TOP
REVIEWS
Review: iPad 2 VS Galaxy Tab 10.1
Mana yang lebih baik ?
Jul 08 2011 10:42PM
55
68195

Siapa yang tidak tau iPad, tablet fenomenal yang laris manis di pasaran. Tablet dari Apple itu bahkan menjadi antrian panjang di mana-mana. iPad 2 yang menjadi penerusnya juga laris bak kacang goreng . Lalu bukan berarti tidak ada saingan sama sekali.

Samsung sebagai vendor yang baru memproduksi tablet tahun lalu, mulai digemari banyak orang. Di Indonesia saja, tablet Galaxy Tab versi pertama cukup sukses dipasaran. Samsung tidak diam begitu saja, baru-baru ini vendor smartphone yang sedang naik daun tersebut juga memproduksi tablet dengan ukuran yang sama dengan rival iPad 2, yaitu 10 inci. Produk yang dinamakan Samsung Galaxy Tab 10.1 tersebut juga memiliki prosesor 2 dualcore.

Lalu dari ke 2 tablet tersebut mana yang lebih baik?




Didalam share kali ini, saya tidak berpihak di tablet mana pun. Kebetulan saya pengguna ke 2 tablet tersebut. Setelah menggunakannya bbrp waktu, memang ada kelemahan dimasing-masing Tablet, baik si Tab 10.1 maupun si iPad 2.

Design, Hardware dan Dimensi - DRAW

Sekilas ke 2 tablet ini mirip 1 sama lain. Namun apabila Anda merasakannya langsung, tampak perbedaan yang cukup lumayan.

Berikut gambar-gambar dimensi dan design antara iPad 2 dan Tab 10.1





Spesifikasi dimensi untuk ke 2 tablet sbb:




Terlihat Tab 10.1 lebih tipis dan lebih ringan daripada iPad 2.





Layar iPad 2 lebih kotak dengan perbandingan layar 4:3 sedangkan Tab 10.1 lebih ke widescreen.

Dengan dimensi yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan, Tab 10.1 lebih nyaman pegang, dibawa kemana-mana maupun di masukkan ke dalam tas. Namun perbedaan sedikit tidak lah menjadi masalah yang besar.



Design Elegan - iPad 2 WIN

Banyak yang kurang puas dengan bahan pembuat Tab 10.1 yang terbuat dari plastik. Sedangkan iPad 2 menggunakan bahan material alumunium yang diklaim lebih elegan. Namun menurut saya bahan pembuat Tab 10.1 tidaklah terlihat murah, balutan abu abu di samping dengan design belakang berwarna putih menjadikan tablet ini cukup elegan.




Walaupun iPad 2 terlihat lebih elegan, namun dengan material alumunium seperti itu malahan sedikit khawatir menggunakannya tanpa balutan casing tambahan. Alumunium dari produk iPad tersebut memang rentan penyok sehingga harus harus extra hati-hati menggunakan.






Speaker - Tab 10.1 WIN

iPad 2 dibekali 1 speaker yang extra besar bila dibandingkan dengan versi pertamanya. Sedangkan speaker Tab 10.1 terdapat 2 dibagian kanan dan kiri. Kalau selama ini saya coba, speaker dari Tab 10.1 lebih baik daripada iPad 2. Apalagi penempatan kiri dan kanan ditambah fitur 5.1 surround menjadikan Tab 10.1 lebih hidup untuk mendengarkan musik dan video.



Speaker iPad 2



Speaker Tab 10.1 (Terdapat 2 kiri dan kanan)


Multimedia - Tab 10.1 WIN

Video Playback

  • iPad 2 : 720p H264
  • Tab 10.1 : 1080p


Audio 5.1 Surround Sound

  • iPad 2 : Harus menggunakan adapter digital AV
  • Tab 10.1 : Langsung dari speaker


Sebagai perangkat berlayar besar, ke 2 tablet ini wajib digunakan sebagai perangkat multimedia. Menonton video di ke 2 perangkat ini cukup nyaman untuk menonton video, apalagi didukung format HD. Tab 10.1 memiliki layar widescreen dan lebih besar dari iPad 2, sangat cocok utk menonton film box office yang kebanyakan berformat Wide.

Dari kejernihan suara, ke 2 tablet tersebut sama-sama dapat menampilkan suara yang jernih. Namun system surround sound 5.1 hanya dapat berjalan di Tab 10.1 karena memiliki 2 speaker di samping kiri dan kanannya.

