Recent dan Downloaded, disini Anda juga bisa mambuat grup baru. Apps dapat disortir berdasarkan alfabetis, frekuensi digunakan dan terakhir digunakan, tidak ada opsi untuk membuat susunan semau Anda. Ada fitur yang cukup menarik yakni Hidden Apps, caranya dengan menahan ikon Apps yang ingin disembunyikan dan pilih Hide maka apps tersebut tidak hadir di menu utama. Bar notifikasi tidak memiliki akses pintas ataupun fungsu lainnya selain menampilkan aplikasi yang sedang berjalan dan notifikasi. Secara umum dengan antar muka kustomisasi ala Motorola ini tetap mudah digunakan ditambah lagi adanya beberapa fitur tambahan yang cukup berguna. Performanya pun bagus, tidak ada masalah kurang smooth atau apapun yang mengganggu.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Input Teks
Motorola menyediakan 4 metode untuk memasukkan teks yakni MOBiDIV keyboard (QWERTY), Moto input method (handwriting recognition), Multitouch Keyboard (QWERTY) dan Swype (mengetik dengan sapuan jari pada keyboard QWERTY).

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Phonebook
Kontak ponsel ini tersinkronisasi penuh dengan akun Facebook, Gmail, Twitter dan lain-lain. Saat melihat kontak seseorang dari Facebook, kita dapat melihat update status dan histori yang bersangkutan, serta photo. Untuk kontak biasa anda dapat menambahkan email, group, kodepos, organisasi, events, IM, notes, nickname dan website. Seperti ponsel Android lainnya kapasitas phonebook tak terbatas dan dapat disimpan di ponsel serta akun Gmail.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Messaging
SMS pada ponsel ini tentu menganut Threaded Mode dan penggunaannya sangat mudah berkat antarmuka yang intuitif. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda cukup menambahkan media yang akan dikirim. Untuk GMail tidak berbeda jauh dengan ponsel Gingerbread lainnya lengkap dengan push notifikasi. Tersedia Talk untuk melakukan chat dengan pengguna Google Talk lainnya.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Kamera
Antar muka kamera beresolusi 8MP cukup mudah digunakan dan jelas fitur-fiturnya. Ada fitur geo-tag, shutter tone, effects, Scenes (auto, portrait, landscape, sport, night portrait, sunset, macro), Mode (single shot, panorama, multishot, timer), exposure, dan flash. Anehnya tidak ada pilihan resolusi, hanya ada 8Mp dan 8MP dalam wide mode yang menghasilkan foto sebesar 6MP. Untuk fokus, ada fitur continous autofokus yang cukup responsif.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Hasil kamera cukup bagus baik dalam maupun luar ruangan. Warnanya cukup natural dan tidak terlalu ngejreng. LED flash cukup membantu dalam kondisi dalam ruangan. Untuk mengunduh file aslinya silakan unduh di link ini.


Makro Mode Indoor


indoor dengan flash


Indoor tanpa flash


makro outdoor


outdoor sore hari




Perekam Video
Kamera depan Droid RAZR saja mampu merekam video 720p, tentu kamera belakang lebih bagus lagi dengan resolusi 1080p. Fitur-fitur perekam video kamera belakang antara lain Geo-tag, video stabilization, shutter tone, effect, audio scenes (stereo, wine reduction, concert, balanced dan front facing), mode, exposure dan LED flash. Untuk pilihan resolusi video, ada HD 1080p, 720p, DVD (720x480) dan 320x240.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery



Ponsel ini cukup boros dalam hasil perekaman video 1080p. Dalam 1 menit video ia menghasilkan file sebesar 110MB. Fokus dapat dilakukan dengan touch fokus. Bitrate-nya sekitar 15000kbps sementara framerate-nya 28 frame per detik.



Galeri Foto
Galeri memakai galeri buatan Motorola dengan opsi Camera Roll, My library, online (teman-teman jejaring sosial Anda), dan motoCast (mengsinkronisasikan musik dan foto dari komputer ke MotoCast). Galeri dapat dilihat berdasarkan Album, Lokasi (geotag), tags, timeline (waktu pemotretan) dan berdasarkan folder di storage. Foto dapat Anda share, dijadikan wallpaper, dan diedit kecil-kecilan seperti info, tag, diputar/rotasi, di-crop dan pengeditan foto sederhana dengan fitur-fitur enhance, efek, brightness, warna, resize dan flip. Dalam melakukan zooming melalui pinch and zoom meskipun gambar mengikuti cubitan jari kita, namun tidak mulus dan seperti patah-patah.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Pemutar Video
Pemutar video terintegrasi dengan galeri dan tidak memiliki aplikasi terdedikasi. Fitur-fiturnya sangat sederhana, seperti halnya pemutar video bawaan Gingerbread. Subtitle format .srt tidak dapat dibaca. Untuk format video, avi divx dan xvid terbaca dengan lancar, sedangkan untuk format .mkv juga terbaca namun terpatah-patah di resolusi 720p. Format lain seperti .wmv dan .mp4 dapat dibaca sampai resolusi tertinggi 1080p. Video dapat Anda edit, dipotong, di-resize dan dihilangkan audionya.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Pemutar Musik
Music Player di ponsel ini ada dua jenis yakni Connected Music Player dan Music Player Standar. Agak membingungkan di Menu Utama karena ada dua ikon yang mirip satu sama lain. Apalagi nama ikon pun sama , Music. Untuk Connected Music Player merupakan aplikasi pemutar musik yang terkoneksi dengan Internet, disini ada tampilan lirik dari lagu yang sedang diputar, ada fitur identifikasi lagu (mirip fitur TrackID di ponsel Sony Ericsson), music map, music video (pencarian dan streaming video klip di Youtube langsung dari pemutar musik) serta radio internet (shoutCast).

