TOP
REVIEWS
Review: Blackberry Curve 8530 Aries by AHA
Review Blackberry Curve 8530 Aries
Apr 19 2011 10:09AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.7
14
58953

 

Pada hari Sabtu lalu (16 April), AHA melakukan launching layanan Blackberry mereka di Cilandak Town Square (Jakarta). Bersamaan dengan itu adalah peluncuran ponsel Blackberry Aries 8530. Ponsel ini adalah kembarannya Blackberry Gemini 8520, namun dengan jaringan CDMA, bahkan sudah EVDO, tidak seperti kembaran GSM nya yang masih 2.5G. Dengan kecepatan maksimal dari AHA sebesar 3.1Mbps, ponsel dengan harga 2jutaan dengan berbagai bonus. 

Spesifikasi lengkap:

  • Kamera 2MP

  • 256MB flash memory

  • WiFi

  • Blackberry Maps dengan GPS

  • 3G (EVDO)

  • TFT LCD 2.4 inci, 320x240 piksel, 65.000 warna

  • Navigasi dengan Trackpad

 









 

Video review perkenalan Blackberry Curve 8530 Aries

 

Paket Penjualan

Blackberry Aries ini tidak menggunakan SIM card / RUIM Card, jadi nomor Esia langsung ada di ponsel (nomor injeksi). Pada Blackberry yang kami terima menggunakan kartu Esia/AHA dengan nomor suka-suka. Paket penjualan Blackberry 8530 antara lain:

  • Baterai 1150 mAH

  • Charger (Mini USB)

  • Kabel Data (mini USB)

  • Micro SD 2GB

  • Kartu garansi dari TAM (2 tahun)

  • Petunjuk penggunaan dari AHA dan RIM

  • Headset standar 3.5mm


 

Desain dan bodi

Desain ponsel ini benar-benar persis sama dengan Gemini. Bagian depan, dengan layar 2.46 inci, logo Blackberry, earpiece dan LED notifikasi diatas layar. Lalu tombol panggilan, Menu, Trackpad, Back dan penutup panggilan. Kualitas tombol trackpad bagus, sangat sensitif, dan ukurannya lumayan besar. Untuk tingkat kesensitifannya bisa diatur. Keyboard QWERTY ponsel ini cukup keras namun penyusunan tombol terpisah-pisah. Layar kualitasnya cukup bagus, meskipun hanya 65 ribu warna namun kontras dan brightness yang dihasilkan lumayan memanjakan mata. Resolusi QVGA sendiri memang sudah maksimal untuk layar sebesar 2.46 inci.



 

Bagian belakang sebelah kiri atas adalah kamera 2MP tanpa flash,bagian ini dan bagian bawah berbahan karet. Sementara itu untuk penutup baterai berbahan glossy dengan logo Blackberry.


 

Bagian atas ada tombol Next, Play dan Previous untuk memutar lagu, dan loudspeaker. Di bawgian bawah ponsel hanya ada mic audio.



 

Sebelah kiri ponsel ada jack audio 3.5mm, dan port Mini USB, serta tombol Voice Dial. Di bagian kanan ada tombol volume dan kamera.




 

Antar Muka

BlackBerry Aries sudah menggunakan BlackBerry OS versi 5.0.0.886. Tampilan menu antar-mukanya pun terlihat serupa dengan Blackberry Gemini dengan OS 5. Pada bagian homescreen terdapat 6 buah ikon yang dapat anda gunakan sebagai akses pintas ke aplikasi favorit anda. Notifikasi terdapat di bagian atas layar sebagai ikon kecil yang menandakan adanya pesan baru, email baru, notifikasi Facebook baru dan lain-lain. Untuk menu utama terdiri dari ikon-ikon dalam bidang 3 baris dan 6 kolom, yang tersusun vertikal ke bawah dan latar belakang biru bergradasi. Ikon-ikon aplikasi ini dapat anda gerakkan, pindahkan ke folder, membuat folder baru. Ikon kecil notifikasi juga tetap muncul di menu utama ini. Untuk berpindah-pindah aplikasi cukup menekan tombol menu.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Video Antar Muka Blackberry Aries:

 

 

Phonebook

Di dalam Contact ada fitur filter (berdasarkan grup), sort by (first name, last name dan Company). Contact dapat disinkronisasikan dengan akun Facebook anda. Untuk kontak baru, berbagai atributnya adalah: nama, nickname, gambar, pekerjaan, custom ring tone, e-mail, work, home, mobile, pager, Fax, PIN, alamat pekerjaan, alamat rumah, hari ulang tahun, kategori, dan catatan.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Messaging

Karena Blackberry sejatinya adalah ponsel Messenger, maka semua fungsi SMS, Email dan IM digabungkan dalam satu tempat, Messages. Tak hanya itu, pesan dari Facebook dan Twitter pun tersatukan. SMS dapat dilihat dalam format threaded mode.