Layar - DRAW

Dengan ukuran layar 9.7 inci iPad 2 masih sama dengan pendahulunya dengan resolusi 1024 x768 Sedangkan Tab 10.1 menggunakan layar lebar khas cinema dan memiliki resolusi sedikit lebih baik dengan resolusi 1280 x 800px. Mengenai resolusi, ke dua tablet ini terlihat berimbang, iPad 2 menggunakan teknologi IPS pada layar tipe LED nya, sedangkan Tab 10.1 menggunakan layar widescreen WXGA.




Pendapat saya, Tab 10.1 lebih enak digunakan menonton film, karena layarnya yg wide screen.

Camera & Video - Tab 10.1 WIN

  • iPad 2 : kamera depan 0.3 MP, kamera belakang 0.7 mp, video 720p
  • Tab 10.1 : kamera depan 2 MP, kemara belakang 3 MP, video 720p


Kamera Tab 10.1 memiliki resolusi 3 megapixel di bagian depan dan 2 megapixel di bagian belakang. Sedangkan iPad 2 masih menggunakan resolusi 0.7 megapixel untuk bagian depan, dan 0.3 mp atau vga kamera utk bagian depan.

Perekam video ke 2 tablet ini sama-sama berkemampuan 720p yang termasuk dalam kategori HD.

Jelas kemenangan Tab 10.1 dari sisi kamera.

Lihat hasil foto berikut ini:


Hasil Kamera Belakang iPad 2


Hasil Kamera Belakang iPad 2


Hasil Kamera Belakang Tab 10.1


Hasil Kamera Belakang Tab 10.1



Lihat comparation chart berikut ini :




Notifikasi -
Tab 10.1 WIN


iPad 2 : Pop up, dan notifikasi pada icon
Tab 10.1 : Notification bar

Ini dia yang menjadi titik lemah iOS. Notifikasi pada iPad 2 tidak dikumpulkan di suatu tempat. Notifikasinya pun susah dilihat. Hanya ditandai dengan logo angka diatas tiap aplikasi. Kalau aplikasi masih sedikit masih belum menjadi persoalan besar, bagaimana kalau aplikasi sudah mencapai halaman ke 3 dan seterusnya, saya yakin Anda tidak akan pernah mengetahui notifikasi terbaru di iPad 2 Anda.




Sampai saat ini, Notifikasi di Android lah salah satu yang terbaik diantara semua OS mobile. Notifikasi dikumpulkan dan ditandai dengan sempurna di bagian bawah Galaxy Tab 10.1 ini. Memang sedikit berbeda notifikasi Android Honeycomb pada Tab 10.1 ini dengan Android pada Smartphone yang biasanya ditempatkan diatas.




Dengan Notifikasi yang sempurna, Anda pun tidak akan pernah melewatkan setiap pesan yang diterima.

Browser - Tab 10.1

Dalam hal browser Tab 10.1 selangkah lebih maju karena sudah mendukung Flash Player. Dengan flash Anda dapat menikmati video di internet selain Youtube, bermain game flash atau membuka website berdesign flash.
Soal kecepatan, ke 2 nya memiliki kecepatan yang hampir sama.

Pada tab 10.1 berjalan cukup lancar saat membuka game flash di FB atau Viwawa. Hal ini tidak dapat berjalan baik pada Tab generasi pertama.

Simak video compare browser berikut ini. (ke 2 tablet sudah di "Clear Cache" sebelum di adu)

Video Call - DRAW

  • iPad 2 : Facetime, Wifi Only
  • Tab 10.1 : Gtalk, 3G & Wifi




iPad 2 memiliki aplikasi Facetime yang sempurna. Facetime pada iPad memiliki tingkat kestabilan yang sangat baik, tidak terputus walaupun Anda membuka aplikasi lain. Tampaknya Apple sengaja membuat Facetime ini selalu berjalan di Background. Namun utk lawannya, Anda harus memiliki sebuah iPad 2, iPhone 4, iPod Touch 4 atau sebuah Facetime yang terinstall di Macbook Anda, itu pun harus membayar utk sebuah Facetime di Appstorenya. Apalagi Facetime harus menggunakan Wifi untuk koneksi video call dan tidak berjalan apabila menggunakan 3G.

Sedangkan Tab 10.1 mengandalkan Gtalk sebagai aplikasi Video call. Sama dengan facetime, video call dengan Gtalk selalu berjalan di Background tanpa terputus. Enaknya, Gtalk pada Tab 10.1 dapat terhubung dengan siapa saja yang menggunakan Gtalk, atau Gmail. Teman Anda dapat melakukan video call langsung dari gmail di browsernya tanpa harus menginstall aplikasi dan gratis,

Sekilas Gtalk pada Tab 10.1 unggul disini, namun sayangnya tidak banyak smartphone atau perangkat yang mendukung Gtalk Video call. Namun seiring berjalannya waktu, Gtalk video call bisa lebih ramai digunakan daripada Facetime, apalagi Google+ juga mengadopsi video call yang serupa.

