TOP
REVIEWS
Review: Sony Ericsson Xperia Active ST17i
Xperia Untuk Anda Yang Sporty
Oct 10 2011 4:31PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
44
43671

Sony Ericsson telah meluncurkan seri Xperia terbarunya yang bergaya sporty bernama Xperia active. Xperia active merupakan smartphone Android yang di desain khusus untuk pengguna yang bergaya hidup aktif. Xperia active memiliki ketahanan akan debu dan air dengan teknologi wet finger tracking, dimana device akan tetap mengenali sentuhan jari walaupun dalam kondisi basah. Xperia active ini juga dilengkapi dengan barometer, pedometer dan pulse meter. Layar berukuran 3 inci (320x480) Reality display juga dilengkapi dengan Sony Bravia Mobile Engine dan diperkuat dengan Dragontail (produk pesaing Gorilla Glass). Terdapat juga kamera 5 MP yang dapat merekam video HD 720p dan baterai berukuran 1200mAh. Xperia active memiliki rating IP67, yang berarti device ini memiliki ketahanan debu dan air yang dapat bertahan dalam air payau hingga kedalaman satu meter untuk durasi maksimal 30 menit. Tunggu reviewnya di TeknoUp, Technology Speaking!!

Paket Penjualan
Harap diingat, Xperia Active yang kami review adalah edisi spesial Billabong, jadi paket penjualan dengan yang edisi standar mungkin akan berbeda. Edisi Billabong ini memiliki paket penjualan yang sangat lengkap:

  • Kartu garansi, baterai 1200 mAh, manual book, headset in-ear MH650
  • kabel data + charger, casing belakang 2 buah
  • strap, Sony Ericsson LiveView + casing, ear hook





Desain dan Bodi
Bodi ponsel ini bantet dan tebal, hal yang sangat wajar mengingat fitur anti airnya. Casingnya saja berlapis dua, jadi Anda harus membuka dua kali sebelum mengganti baterai atau memasukkan kartu SIM. Cara bukanya, Anda terlebih dulu harus membuka port USB dan port musik di bagian bawah ponsel, baru casing belakang bisa terbuka. Ups, masih ada casing kedua, yang mekanisme bukanya mudah saja, cukup menarik kaitan yang menonjol di bagian bawah. Cukup mudah, meskipun stepnya lebih banyak dari ponsel biasa, silakan lihat di video di bawah, namun inilah yang harus dikorbankan untuk sebuah ponsel tahan air, paling tidak jika Anda kehujanan atau jika Active nyemplung ke air, Anda tidak perlu panik. Lagipula tidak setiap hari Anda perlu buka baterai dan kartu SIM, kan?


Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Desainnya sendiri cukup unik dan lucu, karena bodinya yang pendek dan gempal. Di ujung kanan bawah ada tempat memasukkan strap yang menonjol. Bagian ini demikian juga list yang mengelilingi Active terbuat dari bahan keras. Sementara itu casing belakang yang plastik doff mengesankan ponsel ini sebagai ponsel anak muda. Layar Active meskipun sudah memakai Dragontail namun masih diberikan anti gore oleh Sony Ericsson. Sensor cahaya dan sensor proksimitas melengkapi bagian atas ponsel, sementara di belakang adalah kamera 5MP, mic, loudspeaker dan LED flash. LED notifikasi ada, meskipun kecil, di bagian kiri atas ponsel.



Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Layar
Dengan ukuran 3 inci dan resolusi 320x480 piksel (HVGA) layar Active persis ukurannya dengan Xperia X8 dan Xperia Mini Pro. Layarnya tergolong kecil untuk orang yang berjari besar, meskipun kesulitan hanya timbul jika ingin mengetik dalam portrait mode. Resolusi HVGA tentu tampak cukup halus di layar yang hanya 3 inci ini. Sudut penglihatan biasa saja, sementara itu di bawah layar matahari layar masih cukup terlihat. Karakteristik warna yang dihasilkan layar Active dalam menampilkan warna putih agak kekuningan dan entah kenapa Xperia Mini Pro lebih bagus, Active berkesan kusam. Sony Ericsson membekali layar Xperia Active dengan Bravia Engine. Namun karena Bravia Engine hanya aktif saat memutar file multimedia maka kami akan membahasnya di bagian tersebut.