 

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Email korporat kami dengan ekstension @teknoup.com dapat diaktifkan hanya dengan melakukan input username dan password saja, tanpa macam-macam pengaturan. Dengan jaringan EVDO AHA, push email terasa instan hampir seperti SMS. Akun email dapat didukung sampai 10 akun.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

AHA menjanjikan layanan BBM yang cepat tanpa pending. Memang terasa cepat namun itu semua tentu tergantung coverage sinyal AHA, dimana tempat-tempat terpencil seperti basement tentu sulit memperoleh sinyal. BBM itu sendiri bisa mengirim file, group, broadcast message, ping (semacam Buzz seperti pada Yahoo Messenger), serta berbagai hal lainnya. Username, status, foto dapat diganti, dan anda akan terus menerus online selama ponsel menyala dan mendapat sinyal. Di tempat kami sinyal AHA sudah full bar, sehingga kecepatan BBM tidak perlu diragukan.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Kamera

Blackberry Aries dilengkapi dengan kamera beresolusi maksimal 1600x1200 piksel alias 2 megapiksel. Tanpa Autofokus dan LED Flash, kita memang tidak bisa berharap banyak pada kualitas gambar yang dihasilkan. Untuk fitur-fitur, ada white balance ( sunny, cloudy, night, incandescent dan fluorescent), resolusi (1600x1200, 1024x768, 640x480), kualitas gambar (superfine, fine, normal), efek warna (normal, black and white, sepia), dan geotagging, karena ponsel ini sudah memiliki GPS.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Hasil kamera cenderung gelap, tidak tajam (seperti bergerigi) dan warnanya agak kusam:

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Perekam Video

Resolusi maksimal untuk mode perekaman video adalah 320x240 piksel. Fitur-fiturnya lebih sederhana lagi, hanya efek warna (normal, black and white, sepia) dan format video (Normal 320x240 dan MMS Mode 176x144).

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Hasil perekaman video:


 

Pemutar Musik

Pemutar musik pada Blackberry Aries membagi lagu-lagu dalam beberapa kategori, diantaranya: Now Playing, All songs, Artist, Albums, Genre, Playlist dan Shuffle Songs. Pemutar musik tampil lengkap dengan Album Art. Untuk pengaturan, ponsel ini menyediakan beberapa pilihan Equalizer seperti Bass boost, dance, hip-hop, jazz, rock dan lain-lain. Kualitas suara pada loudspeaker lumayan keras dan jernih dan akan lebih bagus lagi jika menggunakan headset 3.5mm.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Pemutar Video

Blacberry Aries dapat membaca file .mp4 dengan resolusi 320x240 piksel. Tampilannya cukup bagus, tidak terpatah-patah dan cukup mulus. Equalizer bisa dipilih seperti pada pemutar musik. Tersedia juga pilihan Close caption untuk format rasio video yang berbeda-beda.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Galeri foto

Untuk galeri foto, anda dapat melihat semua gambar yang ada pada ponsel, ataupun per folder. Untuk membuka foto 2 megapiksel hasil jepretan kamera ponsel, terasa cepat tanpa lag. Navigasi dnegan menggunakan trackpad pun terasa cepat dan nyaman.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Konektivitas

Untuk jaringan 3G, ponsel ini memakai jaringan CDMA 2000 1x EVDO. Sedangkan koneksi WiFi 802.11 b/g juga melengkapi ponsel ini. Keunggulan ponsel ini dibanding kembarannya (Blackberry Gemini) adalah adanya GPS yang melengkapi ponsel ini, disertai dengan Blackberry Maps. Sebagai koneksi ke komputer, ponsel ini memakai micro USB. Sinyal AHA sangat baik, kemanapun kami berjalan, sinyal selalu mendapatkan EVDO, walaupun di beberapa tempat naik turun, namun masih dalam batas kewajaran. Ketika kami membandingkan dengan sinyal ponsel Esia, kami sempat terheran-heran karena sinyal AHA lebih bagus dari sinyak Esia, padahal seharusnya sama.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Web Browser

Browser pada Blackberry amatlah sederhana dibanding dengan browser Android ataupun Safari pada iOS. Namun browser ini sudah mampu membuka situs web fullsite, namun sewaktu navigasi lumayan berat. Menurut kami, untuk resolusi layar hanya 320x240, memang paling maksimal membuka situs mobile. Browser ini hanya dapat membuka 1 tab saja. Untuk pengaturan standar-standar saja seperti javascript, show images, embedded media, font style, font size, image quality dan lain-lain.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Video tentang konektivitas internet AHA pada Blackberry Aries:

 

Aplikasi

Organizer

Untuk organizer, yang tersedia adalah Calendar, Voice Notes, Clock, Memo Pad, Task, Calculator.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Blackberry Maps

Blackberry Aries sudah dilengkapi dengan Assisted GPS sehingga Keberadaan Blackberry Maps adalah suatu hal yang penting. Saat melakukan Find Location memang agak lambat, tidak secepat Google Maps pada ponsel-ponsel Android, namun setidaknya tampilan jalan terlihat dengan jelas dan bisa digunakan untuk menuntun pengguna ke tempat yang diinginkan.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Blackberry App World

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi khusus ponsel Blackberry. Ponsel Blakberry tidak tergantung pada aplikasi ini, menginstal langsung dari web browser juga dapat dilakukan.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Files

File manager yang membaca memori internal dan eksternal ponsel Blackberry anda.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Games

Game-game yang tersedia di Blackberry Aries adalah game-game dengan grafik sederhana seperti: BrickBreaker, Word Mole, Texas Hold’em King 2, Sudoku, dan Klondike.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Facebook

Aplikasi Facebook for Blackberry ini sudah mendukung Facebook place. Namun fitur Group dan Chat belum didukung. Untuk notifikasi langsung tertampil di bagian atas layar ponsel ketika ada notifikasi baru.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Twitter

Update status, mengganti profile picture bisa dilakukan dengan aplikasi Twitter resmi ini. Demikian juga dengan mengupload foto. Seperti Facebook, tiap ada mention baru maka ada notifikasi di bagian atas layar ponsel.