Aplikasi - iPad 2 Win

  • iPad 2 : 100rb Aplikasi
  • Tab 10.1 : <500 aplikasi



Ibarat manusia yang masih bayi dibandingkan dengan yang sudah dewasa, itulah gambaran perbandingan aplikasi di Tab 10.1 dan iPad 2. Aplikasi Tab 10.1 masih terbilang sangat sedikit dibandingkan dengan 100rb aplikasi pada iPad 2.

Saya akui iPad 2 memiliki segudang aplikasi berkualitas dan menarik di marketnya. Bagaimana tidak hampir seluruh developer mobile pasti membuat aplikasi utk iOS iPad 2. Penghasilan yang lebih besar tentunya menjadi faktor utama developer memilih tempat yang empuk seperti Apple store.
Sedangkan platform Android Honeycomb yang di adopsikan ke Tab 10.1 ini masih tergolong sangat sedikit. Walaupun aplikasi Android sudah mencapai ratusan ribu, namun aplikasi tersebut belum dioptimasikan utk tablet Android yang berlayar besar. Tinggal tunggu waktu saja, apabila tablet android booming, tentunya para developer berlomba-lomba utk mengupgrade tampilan apps mereka.

Sinkronisasi - Tab 10.1 Win

  • iPad 2 : iTunes USB
  • Tab 10.1 : Samsung Kies, Mass Storage via wifi dan USB


Sinkronisasi pada iPad 2 diharuskan menggunakan iTunes sebagai sumbernya. Terkadang hal ini membuat tidak nyaman melakukan perpindahan data. Sebaliknya Tab 10.1 lebih flexible dengan menggunakan software Samsung Kies dan dapat juga dijadikan Mass Storage.

Internet Tethering - Tab 10.1 Win

  • iPad 2 : Tidak Mendukung
  • Tab 10.1 : Wifi dan USB tethering


Lagi lagi iPad 2 tidak memiliki fitur yang disukai banyak pengguna. iPad 2 tidak memiliki kemampuan untuk berbagi Internet, baik secara kabel USB maupun wifi. Sedangkan Android pada Tab 10.1 sudah memiliki kemampuan USB tethering maupun menggunakan Wifi.

Dengan kemampuan berbagi internet Anda dapat berbagi internet ke perangkat-perangkat lainnya. Apalagi ke 2 tablet ini sudah mendukung 3G, cukup berlangganan 1 paket internet untuk dapat berbagi ke seluruh perangkat wifi lainnya. Tentunya lebih hemat bukan?.

Satu hal lagi, kapasitas baterai pada ke 2 tablet sangat mumpuni untuk melakukan tethering seharian tanpa takut kehabisan baterai.

Performa dan Grafik - DRAW

  • iPad 2 : Prosesor DualCore 1 Ghz Chip A5, GPU PowerVR
  • Tab 10.1 : Prosesor DualCore 1 Ghz NVIDIA Tegra 2


Ke 2 tablet ini sama2 menggunakan prosesor 2 otak. iPad 2 menggunakan chip A5 dengan kecepatan 1 Ghz Dual core, sedangkan Tab 10.1 menggunakan teknologi prosesor NVIDIA Tegra 2 dengan clock speed dan core yang sama.

iPad 2 menggunakan RAM sebesar 512 MB sedangkan Tab 10.1 sebesar 1 Ghz. Tampak Tab 10.1 memiliki RAM 2 kali lebih besar.

Grafik pada iPad menggunakan chip PowerVR SGX543MP2 GPU sedangkan Tab 10.1 menggunakan NVIDIA Tegra 2.

Personalisasi - Tab 10.1 WIN

Bagi yang suka mengoprek, baik dari sisi tampilan maupun sistem pasti akan menyukai Tab 10.1. OS Honeycomb Android pada Tab 10.1 memungkinkan untuk mempercantik homescreen Anda. Widget, live wallpaper, dan theme dapat diganti-ganti dengan mudah di Tab 10.1. Anda tidak lagi bosan dengan tampilan homescreen Anda yang itu-itu saja.





Kebalikannya, Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada Homescreen iPad 2 Anda.

Game - iPad 2 WIN

Siapa yang tidak mengenal game di iOS. Sampai-sampai banyak yang membeli iPad hanya untuk bermain game. Wajar saja, hampir semua developer game pasti membuat game untuk iOS. Bahkan developer game konsol playstation, xbox maupun pc sudah fokus membuat game untuk iOS. Saya yakin dari jumlah aplikasi 100rb, aplikasi game mendominasi.

