TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Note GT-N7000
Size Does Matter
Nov 21 2011 4:18PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
34
65712

Meskipun Samsung memposisikan Galaxy Note GT-N7000-nya sebagai sebuah smartphone, namun tetap saja ukurannya tergolong besar dan jauh melebihi ponsel pada umumnya dan berada di pertengahan antara tablet dan smartphone. Galaxy Note menurut Samsung merupakan sebuah tipe baru dari smartphone. Mengkombinasikan layar 5.3 inci Super AMOLED HD dan Android 2.3 Gingerbread dengan S Pen interface ditenagai oleh prosesor dual core 1.4 GHz dan batere 2500 mAh,mempunyai kamera 8MP dan 2MP dipadu dengan konektivitas 3.5G, WiFi, GPS serta Bluetooth, dengan harga Rp. 6999.000 mampukah Galaxy Note menancapkan sebuah benchmark baru bagi smartphone Android?

Paket Penjualan
Untuk sebuah smartphone dengan harga nyaris 7 juta, isi paket penjualan Note tergolong sangat sederhana. Berikut isinya:
- Charger+kabel data
- Headset tipe in-ear
- Kartu Garansi
- User Manual




Desain dan bodi
Terlepas dari ukuran jumbonya, jika dilihat dari depan Note mirip seperti Samsung Galaxy S pertama. Bagian sampingnya pun sama dengan SGS, terbuat dari list berwarna biru gelap. Sementara itu casing belakang adalah karet bergerigi yang sudah ada di nyaris semua smartphone Samsung yang dirilis setelah Galaxy Ace. Bahan bergerigi ini memiliki beberapa keuntungan seperti tidak licin dan anti-keringat. S-Pen yang merupakan stylus spesial Galaxy Note ditempatkan di sebelah kiri pada bagian belakang Note, dengan penempatan yang mirip dengan PDA-PDA keluaran tahun 2000 awal. S-Pen ini tidak bisa digunakan untuk ponsel berlayar kapasitif lainnya. Kover belakang penutup baterai bisa dicopot, namun untuk memasukkan SIM card dan Micro SD perlu membuka baterai terlebih dulu. Sayangnya tidak ada port HDMI di Galaxy Note.





Untuk masalah besarnya ponsel, memang akan bermasalah ketika Anda memegang Note dengan satu tangan, misalnya ketika Anda memegang dengan tangan kanan, ketika Anda berusaha menyentuh bagian ujung kiri pada layar maka Anda yang mempunyai jempol panjang sekalipun akan kesulitan karena akan mentok antara pangkal jempol dan layar sebelah kanan. Apalagi jika Anda berniat meraih ujung atas yang berseberangan. Jika saku kantong celana Anda sempit maka akan terasa sangat mengganjal ketika Anda duduk. Penggunaan Note memang maksimal dengan 2 tangan, apa boleh buat karena besarnya layar tentu mengorbankan kepraktisan dalam penggunaan. Meskipun berukuran besar, ternyata Galaxy Note cukup tipis, hanya 9.7 mm, lebih tipis 0.2 mm dari Samsung Galaxy S i9000. Beratnya pun ringan, 178 gram saja jika dibanding Dell Streak 5 inci yang 220 gram.


Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery

Perbandingan ukuran (kiri-kanan) HTC HD7 (4.3 inci), Galaxy Note (5.3 inci) dan iPhone 4 (3.5 inci)


Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Layar
Layar adalah salah satu keunggulan utama dari Samsung Galaxy Note. Spek layarnya antara lain Super AMOLED dengan resolusi 1280x800 piksel yang memenuhi diagonal selebar 5.3 inci, membuat kepadatan piksel sebesar 284,8 piksel per inci, jauh lebih padat dibanding Galaxy S II yang 217 ppi dan Galaxy Tab 7.0 Plus yang 215,63 ppi. Meskipun masih menggunakan PenTile matrix, dimana 1 piksel hanya berisi 2 subpiksel, sehingga akan terlihat kurang tajam dibanding jenis RGB biasa, namun besarnya resolusi pada Galaxy note membuat hal ini tidak mengganggu dibanding PenTile Matrix pada layar Super AMOLED Galaxy S pertama yang kerapatan pikselnya hanya 233,24 piksel per inci.