Antar Muka

User interface yang digunakan Active kurang lebih sama dengan Mini Pro dan Mini, kental aroma ponsel Sony Ericsson Android kelas menengah, dengan beberapa akses pintas di 4 sudut layar, yang sudah eksis sejak Xperia X8. Akses pintas tersebut antara lain Messaging, Multimedia+compas+walkmate, Contact dan Dial Number. Layar terdiri dari 5 halaman yang bisa ditambahkan shortcut, widget, folder dan wallpaper. Themes bisa diganti dengan berbagai macam warna menarik seperti ruby, fluorite, orchid dan lain-lain. Wallpaper yang ditambahkan turut menjadi background menu utama. Untuk melihat aplikasi yang terakhir dibuka Anda dapat menahan tombol Home selama beberapa detik.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Secara default menu utama terdiri dari 5 halaman yang tersusun secara horizontal, dengan ikon-ikon berjumlah 4 kolom x 3 baris. Anda dapat mengatur urutan aplikasi, bisa default, secara alfabetis, yang paling sering digunakan dan baru terinstal. Selain itu tata letaknya bisa diubah sesuai keinginan anda dengan menekan ikon 4 kotak di sisi kanan bawah layar. Bar notifikasi tersedia, namun tanpa akses pintas apapun, hanya notifikasi saja. Sebagai salah satu anggota keluarga Xperia Android, Timescape tersedia di Xperia Active. Untuk melakukan screenshot silakan tekan tombol power selama beberapa detik dan pilih ''take screenshot''

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Input Teks
Secara default untuk layar dalam posisi portrait ponsel ini memakai metode qwerty sebagai input teks, namun jika Anda merasa ukuran hurufnya terlalu kecil bagi jari Anda, mode phonepad (abc) pun tersedia. Sementara itu dalam mode landscape ia memakai qwerty virtual. Untuk pengaturan ada learn words, quick fixes, word suggestion, dan feedback berupa getaran sewaktu mengetik. Metode input nya sendiri ada 3, yakni Chinese keyboard, International keyboard (standar) dan Japanese keyboard.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Phonebook
Saat pertama kali menggunakan contact akan ada opsi untuk mengimpor kontak dari SD card dan melakukan sinkronisasi dengan akun-akun enail maupun jejaring sosial anda semisal Facebook, WhatsApp, Exchange, Sync ML dan Google. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Messaging
Antar muka pada penulisan SMS seperti ponsel Android lainnya, mudah digunakan. Tersedia tampilan format Threading alias chat untuk memudahkan pengguna melihat obrolan mereka dengan rekan SMS nya. Untuk mengubahnya menjadi MMS pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan file multimedia.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Namanya juga OS buatan Google, G-Mail pada ponsel Android memang sangat berguna, push email sangat cepat, fitur-fiturnya pun lengkap. Mendukung beberapa akun Gmail, dan fitur-fitur standar seperti signature, text size, label, notification, dan lain-lain. Email masuk ke bar notifikasi hampir real time.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Untuk aplikasi Instant Messenger bawaan, ada G-Talk dan WhatsApp, yang dilengkapi push notification. Messenger lain dapat anda unduh di Android Market.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Kamera
Memang kamera Active tidak dilengkapi dengan Exmor R, namun dengan kualitas rekaman mencapai 5 megapiksel serta perekam video HD, itu sudah cukup untuk hasil yang memuaskan bagi sebagian orang. Antar muka kameranya seperti pada Xperia Mini Pro, dengan pengaturan via slide. Fitur-fiturnya antara lain: Scene recognition, resolusi, touch capture, self timer, flash, geo tagging. Mode fokus yang tersedia adalah continous auto fokus. Selain itu dukungan smile detection dan 3D panorama pun tersedia di ponsel ini.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Hasil kamera-nya tergolong bagus untuk kamera 5 megapiksel, namun seperti biasa ponsel Sony Ericsson sekarang, tingkat detil gambar tidak terlalu tinggi, menghasilkan file sebesar 500KB-1MB saja. Untuk kondisi dalam ruangan dengan intensitas cahaya yang lumayan hasil kamera cukup bagus meskipun warna yang dihasilkan berkurang jauh. LED flash cukup membantu dalam foto indoor kecuali kalau jaraknya jauh.


Makro indoor, tanpa flash


indoor, kondisi gelap, dengan flash


outdoor



Perekam Video
Perekam video HD 720p milik Active berfitur: scene, resolusi, exposure value, focus mode, flash, white balance, metering, touch capture, self timer dan image stabilizer. Aneh memang, fitur-fitur pada perekaman video justru lebih banyak daripada kamera. Meskipun ada focus mode, namun kamera video Active dilengkapi continous autofocus.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Hasil video bagus dan jernih, detil serta smooth. Tidak mengherankan, bitrate yang dihasilkan adalah 6000kbps lebih dengan framerate 29 frame per detik. Per 1 menit rekaman video yang kami embedd dibawah menghabiskan 45MB.


