TOP
REVIEWS
Review: Samsung GT-E2652W Champ Duos
Review Samsung GT-E2652W Champ Duos
Mar 29 2011 12:36PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.3
22
53253

 

Perkenalan

Samsung baru saja meluncurkan keluarga terbaru dari Samsung Champ yaitu Samsung GT-E2652W atau lebih dikenal dengan nama Samsung Champ Duos. Beberapa peningkatan terlihat pada handphone dual SIM card ini seperti ukuran layar yang lebih besar serta adanya konektivitas Wi-Fi yang mana belum terdapat pada Samsung Champ sebelumnya. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Samsung GT-E2652W.


Spesifikasi resmi :

  • Triband GSM/GPRS/EDGE 900/1800/1900 Mhz
  • Teknologi Dual SIM Card
  • Layar sentuh TFT resistif 2.6 inci dengan kedalaman 256K warna beresolusi 240 x 320 piksel
  • Konektivitas Wi-Fi b/g dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan EDR
  • Kamera beresolusi 1.3 megapiksel dan perekaman video beresolusi QCIF dengan kecepatan perekaman 15 frame perdetik
  • Jaringan sosial terintergasi
  • Aplikasi chating terintegrasi
  • Port microUSB 2.0 dan jack audio standar 3.5mm
  • Radio FM Stereo
  • MP4 player

Samsung GT-E2652W dibandrol dengan harga Rp.1.000.000 dan akan bersaing secara ketat dengan LG T310 yang juga sama-sama berasal dari negeri ginseng korea. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui kelebihan Samsung GT-E2652W lebih detil lagi.


 

 

Kotak Penjualan Samsung Champ Duos

Didalam kotak penjualan Samsung Champ Duos terdapat aksesoris seperti charger, batery, headset standar 3.5mm, kartu garansi, serta buku panduan manual. Tidak terdapat bonus microSD dan kabel data microUSB didalam kotak penjualan Samsung Champ Duos.


Hardware

Desain Samsung Champ Duos terlihat sama seperti Samsung Champ sebelumnya, hanya saja dimensi Champ Duos terlihat lebih besar dari pendahulunya. Ini bukan tanpa sebab, ini dikarenakan Champ Duos menggunakan layar berukuran 2.6 inci yang mana 0.2 inci lebih besar dari pendahulunya.


Pada bagian atas layar terdapat lubang suara serta logo duos yang menandakan handphone ini menggunakan teknologi dual SIM card.


Champ Duos menggunakan layar sentuh TFT resistif berukuran 2.6 inci dengan kedalaman 256K warna beresolusi 240 x 320 piksel. Hanya diperlukan sentuhan halus untuk dapat menggunakan layar Champ Duos. Anda juga dapat menggunakan layar menggunakan stylus pen yang sudah terdapat dibalik penutup batery Champ Duos. Saat layar digunakan diluar ruangan, tepatnya dibawah sinar matahari langsung, layar terlihat agak kurang baik dan sulit dibaca. Layar juga terlihat kehitaman saat kami lihat pada sudut kemiringan yang ekstrem dari sisi kiri dan kanan.


Pada bagian bawah layar terdapat tombol pembuat panggilan, tombol back, serta tombol pemutus panggilan yang berfungsi ganda sebagai tombol power juga.


Pada bagian belakang terdapat lensa kamera beresolusi 1.3 megapiksel yang tidak dilengkapi dengan penutup lensa serta lubang speaker. Permukaan penutup batery terlihat bermotif bintik-bintik yang mana ini sepertinya sudah menjadi ciri khas handphone-handphone Samsung belakangan ini.


Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Samsung Champ Duos.





