TOP
REVIEWS
Review: Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i
Harga Mini Fitur Pro
Aug 10 2011 11:41AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.5
174
90824

Setelah peluncuran produk-produk high end seperti Xperia Arc dan Play, kini saatnya Sony Ericsson merilis penantang untuk kategori smartphone Android mid-end. Inilah Xperia Mini Pro, sebuah suksesor dari X10 Mini Pro sebagai smartphone Android berukuran mungil dan memiliki keyboard QWERTY fisik. Dengan harga resmi Rp. 2.299.000, Mini Pro berfitur sebagai berikut:

  • GSM 850/900/1800/1900, HSDPA

  • Android OS, v2.3 (Gingerbread)

  • Prosesor 1GHz Qualcomm MSM8255 Snapdragon, Adreno 205 GPU

  • Layar LCD 3 inci beresolusi HVGA (320x480) dengan Bravia Engine

  • Kamera 5MP dan perekaman video HD 720p

  • GPS, Bluetooth 2.1, WiFi 802.11 b/g/n dengan DLNA

  • Micro SD slot

Paket Penjualan

Isi dari paket penjualan Xperia Mini Pro antara lain:

  • baterai li-ion 1200 mAH

  • kartu garansi

  • anti gores

  • kabel data+charger (micro USB)

  • manual book

  • micro SD 2GB


Desain dan Bodi

Secara sekilas bentuk ponsel ini mirip dengan X10 Mini Pro, agak bantet biarpun tak sebantet X10 Mini Pro karena layar yang lebih lebar, kecil, tapi tebal dan mantap digenggam dengan berat 136 gram. List silver di sekeliling ponsel membuat kesan ekslusif, sementara bagian casing belakang penutup baterai bahan hitam doff yang mudah kotor. Tombol-tombol di bawah layar ada 3, tombol fisik Home ditengah dan dikelilingi oleh tombol sentuh back dan menu.


Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Di sekeliling ponsel bagian kanan terdapat tombol volume dan kamera. Sementara itu di bagian belakang sangat khas keluarga Xperia, dengan logo Sony Ericsson yang menonjol, logo Xperia, serta kamera dengan LED flash serta tulisan HD yang mempertegas kemampuan ponsel ini yang mampu merekam video 720p. Pada waktu slider digeser tampaklah tombol keyboard qwerty fisik yang berukuran sedang. Tombol-tombolnya empuk, desainnya tersusun terpisah sehingga mudah digunakan. Tombol directional pad 4 arah tersedia di sisi kanan bawah keyboard.


Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Layar

Dengan ukuran 3 inci dan resolusi 320x480 piksel (HVGA) layar Mini Pro persis ukurannya dengan Xperia X8. Sebenarnya tergolong kecil untuk orang yang berjari besar, namun karena kehadiran keyboard fisik hal itu tidak jadi masalah. Resolusi HVGA tampak sangat halus di layar 3 inci ini. Sudut penglihatan tergolong bagus, sementara itu di bawah layar matahari layar masih cukup terlihat. Karakteristik warna yang dihasilkan layar Mini Pro seperti halnya Xperia Arc maupun Play, dalam menampilkan warna putih agak kekuningan. Yang paling menarik, Sony membekali layar Xperia Mini Pro dengan Bravia Engine. Namun karena Bravia Engine hanya aktif saat memutar file multimedia maka kami akan membahasnya di bagian tersebut.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Antar Muka

