TOP
REVIEWS
Review: LG Optimus Me P350
Review LG P350 Optimus Me
Feb 28 2011 1:24PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.4
27
58825

LG Optimus Me P350 dikeluarkan untuk menyaingi kesuksesan Samsung Galaxy Mini yang sudah dilaunching lebih dahulu minggu lalu. Menurut info yang kami terima dari pihak LG Indonesia, LG Optimus Me akan dibanderol dengan harga jual sekitar Rp.1.550.000 dan akan dilaunching di Indonesia pada akhir bulan Maret 2011. Saat peluncurannya nanti, LG Optimus Me akan dikeluarkan dalam dua pilihan warna varian, baru kemudian pada bulan April nanti LG Indonesia akan melengkapi semua pilihan warna varian LG Optimus Me.

 






 

Video perkenalan LG Optimus Me dan perbandingan bodi dengan Galaxy Mini

 

Fitur-fitur unggulan LG Optimus Me

  • Prosesor ARMv6 600 mHz

  • Android OS 2.2 Froyo

  • Layar sentuh kapasitif 2.8 inchi beresolusi QVGA (320x240)

  • Kamera 3.2 MP

  • Perekam video VGA (640x480) 24 fps

  • WiFi

  • Radio FM

  • GPS

Desain dan Bodi

Keseluruhan bodi Optimus Me terbuat dari plastik, dengan bagian depan plastik glossy berwarna hitam dan bagian belakang plastik doff dengan warna casing silver pada unit yang kami review. Desainnya sangat khas LG dengan bentuk mirip LG Wink series, terutama pada bentuknya yang oval dan tombol panggilan dan tombol end yang menyatu.


 

Bagian depan: Loudspeaker ponsel ini menyatu dengan earpiece. Layar sebesar 2.8 inchi melengkapi ponsel ini. Dengan resolusi hanya QVGA (320x240) kita memang tak bisa berharap banyak, namun warna yang dikeluarkan oleh layar ponsel ini bagus dan cemerlang. Sudut penglihatannya juga secara mengejutkan sangat bagus, dalam sudut sempit warna yang keluar tetap cemerlang, coba anda lihat foto perbandingan dengan Galaxy Mini di bawah. Hal yang jarang ditemui di ponsel sekelasnya. Ukuran layar yang agak kecil juga ada untungnya, kerapatan piksel menjadi lebih baik daripada pesaing, meskipun imbasnya anda akan kesulitan mengetik dan mungkin kurang puas memandang layarnya.


 

Di bawah layar ada tombol sentuh, hal yang cukup mewah untuk ponsel dibawah 2 juta. Tombol-tombol sentuh ini adalah Menu, Home, Back, dan Search. Sebenarnya bisa saja LG menaruh tombol sentuh ini di bagian paling bawah dan memperbesar ukuran layar yang dirasa kecil tadi. Di bawahnya ada tombol dial / panggilan dan tombol End, yang sekaligus berfungsi sebagai pengunci layar. Agak aneh dan merepotkan karena biasanya ponsel Android / ponsel berlayar sentuh pada umumnya memiliki tombol lock sendiri.


 

Bagian belakang: Hanya ada kamera 3MP (tanpa penutup lensa maupun lampu flash) di bagian atas dan logo LG di bagian bawah.




 

Bagian atas : hanya ada jack audio standar 3.5mm tanpa pelindung.


 

Bagian bawah: hanya ada microfon untuk input suara.


 

Bagian samping kiri: Port Micro USB untuk port charging dan melengkapi konektivitas ponsel ini.


 

Bagian samping kanan: hanya ada tombol volume.


