TOP
REVIEWS
Review: Samsung Wave GT-S5753E
Review Samsung Wave GT-S5753E
Jan 06 2011 3:56PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
13
40321

Samsung kembali merilis smartphone ber-OS Bada nya di Indonesia, yaitu Samsung Wave GT-S5753E atau singkatnya Wave 575. Dilengkapi dengan HSDPA, layar kapasitif WQVGA berukuran 3.2 inci, kamera 3.2MP, aGPS dan UI khas Samsung yaitu TouchWiz versi 3.0, Samsung Wave 575 siap bersaing dengan smartphone di rentang harga 2jutaan.





 

Fitur-fitur Utama

  • HSDPA Dual-Band (900/2100MHz), EDGE/GPRS Quad-Band (850-900/1800/1900MHz)

  • Layar sentuh TFT, kapasitif, berkedalaman warna 262ribu warna, resolusi WQVGA (240 x 400 piksel), 3.2 inchi, mendukung multitouch,

  • TouchWiz UI 3.0

  • kamera 3,2 MP (2048x1536 pixels) dengan Smile-Shot, perekam video beresolusi QVGA 15fps

  • aGPS

  • OS Bada 1.1

  • memori internal 100MB, eksternal Micro SD sampai dengan 16GB

  • Wi-Fi 802.11 b/g/n , Bluetooth 3.0


 

Paket Penjualan

Paket penjualan Wave 575 antara lain berisi:

  • User Manual

  • Headset standar 3.5mm

  • Kabel data

  • Charger

  • Kartu garansi (1 tahun)


 

Desain dan Bodi

Desain smartphone ini identik dengan Wave lainnya yaitu Wave 525 yang sudah pernah kami review. Perbedaannya hanyalah logo 3G di sebelah kanan atas. Hampir seluruh bagian smartphone ini terbuat dari plastik mengkilap yang mudah kotor terutama pada layarnya.


 

Di bagian atas ada jack audio standar 3,5mm dan soket berjenis micro USB untuk charger atau kabel data. Soket ini dilindungi dengan penutup bersistem geser.


 

Sisi kanan atas ada tombol on/off yang juga berfungsi sebagai pengunci layar. Di bawahnya ada tombol shutter kamera.


 

Di sebelah kiri ada tombol pengatur volume.


 

Sisi belakang ada kamera 3.2 megapiksel di kiri atas dan loudspeaker di bagian kanan bawahnya, serta logo Samsung di kiri bawah.


 

Layar smartphone ini berjenis TFT kapasitif (mendukung multitouch) berukuran cukup besar, 3.,2 inci, beresolusi WQVGA (240x400) dan berkedalaman warna 262 ribu warna. Reproduksi warna yang dihasilkan smartphone ini cukup baik, dan tingkat kecerahan maupun kontrasnya juga sangat baik. Layar ponsel ini cukup bagus biarpun hanya beresolusi WQVGA. Warna yang tampil bagus, sudut penglihatan (viewing angle) nya juga cukup baik.


Antar Muka

Antar muka yang digunakan oleh Wave 575 akan sangat familier bagi para pecinta Samsung, karena menggunakan TouchWiz yang digunakan oleh smartphone layar sentuh buatan Samsung sejak Samsung Omnia. Lebih tepatnya lagi versi TouchWiz yang digunakan adalah TouchWiz 3.0, sama seperti yang ada pada Samsung Galaxy S.

Unlock layar dilakukan dengan hanya menyapukan layar. Cara ini menurut kami memang lebih mudah daripada unlock gaya iPhone. Mirip dengan Galaxy S, di bagian paling atas ada bar notifikasi yang bisa digulung ke bawah. Bar notifikasi ini berisi tombol pintas WiFi, Bluetooth, dan profil. Pada bagian bawahnya ada pesan-pesan yang masuk, notifikasi dari aplikasi yang sedang berjalan, dan email yang masuk. Sayang sekali Wave 575 tidak dilengkapi dengan lampu LED notifikasi seperti pada handset Blackberry dan Android.

Homescreen yang digunakan secara defaultnya ada tiga, khas sekali wallpaper ala Android digunakan disini, gambar yang sambung menyambung diantara tiga halaman homescreen itu. Jumlah halaman bisa bertambah tergantung banyaknya widget yang anda pakai. Widget yang tersedia seperti info cuaca, google search, yahoo, galeri, dan lain-lain. Demikian juga menu, semakin banyak aplikasi terinstal, semakin banyak jumlah halaman yang bertambah dari default yang berjumlah tiga.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Video yang membahas antar muka pada Samsung Wave 575

.

