TOP
REVIEWS
Review: Samsung Smart TV
Preview Samsung Smart TV
Apr 15 2011 9:39AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
8
36050

Preview Samsung Smart TV

Setelah LG mengeluarkan Smart TV-nya beberapa hari lalu, kini giliran Samsung yang mengeluarkan Smart TV-nya. Untuk unjuk gigi memamerkan produk dan demo TV terbarunya ini, Samsung menggelar Samsung Smart TV Exibition yang dimulai dari tanggal 14-17 April 2011 di Mall Kelapa Gading 3. Pada gelaran ini Samsung ikut memboyong TV lainnya, namun yang paling menonjol adalah Samsung Smart TV yang mana adalah produk terbaru keluaran Samsung.


Pada preview kali ini kami akan memperlihatkan kepada anda demo penggunaan Samsung Smart TV. Yang pertama terdapat tampilan Home Samsung Smart TV. Pada layar home anda dapat mengakses semua menu yang terdapat pada TV pintar ini seperti Samsung Apps, TV digital, Social TV, YouTube, Pemutar Musik, Galeri Foto, Browser, dan Pengaturan All Share. Sebagai informasi saja, Samsung Smart TV memerlukan koneksi internet untuk dapat mengakses semua menu yang terdapat didalamnya. Untuk menghubungkan Samsung Smart TV dengan internet sudah terdapat jaringan Wi-Fi pada Samsung Smart TV yang mana anda tidak perlu lagi repot menggunakan kabel LAN atau Donggle untuk menghubungkan TV ini dengan internet.


Untuk mencari film favorit anda, anda dapat memasukan kata kunci film favorit anda pada Samsung Smart TV. Untuk input teks anda dapat menggunakan remote bawaan TV yang dilengkapi dengan trackpad untuk kemudahan navigasi menu. Saat demo Samsung Smart TV berlangsung, tidak terdapat tampilan pointer mouse, ini akan menyulitkan ketika akan browsing menu walaupun sudah terdapat trackpad pada remote TV. Kata kunci dapat anda masukan dengan menggunakan tampilan keypad alfanumerik, tidak terdapat tampilan QWERTY saat demo TV berlangsung. Setelah memasukan kata kunci, dalam hal ini kami memasukan kata kunci ”Toy Story” maka TV akan secara otomatis mencari film favorit kami lengkap dengan sinposis dan screen shot film. Selain itu anda juga dapat melihat film terbaru, program tv teratas, serta mencari film berdasarkan jenis film. Sebagai informasi, Samsung mendelop searching engine sendiri yang diimplementasikan pada Samsung Smart TV untuk dapat mencari video streaming disitus-situs video seperti Youtube dll. Untuk siaran TV Digital jaringan di Indonesia belum mendukung namun Samsung sedang mencari partner TV Digital agar anda dapat menikmati siaran TV Digital menggunakan Samsung Smart TV.

Samsung Smart TV Review Gallery

Untuk browsing anda dapat langsung memasukan url web yang akan anda buka. Dalam hal ini kami membuka website www.msn.com. Saat dimasukan dan kami menekan enter, layar TV langsung menampilkan website tersebut dalam hitungan detik.

Samsung Smart TV Review Gallery

Untuk navigasi menu yang lebih baik, anda dapat menggunakan perangkat Android (handphone/tablet) anda atau perangkat Apple anda yang sudah menggunakan iOS seperti iPhone/iPad/iPod Touch. Caranya, anda harus menginstal aplikasi ”TV Remote” pada perangkat anda untuk menghubungkannya dengan Samsung Smart TV. TV Remote dapat anda instal melalui Android Market atau Apple Store.

Samsung Smart TV Review Gallery

Samsung Smart TV sudah dapat menjalankan file flash, jadi anda tidak perlu menginstal flash terlebih dahulu karena TV ini sudah dilengkapi dengan flash built-in didalamnya. Dengan adanya dukungan flash anda dapat menonton video YouTube menggunakan Samsung Smart TV dengan mudah.

Samsung Smart TV Review Gallery

Untuk mendownload aplikasi pada Samsung Smart TV, anda dapat menuju Samsung Apps. Saat ini terdapat total 40 aplikasi yang dapat anda download pada Samsung Apps dan masih banyak aplikasi yang sedang dikembangkan para develop untuk Samsung Smart TV.

