TOP
REVIEWS
Review: Polytron Glozz PG 5000Q
Review Polytron Glozz Series PG 5000Q
Apr 12 2011 5:02PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
6.0
4
10347

Ini adalah pertama kalinya kami mereview ponsel keluaran Polytron. Polytron, produsen elektronik terkemuka dalam negeri ini rupanya ikut turut serta dalam persaingan ponsel lokal. Kali ini adalah Glozz series yang tampaknya ditujukan untuk kaum Hawa, dengan harga 900ribu-an, bentuk clamshell QWERTY berwarna pink, inilah Polytron PG 5000Q. Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.

Fitur-fitur Unggulan

  • Layar 2.4 inchi dengan resolusi QVGA 240x320

  • Kamera 2MP

  • Radio FM

  • Bluetooth

  • Java

 








 

Video Review:

Paket Penjualan

Dus yang melindungi ponsel ini cukup keren dan terlihat ekslusif, tidak seperti ponsel lokal pada umumnya. Dalam dus ini, isinya antara lain:

  • Baterai Lithium Ion 850 mAH

  • Petunjuk Penggunaan

  • Kartu Garansi 12 bulan

  • Kabel data (mini USB)

  • Charger (mini USB)

  • Handsfree (mini USB)


 

Desain dan Bodi

Dalam keadaan tertutup, ponsel lipat ini tidak seperti ponsel, lebih menyerupai kotak bedak, dengan keempat sisi sama panjangnya. Belum lagi warna pink glossy menambah aura kewanitaan pada ponsel ini.

Bagian depan ponsel ini yang berwarna pink glossy ada layar monokrom beresolusi 128x36 piksel berukuran 1.1 inchi. Dalam keadaan stand-by layar ini menayangkan jam, kekuatan sinyal dan indikator baterai. Di bawah layar ada logo Polytron, serta kamera 2MP di sudut sebelah kanan. Di bagian belakang yang berbahan doff hanya ada logo Polytron.




 

Samping kiri ada port mini USB. Sementara sebelah kanan ponsel ada tombol bantuan, untuk menyalakan layar utama saat kondisi ponsel tertutup. Sedangkan dalam keadaan terbuka tombol ini berfungsi sebagai tombol “Enter” aplikasi.





 

Bagian atas tidak ada apa-apa, demikian juga dengan bagian bawah, terkecuali di sudut kanan ada lubang untuk tali gantungan ponsel.



 

Dalam keadaan clamshell terbuka, barulah benda ini tampak seperti ponsel. Bagian bawah (keyboard qwerty) agak lebih maju daripada bagian layar, sehingga melihat layar berkesan agak terbenam. Layar 2.4 inci beresolusi 240x320 terlihat bagus, dengan warna-warna yang indah dan sudut penglihatan yang lumayan bagus. Sementara itu keyboard qwerty cukup nyaman digunakan, selain empuk juga cukup besar-besar ukurannya, meskipun keyboardnya menyatu. Di atas keyboard qwerty ada tombol panggilan, menu, Dpad 5 arah, tombol back dan tombol hang-up sekaligus power.






Polytron Glozz dibandingkan ponsel clamshell lain, Sharp WX-A92

Antar Muka

Untuk homescreen, informasi yang dapat ditampilkan adalah indikator baterai, profil, sinyal, jam, status dan reminder. Tombol d-pad dapat digunakan untuk akses pintas ke beberapa aplikasi (dapat diatur sendiri)

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Antar muka ponsel ini dipenuhi berbagai animasi, seperti animasi fade out sewaktu membuka menu utama, dan animasi 3D sewaktu membuka aplikasi. Menu utama sendiri tampil dengan format 4 kolom dan 3 baris yang disusun secara vertikal total ada 31 ikon aplikasi. Susunan ikon dapat diubah melalui “menu Arrange “ di menu utama. Selain itu kita juga dapat menambahkan ikon aplikasi lainnya. Themes memang ada (blue, pink, black) namun sangat sederhana dan tidak merubah tampilan secara signifikan.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Phonebook