Kepadatan Piksel Samsung Galaxy S


Kepadatan Piksel Samsung Galaxy Note



Untuk soal kontras dan keindahan warna layar tipe AMOLED memang sukar dibandingkan dengan layar tipe apapun. Terutama soal kontras, dengan warna hitam yang benar-benar hitam, dalam kegelapan jika Anda memutar video yang tidak fullscreen maka batas antara layar dengan bodi hp tidak terlihat. Tingkat warna sangat tinggi dan enak dilihat, meskipun tidak natural namun keindahan warnanya seakan mampu menyihir siapapun yang melihatnya. Meskipun layar Galaxy Note terlihat adem dengan karakteristik kebiruan dan tidak menyilaukan bahkan saat di tingkat kecerahan tertinggi, namun saat digunakan di bawah terik matahari layar masih terlihat dengan jelas. Layar Galaxy Note ini memiliki beberapa mode seperti Dynamic, Standart dan Movie, dimana pada mode Movie layar yang tadinya bernuansa kebiruan menjadi berkarakter kuning yang cocok untuk menonton film.


Galaxy S (kiri) Galaxy note (kanan)



Antar Muka
Antar muka Samsung Galaxy Note yang ala TouchWiz UI dan ikon-ikon aplikasi yang mirip dengan ponsel-ponsel Gingerbread Samsung menegaskan kalau ini adalah ponsel, bukan tablet. Lockscreen saja yang agak berbeda. Karena layar yang lebih besar dan lebih tajam, ikon aplikasi yang tertampil baik di menu utama dan homescreen lebih banyak yakni 5x5 ikon dibanding 4x4 ikon pada Galaxy SII. Ikon tetap di bagian bawah layar pun menjadi 5 buah dibanding 4 buah pada SGS II. Homescreen terdiri dari 5 halaman dan Anda dapat menambahkan Widget, Folder, Shortcuts maupun wallpaper.Screen shot dapat Anda lakukan dengan menahan tombol Home dan power.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Menu utama khas TouchWiz dengan susunan horizontal terbagi menjadi beberapa halaman. Anda dapat meng-edit susunannya secara manual serta menambahkan halaman dan folder. Selain itu Anda dapat melihat menu utama dalam format List View. Bar notifikasi khas TouchWiz UI, dengan 5 akses pintas yang setia ada di tiap ponsel Android Samsung, untuk WiFi, Bluetooth, GPS, Silent Mode, dan auto rotation. Screen shot dapat Anda lakukan dengan menahan tombol Home dan power. Secara umum penggunaan antarmuka Galaxy Note cukup mudah dan bersahabat, terlebih lagi jika Anda sebelumnya menggunakan ponsel seri Samsung Galaxy.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Input Teks
Untuk metode input teks ada dua jenis yakni Samsung Keypad dan Swype. Pada metode Samsung Input Anda dapat berpindah ke handwriting recognition dengan menyentuh ikon di bagian kanan. Handwriting dapat dilakukan baik dengan tangan maupun S Pen yang tersedia di Note, membangkitkan kenangan masa kejayaan PDA dengan handwriting recognition-nya. Selain keyboard QWERTY ada mode 3x4 alias keypad ABC untuk Anda yang kesulitan mengetik di ponsel ini. Meski begitu keyboard QWERTY dalam posisi portrait saja sudah cukup lebar dan pas untuk melakukan pengetikan. Andai Anda tetap merasa sulit pun mode landscape sudah sangat lega untuk pengetikan cepat. Fitur lain yang tersedia adalah Predictive text, keypad sweeping, auto capitalization dan lain-lain. Untuk handwriting recognition ada beberapa pengaturan seperti recognition type, ketebalan pen, warnanya dan lain-lain.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Contact
Dalam menu Kontak terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan rekan Anda. Seperti ponsel Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter. Dari kontak anda bisa melihat profile picture, update status dari yang bersangkutan, alamat email, dan informasi-informasi lainnya yang ia share di akun Facebook/Twitternya. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Messaging
Penggunaan SMS sangat mudah. SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda cukup mengatachment media yang akan dikirim. Pengaturan cukup bervariasi, antara lain ukuran font, warna latar, limit text message, delivery report, pengaturan SMS, dan ringtone serta notifikasi.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Menggunakan GMail versi 2.3.5.2, Google Mail tampil dengan sempurna dan akan sangat membantu Anda yang pekerjaannya berkutat dengan email, dengan push notifikasi yang cepat, dukungan multi-account dan fitur-fitur yang sangat lengkap layaknya GMail versi desktop seperti Label, Starred, dan Search.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Instant messenger bawaan yang selalu ada pada Galaxy Note dan semua handset Android adalah gTalk. Notifikasi bisa diatur, bisa dimunculkan atau tidak, bila dimunculkan maka pesan yang masuk akan menghiasi layar pada bar notifikasi. Getaran serta ringtone notifikasi juga bisa diatur.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Kamera
Dengan resolusi besar 8MP, plus autofokus dan sebuah LED flash, wajar jika kita mengharapkan hasil foto maksimal dari Samsung Galaxy Note. Fitur-fitur yang tersedia adalah timer, white balance, ISO, metering, outdoor visibility, anti shake, auto contrast, blink detection, guidelines, image quality dan Geo tagging. Penggunaan kamera cukup mudah dengan antar muka yang intuitif. Namun sayangnya tombol kamera tidak ada, jadi hasil foto akan sering nge-blur jika tangan Anda tidak kokoh ketika memotret objek. Fokus dilakukan baik dengan autofokus maupun touch to focus. Kamera depan fixed focus 2MP sempurna untuk Anda yang narsis.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Hasil kamera bagus, tajam dan menghasilkan gambar dengan warna yang cukup cemerlang dengan kontras dan detil yang tinggi. Dalam ruangan yang gelap pun hasilnya bagus dan minim noise. Apalagi jika Anda memotret dengan flash, di bawah ada foto dimana kami memotret di dalam sebuah ruangan yang cukup gelap. Dengan kata lain kamera Galaxy Note patut diacungi jempol. Untuk Anda yang ingin mengunduh file asli hasil kamera Samsung Galaxy note silakan unduh file di link ini (berukuran 19.69MB)