 

Input Teks

Wave 575 menggunakan layar kapasitif yang sudah tak perlu diragukan lagi tingkat sensitivitasnya. Karena itu kita tak perlu khawatir jika harus mengetik panjang-panjang pada smartphone ini. Apalagi ada banyak pilihan untuk meng-input teks, seperti QWERTY (portrait/landscape), keypad standar (abc), dan sesuatu yang sudah banyak ditinggalkan yaitu handwriting recognition.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Phonebook

Seperti smartphone masa kini, smartphone ini bisa men-sinkronisasikan kontak dengan akun Facebook dan Twitter kita. Data-data dari Facebook seperti hari ulang tahun, alamat email juga ada di dalam kontak. Kontak yang ada dapat diberi tanda bintang (favorite). Selain itu kita juga dapat mengelompokkan kontak.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Messaging

Pesan pada smartphone ini tertampil dengan mode percakapan atau lebih dikenal dengan nama Thread Mode sehingga lebih memudahkan kita dalam melihat percakapan antara anda dengan rekan anda. Sepertinya fitur thread mode ini memang sudah menjadi fitur wajib bagi ponsel masa kini. Ponsel ini mendukung beberapa akun email sekaligus. Smartphone ini juga mendukung push email, namun dari pengalaman kami push email di smartphone Android dan Blackberry lebih cepat daripada Wave 575.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Pada menu Instant Messenger ada tiga jenis Messenger populer yang dapat anda pakai, yaitu Yahoo, gTalk, dan Windows Live. Cukup aneh, untuk meng-akses menu ini anda harus menggunakan SIM card, walaupun messenger tetap bisa dilakukan dengan menggunakan WiFi.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Kamera

Wave 575 mempunyai kamera belakang yang beresolusi 3.2 megapiksel (2048x1536 piksel), yang sayangnya tidak dilengkapi autofokus maupun lampu flash. Kamera sudah dilengkapi dengan smile shot yang akan menangkap gambar secara otomatis jika objek yang difoto tersenyum. Caranya adalah kita menekan tombol shutter terlebih dulu, baru kemudian kamera akan mengambil foto secara otomatis bila objek yang difoto tersenyum. Foto Hayden Panettierre dibawah adalah contoh hasil dari Smile Shot. Hasil foto cukup bagus, cukup bisa diandalkan bila pencahayaan terang. Berikut hasil kamera Samsung Wave 575

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Antar muka kamera khas ponsel Samsung sejak Samsung Jet. Walaupun tidak mempunyai autofokus, fitur-fitur kamera sudah cukup lengkap antara lain : Shooting mode (single, Smile shot, continous, panorama, mosaic, dan frame), Scene (Landscape, Night, Sport, Party/indoor, Beach/snow, sunset, dawn, color fall, fireworks, candlelight, Against the light), White balance (Auto, Daylight, Incandescents, Fluorescent, Cloudy), Timer (2,5,10 detik), Brightness (-2 sampai +2), resolusi (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, 0.1MP, wide 2.4MP, wide 1.5MP, dan wide 0.1MP), effect (sepia, hitam putih, dan negatif), exposure metering, kualitas gambar, dan geo-tagging.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Perekam video

Perekam video mempunyai resolusi maksimal QVGA (320x240) serta QCIF (176x144) yang biasa digunakan untuk mengirim MMS. Framerate-nya hanya berkisar sekitar 15fps. Fitur-fitur perekam video lebih sedikit daripada kamera, hanya ada durasi (normal/MMS only), efek, white balance dan brightness.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Berikut adalah sampel rekaman video dari Samsung Wave 575

Pemutar Musik

Pemutar musik pada Wave 575 mempunyai efek-efek yang lengkap. Ada equalizer (normal, pop, rock, jazz, dance, classic, live) serta efek-efek lainnya yang bisa dipadukan dengan equalizer yang ada (wide, concert hall, music clarity, bass enhancement, externalization dan 5.1 channel). Namun equalizer tidak dapat kita kustomisasi sendiri. Suara yang dihasilkan loudspeaker cukup nyaring meskipun agak pecah, namun masih cukup bagus terdengar. Jika menggunakan headset suara lebih bagus karena efek-efek yang ada lebih terakomodir

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Pemutar Video

Pemutar video pada Wave 575 hanya dapat memutar format .mp4 dan .3gp saja (resolusi maksimal 320x240), cukup disayangkan mengingat sudah banyak smartphone maupun non-smartphone yang bisa memutar lebih banyak format seperti divx/xvid bahkan .mkv. Kami mengharapkan akan ada developer yang membuat aplikasi pemutar video universal untuk OS Bada.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Galeri Foto