User interface yang digunakan Mini Pro tidak disamakan dengan Play maupun Arc yang beresolusi lebih besar, namun masih sangat kental aroma Sony Ericsson. Dengan beberapa akses pintas di 4 sudut layar, jadi mirip dengan X8. Akses pintas tersebut antara lain Messaging, Multimedia, Contact dan Dial Number. Layar terdiri dari 5 halaman yang bisa ditambahkan shortcut, widget, folder dan wallpaper. Themes bisa diganti dengan berbagai macam warna menarik. Wallpaper yang ditambahkan menjadi background menu utama juga. Untuk melihat aplikasi yang terakhir dibuka Anda dapat menahan tombol Home selama beberapa detik.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Secara default menu utama terdiri dari 6 halaman yang tersusun secara horizontal, dengan ikon-ikon berjumlah 4 kolom x 3 baris. Anda dapat mengatur urutan aplikasi, bisa default, secara alfabetis, yang paling sering digunakan dan baru terinstal. Selain itu tata letaknya bisa diubah sesuai keinginan anda dengan menekan ikon 4 kotak di sisi kanan bawah layar. Bar notifikasi tersedia, namun tanpa akses pintas apapun, hanya notifikasi saja.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Input Teks

Meskipun memiliki keyboard fisik, tentu sebagai ponsel Android Xperia Mini Pro memiliki keyboard virtual. Secara default untuk layar dalam posisi portrait ponsel ini memakai metode phonepad (abc) sebagai input teks, sementara dalam mode landscape ia memakai qwerty virtual. Untuk mode portrait anda bisa saja menggunakan qwerty virtual namun ukuran keyboard tentu sangat kecil mengingat dimensi layar yang lebarnya hanya 3 inci. Untuk pengaturan ada learn words, quick fixes, word suggestion, dan feedback berupa getaran sewaktu mengetik

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Phonebook

Saat pertama kali menggunakan contact akan ada opsi untuk mengimpor kontak dan melakukan sinkronisasi dengan akun-akun anda semisal Facebook, WhatsApp, Exchange, Sync ML dan Google. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Messaging

Antar muka pada penulisan SMS sangat intuitif dan mudah digunakan,dengan tampilan format Threading ataupun chat disediakan memudahkan pengguna melihat obrolan mereka. Untuk mengubahnya menjadi MMS pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan file multimedia.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

G-Mail pada ponsel Android memang sangat berguna, push email sangat cepat. Mendukung beberapa akun Gmail, dan fitur-fitur standar seperti signature, text size, label, notification, dan lain-lain. Email masuk ke bar notifikasi hampir real time.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Messenger bawaan ponsel ini adalah G-Talk, yang dilengkapi push notification dengan sempurna. Messenger lain dapat anda unduh di Android Market.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Kamera

Kamera yang digunakan adalah kamera 5MP seperti Xperia Play, namun antar mukanya berbeda. Dibanding Play yang standar Android, Mini Pro memiliki antar muka kamera yang lebih baik, tapi berfitur lebih minim. Fitur-fiturnya antara lain: Smile detection, resolusi (5MP, 3MP, dan 2MP), self timer, flash, geotagging dan touch capture. Seperti halnya sejak jaman Xperia X10, fokus pada kamera Mini Pro adalah continous autofocus, selain itu adanya tombol kamera memudahkan anda dalam melakukan focusing ke objek. Kamera depan dapat digunakan dengan resolusi VGA.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Untuk ukuran kamera 5MP, gambar yang dihasilkan Xperia Mini Pro tergolong biasa saja. Tingkat detil gambar tidak terlalu tinggi, sedangkan warna yang dihasilkan cenderung biasa saja, tidak nendang. Untuk kondisi dalam ruangan dengan intensitas cahaya yang lumayan hasil kamera cukup bagus. LED flash cukup membantu dalam foto indoor kecuali kalau jaraknya jauh. Per foto menghasilkan ukuran file 400KB-800KB saja.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Perekam Video

Cukup aneh, perekaman video justru memiliki fitur yang lebih banyak dari kamera, antara lain: Scenes (portrait, landscape dan lain-lain), resolusi (720p, WVGA, VGA, QVGA), focus mode (single, infinity, face detection), dan flash. Continous autofocus hadir juga di perekam video. Kamera depan dapat digunakan dengan resolusi VGA.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Hasil perekaman video, warna yang dihasilkan mirip dengan kamera, agak keunguan. Continous autofokus bekerja, namun cukup lambat sehingga kalau menangkap momen mungkin kurang cepat. Tapi videonya sangat smooth dan lancar, tidak ada frameskip yang terlihat. Dengan bitrate 6000-an kbps dan framerate 29 frame per detik, untuk 1 menit rekaman video menghasilkan file sekitar 45MB.