Blackberry Curve 8530 Aries by AHA Review Gallery

 

Daya Tahan Baterai

Dengan baterai sebesar 1150 mAH, Blackberry Aries mampu bertahan setidaknya satu hari untuk menjadi asisten pribadi anda, tanpa dipakai untuk mendengar lagu ataupun menonton video.

 

Kesimpulan

Memang ponsel ini merupakan ponsel Blackberry keluaran lama, namun dengan jaringan AHA dan berbagai bonus yang diberikan, nampaknya ponsel ini akan bisa bersaing di tengah maraknya penggunaan Blackberry di berbagai kalangan di Indonesia. Jaringan CDMA memang memiliki beberapa kelemahan namun masih relatif sepi sehingga koneksi internet cepat bisa dimungkinkan.

Kelebihan:

  • Trackpad yang responsif

  • Layar yang lumayan bagus

  • Lampu LED notifikasi

  • Notifikasi yang lengkap

  • Blackberry Internet Service dari AHA, dengan kecepatan tinggi, coverage yang luas dan sinyal yang bagus.

Kelemahan:

  • Hasil kamera sangat standar

  • Browser bawaan sangat sederhana

 

Kamera

Resolusi : 2 megapixel

Keadaan gelap : Terang

Flash : tidak ada

Autofokus : tidak

Fitur : white balance ( sunny, cloudy, night, incandescent dan fluorescent), resolusi (1600x1200, 1024x768, 640x480), kualitas gambar (superfine, fine, normal), efek warna (normal, black and white, sepia), dan geotagging

 

Video Kamera

Resolusi : QVGA 320x240

Keadaan gelap : Cukup terang

Flash : tidak ada

Fitur : efek warna (normal, black and white, sepia) dan format video (Normal 320x240 dan MMS Mode 176x144).

 

 

GPS

A-GPS : Ya

Peta bawaan : Ya, Blackberry Maps

 

Browser

Format : HTML

Flash Player : tidak

Performa : Cepat

Dukungan banyak jendela : 1 Tab

 

Layar

LCD TFT berukuran 2.46 inci berteknologi LCD TFT kapasitif beresolusi 240 x 320 piksel

 

 

OS

Type apa : Blackberry 5.0

Upgrade OS : OTA

Upgrade selanjutnya : Belum diketahui

 

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY fisik

Tombol kualitas : keras, besar, terpisah

 

 

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, AAC, eAAC+, wav

Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri

 

 

Jaringan

Dukungan 3G : Ya, 2000 1x EVDO

Band : Dual Band CDMA 800 / 1900

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1

 

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah

Fitur lain : Email, Blackberry Messenger

Attachment email : file gambar, file office, dll.

 

Baterai

Type baterai dan kapasitas : Baterai Li-Ion 1.150 mAh

 

Aplikasi

Market app / Tempat Download : Blackberry App World

Install selain dari App World: Bisa

 

 

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Facebook : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Facebook

 

 

Nada dering

Format : MP3

MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik

 

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu

Type : Airplane mode, normal, loud, medium, vibrate, silent mode, Phone calls only, all alerts off

Mode pesawat : Ya

 

Background

Format gambar : JPEG, GIF

Ukuran : 320x240 piksel

Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Live Wallpaper : ya

 

 

Navigasi

Touchscreen : tidak

Trackpad: ya

Penggunaan : Mudah digunakan

 

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth

Mode : Sebagai Mass Storage/usb tethering

 

Memory

Dukungan kartu memory : ya, bawaan 2GB

 

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas

Data : nama, nickname, gambar, pekerjaan, custom ring tone, e-mail, work, home, mobile, pager, Fax, PIN, alamat pekerjaan, alamat rumah, hari ulang tahun, kategori, dan catatan Sinkronisasi OTA : Google Sync

Foto : Ya, dari kontak

 

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara

Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab

Panggilan konferensi

Speaker handsfree terpadu

 

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm

Radio FM : tidak

Akeselerometer : tidak

Alarm : Ya

Keypad tone : Ya

Port charging : Ya, microUSB

Unlocked dan lock : Tekan tombol power

Hot swap : Tidak

Speaker : Suara berkualitas

Mode pesawat : Airplane mode

USB : MicroUSB untuk data dan charging



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
28
27 Aug 2014
5
21 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
14
Aug 29 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Akan Datang
0
Aug 26 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
28
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.