TOP
REVIEWS
Review: BlackBerry Bold 9900 Dakota
BlackBerry Canggih Andalan RIM
Sep 19 2011 1:57PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
68
43720

1.Pekenalan
BlackBerry Bold 9900 menjadi salah satu andalan di lini depan Research In Motion tahun ini. Mengandalkan keyboard QWERTY yang lebar dan nyaman, dan dukungan layar sentuh kapasitif, BlackBerry Bold 9900 menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan para pendahulunya. Dengan prosesor 1,2 Ghz kita lihat review di bawah ini tentang performa dari BlackBerry Bold 9900. Sebagai tambahan informasi BlackBerry Bold 9900 ini dibanderol dengan harga resmi 5,99 juta rupiah.


Spesifikasi Utama BlackBerry Bold 9900

  • 1.2 GHz QC 8655 processor
  • BlackBerry OS 7
  • Layar sentuh 2,8 inchi, 640x480 pixel
  • Keyboard Full QWERTY
  • RAM 768 MB
  • Memori internal 8 GB
  • Kamera 5 MP, Led Flash
  • HD 720p Recording
  • Baterai Li-ion 1230 mAh

Paket Penjualan :

  • Handset
  • Baterai Li-Ion 1230 mAh
  • Kabel Data Micro USB
  • Adaptor Charger
  • Leather Case
  • Headset
  • Kain pembersih layar

2.Desain dan Bodi
Desain dari BlackBerry Bold 9900 terlihat cukup elegan. Sekilas mirip dengan pendahulunya yaitu BlackBerry Bold 9000, namun jika dibandingkan lebih detail desain Bold 9900 lebih tipis dan hanya 10,5 mm saja. Desain Bold 9900 juga lebih lebar dan elegan. Bobotnya pun terhitung ringan hanya 130 gram saja. Tampak depan terdapat layar berukuran 2,8 inchi dengan resolusi 640x480 pixel, terdapat juga 4 tombol fisik dan trackpad dibarisan menu dan navigasi. Keyboard Full QWERTY sangat empuk dan enak digunakan untuk mengetik. Sekeliling BlackBerry Bold 9900 dibalut dengan bezel baja poles anti karat berwarna stainless yang akan menambah kesan elegan dari Bold 9900.

Tampak belakang Bold 9900 terkesan minimalis. Hanya terdapat kamera utama dan lampu led flash. Tutup baterai berbahan plastik ringan dengan motif karbon berwarna hitam, dengan logo BB di tengah atasnya. Di sekeliling tutup baterainya terdapat frame hitam doff untuk grip yang lebih baik.

Pada sisi kiri ponsel hanya terdapat lubang jack audio 3,5mm dan lubang micro USB untuk pengisian daya baterai dan pemindahan data melalui kabel USB. Pada sisi kanan ponsel terdapat 4 buah tombol fisik yaitu volume up, mute, volume down dan convinience key / tombol kamera.




Pada sisi atas ponsel terdapat 1 buat tombol fisik untuk melakukan mengunci dan membuka kunci tombol.

Sedangkan pada sisi bawah ponsel tidak terdapat tombol atau lubang apapun.

BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery



Secara kesuluuhan desain dan bodi Bold 9900 cukup sempurna, desainnya elegan, bentuk dan ukurannya pun enak untuk digenggam, terasa nyaman untuk mengetik di papan ketik full QWERTY. Bobot yang cukup ringan menjadi nilai tambah.

3.Antar Muka
Antar muka Bold 9900 menggunakan antar muka dari BlackBerry OS 7, versi terbaru saat ini yang dikeluarkan oleh RIM. Jika anda pernah menggunakan perangkat dengan OS 6 mungkin tidak terlalu asing lagi melihat tampilan antar muka Bold 9900.
Layar 2,8 inchi 640x480 pixel membuat antar muka yang tertampil tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, gambar yang dihasilkan oleh layar pun cukup tajam dan cerah. Dengan dukungan layar sentuh kapasitif dan trackpad, mengeksplorasi menu-menu pada BlackBerry Bold 9900 menjadi lebih mudah dan cepat.


Antar muka utama terbagi dalam beberapa halaman yang dapat anda sapu ke kiri dan kanan, yaitu :

  • All : berisi semua aplikasi dan menu yang ada di Bold 9900.
  • Favorites : berisi aplikasi-aplikasi favorit anda, yang sebelumnya telah anda tandai terlebih dahulu.
  • Media : halaman ini berisi menu music, picturem video, video camera, podcast dan music store.
  • Downloads : semua aplikasi pihak ketiga yang anda unduh akan masuk ke halaman ini juga.
  • Frequent : berisi daftar aplikasi yang paling sering anda gunakan, sehingga memudahkan pencarian.

Semua aplikasi pada tiap halaman dapat anda pindahkan posisinya sesuai selera anda. Antar muka juga dapat dikustomisasi dengan wallpaper pilihan anda sendiri.