Galeri Foto dan Video
Galeri foto dan video milik Xperia Active sama dengan galeri standar ponsel Android yang memasukkan semua folder yang memiliki file foto dan video. Kinerjanya sendiri cepat meskipun ada rendering tiap kali membuka foto. Anda dapat melakukan cropping dan memutar foto serta menampilkan informasi geografis di foto tersebut. File bisa di-share melalui bluetooth, Facebook, Gmail, Messaging, Picasa, DLNA dan WhatsApp.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Pemutar video standar ala Android yang minim fitur adalah pemutar video bawaan di Xperia Active. Fitur-fiturnya hanya fast forward dan rewind saja. Anda dapat melakukan editing video, namun hanya format video tertentu. Video sampai resolusi 720p dengan format mp4 seperti yang dapat Anda unduh dari Youtube merupakan video yang dapat ditonton dengan mulus di Xperia Active. Sayangnya seperti halnya ponsel Sony Ericsson lain, file lain seperti avi dan mkv tidak bisa diputar, meskipun solusinya Anda dapat menginstal pemutar video pihak ketiga seperti Mobo Player.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery

Music Player

Tampilan pemutar musik memiliki 4 kategori utama untuk memilah-milah lagu: Artist, Albums, Tracks dan Playlists. Saat layar dalam kondisi landscape tampilannya ikut berputar mengikuti arah layar. Suara yang dihasilkan loudspeaker cukup kencang, apalagi jika anda mengaktifkan Xloud, yang sudah umum di jajaran Xperia phone. Selain itu pemutar musik Active memiliki berbagai pilihan equalizer seperti normal, classical, dance, pop, rock dan lain-lain yang tentu lebih nikmat jika memakai headset bawaan yang cukup bagus dan bertipe in-ear.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery

Radio FM

Anda harus menggunakan headset yang berfungsi sebagai antena untuk mendengarkan siaran radio. ID stasiun bisa ditampilkan (kalau memang ada)

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Konektivitas
Xperia Active berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan 3G 900/2100. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g/n) dengan DLNA, dan micro USB (sebagai mass storage dan PC sync menggunakan Sony Ericsson PC Companion). Ponsel ini bisa menggunakan WiFi tethering.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Web Browser
Kinerja web browser dalam membuka situs TeknoUp maupun situs-situs lainnya yang versi desktop cukup lancar, walaupun saat melakukan scrolling agak mampet jika situs tersebut memiliki banyak konten multimedia. Saat melakukan streaming video flash di Youtube tampilannya cukup lancar, kecuali jika Anda melakukan scrolling. Tab yang bisa dibuka maksimal 8 buah tab, standar smartphone Android. Selain itu ada berbagai pengaturan standar browser seperti history, cookies, javascript dan lain-lain. Silakan lihat video untuk mengetahui lebih lanjut performa browser dari Active.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery




Aplikasi Bawaan
Sebagai sebuah ponsel sporty, tentunya ada beberapa aplikasi yang mendukung Xperia Active. Beberapa di antaranya:
yakni SportyPal Pro, Javelt, Walkmate, Flashlight dan Compass.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Aplikasi Pihak Ketiga
Mobo Player

Dengan aplikasi pihak ketiga ini keterbatasan codec pada Xperia Active teratasi, sehingga ponsel ini dapat menayangkan file video selain format mp4. Namun tentu tidak semua file video bisa diputar, tergantung bitrate dan resolusi video itu sendiri, contohnya video berformat .mkv beresolusi HD tidak lancar dalam pemutarannya. File subtitle juga didukung oleh aplikasi ini juga pengaturan lainnya yang cukup advance untuk program pemutar video mobile.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery


Camera 360

Meski Xperia Active sudah berkamera dengan resolusi 5 megapiksel, namun fitur-fiturnya cukup minim, bahkan kalah banyak dengan perekam videonya. Karena itu ada aplikasi Camera 360 yang memiliki segudang fitur-fitur keren dan efek-efek yang akan membuat hasil foto dari kamera anda semakin menarik. Aplikasi ini tersedia gratis di Android Market.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery


Crazy Snowboard

Game Crazy Snowboard yang merupakan game gratisan (dengan iklan tentu saja) yang bisa anda unduh di market. Game full 3 dimensi tentang ski di area bersalju ini sangat lancar, smooth no lag di Xperia Active.

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Hasil Benchmarking
Quadrant Standart: 1769 poin
Neocore 3D: 66.5 frame per detik
Multitouch Test: maksimal 4 sentuhan

Sony Ericsson Xperia Active ST17i Review Gallery



Daya Tahan baterai
Dengan baterai 1200 mAh saja, sebenarnya sulit mengharapkan daya tahan baterai yang lebih lama jika anda sering menggunakan layanan data ataupun multimedia. Namun karena layar Active tergolong kecil maka paling tidak bisa bertahan dari pagi sampai malam, standar ponsel Android.

Kesimpulan
Dengan harga sekitar Rp. 3 juta, tentunya lebih mahal sedikit dibanding saudaranya yang berfitur kurang lebih sama, Xperia Mini Pro. Namun tentu ponsel yang tahan air memiliki harga yang berbeda. Anda sendiri yang menentukan, apakah perbedaan harga sekitar Rp. 700 ribu cukup beralasan untuk fitur-fitur sporty Xperia Active?
Kelebihan:

  • wet finger tracking
  • tahan air
  • Layar Dragontail
  • Bravia Mobile Engine
  • Kamera 5MP, 720p + LED flash


Kekurangan:

  • Layar agak gelap dibanding Mini Pro
  • Ukuran layar kecil untuk ponsel 3 jutaan



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
9
31 Oct 2014
24
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
9
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
24
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.