TOP
REVIEWS
Review: Nokia E7 Communicator
Review Nokia E7 Communicator
Feb 21 2011 12:54PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
33
38923

Perkenalan

Kehadiran Nokia E7 Communicator memang sudah dinanti-nantikan diseluruh dunia. Sudah sejak dari akhir tahun lalu rumor berhembus bahwa Nokia akan mengeluarkan seri Communicator terbaru ini dipenghujung akhir 2010. Namun tampaknya Nokia kala itu belum siap karena adanya perubahan dan perbaikan pada manajemen Nokia. Namun penantian panjang akhirnya berakhir juga. Minggu lalu Nokia secara resmi melaunching generasi Communicator terbarunya yang siap untuk anda “Genggam” dengan menebusnya seharga Rp.6.000.000. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Nokia E7 Communicator.


Spesifikasi resmi :

-GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz
-HSDPA 850/900/1700/1900/2100 Mhz (Up to 10.2 Mbps)
-Layar sentuh multitouch kapasitif AMOLED 4 inci berteknologi Clear Black dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 640 x 360 piksel dengan rasio perbandingan 16 : 9 dilengkapi dengan Gorilla Glass
-Kamera depan beresolusi 8 megapiksel fixed fokus dilengkapi dengan lampu flash LED ganda dan kamera depan beresolusi VGA
-Perekam video beresolusi 720p dengan kecepatan 25 frame perdetik
-Prosesor ARM 11 680MHz , RAM sebesar 256MB dilengkapi dengan kartu grafis OpenGL 2.0
-OS Symbian^3
-Radio FM Stereo dengan dukungan RDS
-GPS dengan dukungan A-GPS dan kompas digital
-Sensor cahaya, sensor akselerometer, dan sensor proximity
-Port HDMI dan Port TV-Out
-Port microUSB versi 2.0
-Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP
-Memori internal sebesar 16GB
-USB On The Go dan Office On The Go


Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui kehebatan penerus Nokia E90 Communicator ini untuk lebih detilnya.

Kotak Penjualan Nokia E7 Communicator

Aksesoris yang terdapat pada kotak penjualan Nokia E7 terlihat sama dengan aksesoris yang terdapat pada kotak penjualan Nokia N8. Didalam kotak penjualan terdapat aksesoris seperti charger, kabel data microUSB, kabel USB On The Go, kabel HDMI, headset standar 3.5mm dengan berbagai ukuran kapas kuping (earbud), kartu garansi selama 12 bulan, serta buku panduan manual penjualan handphone.


Nokia E7, Communicator Dengan Desain Stylish

Bila seri Communicator sebelum-sebelumnya hadir dengan desain elegan dan agak konservatif, kini Nokia E7 tampil dengan desain yang terlihat stylish dengan berbagai pilihan warna khas anak muda seperti silver, hitam, orange, dan kuning yang dibalut dengan bahan alumunium. Sekilas jika tidak diperhatikan terlalu detil, desain Nokia E7 mirip dengan desain Nokia N8, hanya saja ukuran dimensi Nokia E7 terlihat lebih besar karena ukuran layarnya berukuran lebih besar dari ukuran layar Nokia N8.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Pada bagian atas layar terdapat logo Nokia, sensor cahaya, sensor proximity, dan kamera beresolusi VGA untuk melakukan panggilan video.


Nokia E7 menggunakan layar sentuh multitouch kapasitif AMOLED 4 inci berteknologi Clear Black dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 640 x 360 piksel dengan rasio perbandingan 16 : 9. Layar E7 juga dilengkapi dengan antigores sekelas Gorilla Glass. Tingkat ketajaman layar tidak perlu diragukan lagi, layar dapat dilihat dari sudut kemiringan ekstrim sekalipun dan dapat digunakan dengan baik dibawah sinar matahari.


Pada bagian bawah layar terdapat tombol menu dengan desain garis.