Indoor, makro, tanpa flash


Indoor tanpa flash


ruangan gelap dengan flash


outdoor, tengah hari


makro outdoor


Perekam Video
Cukup wajar jika ponsel sekelas Galaxy Note diberikan fitur perekaman video 1080p. Dengan antar muka yang identik dengan kamera, fitur-fiturnya lumayan banyak seperti: exposure, timer, efek, white balance, outdoor visibility, guidelines, dan video quality. Namun tidak seperti kamera, tidak ada fitur fokus sama sekali pada perekaman video, baik dari autofokus maupun touch to focus tidak tersedia, ini merupakan sebuah kelemahan jika Anda ingin merekam video jarak dekat dengan obyek.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Hasil perekaman video 1080p berbeda dengan 720p, di perekaman 720p objek yang tertangkap lebih banyak dan lebih luas, meskipun secara kualitas dan ketajaman tentu lebih unggul 1080p. Hasil perekaman video 1080p mulus dan smooth, baik di dalam maupun luar ruangan. Dengan bitrate nyaris 17000 kbps dan framerate 29 frame per detik tentu tidak mengherankan kalau hasilnya bagus. Hasil bagus tentu mengorbankan storage, dimana untuk merekam video 1080p dalam 1 menit menghabiskan storage 120 MB.