Samsung Smart TV Review Gallery

Untuk melakukan panggilan video anda dapat menggunakan aplikasi Skype dengan dukungan perangkat TV kamera (dijual terpisah). Samsung Smart TV sudah mendukung panggilan video beresolusi 720p dengan kecepatan 30 frame perdetik.

Samsung Smart TV Review Gallery

Untuk konekvitas terdapat Port HDMI sebanyak 4 buah, AllShare dengan dukungan  DLNA, Port USB 2.0, serta Wi-Fi.

Samsung Smart TV Review Gallery

Bosan menonton TV, anda dapat memainkan game pada Samsung Smart TV. Dalam hal ini kami memainkan game Sudoku pada Samsung Smart TV. Game dapat anda download melalui Samsung Apps.

Samsung Smart TV Review Gallery

Jika anda memiliki handphone yang mendukung All Share, anda dapat menjadikan Smart TV sebagai media untuk melihat foto, video, dll dari handphone anda menggunakan All Share dengan dukungan DLNA.

Saat ini, jika tidak punya akun Facebook atau Twitter dianggap kurang gaul. Maka dari itu Samsung sudah melengkapi Samsung Smart TV dengan aplikasi Facebook dan Twitter pada produk TV pintarnya ini yang disebut dengan Social TV. Saat anda menonton, anda tetap dapat memantau update status dari aplikasi Facebook dan Twitter anda.

Samsung Smart TV Review Gallery

TV ini sudah dilengkapi dengan teknologi 3D LED yang sanggup untuk mengubah siaran 2D menjadi siaran 3D. Sudah terdapat konverter 2D ke 3D pada TV ini, selain itu Samsung Smart TV sudah dilengkapi dengan sistem tata suara 3D yang membuat telinga anda mendengarkan suara lebih baik lagi. Samsung Smart TV sudah mendukung video Full HD 1080p untuk kenyamanan mata anda menikmati film-film HD anda. Untuk menonton film HD anda dapat mencolokan USB anda atau menggunakan hardisk eksternal.


Varian Samsung Smart TV  dan Harga

Tipe D8000 dikeluarkan dalam dua pilihan varian, untuk ukuran 55 dibandrol seharga 47 juta dan untuk  ukuran 60 inci dibandrol seharga 70 juta.

Tipe D7000 dikeluarkan dalam dua pilihan varian, untuk ukuran 46 inci dibandrol seharga 28 juta untuk yang ukuran 55 inci belum terdapat harga pasti.

Tipe D6600 dikeluarkan dalam tiga pilihan varian, untuk ukuran 40 inci dibandrol seharga 17 juta, untuk ukuran 46 inci dibandrol seharga 22 juta, untuk ukuran 55 inci dibandrol sehagra 38 juta.

Tipe D6000 dikeluarkan dalam dua pilihan varian, yaitu 46 inci dibandrol dengan harga 20 juta, untuk ukuran 40 inci dibandrol dengan harga 15.5 juta.

Keempat tipe yang kami sebutkan diatas adalah Smart TV berteknologi 3D LED. Samsung juga mengeluarkan Smart TV berteknologi Plasma 3D bertipe PS64D8000 dengan ukuran 64 inci namun tidak disebutkan berapa harganya.


Kesimpulan

Harga Smart TV tergolong mahal dan ini berarti hanya ditujukan untuk kalangan menengah keatas. Selain itu beberapa fitur Smart TV belum dapat digunakan di Indonesia seperti TV Digital yang membuat TV ini terasa mubazir.

Kelebihan :

-All In One TV

-Teknologi 3D LED yang memukau ketika digunakan untuk menonton film Full HD 1080p

-Teknologi konverter gambar 2D ke 3D

-Dapat dihubungkan dengan perangkat lainnya menggunakan All Share

-Dapat digunakan untuk menonton siaran streaming (streaming TV)

Kelemahan :

-Harga yang mahal

-Fitur-fiturnya tidak dapat dijalankan secara maksimal di Indonesia

-Membutuhkan banyak dukungan perangkat untuk dapat memaksimalkan kinerjanya (Wi-Fi, Internet, Kacamata 3D, home theatre, Blu Ray, dll)

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
21
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.