TOP
REVIEWS
Review: Facebook for BlackBerry PlayBook
Review Aplikasi BlackBerry PlayBook
May 03 2011 1:08PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.5
1
4427

 

Beberapa saat sebelum review ini ditulis, RIM telah merilis aplikasi Facebook untuk tablet BlackBerry PlayBook. Aplikasi ini akan memiliki fitur-fitur utama Facebook seperti update status, melihat dan menambah teman, melihat foto dan video, chat, hingga melihat berita news feed terbaru. Mari kita lihat seperti apa tampilan dan performa aplikasi gres yang dapat diunduh secara gratis di BlackBerry AppWorld untuk Playbook.

Pertama kita disuguhi halaman login dengan latar belakang biru khas Facebook. Lalu halaman News Feed yang muncul pertama kali. Fontnya berukuran cukup besar sehingga dalam mode landscape hanya muat 2 atau 3 feed. Aplikasi ini tidak bisa digunakan dalam mode portrait. Jumlah komen dan like langsung tercantum dalam setiap feed. News Feed yang terlihat hanya recent feeds (feeds terbaru), tidak seperti versi website yang punya pilihan Tops News, meliht status saja, foto saja, link saja dan lain-lain. Untuk melakukan refresh tarik saja layar ke bawah (pull down to refresh)


Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Setiap update status yang dilakukan melalui aplikasi ini akan mendapatkan tulisan “via Facebook for Playbook”. Untuk mengunggah foto, dapat dipilih dari Kamera atau Galeri. Proses upload cukup cepat. Tagging juga dapat dilakukan setelah mengunggah foto, tinggal buka foto, sentuh ikon Tagging dan an klik pada wajah yang bersangkutan, maka akan muncul list teman-teman anda, semuanya beserta foto-fotonya sehingga agak berat. Upload foto juga memunculkan tulisan “via Facebook for Playbook”.

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Notifikasi hanya ada di dalam aplikasi, di sebelah kanan atas. Munculnya notifikasi nyaris tanpa jeda, tergantung koneksi anda. Jika anda meninggalkan aplikasi di background tidak ada notifikasi pada bar notifikasi selayaknya aplikasi Facebook pada ponsel BlackBerry.

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Untuk fitur-fitur, disini ada News Feed, Profile, Friends, Messages, Chat dan Photos. Untuk tampilan Profile, aplikasi ini menampilkan informasi profil di bagian atas, sementara feeds dibawahnya. Send Message dan Write Wall cukup mudah dilakukan.


Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

Tampilan Friends, anda melihat daftar teman anda dalam format thumbnails 8x3. Selain itu ada tampilan dalam format List. Halaman tidak terbagi, semua teman anda akan muncul di halaman ini.

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Untuk Messages, tampilannya seperti pada versi browser. Tampilan pesan dalam mode Threading membuat pesan enak dilihat dan dibaca.

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Chatting cukup mudah, Available Friends di sebelah kiri dan tampilan chat di sebelah kanan. Jika ada chat baru, ada notifikasi dalam aplikasi ini. Sayang sekali tidak ada push notif jika anda sedang membuka aplikasi lain, meskipun melalui aplikasi ini anda dapat terus online (bisa dinonaktifkan).

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Yang terakhir adalah Photo, anda dapat melihat berbagai foto yang anda upload.

Facebook for BlackBerry PlayBook Review Gallery

 

 

Pengaturan

Tidak ada pengaturan aplikasi pada Facebook for Playbook ini, memang ada Account Setting dan Privacy Setting, namun itu semua hanya akses pintas ke pengaturan Akun dan Privasi di browser PlayBook anda.


 

 

Kesimpulan

Kinerja nya kadang-kadang lag sedikit, jika anda membuka halaman yang banyak foto. Namun lagnya minimal, dengan kata lain tidak mengganggu. Namun terkadang aplikasi ini force close jika sangat berat, dalam kesempatan review aplikasi ini tercatat dua kali force close. Namun sudah mendukung chat, serta tampilan yang selayaknya browser merupakan nilai tambah. Kekurangan-kekurangannya masih bisa dimaklumi karena ini versi paling awal, update-an selanjutnya mungkin akan lebih bagus.

 

Kelebihan

  • Tampilan bagus dan cukup lengkap seperti browser

  • Push Notification pada aplikasi berjalan dengan baik

  • Mendukung Facebook Chatting

 

Kekurangan

  • Belum mendukung Groups dan Facebook Places.

  • Agak lag dan masih belum stabil

  • Push notifikation baik feed, chat, request hanya berjalan dalam aplikasi, jika keluar aplikasi atau menjalankan aplikasi di background, notifikasi tidak muncul di bar notifikasi PlayBook (tidak seperti pada ponsel BlackBerry)



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
26
27 Aug 2014
5
21 Aug 2014
12
19 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Akan Datang
0
Aug 26 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
26
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
29
Jun 27 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.