Keyboard QWERTY tersembunyi pada bagian bawah layar handphone. Untuk menggunakan keyboard anda harus menekan layar dengan gerakan menekan keatas. Diperlukan tenaga ekstra untuk dapat membuka sliding keyboard. Saat keyboard dalam keadaan terbuka anda dapat melihat engsel penahan layar yang terlihat tipis dan agak ringkih. Namun saat kami kami mainkan slidingnya untuk membuka tutup, sliding terasa kokoh walaupun desainnya tidak demikian.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Keyboard QWERTY terdiri atas 4 baris tombol. Ukuran tombol terasa pas besarnya dengan jari orang dewasa selain itu juga terdapat jarak antar tombol yang memudahkan kita untuk mengetik secara cepat tanpa melakukan kesalahan pengetikan sedikitpun. Desain tombol yang terbuat dari karet dan terlihat menyatu dengan body handphone terbukti tidak membuat pengetikan menjadi sulit.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 8 megapiksel fixed fokus yang dilengkapi dengan lampu flash LED ganda.


Nokia E7 menggunakan batery yang sudah ditanam didalamnya seperti milik Nokia N8. Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Nokia E7 Communicator.





 

Prosesor dan Kinerja Handphone

Nokia E7 berjalan pada sistem operasi Symbian^3 sama seperti Nokia N8. Dalam menjalankan sistem operasinya, Nokia E7 disokong dengan prosesor ARM 11 sebesar 680MHz  dan RAM sebesar 256MB yang dilengkapi dengan kartu grafis 3D OpenGL 2.0. Jika dibandingkan dengan pesaing sekelasnya yang rata-rata sudah menggunakan prosesor sebesar 1 Ghz, prosesor milik E7 memang terkesan kurang besar. Ini pula yang akan berdampak pada kinerja Nokia E7. Jika anda punya atau minimal pernah menggunakan iPhone 4 atau Samsung Galaxy S dan anda menggunakan handphone Symbian yang satu ini, maka Nokia E7 akan terasa agak lambat kinerjanya. Prosesor adalah salah satu kelemahan handphone ini, harusnya Nokia mencangkokan prosesor sebesar (minimal) 1Ghz pada flagshipnya ini jika ingin menjadi pemenang dalam kompetisi handphone pintar.

Task Manajer

Task manager berguna untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada Nokia E7. Untuk mengakses task manager anda dapat menekan tombol menu selama beberapa saat, kemudian task manager akan menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan anda dapat menekan tanda silang (close). Tidak terasa adanya jeda (lag) saat kami gunakan Nokia E7 untuk membuka lebih dari 5 aplikasi secara bersamaan.

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Phonebook

Sebagai handphone pintar, Nokia E7 punya phonebook tanpa batas penyimpanan kontak. Untuk sinkronisasi Terdapat detil kontak yang lengkap seperti nada dering personal, video personal, foto personal, perusahaan, jabatan, alamat kantor, email, alamat rumah, alamat IM, fax, tanggal ulang tahun, dan notes.

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Untuk lebih melengkapi data kontak pada phonebook anda dapat melakukan sinkronasi profile kontak dengan jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter yang sudah terintegrasi dengan phonebook Nokia E7. Untuk membackup kontak anda dapat menggunakan layanan sinkronasi milik Nokia yaitu OVI Sync dengan syarat memiliki akun OVI Nokia.

Tampilan Antar-Muka Khas Symbian^3

Nokia E7 dimotori oleh OS Symbian^3 dan sudah menjadi ciri khas tampaknya bahwa pada layar home screen terdapat tiga buah layar home screen yang dapat anda isikan akses pintas atau widget. Setiap home screen dapat anda terapkan wallpaper  atau widget yang berbeda. Terdapat banyak widget yang dapat anda terapkan pada home screen seperti widget BBC News, CCN Video, CNN News, E!, Email, Movie Teasers, Pemutar Musik, Notifikasi, National Geographic, Reuters, Social Networking Status Updates, dan Vlingo.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Untuk berganti dari home screen yang satu ke home screen lainnya anda dapat menggesernya atau menekan tombol titik yang terdapat pada bagian bawah layar. Pergantian layar menu terasa cepat namun tidak seresponsif milik iPhone 4.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Untuk menu, terdapat dua tampilan menu seperti menu berdesain grid 3 x 4 dan tampilan list.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

 

Mengirimkan Pesan

Nokia E7 Communicator dapat digunakan untuk mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email. SMS hadir dengan tampilan IM. SMS dan dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat menambahkan konten multimedia (foto, rekaman video, rekaman suara) pada SMS.