Pada bagian atas terdapat jalan pintas menuju pengaturan network dan opsi lainnya, jalan pintas ini dapat diakses melalui baris teratas layar yang terdapat informasi waktu, tanggal, operator, dan lainnya. Selain itu terdapat juga jalan pintas menuju profile, pusat notifikasi, dan universal search di pojok kiri dan kanan layar, posisinya tepat di bawah informasi tanggal dan waktu di bagian atas.

Pusat notifikasi dan universal search sudah ditanamkan sejak OS 6 dan sampai saat ini masih menjadi andalan di OS 7, dan memang sangat membantu aktivitas keseharian penggunanya. Universal search mampu mencari apa saja dengan cepat sesuai dengan kata kunci yang anda ketik.

BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery

4.Input Teks
Untuk input teks BlackBerry Bold 9900 mengandalkan keyboard fisik. Desain Full QWERTY ciri khas BlackBerry menjadi andalan satu-satunya dalam melakukan input teks. Bentuk keyboard yang cukup lebar dan lembut membuat kecepatan dan kenyamanan mengetik meningkat.


5.Contacts
Kontak pada Bold 9900 tidak jauh berbeda dengan perangkat BlackBerry lainnya. Sederhana, tertampil dalam list yang tersusun berdasarkan abjad. Detail saat menambah kontak cukup banyak yang dapat kita input, misalnya : nama depan, nama belakang, title, company, email, PIN, Birthday, Anniversary, Website dan Notes. Anda juga dapat mengatur nada dering khusus untuk kontak tersebut. Selain itu terdapat 2 pilihan kategori yang dapat anda atur : Personal dan Business. Pada kontak dapat anda tambahkan foto orang yang bersangkutan.


BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery

6.Messaging
BlackBerry Bold 9900 didukung jaringan GSM / HSDPA. Fitur messaging menjadi andalan utama ponsel BlackBerry sejak generasi pertama hingga sekarang. Kemampuannya melakukan push email baik dari berbagai server domain (yahoo, gmail,dll) sangat baik sekali. Cepat dan tepat.


Selain itu terdapat juga BlackBerry Messenger (BBM). Siapa yang tidak kenal BBM? instant messaging yang mendadak menjadi paling populer saat ini di Indonesia, hampir semua kalangan mulai dari pelajar, bisnis dan ibu rumah tangga menggunakan BBM sebagai alat komunikasi utama. Selain penghantarannya cepat dan akurat (tergantung koneksi), terdapat juga beberapa fitur menarik yang tertanam, seperti fitur pengiriman gambar, pesan suara, dukungan grup chat, dan masih banyak lagi.


Selain Email dan BBM terdapat juga fitur PIN Message, anda dapat mengirimkan pesan peer to peer ke perangkat BlackBerry lainnya menggunakan PIN BlackBerry anda. PIN Message ini seperti email hanya saja pengirimannya ditujukan ke nomor PIN bukan alamat email.


Tidak lupa juga fitur pesan singkat atau SMS juga wajib disertakan, walaupun tampilannya sederhana tidak seperti pada iOS atau Android.


Bicara tentang Messaging menurut kami BlackBerry rajanya, didukung dengan BlackBerry Internet Service yang stabil maka ponsel Bold 9900 ini dapat melahap semua fitur messaging yang ada, mulai dari Email, SMS, PIN Message, BBM, YM, Gtalk, WLM dan masih banyak lagi aplikasi IM lainnya yang dapat bekerja dengan sangat baik pada BlackBerry.

7.Kamera
Kamera pada BlackBerry Bold 9900 beresolusi 5 MP. Sayangnya fitur auto focus menghilang dari ponsel ini. Dengan harga jual sekitar 6 juta rasanya sangat disayangkan sekali jika RIM melupakan fitur yang begitu krusial bagi user yang menyukai fotografi.



Gambar hasil tangkapan kamera Bold 9900 cukup cerah dan memiliki warna yang baik, sekali lagi sayang tidak ada fitur auto focus. Pada kamera terdapat fitur Geotagging, Led Flash, dan Scene Modes yang dapat anda pilih.
Scene Modes yang dapat dipilih cukup banyak, yaitu :

  • Auto
  • Face Detection
  • Potrait
  • Sports
  • Landscape
  • Party
  • Close-Up
  • Snow
  • Beach
  • Night
  • Text

BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery

Hasil kamera indoor (tanpa flash dan ruangan dengan cahaya rendah)


Hasil kamera outdoor


Video Recorder
BlackBerry Bold 9900 mampu merekam video HD 720p. Terdapat beberapa scene perekaman yang dapat dipilih yaitu Potrait, Landscape, Close Up dan Beach. Hasil rekaman berupa format 3GP dan hasilnya memang cukup baik. Warna yang dihasilkan cerah dan suara-suara sekitar mampu ditangkap mic dengan baik.

Hasil rekaman video

8.Gallery
Galeri foto pada Bold 9900 tidak terlalu berbeda jauh dengan galeri BlackBerry lainnya. Galeri foto, musik dan video terpisah satu sama lain. Tampilan muka galeri terbagi menjadi beberapa folder kategori yang dapat anda pilih, misalnya camera pictures, picture library dan wallpaper. Saat membuka salah satu kategori foto-foto akan tertampil cukup besar walaupun kita belum membuka foto tersebut. Foto-foto yang tertampil di layar cukup cerah dan tajam berkat dukungan layar 2,8 inchi 640 x 480 pixel.