 

Perbandingan bodi dengan Galaxy Mini:





LG Optimus Me P350 Review Gallery

Antar Muka

Antar muka ponsel ini hanya dipoles sedikit saja oleh LG dari UI standar Android 2.2. Tampilannya agak mirip dengan Optimus One, memakai Optimus UI 1.5. Home screen terdiri dari 5 buah yang bisa diubah menjadi 7. Ya, ada dua pilihan, 5 atau 7 homescreen. Widget yang bisa dipasang memang terbatas akibat kecilnya resolusi layar, namun 7 homescreen dirasa sudah cukup. Perpindahan Homescreen serasa lancar walaupun ada 7 homescreen yang dipasang dengan banyak widget. Live wallpaper tentu saja bisa dipasang di ponsel ini.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Banyaknya kustomisasi pada antarmuka menambah keunggulan ponsel ini. Menu utama menjulur ke bawah, dengan kategori “Application†yang berisi aplikasi-aplikasi bawaan dari ponsel ini dalam format kolom. Kami sudah mengunduh aplikasi dari Android Market dan aplikasi tersebut masuk ke kategori “Applicationâ€. Anda bisa mengubah nama kategori, menambah kategori, memindahkan ikon aplikasi baik tata letak maupun ke kategori yang lain.Bar notifikasi hadir di ponsel ini, dengan akses pintas WiFi, Bluetooth, GPS dan Profil. Menekan tombol sentuh Home selama beberapa saat, anda akan dibawa ke Recent application.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Video Antar Muka Optimus Me

 

 

Input Teks

Metode input ponsel ini hanya menyediakan “LG Keyboard†saja, dengan Qwerty keypad dan Phone keypad, dengan pengaturan-pengaturan seperti sugesti kata-kata, auto-capitalization, auto complete dan lain-lain. Sebetulnya ada pilihan lain yakni Handwriting recognition, tapi entah mengapa tidak bisa diaktifkan. Layar yang hanya selebar 2.8 inch mungkin akan menyulitkan pengetikkan bagi anda yang berjari lebar, walaupun opsi landscape mode mungkin akan mempermudahnya.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

Phonebook

Phonebook tersinkronisasi penuh dengan akun Facebook, Gmail, Twitter dan lain-lain. Saat melihat kontak seseorang dari Facebook, kita dapat melihat update status dan histori yang bersangkutan. Untuk kontak biasa anda dapat menambahkan email, kodepos, organisasi,IM, notes, nickname dan website. Seperti ponsel Android lainnya kapasitas phonebook tak terbatas.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Messaging

Untuk messaging tak perlu ditanyakan lagi. Untuk SMS format Threading ataupun chat disediakan memudahkan pengguna melihat obrolan mereka. Untuk mengubahnya menjadi MMS pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan file multimedia.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Seperti biasa Gmail selalu setia melengkapi ponsel-ponsel ber-OS buatan Google ini. Dengan satu akun Gmail anda dapat berselancar mencari aplikasi di market, chatting via Gtalk, dan tentu saja menikmati push notification untuk email. Anda juga dapat memakai beberapa akun Gmail sekaligus. Seperti sudah diduga layanan Yahoo Mail tidak bisa langsung tersedia secara otomatis, anda harus melakukan beberapa pengaturan.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Untuk instant messenger, Gtalk akan online terus menerus layaknya BlackBerry Messenger. Hanya ada Gtalk memang, namun jangan kuatir, banyak sekali aplikasi chatting pihak ketiga seperti Yahoo Messenger, Windows Live, Pingchat, whatsupp dan lain-lain. Aplikasi Facebook pada ponsel ini juga sudah versi terbaru yang memungkinkan pengguna bisa chatting dengan teman Facebooknya.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

Kamera

3.2 megapiksel (2048x1536) adalah resolusi tertinggi kamera LG Optimus Me, namun tidak dilengkapi dengan autofokus, tombol shutter maupun lampu flash. Fitur-fiturnya pun sederhana, hanya ada zooming, tingkat kecerahan (-2 sampai dengan +2), efek (mono, negative, solarize, sepia, aqua). Lalu di pengaturan masih ada lagi Image size (3 mp, 2mp, 1mp, VGA dan QVGA), ISO (100, 200, 400), white balance (Auto, sunny, Incandescents, Fluorescent, Cloudy), timer (3,5,10 sec), Image quality (super fine, fine, normal), auto review, shutter sound dan tag location. Untuk memotret tidak ada tombol fisik yang bisa digunakan, anda harus menyentuh ikon shutter di layar bagian kanan.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Hasil kamera pada pencahayaan luar ruangan bagus, warna-warni yang dihasilkan cemerlang, akurat dan tidak berlebihan. Pada keadaan dalam ruangn kamera terlihat tidak begitu sensitif dalam menangkap cahaya, apalagi kamera tidak dilengkapi flash. Silakan lihat foto dibawah untuk lebih jelasnya (klik untuk mmperbesar ukuran sebenarnya)