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Untuk email, anda dapat menggunakan email seperti Ovi Mail, Yahoo Mail, Gmail, dan Hotmail. Keempat email ini akan melakukan pengaturan email secara otomatis jika anda sudah memasukan alamat email dan password email anda. Email baru akan langsung masuk pada kotak masuk email dan akan terdapat notifikasi jika terdapat email masuk terbaru. Saat kami melakukan ujicoba untuk mengirimkan email dengan attachment, maksimal attachment email terkirim adalah 4096kb atau 4MB.

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Belum terdapat aplikasi chat pada Nokia Nokia E7, namun ini dapat anda atasi dengan cara menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Fring untuk chat ke akun seperti YM, MSN, dan Gtalk atau aplikasi WhatsApp untuk chating ke handphone Nokia, Android, iPhone, atau BlackBerry dengan syarat sipemilik handphone juga menginstal aplikasi ini pada handphonenya. Kedua aplikasi chat ini dapat anda download pada OVI Store.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Aplikasi chat Fring selain dapat digunakan untuk chat anda juga dapat melihat update status Twitter teman-teman anda. Aplikasi chat WhatsApp saat ini sedang digandrungi sebagai aplikasi chat yang dapat digunakan untuk chat kesemua handphone dan cara bekerjanya mirip dengan BlackBerry Messenger, anda tidak perlu sign-in setiap kali ingin chat.

 

Multimedia

Handphone Bisnis Dengan Kamera Beresolusi 8 Megapiksel

Handphone bisnis selalu identik dengan kamera yang kurang baik, namun tidak demikian dengan Nokia E7. Masterpiece dari Nokia ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 megapiksel fixed fokus dengan lampu flash LED ganda. Anda dapat menggunakan pengaturan kamera seperti zoom-in digital sebanyak 2x, geotagging, scene mode (auto, user defined, close up, portrait, landscape, face deteciton, sport, night, night portrait), face detection, grid, self timer (2, 10, 20), efek warna (normal, sepia, hitam putih, vivid), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluoroscent), exposure, ISO (auto, low, medium, high), kontras, sharpness (hard, normal, soft), flash (auto, red eye, on, off), serta ukuran foto (8MP, 6MP, 3MP, 1.3MP, 0.3MP).

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Overall, hasil foto Nokia E7 dapat dikatakan baik untuk ukuran sebuah handphone bisnis. Dibawah ini adalah hasil foto yang diambil menggunakan kamera Nokia E7.

Perekam Video Beresolusi 720p

Perekam video beresolusi 720p dengan kecepatan 25 frame perdetik. Sama seperti kamera, perekam video juga dilengkapi dengan pengaturan yang cukup lengkap seperti  scenes mode (auto , low light, night), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluorescent), lampu flash LED (auto, off, on, red-eye), efek warna (sepia, hitam putih, vivid), zoom digital 3x. Overal hasil rekaman video terlihat halus dan tidak patah-patah karena fps yang tinggi. Hasil video disimpan dalam format MP4 dan dibawah ini adalah hasil video Nokia E7.

Pemutar Musik Dengan Tampilan Cover Flow

Tampilan pemutar musik milik E7 terlihat sama dengan pemutar musik milik saudara-saudaranya yang juga menggunakan OS Symbian^3. Untuk melihat lagu yang terdapat pada Nokia E7 anda dapat menggunakan tampilan cover flow ala iPod pada pemutar musik. Saat lagu dimasukan kedalam handphone, maka lagu akan secara otomatis dikelompokan berdasarkan judul lagu, playlist, dan jenis musik. Pemutar musik milik Nokia E7 dapat memainkan lagu dengan dukungan banyak format seperti .MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+, AMR-NB, AMR-WB, E-AC-3, dan AC-3

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Terdapat pilihan EQ seperti bass booster, klasik, jazz, pop, dan rock. Selain itu terdapat pula efek stereo widening dan loudness pada pemutar musik. Lubang jack audio standar 3.5mm terdapat pada bagian atas handphone. Overall, suara pemutar musik milik E7 tergolong bagus walaupun untuk handphone bisnis.