 

Duos Dengan TouchWiz

Champ Duos menggunakan tampilan TouchWiz khas Samsung. Pada home screen standarnya terdapat 4 buah layar home screen, namun anda dapat menambahkan layar home screen sampai dengan 7 buah layar. Layar home screen dapat anda terapkan widget, kontak, atau akses pintas untuk mempermudah anda.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Untuk menu, hanya terdapat satu pilihan tampilan menu yaitu grid 3 x 3. Terdapat total 3 buah layar menu pada Champ Duos.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Phonebook

Untuk phonebook, Champ Duos dapat menyimpan hingga 1000 entry kontak. Terdapat detil kontak seperti foto personal, email, grup, dan nada dering personal pada phonebook Champ Duos. Untuk mempermudah panggilan kontak, anda dapat memasukan kontak ke menu ”favorit” pada phonebook.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Melakukan panggilan

Samsung Champ Duos menggunakan teknologi dual SIM card. Kami mencoba melakukan panggilan menggunakan Champ Duos (SIM 1), saat panggilan sedang berlangsung kami mencoba menghungi SIM 2 menggunakan handphone kami yang lainnya. Ternyata SIM 2 tidak dapat dihubungi ketika kami sedang melakukan panggilan pada Champ Duos. Ini cukup disayangkan. Untuk berpindah dari SIM 1 ke SIM 2 untuk melakukan panggilan, terdapat tombol swtich SIM card pada sisi kanan handphone.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

 

Input Teks

Untuk menginput teks anda dapat menggunakan jari atau stylus pen. Untuk metode inputnya sendiri terdapat dua metode yaitu keypad alfanumerik dan keyboard QWERTY yang keduanya sama-sama hadir dengan tampilan portrait. Tidak keyboard QWERTY dengan tampilan landscape.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Fitur Pesan

Samsung Champ Duos dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. SMS menjadi satu dengan MMS, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat memasukan konten multimedia pada SMS. Untuk SMS sendiri terdapat 1836 karakter panjang yang dapat anda gunakan untuk mengirimkan SMS. SMS dapat dilihat dengan tampilan IM atau tampilan biasa.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Untuk email, anda dapat menggunakan email seperti Hotmail, Yahoo Mail, dan Google Mail. Jika anda menggunakan salah satu atau ketiga akun email ini, handphone akan melakukan pengaturan secara otomatis. Yang anda perlukan adalah mengisikan alamat email dan password email anda saja. Untuk menggunakan email diluar ketiga email tersebut anda harus melakukan pengaturan email secara manual.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Untuk IM, terdapat aplikasi IM seperti Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, dan Palringo. Sebagai informasi aplikasi chating tidak dapat diminize, jika anda keluar dari aplikasi chating maka aplikasi chating akan secara otomatis sign out.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

 

Multimedia

Kamera
 
Samsung Champ Hello Kitty dilengkapi dengan kamera beresolusi 1.3 megapiksel. Kamera dilengkapi dengan pengaturan kamera seperti zoom digital sebanyak 2x, EV, self-timer (2, 5, 10 detik), resolusi kamera (1.3 MP, 0.3 MP, 0.1 MP), white balance (auto incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), efek warna (none, sepia, negatif, gray), kualitas foto (sangat baik, baik, normal), night mode, dan media penyimpanan foto (memori card/memori internal).

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Secara keseluruhan, kualitas foto Champ Duos terlihat cukup baik walaupun agak gelap pada pencahayaan foto. Dibawah ini adalah hasil foto kamera Samsung Champ Duos.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Perekam Video


Selain dapat digunakan untuk memotret, kamera Champ Duos juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi QCIF dengan kecepatan perekaman 15 frame perdetik. Terdapat beberapa pengaturan perekaman video seperti self-timer (2, 5, 10 detik), white balance (auto incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), efek warna (none, sepia, negatif, gray), kualitas video (sangat baik, baik, normal), EV, zoom-in 2x, dan media penyimpanan foto (memori card/memori internal). Dibawah ini adalah hasil rekaman video Champ Duos .