Sedangkan Tab 10.1 hanya memiliki segelintir game dikarenakan masih baru.

Kecepatan membuka pesan -
Tab 10.1 WIN


Saya kurang suka dengan penggunaan iPad 2 yang sering kali loading, connecting saat membuka pertama kali aplikasi. Misalnya saja ada email baru yang datang, di iOS iPad 2, email tidak muncul seketika di daftar email karena harus di download terlebih dahulu walaupun sudah mendapat notifikasinya. Hal serupa juga terjadi di banyak aplikasi chatting, social networking dll. Misalnya saja ditwitter, mention yang baru diterima, tidak dapat sekejap langsung terbuka saat membuka twitter. Lagi-lagi loading dan waiting. :(

Tentu saja ada juga yang mempermasalahkan hal ini, walaupun kinerja iPad 2 terbilang sangat cepat. Namun pada kasus-kasus seperti ini iOS terlihat terlalu banyak berpikir . Hal tersebut tidak terjadi di Android Tab 10.1 yang cepat menampilkan pesan, email atau tweet terbaru.

Penggunaan & Multitasking - DRAW

iOS yang terkenal gampang penggunaannya memang masih mengungguli dari faktor kemudahan. Bahkan pengguna tidak diharuskan untuk mengerti system secara mendalam agar selalu berjalan lancar. iOS tidak menjalankan semua aplikasi di background. Walaupun diklaim multitasking, namun kenyataannya multitasking pada iPad 2 masih tidak murni 100%. Namun hal tersebut dapat segera ditambal dengan kestabilan OS dari Apple ini.





Sebaliknya OS Android pada Tab 10.1 benar-benar murni Multitasking. Anda dapat membuka banyak aplikasi, dan melompat-lompat ke aplikasi lain, tanpa ada perubahan pada kerjaan Anda. Namun jangan salahkan apabila RAM di Android habis. Anda harus sedikit repot untuk menginstall aplikasi task killer mengembalikan RAM atau menutup aplikasi agar sistem Android tidak berjalan lambat. Tidak masalah bagi banyak orang, tp ada juga yang mempermasalahkannya.

Konektifitas 3G - DRAW

  • iPad 2 : UMTS/HSDPA/HSUPA
  • Tab 10.1 : HSPA +21, GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz)
  • iPad 2 : Wifi 802.11 b/g/n Dual band, Bluetooth 3.1 EDR
  • Tab 10.1 : Wifi 802.11 b/g/n Dual band, Bluetooth 3.0

  • iPad 2 : MicroSim
  • Tab 10.1 : Standard SIMcard


Baik iPad dan Tab 10.1 memiliki konektifitas yang lengkap. Namun Tab 10.1 sudah mendukung teknologi HSPA +21 yang mendukung konektifitas data hingga 21 mbps. Sedangkan HSDPA pada iPad 2 hanya mendukung sampai 7.2 mbps.

Sayangnya HSPA +21 masih belum maximal digunakan di indonesia. Jadi menurut saya ke 2 tablet memiliki keunggulan yang sama.

Baterai - DRAW

  • iPad 2 : 6930 mAh, diklaim tahan 10 Jam
  • Tab 10.1 : 6800 mAh, diklaim tahan 9 jam

Tidak dipungkiri ke 2 tablet ini memiliki daya tahan baterai yang lama dengan kapastitas yang besar tersebut. Sulit untuk memastikan berapa lama daya tahan baterai saat digunakan. Penggunaan berat seperti bermain game, menonton video sangat menguras baterai. Namun apabila hanya digunakan untuk browsing, memainkan musik, email dan chatting tablet ini bisa tahan seharian penuh.

Harga - DRAW

  • iPad 2 16GB 3G : 5.9 jt
  • Tab 10.1 16GB 3G : 6 jt


Kesimpulannya:

Baik iPad 2 dan Tab 10.1 memiliki keunggulan masing-masing. Semuanya tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing. Misalnya saja kalau Anda seorang pecinta Game, iPad 2 memang menjadi pilihan satu-satunya. Tapi kalau Anda suka chatting, browsing flash konten dan email, mungkin Tab 10.1 lebih baik. Untuk itu pilih perangkat sesuai kebutuhan adalah jawaban yang tepat. Sekian dari saya.



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
29
24 Apr 2014
26
17 Apr 2014
97
11 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Zenfone 4
Bintang di Kelas Low End
29
Apr 24 2014
Asus Zenfone 6
Akan Datang
22
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
81
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
28
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.