Galeri Foto
Galeri foto dan mencakup video khas Android dengan sentuhan 3 dimensi kala memiringkan ada pada Samsung Galaxy Note.Pinch and zoom bisa dilakukan untuk melakukan zooming. Gambar dapat langsung di-share via Bluetooth, email, MMS dan WiFi serta jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Untuk pengaturan lainnya Anda dapat melakukan copy, print, edit, crop, rotate left/right, slideshow, rename dan details. Gambar tertampil sempurna di layar Super AMOLED HD, dengan respons dan rendering yang cepat.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Pemutar Video
Seperti ponsel Samsung Android sebelumnya, Galaxy Note memiliki sebuah aplikasi pemutar video terdedikasi. Perbedaan utamanya adalah tampilan daftar video yang ada bisa dalam mode thumbnails, list, maupun folder. Galaxy Note dapat memutar file video dengan banyak format. Kami mencoba memutar sebuah file .mkv 720p berukuran 1GB dengan durasi 1,5 jam dan film tersebut berjalan dengan sangat lancar dan mulus. Apalagi subtitle berformat .srt dapat terbaca dengan mudah dan ditambah beberapa pengaturan seperti aktif atau tidaknya subtitle, sinkronisasi juka suara dan gambar tidak sinkron, pemilihan file subtitle yang ingin di-load, language, dan ukuran huruf. Ditambah dengan layar 5.3 inci yang luar biasa, pengaturan brightness, tone warna, fitur 5.1 channel dan fitur outdoor visibility langsung dari pemutar video bawaan, membuat Galaxy Note sempurna sebagai sebuah video player portable yang cocok untuk Anda yang hobi nonton. Untuk format lain, file .mp4 HD hasil unduhan dari Youtube dan .avi (divx/xvid) juga dapat terbaca dengan mudah.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Pemutar Musik
Pemutar musik Samsung Galaxy Note berpenampilan dan memiliki fitur-fitur standar Android, yang luar biasa. Anda dapat melihat album art secara thumbnail, list view, atau disc view. Untuk lagu yang tidak terdapat album art dihiasi gambar-gambar buatan Samsung untuk meramaikan suasana. Ada fitur visualization dimana akan ada bar equalizer yang mengikuti irama musik dengan album art sebagai background. Ketika player diminimize, di bar notifikasi ada tombol pause, previous dan next song untuk mempermudah.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Kualitas suara yang dikeluarkan dari headset in-ear bawaan Samsung cukup bagus. Kalau speaker cukup kencang dan jernih, namun ya karena cuma 1 buah speaker, Terdapat beberapa efek suara seperti equaliser yang bisa anda pilih, yaitu: Auto, Normal, Pop, Rock, Jazz, Dance, Classic, Live, dan Custom, dimana anda dapat mengatur equaliser sesuai dengan selera anda. Selain equaliser ada juga Effect, di sound effect ini ada Normal, Wide, Concert hall, Music clarity, Bass enhancement, dan Externalisation. Anda juga bisa memakai efek 5.1 channel, namun secara otomatis equaliser dan effect yang sedang anda gunakan berubah menjadi normal, dan ketika efek 5.1 channel dimatikan ekualiser dan efek tetap normal.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Radio FM
Untuk memutar siaran favorit anda harus mencolokkan headset anda. Region bisa dipilih, serta bisa menayangkan informasi stasiun radio yang sedang diputar. Anda bisa merekam siaran radio, selain itu ada fitur off secara automatis setelah 30 menit, 1 dan 2 jam.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Konektivitas
Galaxy Note berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan HSDPA 900/2100. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 3.0, WiFi (802,11 a/b/g/n) dan micro USB. Ponsel ini bisa menggunakan WiFi tethering (Mobile AP), anda dapat menge-share jaringan internet anda (3G atau GPRS) melalui WiFi, dan maksimal device yang bisa terhubung 3 buah. Lalu ada USB tethering, ponsel anda menjadi modem internet 3G.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Web Browser
Keunggulan dari layar HD beresolusi 1280x800 piksel sangat terasa di web browser, saat membuka situs TeknoUp dengan tampilan full Anda sama sekali tidak perlu melakukan zoom jika ingin membaca artikel, meskipun hurufnya ukurannya sangat kecil namun masih terbaca dengan sangat jelas. Untuk halaman / tab yang dapat dibuka sampai dengan 8 buah. Performa web mulus dan smooth, meski membuka halaman yang dipenuhi banyak konten. Demikian dengan Youtube, bahkan video 1080p bisa diputar cukup mulus (ada sedikit frameskip) dan saat melakukan scrolling masih berjalan tanpa patah-patah. Pokoknya sudah mendekati tampilan maupun pengalaman berseluncur di komputer.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Untuk fitur-fitur yang tersedia sudah lumayan memenuhi kebutuhan Anda yang gemar berseluncur di dunia maya, seperti Find, bookmark, tingkat kecerahan layar, serta pengaturan-pengaturan seperti text encoding, auto fit, javascript, plug in, cache, history, cookies, dan lain-lain.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Aplikasi Bawaan
Selain aplikasi S.Memo yang merupakan aplikasi spesial Galaxy Note, ada pula beberapa aplikasi bawaan Samsung lainnya seperti SocialHub, MusicHub, ReadersHub, AllShare, Mini Diary, Samsung Apps dan Task Manager. Google Maps yang tersedia adalah versi 5.8.0.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