Phonebook menampilkan berbagai kategori diantaranya General, Most called, SIM directory, My Favorite, dan Group. Kapasitas phonebook ampai dengan 800, lumayan banyak. Untuk setiap kontak, yang dapat diisikan adalah nomor mobile, home, company, email, URL, IMPS ID, Work, Fax, tanggal lahir, gambar, video, ringtone dan group. Melalui contact kita bisa melihat chat history dengan yang bersangkutan.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Messaging

Fitur SMS ditampilkan dengan cara biasa, dengan Inbox, Outbox, Sent, Voicemail dan lain-lain, tanpa dilengkapi chat mode. Untuk membuat MMS hanya perlu menyisipkan file multimedia. Performa pengetikan cukup cepat.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Kami mencoba Yahoo mail dan pengaturan email tidak langsung otomatis. Untuk melakukan settingan email kita perlu melakukan beberapa pengaturan seperti Protocol, data account, incoming server dan outgoing server. Untuk Instant messenger ponsel ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Palringo. Service Messenger yang dapat digunakan cukup lengkap antara lain: AIM, Yahoo, ICQ, XMPP, Gadu-gadu, Gtalk, iChat, Facebook. Layanan-layanan tersebut dapat digunakan online berbarengan. Palringo dapat di-minimize dan berjalan di background sehingga kita tetap online terus. Jika ada chat masuk ada ringtone serta notifikasi kecil di home screen.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Kamera

Kamera ponsel Polytron ini berfitur : resolusi (2MP, 1MP, VGA, QVGA), capture mode (1, 3, 5 shot) kualitas (standar, tinggi, rendah), timer (5, 10, 15 detik), banding (50, 60 Hz), Night mode, EV ( -4 sampai +4), White Balance (auto, daylight, tungsten, fluorescent, cloudy, incandescent), color mode (grayscale, sepia, sepia green, blue, red, color invert), dan tambahan frame.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Hasil kamera dalam keadaan terang (outdoor) cukup berlebihan menangkap cahaya, sedangkan saat indoor cukup lumayan meskipun banyak noise:

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Perekam Video

Fitur-fitur perekam video Polytron Gloss: White Balance (auto, daylight, tungsten, fluorescent, cloudy, incandescent), EV ( -4 sampai +4), night mode, banding (50, 60 Hz), kualitas (standar, tinggi, rendah), durasi (15, 30, 60 detik, unlimited), audio, encode format (H263, MP4), dan color mode (grayscale, sepia, sepia green, blue, red, color invert).

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Hasil perekaman video dalam format QCIF 176x144 piksel, 6-7 frame per detik dan bitrate 1000kbps, menghasilkan file 1MB untuk 30 detik:

 

 

Pemutar Musik

Ponsel ini membuat kategori-kategori di pemutar musiknya seperti berikut: All songs, My star list (lagu-lagu yang anda tandai), Folder (folder-folder tampat lagu-lagu di Micro SD anda), Album, Artist, Genre, Update song. Tidak seperti ponsel lokal pada umumnya yang harus manaruh lagu di dalam sebuah folder bawaan, ponsel ini dapat melakukan scanning ke seluruh micro SD anda.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Keluaran suara dari loudspeaker cukup kencang, namun lumayan sember pada volume tertinggi. Tampilan spektrum equalizer dapat diganti dengan Album Art. Spektrum equalizer yang bergerak mengikuti irama lagu memang cukup memberatkan ponsel ini. Selain itu tampilan lirik juga dapat ditampilkan. Untuk equalizer, berbagai pilihan seperti Bass, Dance, Classic, Treble, Party, Pop, dan Rock sudah tersedia. Kita tidak bisa membuat settingan equalizer sendiri.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Radio FM

Untuk mendengar siaran radio anda harus mencolokkan headset mini USB dalam paket penjualan sebagai antena penerima. Aplikasi Radio FM bisa melakukan scanning siaran radio yang tersedia di wilayah anda.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Galeri foto

Tampilan galeri foto berformat Slide sebagai defaultnya, namun kinerja jadi lambat, ditambah lagi navigasi menjadi sulit. Karena itu ada opsi untuk memilih format list dan thumbnail untuk galeri foto. Loading gambar cukup cepat untuk ukuran ponsel sekelasnya, tampilan foto juga bagus.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Pemutar Video