Galeri Foto

Untuk melihat foto anda dapat menggunakan galeri foto yang terpisah dengan galerivideo. Foto dapat anda lihat dengan tampilan portrait ataupun landscape sesuai dengan keinginan anda. Foto dapat anda zoom-in/out dengan beberapa cara seperti menggunakan gerakan multitouch, mengetuk layar secara cepat sebanyak dua kali, menggunakan tombol zoom-in/out virtual pada layar, dan menggunakan tombol volume.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Saat kami ujicoba melakukan zoom-in dengan menggunakan gerakan multitouch, respon terasa agak lambat saat melakukan rendering foto beresolusi 6 megapiksel, namun respon E7 terasa lebih baik dan lebih cepat daripada respon BlackBerry Torch saat melakukan rendering foto dengan resolusi yang sama. Untuk berbagi foto anda dapat menggunakan pilihan seperti MMS, Bluetooth, Facebook, dan Twitter.

Pemutar video

Pemutar video Nokia E7 dapat memaonkan video berformat MP4, H.264, H.263, WMV, serta DivX. Saat kami ujicoba memainkan video berformat DivX berjudul The Dark Knight beresolusi 628 x 286 piksel, Nokia E7 dapat memainkannya dengan lancar dan tanpa tersendat-sendat. Kualitas layar AMOLED milik E7 benar-benar memukau kami kali ini.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Radio FM Stereo Dengan Dukungan RDS

Untuk mendengarkan Radio anda harus menggunakan headset yang berfungsi sebagai antena radio. Radio FM sudah dilengkapi dengan dukungan RDS yang membuat anda tidak perlu repot untuk mencari gelombang radio yang terdapat dikota anda berada.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Konektivitas Lengkap

Sebagai flagship Nokia saat ini Nokia E7 Communicator pastinya dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap. Nokia E7 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz dan HSDPA 850/900/1700/1900/2100 Mhz (Up to 10.2 Mbps). Untuk konektivitas lokal terdapat konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP. Untuk bertukar data dari handphone ke PC anda dapat menggunakan port microUSB versi 2.0.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Port USB On The Go dapat anda gunakan untuk bertukar data dari USB flash disk anda. Untuk menonton video HD pada layar TV LCD anda dapat menggunakan port HDMI/TV Out pada Nokia E7. Untuk terhubung dengan satelite sudah terdapat GPS dengan dukungan A-GPS.

Browsing

Nokia E7 menggunakan browser standar bawaan yang sudah dilengkapi dengan flash lite versi 4.0 sama seperti handphone Symbian^3 lainnya seperti Nokia N8 dan Nokia C7. Flash lite versi 4.0 dapat digunakan untuk membuka konten flash namun tidak semua konten flash dapat dijalankan karena memiliki keterbatasan dalam menjalankan file flash.


Beberapa website yang memiliki konten flash kami ujicoba seperti YouTube, Kaskus.us, serta Teknoup.com. Browser milik E7 dapat menjalankannya dengan sempurna dan tanpa hambatan sedikitpun. Jika browser disetting untuk membuka kontent flash, browser akan berjalan sedikit lambat karena meload konten, anda dapat menonaktifkannya jika tidak memerlukannya agar browser dapat berjalan lebih cepat.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Browser bawaan memiliki keterbatasan dalam membuka tab halaman browser, namun ini dapat diatasi dengan cara anda menginstal Opera Mini pada Nokia E7 anda yang dapat digunakan untuk membuka halaman web lebih dari 1 tab windows.