S Memo
Pada dasarnya aplikasi ini adalah pengganti kertas memo bagi Anda, dapat ditulis dengan tangan Anda sendiri namun selayaknya kertas memo, tulis saja dengan S.Pen. Anda dapat menggambar maupun memberi warna dengan 4 jenis input: Pen, Kuas, Pensil dan Stabilo. Selain itu ada pilihan warna yang sangat banyak serta opsi untuk menambahkan gambar baik dari galeri, kamera, clip art, clipboard maupun map. Jika terjadi kesalahan ketika menulis atau menggambar, ada fitur eraser dan undo (serta redo). Background dapat Anda ganti dengan warna putih, memo bergaris-garis, kertas matematik, serta partitur nada. Aplikasi ini sangat fun, disamping itu juga bisa sangat berguna. Tiap memo bisa Anda lock dan diberi kode PIN agar tidak bisa dibuka dan diedit orang lain. Gambar dapat Anda ekspor ke Gallery maupun di-share via SocialHub, AllShare, Picasa, Facebook dan sebagainya.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Aplikasi Pihak Ketiga
Go Launcher Ex
Dengan aplikasi launcher pihak ketiga ini kami menggunakan berbagai efek transisi pada homescreen dan menu utama, mulai dari transisi kubus, globe dan lain-lain namun itu semua mampu ditangani oleh Samsung Galaxy Note, meskipun kadang ada lag yang terjadi namun secara umum cukup lancar.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Asphalt 6 HD
Game HD dimana Anda memainkan mobil-mobil dan melakukan balapan di tengah jalan umum ini sangat seru dan menegangkan, ditambah lagi dengan layar yang ekstra besar dan jernih milik Galaxy Note membuat game ini semakin mengasyikkan. Apalagi game juga berjalan lancar tanpa lag sama sekali.

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Hasil Benchmarking
Quadrant Standart: 3447 poin
Neocore: 51,3 frame per detik
Multitouch Test: maksimal 9 sentuhan

Samsung Galaxy Note GT-N7000 Review Gallery



Daya Tahan Baterai
Tidak mengherankan mengingat layar jumbo 5.3 inci membuat Galaxy Note diberikan baterai besar berkapasitas 2500 mAh. Ternyata hal ini membuat daya tahan batere cukup bagus, Note mampu bertahan 1,5 hari pada jam kerja dengan penggunaan internet menggunakan WiFi dan penggunaan lain seperti menonton video, mendengarkan lagu, dan menggambar melalui S Memo.

Kesimpulan

Galaxy Note memang belum punya saingan, dengan layar 5.3 incinya memang sulit memposisikan ponsel ini sebagai ''ponsel.'' Namun layar yang besar sangat memanjakan mata dengan Super AMOLED HD, ditambah lagi dengan performa tinggi dan S Pen yang cukup berguna sekaligus fun. Galaxy Note adalah sebuah spesies baru yang menjembatani antara ponsel dan tablet, namun sayangnya harganya lebih mahal dari keduanya (Galaxy S II dan Tab 10.1).

Kelebihan:

  • Layar 5.3 inci Super AMOLED HD 1280x800 piksel
  • Bodi tipis
  • Performa tinggi
  • S Pen dan S Memo
  • Kamera dan Perekam Video bagus

Kekurangan

  • Mahal
  • Tidak ada Port HDMI
  • Desain kurang mewah

Berikut video gabungan review lengkap Samsung Galaxy Note GT-N7000



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
17
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014
23
08 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
17
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.