Pemutar Musik

Tampilan pemutar musik mirip dengan W8, hanya berbeda di beberapa detil saja. Ada 4 kategori utama untuk memilah-milah lagu: Artist, Albums, Tracks dan Playlists. Saat layar dalam kondisi landscape tampilannya ikut berputar mengikuti arah layar. Suara yang dihasilkan loudspeaker cukup kencang, apalagi jika anda mengaktifkan Xloud, yang berfungsi untuk lebih mengeraskan suara speaker. Suara memang kencang namun tidak sejernih dan sebagus Xperia Play yang memiliki stereo speaker. Selain itu pemutar musik Mini Pro memiliki berbagai pilihan equalizer seperti normal, classical, dance, pop, rock dan lain-lain.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Radio FM

Anda harus menggunakan headset yang berfungsi sebagai antena untuk mendengarkan siaran radio. ID stasiun bisa ditampilkan (kalau memang ada)

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Galeri Gambar

Sama seperti Xperia Play, galeri 3D khas Android yang menggabungkan foto dan video turut serta melengkapi ponsel ini. Anda bisa melakukan zooming in dengan pinch and zoom. Foto dapat langsung dishare di Facebook, Gmail, Picassa, WhatsApp, email dan lain-lain.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Pemutar Video

Karena Mini Pro dapat merekam video hingga 720p dalam format .mp4 maka tak mengherankan jika ponsel ini dapat menayangkan video HD .mp4 beresolusi 720p hasil unduhan dari Youtube. Format lain tidak bisa dibaca, namun di Market tersedia banyak pemutar video pihak ketiga yang memiliki banyak codec lain. Tampilan video cukup bagus di layar HVGA yang sudah mengadopsi Bravia Engine ini. Karena layarnya hanya beresolusi HVGA, sebenernya akan lebih efisien dan efektif jika video-video yang anda masukkan yang beresolusi standar saja. Video unduhan dari Youtube yang beresolusi 480x270 sudah cukup bagus tampil disini, walaupun tentu saja variabel lain seperti bitrate dan framerate video berpengaruh.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Konektivitas

Xperia Mini Pro berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan 3G 900/2100. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g/n) dengan DLNA, dan micro USB (sebagai mass storage dan PC sync menggunakan Sony Ericsson PC Companion). Ponsel ini bisa menggunakan WiFi tethering seperti halnya ponsel Froyo dan Gingerbread lainnya.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Web Browser

Kinerja web browser dalam membuka situs TeknoUp versi desktop cukup lancar walaupun tidak terlalu smooth. Video flash di Youtube tampil di layar mungil Xperia Mini Pro, tampilannya tidak terlalu mulus, ada sedikit frameskip dalam video 480p, namun dalam format 360p lancar dan mulus. Tab yang bisa dibuka sampai dengan 8 buah tab, standar smartphone Android. Tombol pada keyboard dapat dijadikan akses pintas untuk bantuan seperti add bookmark, find dan lain-lain. Selain itu ada berbagai pengaturan standar browser seperti history, cookies, javascript dan lain-lain. Silakan lihat video untuk mengetahui lebih lanjut performa browser dari Xperia Play.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Aplikasi Bawaan

Timescape

Timescape menggabungkan call, Facebook, Messages dan Twitter anda, menjadi sebuah aplikasi dengan tampilan timeline yang sangat menarik. Disini anda bisa mengatur update dari Facebook dan Twitter, apakah secara manual atau otomatis karena Timescape ini cukup menguras batere dan terasa tidak perlu jika anda lebih menyukai aplikasi Facebook atau Twitter biasa. Anda bisa membuat update status untuk keduanya dari sini, dengan disertai tulisan 'via Sony Ericsson Xperia' pada Facebook dan Twitter.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Maps

Maps bawaan ponsel ini adalah Google Maps versi 5.2.1 yang sudah mendukung pemetaan 3D dan menyimpan cache untuk peta offline.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