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Perekam Video

Perekam video pada Optimus Me lebih baik dari pesaingnya, dengan resolusi maksimal VGA (640x480) dan framerate yang mencapai 24 frame per detik, Optimus Me menjanjikan hasil video yang berkualitas, tidak patah-patah, dan cukup tajam untuk ponsel sekelasnya. Untuk fitur-fiturnya, ada white balance, efek, audio recording, video quality dan auto review, yang parameter-parameternya sama dengan kamera.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Hasil rekaman video ada dalam format .3gp, dengan besar file kira-kira 10MB setiap menitnya, cukup besar, karena itu hasil videonya lumayan bagus, patut diingat kalau 24 frame per detik adalah kecepatan standar roll film pada bioskop. Dapat dilihat di video dibawah hasil rekamannya tidak patah-patah. 

Galeri

Galeri yang dipakai oleh Optimus Me adalah galeri bawaan Android yang berformat 3 dimensi. Waktu yang diperlukan untuk loading galeri cukup cepat, namun saat membuka foto yang beresolusi besar ada rendering gambar yang cukup terasa. Zooming dapat dilakukan dengan pinch and zoom, Seperti biasa semua folder yang mengandung file gambar dan video masuk ke dalam galeri. Kita dapat langsung mengupload / share foto melalui MMS, Twitter, email, Facebook, Picasa, Bluetooth dan Gmail. Lalu gambar yang ada bisa dijadikan wallpaper, di crop, atau diputar.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Disamping melalui Galeri, anda dapat mengakses file-file video melalui Video Player. Dikatakan ponsel ini mendukung divx/xvid, namun ketika kami mencoba memutar video divx beresolusi lebih dari VGA ponsel ini tidak bisa memainkannya, mungkin karena resolusi terlalu besar. Video unduhan dari Youtube sampai resolusi 480x360 (360p) bisa diputar di ponsel ini, dan tampil sangat lancar di layar beresolusi QVGA milik Optimus Me yang berkualitas bagus.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Pemutar Musik

Tampilannya adalah bawaan dari Android 2.2, menyusun lagu-lagu dalam 4 kategori, Artis, Album, Lagu (semua lagu dalam micro SD), dan Playlist. Album art ditampilkan saat memilih album maupun saat memutar lagu. Pemutar musik ini tidak memiliki pengaturan/pilihan equalizer. Suara yang dihasilkan loudspeaker, standar-standar saja, terdengar lumayan nyaring. Dengan memakai headset bawaan 3.5mm keluaran suara akan lebih baik, tiadanya pengaturan equalizer cukup disayangkan disini.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Radio FM

Untuk memutar radio kita harus mencolokkan headset sebagai antena radio. Ada fasilitas scanning pada Radio FM ponsel ini.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

Konektivitas

LG Optimus Me berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan 3G 900/2100 dengan konektivitas internet HSDPA up to 3.6 mbps. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g) dan micro USB (sebagai mass storage, PC sync,modem, dan debug mode). Ponsel ini bisa menggunakan WiFi tethering seperti pada ponsel Froyo lainnya.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Browsing

Browser pada Optimus Me dapat membuka maksimal 8 tab. Flash tidak dapat dimainkan meskipun ponsel ini sudah menggunakan Froyo. Mungkin speknya tidak mendukung, mengingat ponsel sekelasnya, bahkan yang sekelas diatasnya dengan OS yang sama pun tidak mampu membuka flash., hanya satu pengecualian, Motorola Charm yang justru bisa membuka flash meskipun masih memakai Éclair. Kinerja browser cepat, scrolling pun sudah cukup mengikuti tangan. Hanya saja membuka website versi desktop di layar resolusi QVGA memang tidak terlalu bagus dilihat, anda harus melakukan banyak zooming saat bernavigasi.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Browser fight LG Optimus Me dan Samsung Galaxy Mini