Melalui menu kita dapat menjadikan foto yang kita pilih sebagai wallpaper ataupun sebagai foto kontak pada phonebook kita. Terdapat juga menu properties untuk melihat informasi detail dari sebuah gambar.


BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery

9.Music
Music player pada Bold 9900 masih mengadopsi tampilan music player pada BlackBerry OS 6, mengandalkan tampilan sederhana dan ditambahkan album art sebagai pemanis tampilan. Pada menu option terdapat beberapa pengaturan antara lain Audio Boost, Appearance dan lainnya. Terdapat juga pilihan Headset Music Equalizer dalam beberapa modus pilihan.


BlackBerry Bold 9900 Dakota Review Gallery



Kualitas suara yang dihasilkan Music Player Bold 9900 ini terasa peningkatannya dibandingkan dengan BlackBerry Bold 9780 lebih jernih dan cukup powerfull, meskipun speakernya hanya 1 buah yang terletak di bagian bawah belakang ponsel ini.

Pemutar Video
Pemutar video memiliki tampilan sederhana seperti pada ponsel BlackBerry pada umumnya, kualitas gambar dan suara cukup baik namun ukuran layar tidak terlalu memuaskan saat digunakan untuk menonton video. Video player pada Bold 9900 dapat memutar berbagai macam format video seperti Mp4, 3GP, Avi, dan WMV.




10.Browser
Browser mendapatkan peningkatan berarti dibanding generasi sebelumnya. Kecepatan loading dan renderingnya sangat baik, dan bowser pada BlackBerry Bold 9900 mampu membuka 25 halaman web bersamaan dan masih bisa ditambah lagi jika diinginkan, terbanyak dari yang pernah kami coba saat ini.





Pada saat kami uji http://html5test.com browser Bold 9900 mendapatkan skor 260 poin dan 3 bonus poin. Sebagai perbandingan saja pada browser bawaan Android yang menggunakan Gingerbread hanya mendapatkan skor 177 poin dan 1 bonus poin.




Secara keseluruhan browser pada Bold 9900 sangat baik dari segi kecepatan, fitur dan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah dukungan layar sentuh pada Bold 9900 memudahkan proses scrolling, swiping dan zooming (pinch zoom). Pinch zoom pada layar sentuh berjalan sangat baik dan halus. Sebuah nilai tambah bagi Bold 9900.

11.Konektivitas

  • GSM – HSDPA
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, dual-band
  • Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
  • MicroUSB v2.0
  • Micro SD up to 32 GB

12.Aplikasi Bawaan

  • BlackBerry Messenger
  • BlackBerry App World
  • Facebook for BlackBerry
  • Twitter for BlackBerry
  • Yahoo Messenger
  • Windows Live Messenger
  • Google Talk
  • BlackBerry Maps
  • Social Feeds
  • Documents to go

13.Daya Tahan Baterai
BlackBerry Bold 9900 mengandalkan baterai Li-Ion berkapasitas 1230 mAh saja. Sayangnya penggunaan baterai yang terlalu kecil ini membuat BlackBerry Bold 9900 lebih cepat drop. Jika digunakan dengan intens konsumsi baterai per jam mencapai 8-10%yang artinya Bold 9900 hanya bisa bertahan 10-13 jam dengan aktivitas yang cukup padat dan terkoneksi dengan BIS. Seharusnya dengan prosesor 1.2 Ghz baterai yang digunakan lebih besar dari 1230mAh atau minimal 1500mAh sama seperti baterai pada BlackBerry Bold 9780.

14.Kesimpulan
Desainnya elegan dengan perpaduan keyboard fisik, trackpad dan layar sentuh, navigasi menjadi lebih baik dan cepat. Keyboard full QWERTY yang lebar dan empuk membuat saat-saat mengetik anda menjadi nyaman dan cepat. Secara keseluruhan performa BlackBerry Bold 9900 sangat baik dan cepat berkat dukungan prosesor 1.2 Ghz. Fitur-fitur dan aplikasi bawaannya sangat banyak dan bermanfaat. Kualitas layar dan suara cukup bagus. Sangat kami rekomendasikan untuk dibeli jika anda pengguna setia BlackBerry. Kekurangan terdapat pada sisi kamera yang tidak memiliki fitur auto focus dan daya tahan baterai.

Kelebihan :

  • Performa bagus dan cepat
  • Desain elegan / mewah
  • Keyboard Full QWERTY sangat nyaman digunakan
  • Kualitas layar dan suara jauh di atas BlackBerry pendahulunya
  • Browser cepat
  • Sangat cocok untuk Chatting & Messaging


Kekurangan :

  • Kamera tidak terdapat fitur auto focus
  • Daya tahan baterai kurang baik
  • Multimedia sederhana

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
18
26 Sep 2014
5
24 Sep 2014
49
18 Sep 2014
15
18 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia C3 Dual
Akan Datang
18
Sep 26 2014
Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
41
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
15
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
26
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.