Pemutar Musik

Pemutar musik Champ Duos dapat memutar lagu berformat MP3, WMA, dan AAC. Saat lagu dimasukan kedalam handphone maka pemutar musik akan mengelompokan lagu berdasarkan album, penyanyi, dan jenis lagu. Anda juga dapat membuat playlist sendiri pada pemutar musik. Walaupun tergolong handphone low-end, namun Samsung telah membekali Champ Duos dengan teknologi suara 3D surround yang mana membuat kualitas suara terdengar bagus. Saat lagu dimainkan terdapat tampilan album art pada pemutar musik.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Jika masih merasa kurang puas dengan kualitas suara Champ Duos, anda dapat menggunakan pilihan EQ yang terdapat pada handphone seperti auto, pop, rock, jazz, dance, klasik, live, wide, konser, bass enhancement, dan externalization. Anda juga dapat mendengarkan lagu menggunakan headset 3.5mm serta headset Bluetooth Stereo (dijual secara terpisah) karena Champ Duos sudah dilengkapi dengan lubang jack audio standar 3.5mm serta Bluetooth dengan dukungan A2DP. Tak lupa, jika anda tertidur pulas saat mendengarkan lagu, terdapat fitur sleep timer pada pemutar musik.

Galeri Foto dan Video

Untuk mengakses foto dan video anda dapat menggunakan my files yang mana ini sebenarnya adalah file manajer dan bukanlah galeri foto atau video. Saat melihat foto, anda dapat menggeser foto dengan sentuhan halus kearah kiri ataupun kanan untuk melihat foto sebelumnya atau foto selanjutnya. Untuk memperbesar foto anda dapat menggunakan tombol zoom-in virtual atau menggunakan tombol volume. Foto dapat anda kirimkan menggunakan MMS, Email, ataupun Bluetooth.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Untuk video, anda dapat memutar video berformat MP4 dan H.263.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery



Radio FM Stereo

Untuk mendengarkan radio pada Champ Duos anda harus menggunakan headset yang berfungsi sebagai antena. Stasiun radio dapat anda cari secara manual ataupun otomatis dan dapat anda simpan pada fitur radio.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

 

Konektivitas

Samsung Champ Duos berjalan pada jaringan triband GSM/GPRS/EDGE 900/1800/1900 Mhz. Untuk konektivitas lokal terdapat Wi-Fi b/g dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Untuk menghubungkan handphone ke PC anda dapat menggunakan kabel data microUSB (dijual terpisah). Lubang jack audio standar dapat anda gunakan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset favorit anda.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

Browser

Champ Duos dilengkapi dengan browser bawaan NetFront 3.5 sama seperti Samsung Champ sebelumnya. Untuk melakukan browsing terdapat dua pilihan, yaitu menggunakan GPRS/EDGE atau menggunakan Wi-Fi. Sayangnya browser Champ Duos tidak dapat digunakan untuk membuka website berbasis HTML karena keterbatasan memori, ini kami buktikan saat membuka website teknoup versi HTML dan beberapa website berformat HTML lainnya.Untuk melakukan zoom-in/out anda dapat menggunakan tombol volume. Layar juga memungkinkan untuk melakukan kinetik scrolling.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

Fitur Organiser

Terdapat beberapa fitur organiser pada Champ Duos seperti kalendar, alarm, perekam suara, memo, task, kalkulator, konverter, jam dunia, timer, dan stopwatch.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

Aplikasi Jaringan Sosial

Terdapat dua buah aplikasi jaringan soial yang sudah terdapat didalam handphone seperti Facebook dan Twitter. Facebook dapat digunakan untuk melihat news feed, update status, melihat foto, melihat inbox, dll.

Samsung GT-E2652W Champ Duos Review Gallery

Twitter dapat digunakanuntukupdate status, RT, DM, upload Twitpict, dll.

 

Daya Tahan Batery

Untuk ketahanan batery, Samsung mempercayakannya pada batery Li-Ion 1000 mAh yng sanggup bertahan hingga 860 menit saat digunakan untuk melakukan panggilan serta 470 jam dalam keadaan standby.