Aplikasi bawaan

Pada unit Optimus Me yang kami terima, aplikasi yang langsung ada di ponsel (selain aplikasi standar) adalah: App Advisor, App Manager, Facebook, Latitude, Layar, News and Weather, Places, Think Free Office, dan Twitter. Perlu diingat dalam paket penjualan nanti belum tentu aplikasi-aplikasi yang sama ada di ponsel ini, bisa bertambah atau berkurang. Kami akan membahas beberapa diantaranya:

 

App Advisor

Aplikasi ini menyarankan apliksi-aplikasi yang cocok diinstal di ponsel anda. Tidak terlalu membantu sebenarnya

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

App Manager

Adalah aplikasi Task Manager bagi ponsel ini. Dapat melakukan stop untuk aplikasi yang sedang berjalan, melihat aplikasi-aplikasi tersebut memakan memori seberapa besar. Anda juga dapat meng-uninstal aplikasi yang anda download sebelumnya, serta melihat alokasi pemakaian storage (total 190MB)

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Think Free Office

Dengan aplikasi ini anda dapat melihat serta membuat file-file office seperti dokumen, Spreadsheet (excel) dan presentation.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Berikut adalah gambar-gambar aplikasi bawaan yang lain

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

 

Aplikasi Pihak Ketiga

Rock Player

Dengan aplikasi pihak ketiga ini Optimus Me dapat menayangkan file video selain format mp4 atau divx yang memang tersedia dari awal. Namun tentu tidak semua file video bisa diputar, tergantung bitrate dan resolusi video itu sendiri, dan kuat tidaknya Optimus Me menanganinya.File subtitle juga didukung oleh aplikasi ini.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Adobe Photoshop Express

Aplikasi pengedit gambar terkenal ini muncul versi mobilenya di ponsel Android, namun dengan kemampuan sederhana seperti mengatur brightness/contrast, exposure, cropping dan lain-lain.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

 

Yahoo Mail

Dengan aplikasi ini anda tidak perlu melakukan setting pada ponsel Android anda dan langsung bisa menerima, mengirim email melalui Yahoo Mail.

LG Optimus Me P350 Review Gallery

Hasil benchmarking

Quadrant Standart

Tes benchmark dari Quadrant Standart mencatatkan angka 507 untuk LG Optimus Me. Galaxy Mini mendapatkan angka 556 dari review sebelumnya, sementara Motorola Charm 550. Angka 507 sebenarnya cukup besar untuk ponsel sekelasnya, karena X10 kami yang masih Eclair hanya berkisar di angka yang tidak berbeda jauh (500-550)


 

LuaPi

Perhitungan memakai LuaPi : 5701ms


 

Linpack

Perhitungan dengan Linpack menghasilkan angka 7,157 Mflops dalam 11.71 detik untuk kecepatan Optimus Me.


 

Neocore 3D

Perhitungan framerate dalam merender gambar 3d ini cukup menarik, menghasilkan angka di kisaran 39 frame per detik untuk ponsel froyo entry level seperti Optimus Me dan Galaxy Mini, sedangkan ponsel Eclair seperti Xperia X10 dan Motorola Charm hanya sanggup 27-30 frame per detik.


 

Daya Tahan Baterai

Baterai Optimus Me berkapasitas 1280 mAH berjenis Lithium ion, yang diklaim memiliki talktime 7 jam untuk jaringan 3G. Saat kami tes, seperti biasa ponsel Android yang full online hanya bertahan seharian saja.

 

Kesimpulan

Dengan harga yang diposisikan dibawah 1.6 juta, ponsel ini akan menambah ketat persaingan smartphone entry level. Anda mendapat layar lebih kecil, sehingga mengetik pun lebih sulit (namun sudut penglihatan lebih baik, warna lebih kinclong). Keunggulan lain adalah perekaman video VGA @ 24fps yang cukup mewah untuk ponsel sekelasnya.

 

Kelebihan

  • Perekaman video yang bagus

  • Kualitas layar bagus

  • OS Froyo

  • Dukungan multitouch

  • Tombol sentuh (touchpad)

  • Kinerja lumayan cepat

 

Kekurangan

  • tidak ada LED notification

  • Layar 2.8 inchi agak kecil dan sulit digunakan mengetik

  • Kamera tidak ada autofokus, flash light dan tombol shutter.