Aplikasi Bawaan Pada Nokia E7

Aplikasi Web TV

Sudah tersedia empat buah chanel TV pilihan pada Nokia E7. Untuk menonton chanel seperti National Geographic, E News, Movie Teaser, dan CNN Video anda dapat menontonnya menggunakan jaringan Wi-Fi, karena jika anda menggunakan jaringan selular buferingnya akan lama sekali. National Geographic adalah chanel favorit kami.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube dapat digunakan untuk menonton video YouTube dan mengupload video YouTube. Aplikasi ini sudah menjadi standar bagi handphone Symbian^3 saat ini.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Aplikasi Jaringan Sosial

Terdapat dua aplikasi jaringan sosial yaitu Facebook dan Twitter pada Nokia N8. Update status teman-teman anda dapat ditampilkan pada halaman home screen handphone. Aplikasi jaringan sosial Nokia N8 juga memungkinkan anda untuk mengupload foto pada Facebok dan Twitter.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Aplikasi Video Editor

Aplikasi ini berguna untuk memotong video klip, menggabungkannya menjadi satu, serta memasukan lagu pada video. Aplikasi ini dapat dijalannkan dengan cepat pada Nokia N8 tanpa ada jeda yang berarti.

Aplikasi Office

Inilah kekuatan Communicator Series, Nokia Communicator sudah pasti dilengkapi dengan aplikasi office yang lengkap. Pada Nokia E7 terdapat kelengkapan aplikasi office seperti seperti file manajer, kamus (bahasa apapun dapat anda download secara gratis dari handphone Nokia E7 anda), Quickoffice, Zip, kalkualtor, Adobe PDF, Msg reader (pembaca pesan), dan perekam suara.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Untuk membuat dokumen baru, mengedit dokumen office, atau melihat dokumen office anda dapat menggunakan aplikasi QuickOffice yang sudah terdapat didalam Nokia E7. Tidak seperti handphone Symbian^3 lainnya yang hanya dapat digunakan untuk mengedit dan melihat dokumen office baru. Aplikasi QuickOffice milik E7 dapat digunakan untuk membuat dokumen baru seperti word, excel, dan power point.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Organizer

Terdapat beberapa fitur organiser standar bawaan handphone seperti kalendar, notes, kalkulator, dan alarm.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Navigasi Ovi Maps

Nokia E7 dilengkapi denganOVI Maps versi 3.04 yang mana sudah terdapat panduan suara gratis selamanya dengan berbagai bahasa yang dapat anda download secara gratis. Maps terbaru dari Nokia ini kini dilengkapi dengan beberapa tampilan map yang dapat anda pilih sesuka anda seperti tampilan satelite dan terain. GPS dengan dukungan A-GPS dapat mengunci posisi satelite dengan waktu yang cukup cepat, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 3 menit.

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Selain itu pada OVI Maps juga terdapat fitur untuk berbagi lokasi,  melihat ramalan cuaca, event yang akan berlangsung, tempat-tempat favorit anda (seperti restoran, tempat belanja, tempat makan, dan hiburan malam). Anda dapat menggunakan maps sambil berjalan atau menyetir mobil sesuai dengan keinginan anda.

Kustomisasi

Walaupun Nokia E7 adalah sebuah handphone bisnis, namun bukan berarti sang pemilik harus konservatif seperti handphonenya. Handphone yang dulu terkesan konservatif ini sekarang sudah berubah menjadi handphone berdesain stylish dan dilengkapi dengan pilihan kustomisasi seperti tema, wallpaper, dan screen saver untuk mempersonalisasikan diri anda.

Nokia E7 Communicator Review Gallery



Daya Tahan Batery

Nokia E7 Communicator menggunakan batery Li-Ion BL-4D 1.200 mAh yang dapat bertahan selama 430 jam (2G) dan 470 jam (3G). Saat digunakan untuk bicara batery dapat bertahan hingga 9 jam (2G) dan 5 jam (3G).

Kata Penutup

OS dan prosesor adalah hal penting dalam memilih sebuah smartphone saat ini. Namun Nokia masih saja mengandalkan OS Symbiannya dan prosesor ”bertenaga” kecil sebagai andalannya yang sudah agak ketinggalan bila dibandingkan dengan para pesaingnnya. Seharunya pembenahan dilakukan oleh Nokia untuk merebut kembali pangsa pasar yang telah digerogoti para pesaingnya.