Kata Penutup

Beberapa peningkatan fitur terlihat pada Samsung Champ Duos seperti layar lebih besar, teknologi dual SIM card, dan adanya Wi-Fi. Untuk fitur lainnya tidak terlalu berbeda jauh dari Samsung Champ sebelumnya.


Kelebihan :

  • Teknologi dual SIM card memudahkan kita untuk menggunakan dua SIM dalam satu handphone
  • Konektivitas Wi-Fi yang stabil
  • Harga sesuai dengan fitur dan kualitas
  • Kualitas audio tergolong bagus

Kelemahan :

  • Tidak dapat menerima panggilan masuk ketika sedang melakukan panggilan
  • Tidak terdapat tombol shutter kamera
  • Layar kurang baik saat digunakan dibawah sinar matahari
  • Browser tidak dapat digunakan untuk membuka situs HTML karena kurangnya memori


 

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 1.3 megapiksel
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Tidak
Zoom : 2x
Fitur : Zoom digital sebanyak 2x, EV, self-timer (2, 5, 10 detik), resolusi kamera (1.3 MP, 0.3 MP, 0.1 MP), white balance (auto incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), efek warna (none, sepia, negatif, gray), kualitas foto (sangat baik, baik, normal), night mode, dan media penyimpanan foto (memori card/memori internal).

Video Kamera

Resolusi : QCIF
Keadaan gelap : Cukup terang
Flash : Tidak
Frame perdetik : 15 frame perdetik
Fitur : Self-timer (2, 5, 10 detik), white balance (auto incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), efek warna (none, sepia, negatif, gray), kualitas video (sangat baik, baik, normal), EV, zoom-in 2x, dan media penyimpanan foto (memori card/memori internal)

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Tidak
A-GPS : Tidak
Peta bawaan : -

Browser

Format : WAP
Flash Player : Tidak
Performa : Cukup cepat
Dukungan banyak jendela : 1

Layar

Layar sentuh TFT resistif 2.6 inci dengan kedalaman 256K warna beresolusi 240 x 320 piksel (tampilan TouchWiz)

OS

Type apa : Proprietary
Upgrade OS : -
Upgrade selanjutnya : -

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY virtual dan keypad alfanumerik portrait
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Tidak

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, dan AAC
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : Email, bluetooth, dan MMS

Wi-Fi

Shortcut on/off : Ya
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Tidak
Band : -
Kecepatan HSDPA : -

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Yahoo Messenger, MSN Messenger, Palringo
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 470 jam
Waktu bicara : 860 menit
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas :  Baterai Li-Ion 1.000 mAh

Streaming

Audio : -
Video : -

Aplikasi

Dukungan format : .jar
Market app / Tempat Download : Samsung Apps
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Kalkulator
-Browser
-Email
-Kamera
-Perekam video
-Widget

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, notifikasi pada home screen
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada layar aplikasi
Facebook : -
Twitter : -

Nada dering

Format : MP3
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik
MP3 sebagai sms : -
MP3 sebagai email : -

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : -
Mode pesawat : -

Startup

Waktu startup : 10 detik

Games

Bawaan : Ya
Download format game : .jar
Tempat download : Samsung Apps

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 240 x 320 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Samsung PC Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi) : -
Dukungan kartu memory : MicroSD

Buku Telepon

Kapasitas: 1000 entry
Data : Alamat email, notes, foto personal, nada dering personal, grup kontak, dll.
Sinkronisasi OTA : -
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen), Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab, Panggilan konferensi, Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 7 home screen
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Widget

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, tidak memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Tidak
Alarm : Ya
Keypad tone : -
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol unlock/lock
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : -
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
14
17 Oct 2014
1
16 Oct 2014
23
08 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Apple iPhone 6
Akan Datang
14
Oct 17 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
1
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.