  • Browser tidak mendukung flash

  • Music player tanpa equalizer

Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dukungan widget

Chat: Ya, dari aplikasi


Twitter (Aplikasi)
Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya

Reply : Ya,
Retweet : Ya
DM : Ya


Kamera
Resolusi : 3.15 megapixel
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Tidak
Fitur ,
zooming, tingkat kecerahan (-2 sampai dengan +2), efek (mono, negative, solarize, sepia, aqua), Image size (3 mp, 2mp, 1mp, VGA dan QVGA), ISO (100, 200, 400), white balance (Auto, sunny, Incandescents, Fluorescent, Cloudy), timer (3,5,10 sec), Image quality (super fine, fine, normal), auto review, shutter sound dan tag location


Video Kamera
Resolusi : VGA (640x480)
Keadaan gelap : Cukup terang 
Flash : Tidak
Frame perdetik : 24 fps
Fitur :
white balance, efek, audio recording, video quality dan auto review


GPS
Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser
Format : HTML
Flash Player : Tidak
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : 8 Tab

Layar
Layar sentuh berukuran 2.8 inci berteknologi TFT kapasitif dengan kedalaman 256K warna beresolusi 240 x 320 piksel 


OS
Type apa : Android Froyo 2.2
Upgrade OS : OTA
Upgrade selanjutnya : Belum diketahui

Keyboard
Type : Keyboard QWERTY portrait, Keyboard QWERTY landscape, keypad phone
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office
Aplikasi bawaan : Thinkfree Office


Media & Multimedia
Pemutar musik untuk MP3, WMA, AAC, eAAC+, wav
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri dan video player

 


Jaringan
Dukungan 3G : Ya
Band :
Quadband 850/1800/1900/2100 dan 3G 900/2100
Kecepatan 3G : 3,6 MBps

Bluetooth
Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging
Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Gtalk
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai
Type baterai dan kapasitas : Baterai Li-Ion 1.280 mAh

Streaming
Audio : Ya, melalui browser dan aplikasi lainnya
Video : Ya, melalui aplikasi Youtube

Aplikasi
Dukungan format : .APK
Market app / Tempat Download : Android Market
Daftar Aplikasi :
-App advisor

-App Manager

-Browser

-Calculator

-Calendar

-Camera

-Contacts

-Email

-Facebook

-FM Radio

-Gallery

-Clock

-Gmail

-Google Search

-Latitude

-Layar

-Maps

-Market

-Messaging

-Music

-Navigation

-News and Weather

-Phone

-Places

-Settings

-Software Update

-Talk

-Think Free Office

-Twitter

-Video Player

-Voice Recorder

-Voice Search

-Youtube

-SIM Toolkit


Notifikasi
SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen 
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen 
Facebook : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Facebook
Twitter : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Twitter

Nada dering
Format : MP3
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik
MP3 sebagai sms : -
MP3 sebagai email : -

Profile
Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Airplane mode, normal, dan silent mode
Mode pesawat : Ya


Games
Bawaan : Tidak 
Download format game : APK 
Tempat download : Android Market

Background
Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 320 x 240 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi
Live Wallpaper : ya


Navigasi
Touchscreen : Ya
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer
Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Google Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Memori: 160MB
Dukungan kartu memory : MicroSD (up to 32GB)

Buku Telepon
Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Alamat email, foto personal, nada dering personal,  IM, grup kontak, notes, website, serta tanggal ulang tahun
Sinkronisasi OTA : Google Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, Google Sync,Facebook, Twitter, MySpace, Gmail
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon
Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi
Jumlah maximal : 5/7 home screen
Perpindahan : Lancar
Live Wallpaper : Ya
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi 
Layar depan yang dapat disesuaikan : 
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Live Wallpaper
-Widget

Lain-lain
Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Airplane mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
6
18 Jul 2014
38
14 Jul 2014
23
04 Jul 2014
49
04 Jul 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
6
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
38
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
49
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
28
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
Sir Lancelot's Armor - Holy Grail Screen Protector
Pelindung Layar Tahan Peluru
1
Jun 11 2014
OPPO Find 7a
Temukan Performa Sangar
13
Jun 10 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.