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Untuk pemutar musik standar memiliki hal yang tidak ada di connected music player yakni efek-efek untuk audio seperti equalizer, efek 3D stereo, live stage, kustomisasi dan custom. Masih ada fitur lain seperti internet radio, podcast dan DLNA.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery



Konektivitas
Seperti biasa ponsel Android selalu dilengkapi konektivitas yang cukup lengkap, seperti ponsel ini yang menggunakan jaringan Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan HSDPA 850/900 / 1900 / 2100 dengan kecepatan download sampai dengan 14.4Mbps. Untuk konektivitas lokal, ada WiFi 802.11 b/g/n dual band dengan DLNA dan WiFi hotspot, selain itu ponsel ini memiliki a-GPS dan Bluetooth 4.0. Ditambah lagi dengan kemampuan MotoPrint, Anda dapat mencetak gambar, dokumen (word, PDF, web page, email, kalender, kontak) dari RAZR melalui WiFi. Format powerpoint dan Excel juga dapat dicetak via PC dengan terlebih dahulu aplikasi MotoPrint Host Utility.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Web Browser
Flash sudah didukung oleh ponsel ini, ketika kami memutar video Youtube 720p dalam browser yang bisa membuka sampai maksimal delapan tab ini, performanya cepat dan Anda masih bisa melakukan scrolling ke bawah dengan lancar. Kinerjanya secara umum cepat dan minim lag ketika membuka situs full HTML. Tidak seperti pada penampil foto, saat melakukan zooming melalui pinch and zoom di web browser tampilannya mulus dan lancar.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery





Aplikasi Bawaan
Untuk aplikasi yang sudah tertanam di Droid RAZR beberapa di antaranya adalah: kalkulator, file manager, Google Maps (versi 5.8.0) dan Task Manager.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Aplikasi Pihak ketiga
Mobo Player
Masalah di pemutar video bawaan yang pemutaran file berformat .mkv-nya tidak lancar teratasi dengan meng-install aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis di Android Market ini. Dengan menggunakan opsi soft-decoding, video .mkv beresolusi 720p berdurasi 1,5 jam dengan ukuran 600MB beserta subtitle-nya berjalan dengan lancar. Selain itu pemutar video ini juga memiliki fitur-fitur yang lebih advance daripada pemutar video bawaan yang sederhana, antara lain: scan SD card, gesture untuk mengatur volume, tingkat kecerahan serta timeline, warna, ukuran dan jenis huruf subtitle dan masih banyak lagi.

Motorola XT910 Droid RAZR Review Gallery




Hasil Benchmarking
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan
Quadrant Standart: 2345 poin
Antutu: 5825 poin
Neocore 3D: 59.1 frame per detik








Daya Tahan baterai
Baterai yang melengkapi Droid RAZR adalah jenis Lithium Ion dengan kapasitas 1780 mAH. Daya tahannya lumayan, paling tidak bisa bertahan selama jam kerja jika anda sesekali browsing, memutar video dan musik serta menggunakan WiFi sebagai koneksi internet dengan push notif dan data yang berjalan di background. Sayangnya desain Droid RAZR tidak memungkinkan batere untuk diganti.

Kesimpulan
Dengan harga Rp. 5999.000, Droid RAZR tergolong smartphone kelas high-end, desain yang tipis yang mewah namun kuat memang jualan utama ponsel ini dibanding ponsel lain yang merupakan pesaing mereka untuk masalah fitur seperti Samsung Galaxy S II, namun Motorola tidak melupakan masalah performa serta menawarkan pengguna sebuah antarmuka dan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone Android, apalagi ditambah penggunaan layar Super AMOLED serta prosesor dual core yang memungkinkan pengguna menikmati smartphone mewah dengan performa bagus.

Kelebihan:

  • Desain yang tipis dan kuat
  • Layar Super AMOLED 4,3 inci resolusi 960x540 piksel
  • Dukungan format video Divx dan xvid
  • Led notifikasi
  • port HDMI


Kekurangan:

  • Bagian atas di belakang yang lebih tebal membuat ponsel agak aneh ketika ditaruh di permukaan datar
  • Tidak ada tombol shutter kamera
  • Ergonomi dalam menggenggam ponsel kurang nyaman akibat desain yang lebih besar dari ponsel sekelasnya serta terlalu menyiku di sudut-sudut sampingnya



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
28
27 Aug 2014
5
21 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
17
Aug 29 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Akan Datang
0
Aug 26 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
28
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.