Video yang dapat diputar terbatas sampai resolusi 320x240 serta format 3gp/mp4 saja. Tampilan video langsung dalam format full screen landscape sesuai dengan layar ponsel yang landscape.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Konektivitas

Tidak seperti ponsel lokal pada umumnya, ponsel ini hanya mendukung satu buah SIM card. Jaringan GSM yang dipakai adalah QuadBand GSM 900/1800/850/1900 dengan GPRS dan EDGE kelas 12. Bluetooth sudah mendukung A2DP. Untuk segala macam port, mulai dari headset, charger, kabeldata semua menggunakan port Mini USB.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Browser

Ada dua macam browser yang ada secara default di ponsel ini yaitu Browser bawaan dan Opera Mini. Opera Mini akan kita bahas di halaman berikut tentang aplikasi bawaan. Browser bawaan Polytron Gloss hanya mampu membuka 1 tab saja, dengan kinerja cukup cepat jika anda hanya membuka situs mobile. Scrolling terasa cepat, navigasi dapat diubah menjadi mode 4-way, 2-way dan scrolling. Gambar dapat di-nonaktifkan, demikian juga dengan cookie dan cache.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Aplikasi Bawaan

 

Opera Mini

Opera Mini yang digunakan adalah versi 4.2.16320. Keunggulan Opera Mini adalah mampu menampilkan gambar dengan berbagai pilihan kualitas, loading yang cepat dan tampilan yang lebih baik dalam membuka situs web untuk desktop. Kinerjanya pun cepat dalam navigasi maupun loading/rendering gambar.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Facebook

Aplikasi Facebook ini bukan sekedar akses pintas saja, namun benar-benar aplikasi penuh. Tampilannya cukup bagus, jumlah notifikasi langsung terlihat dan bisa digunakan untuk mengunggah foto. Saat melakukan update status, tulisan di bawah status adalah “via Facebook Mobile by Opentech Eng”

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

mTweet

Tampilannya mirip dengan aplikasi Facebook, karena pengembangnya sama, Opentech Eng. Namun saat melakukan update status, tulisannya adalah “via Alcatel mTweet”. Mengunggah foto tidak dapat dilakukan, karena pada dasarnya Twitter memang tidak bisa mengunduh foto kecuali profile picture.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

File Manager

Melalui File Manager anda dapat mengakses memory micro SD anda maupun internal memory ponsel anda yang sebesar 70MB. Micro SD kami yang berukuran 4GB dapat dibaca dengan lancar, karena ponsel ini dapat membaca sampai 8GB.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

 

Organizer

Organizer yang ada di ponsel ini adalah Stopwatch, task, alarm, notes, calendar, calculator dan converter.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery


 

 

Aplikasi Pihak Ketiga

Kami mencoba menginstal Nimbuzz melalui GetJar.com. Pada awalnya Getjar tidak dapat membaca jenis ponsel ini, namun setelah memilih platform yaitu J2ME kami mencoba menginstal aplikasi chatting Nimbuzz dan bisa digunakan dnegan baik, susunan tombol dan layar juga tepat tanpa kesalahan/ketidak sinkronan.

Polytron Glozz PG 5000Q Review Gallery

Daya Tahan baterai

Dengan baterai hanya berkapasitas 850 mAH, sulit berharap banyak untuk ketahanan baterai ponsel ini. Kami melakukan review dari pagi sampai sore dan baterai habis hingga setengahnya.

 

Kesimpulan

Sebagai pemain baru, Polytron patut diperhitungkan. Meskipun masih OEM China, bukan produksi dalam negeri, namun nama besar Polytron sudah dikenal rakyat Indonesia berbagai pelosok. Ponsel Polytron ini sendiri cukup bagus dengan desain menawan yang sayangnya hanya cocok untuk wanita saja. Fitur-fiturnya pun tidak terlalu buruk untuk ponsel seharga 900ribu-an ini.
 