TrackID

Track ID yang berfungsi untuk mencari lagu yang belum anda ketahui nama penyanyi dan informasinya. Track ID juga berguna untuk melihat top 10 chart tangga lagu Indonesia dan menghubungkannya dengan YouTube untuk melihat video klip lagu kesayangan anda serta mendownload atau sekedar sharing lagu yang sedang anda dengarkan via Twitter atau Facebook.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Foursquare

Aplikasi jejaring sosial untuk "check in" di suatu tempat dan memberitahukannya pada teman-teman anda. Dapat disinkronisasikan dengan mudah pada akun Facebook dan Twitter anda.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Aplikasi pihak Ketiga

Camera 360

Meski Xperia Mini Pro sudah berkamera dengan resolusi 5 megapiksel, namun fitur-fiturnya cukup minim. Karena itu ada aplikasi Camera 360 yang memiliki segudang fitur-fitur keren dan efek-efek yang akan membuat hasil foto dari kamera anda semakin menarik. Aplikasi ini tersedia gratis di Android Market.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Mobo Player

Dengan aplikasi pihak ketiga ini keterbatasan codec pada Xperia Mini Pro teratasi, sehingga ponsel ini (dan ponsel Android lainnya) dapat menayangkan file video selain format mp4. Namun tentu tidak semua file video bisa diputar, tergantung bitrate dan resolusi video itu sendiri. File subtitle juga didukung oleh aplikasi ini juga pengaturan lainnya yang cukup advance untuk program pemutar video mobile.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Crazy Snowboard

Game Crazy Snowboard yang merupakan game gratisan (dengan iklan tentu saja) yang bisa anda unduh di market. Game full 3 dimensi tentang ski di area bersalju ini sangat lancar, smooth no lag di Xperia Mini Pro.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Angry Birds Rio

Game perang burung-burung dalam membebaskan rekan-rekannya yang sangat terkenal ini sangat lancar berjalan di Xperia Mini Pro.

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Benchmark

Quadrant Standart: 1711 poin (diatas Xperia Play yang 1340 poin)

Linpack: 28,749MFlops dalam 2.92 detik

Neocore 3D: 64 Frame per detik (Xperia Play pun 60-an frame per detik)

Multitouch Test: maksimal 4 sentuhan

Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i Review Gallery

Daya Tahan Baterai

Dengan baterai 1200 mAH yang menangani prosesor 1GHz, sebenarnya sulit mengharapkan daya tahan baterai sampai dengan 24 jam jika anda sering menggunakan layanan data ataupun multimedia. Namun karena layar Mini Pro tergolong kecil maka paling tidak bisa bertahan selama sehari.

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 2,3 juta, fitur-fitur yang ada di ponsel ini membuat harga tersebut sangat masuk akal dan membuat ponsel ini cukup berharga untuk dibeli. Terutama prosesor 1GHz, perekam video 720p, dan GPU Adreno 205, merupakan hal yang tidak dimiliki pesaingnya dengan harga sekitar Rp. 2,3 juta. Kekurangannya bisa dibilang hanya ukuran layar yang kecil dan bodi yang tebal, meskipun itu hal yang wajar sebab ada keyboard qwerty fisik. Soal ukuran layar, memang nama ponsel ini adalah Xperia Mini Pro, namun sepertinya jika saja diberi layar 3.2/3.3 inci sebenarnya masih tergolong masuk akal untuk disebut Mini. Namun pemakaian layar 3 inci dengan resolusi 320x480 piksel ada bagusnya juga, layar terlihat halus dan tajam dibanding dengan resolusi yang sama di penampang layar yang lebih besar.

Kelebihan:

  • prosesor 1GHz dengan performa yang bagus

  • kamera 5MP

  • perekam video 720p

  • kamera depan

  • Layar tajam, dengan kualitas warna yang bagus, serta adanya Bravia Engine

Kekurangan:

  • ukuran layar kecil

  • bodi relatif tebal



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014