Kelebihan :

-Layar berukuran besar dan tajam
-Hasil kamera tergolong bagus untuk sekelas handphone bisnis
-Perekaman video HD 720p
-Keyboard QWERTY yang mudah digunakan

Kelemahan :

-Prosesor yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan kompetitornya
-Aplikasi pihak ketiga yang kurang banyak jumlahnya
-Harga tidak sebanding dengan spesifikasi handphone
-Kamera belum dilengkapi dengan fitur autofokus

Nokia E7 Communicator Review Gallery

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera


Resolusi : 8 megapixel
Keadaan : Terang
Flash : Lampu flash LED ganda
Autofokus : Tidak
Zoom : 2x
Fitur : Zoom-in digital sebanyak 2x, geotagging, scene mode (auto, user defined, close up, portrait, landscape, face deteciton, sport, night, night portrait), face detection, grid, self timer (2, 10, 20), efek warna (normal, sepia, hitam putih, vivid), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluoroscent), exposure, ISO (auto, low, medium, high), kontras, sharpness (hard, normal, soft), flash (auto, red eye, on, off), serta ukuran foto (8MP, 6MP, 3MP, 1.3MP, 0.3MP).

Video Kamera

Resolusi : 720p (1280 x 720 piksel)
Keadaan gelap : Terang
Flash : Ya
Frame perdetik : 25fps
Fitur : Scenes mode (auto , low light, night), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluorescent), lampu flash LED (auto, off, on, red-eye), efek warna (sepia, hitam putih, vivid), zoom digital 3x.

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, OVI Maps versi 3.04

Browser

Format : HTML
Flash Player : Ya, versi 4.0
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : Tidak

Layar

Layar sentuh multitouch kapasitif AMOLED 4 inci berteknologi Clear Black dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 640 x 360 piksel dengan rasio perbandingan 16 : 9 dilengkapi dengan Gorilla Glass

OS

Type apa : Symbian^3
Upgrade OS : Belum diketahui

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY  fisik, Keyboard QWERTY virtual dan keypad alfanumerik
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Ya, Quick Office

Media & Multimedia


Pemutar musik untuk MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+, AMR-NB, AMR-WB, E-AC-3, dan AC-3
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri dan pemutar video
Fungsi share : Email, bluetooth, MMS, Facebook, dan Twitter

Wi-Fi


Wi-Fi 802.11 b/g/n
Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Ya
Band : Penta Band 850/900/1800/1900/2100 MHz
Kecepatan HSDPA : 10.2MBps

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Threaded messaging
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai


Daya tahan (Standby): 430 jam (2G) / 470 jam (3G)
Waktu bicara : 9 jam (2G) / 5 jam (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas : Li-Ion BL-4D 1.200 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser dan aplikasi (Youtube dan Web TV)

Aplikasi

Dukungan format : .Jar, .SIS
Market app / Tempat Download : OVI Store
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-Facebook
-Twitter
-Kalkulator
-Browser
-Email
-Quick Office
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Widget
-OVI Maps
-Kompas digital
-Akselerometer
-USB on the go
-GPS

Notifikasi


SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : -
Facebook : -
Twitter : -

Nada dering

Format : MP3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA, AMR-NB, AMR-WB
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Ya
MP3 sebagai email : Ya

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : General, silent, meeting, outdoor, pager, offline
Mode pesawat : Ya

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Tidak
Download format game : .Jar, .SIS
Tempat download : OVI Store

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 640 x 360 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Nokia PC Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 16 GB
Dukungan kartu memory : Tidak

Buku Telepon


Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Nomor telepon, alamat email, alamat IM, alamat rumah, notes, foto personal, video personal, dan nada dering personal.
Sinkronisasi OTA : OVI Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, OVI Sync, Nokia PC Sync
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 3 home screen
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Widget

Lain-lain


Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Offline mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014