Kelebihan

  • aplikasi Facebook dan Twitter bawaan yang bagus

  • keyboard qwerty yang besar dan empuk

  • Layar 2.4 inci yang cukup bagus

  • Layar eksternal

  • Web browser bawaan cukup cepat

 

Kekurangan

  • Loudspeaker agak sember

  • Kadang agak lemot

  • Ketahanan baterai kurang bagus

Kamera

Resolusi : 2MP (1600x1200)

Keadaan : Terang

Flash : Tidak

Autofokus : Tidak

Zoom digital : ya

Fitur : resolusi (2MP, 1MP, VGA, QVGA), capture mode (1, 3, 5 shot) kualitas (standar, tinggi, rendah), timer (5, 10, 15 detik), banding (50, 60 Hz), Night mode, EV ( -4 sampai +4), White Balance (auto, daylight, tungsten, fluorescent, cloudy, incandescent), color mode (grayscale, sepia, sepia green, blue, red, color invert), dan tambahan frame

 

Perekam Video

Resolusi : QVGA

Keadaan : Terang

Flash : Tidak

Autofokus : Tidak

Zoom digital : ya

Fitur : White Balance (auto, daylight, tungsten, fluorescent, cloudy, incandescent), EV ( -4 sampai +4), night mode, banding (50, 60 Hz), kualitas (standar, tinggi, rendah), durasi (15, 30, 60 detik, unlimited), audio, encode format (H263, MP4), dan color mode (grayscale, sepia, sepia green, blue, red, color invert)

 

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis, pilih

 

 

Konektivitas

GPS: tidak ada

Kompass Digital : tidak ada

A-GPS : Tidak

Peta bawaan : Tidak

Bluetooth: ya, A2DP

 

 

Browser

Format : WAP

Flash Player : Tidak

Performa : Lambat

Dukungan banyak jendela : Tidak

 

 

Layar

Layar TFT 2.4 inci, QVGA , layar luar 1.1 inchi monokrom, 128x36 piksel

 

 

OS

Type apa : Proprietary

Upgrade OS : -


 

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY

Tombol kualitas : empuk, besar-besar


 

Office

Aplikasi bawaan : Tidak


 

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3 dan AAC

Galery foto video : Ada

Fungsi share : MMS, Bluetooth

 

 

Jaringan

Dukungan 3G : Tidak

Band : Quad Band 850/900/1800/900 Mhz


 

Messaging

SMS dan MMS : ya

Dukungan email : ya

Fitur lain : Instant Messaging (palringo)


 

Baterai

Type baterai dan kapasitas : Li-Ion 850 mAh

 

 

Aplikasi

Dukungan format : .jar

Market app / Tempat Download : internet via browser

 

 

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Email : -

Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada background

Facebook : -

Twitter : -

 

 

Nada dering

Format : MP3

MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile

MP3 sebagai sms : Tidak

MP3 sebagai email : Tidak

 

 

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu

Type : Normal, Meeting, Outdoor, Indoor, Headset, Bluetooth

Mode pesawat : Flight mode


 

Games

Bawaan : Ya, Suudoku

Download format game : .jar


 

Background

Format gambar : JPEG, GIF

Ukuran : 240x320

Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

 

 

Navigasi

Touchscreen : Tidak

Lainnya : D-pad 5 arah

Penggunaan : Mudah digunakan

 

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data Mini USB

Aplikasi : -

Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

 

Memory

Internal (Aplikasi) : 70 MB

Dukungan kartu memory : Ya, 1 buah microSD up to 8GB

 

Buku Telepon

Kapasitas: 800 entry

Data : General, Most called, SIM directory, My Favorite, dan Group

Sinkronisasi OTA : -

Foto : ya

Backup : SIM card

Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM Card

Dukungan file backup : -

 

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara

Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab

Panggilan konferensi

Speaker handsfree terpadu

 

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 1

Performa : Lancar

Dukungan Widget : News dan Weather

Dukungan Shortcut : ya, melalui d-pad

 

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :

-Wallpaper

-susunan Menu

-Toolbar

 

Lain-lain

Jackaudio : Port miniUSB

Radio FM : Ada (perlu menggunakan headset untuk mendengarkannya)

Akeselerometer : Tidak

Sensor cahaya : Tidak

Alarm : Ya

Keypad tone : Ya

Port charging : Ya, (port miniUSB)

Unlocked dan lock : Tekan tombol lock

Hot swap : Tidak

Speaker : Suara berkualitas

Mode pesawat : -

USB : Untuk data dan charging



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
21
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.