Galeri foto di Wave 575 tidak berdiri sendiri, anda harus mengakses My Stuff untuk melihat foto-foto di ponsel ini. Zooming dapat dilakukan dengan pinch and zoom. Untuk melihat foto-foto berikutnya dan sebelumnya, selain menyapukan layar ke arah yang dituju, kita dapat melakukannya dengan cara memiringkan ponsel ke kiri (foto sebelumnya) dan ke kanan (foto berikutnya). Bagaimanapun jika dirasakan mengganggu, fitur ini dapat dimatikan, di bagian Setting → Gestures → Orientation. Foto/gambar yang ada dapat langsung dikirim via MMS, bluetooth dan e-Mail, di-unggah ke Flickr, Facebook, MySpace, dan Photobucket. Tersedia juga editor gambar sederhana dimana kita dapat mengatur brighness/contrast, menambahkan efek, me-resize, memutar serta melakukan cropping pada gambar.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Konektivitas

Smartphone ini berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz dan 3G network HSDPA 900/2100. Untuk konektivitas lokal sudah terdapat Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP, serta dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Untuk memindahkan data atau mengsinkronisasikan handphone ke PC maupun sebaliknya anda dapat menggunakan bantuan kabel data microUSB yang sudah terdapat didalam kotak penjualan handphone. Pemilihan micro USB ini bijaksana karena sudah semakin banyak handset sistem operasi apapun yang memakai micro USB. Sebagai mass storage, yang terbaca di PC adalah micro SD.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Browsing

Browsing bawaan Wave 575 mendukung pinch and zoom yang sudah populer. Browser ini mampu membuka tab sampai 5 buah. Cukup sedikit memang, namun banyaknya tab yang dibuka memang memberatkan ponsel, lagipula Wave 575 kelihatannya spesifikasinya tidak begitu tinggi mengingat harga yang ditawarkan cukup murah dibanding smartphone lain. Namun kami dapat membuka TeknoUp.com versi desktop tanpa kendala berarti, walaupun browsing situs versi desktop krang nyaman untuk dilakukan ponsel dengan resolusi layar kecil seperti Samsung Wave 575. Browser pada Wave 575 belum mendukung flash, sewaktu kami membuka situs Youtube versi desktop video tidak bisa diplay.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery


 

Browser pada Samsung Wave 575

Social Hub

Social Hub menggabungkan message dan jejaring sosial anda. Semua SMS, MMS, email, inbox Facebook, Direct Message Twitter tersedia disini.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Facebook

Facebook untuk Wave 575 bisa dibilang biasa-biasa saja, tidak ada sesuatu yang spesial. Tidak ada chating, background notification, namun dapat mengunggah gambar. Secara umum tidak jauh berbeda dengan membuka facebook.com melalui browser.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Twitter

Aplikasi Twitter nya pun biasa-biasa saja, tidak berbeda jauh dengan membukanya melalui browser.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Search

Seperti Search pada iOS 3 keatas, kita dapat mencari apa saja yang ada dalam smartphone ini, seperti contact, message, images, musik, video, dokumen, bahkan menu, bookmark, dan help.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Samsung Apps

Semacam “Market” untuk menjual aplikasi Bada. Aplikasi banyak yang tersedia secara gratis karena sesuai Bada diposisikan Samsung sebagai smartphone semua kalangan.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Youtube

Ini bukanlah sebuah aplikasi, melainkan hanya akses pintas ke situs Youtube Mobile, m.youtube.com

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Navigation

Aplikasi peta pada Wave 575 menggunakan Route 66. Aplikasi ini cukup lengap namun lumayan lambat rendering petanya. Ada pula Google Maps versi 2.3.2 sebagai alternatif.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

 

Games

Ada dua game yang tersedia yaitu Tumbling Dice (simulator pengocok dadu sederhana) dan Parachute Panic, sebuah game sederhana tentang parasut dan terjun payung.

Samsung Wave GT-S5753E Review Gallery

Daya Tahan Baterai

Samsung Wave 575 menggunakan baterai jenis Lithium Ion yang berkapasitas 1200 mAH, sama dengan yang dipakai Samsung Wave 525. Dengan adanya 3G pada smartphone ini, jangan heran kalau masa siaga Wave 575 lebih sebentar daripada kembaran non 3G nya Wave 525.

 

Kesimpulan

Smartphone ini hampir tidak ada bedanya dengan smartphone ber-OS Bada lainnya yang pernah kami review, yaitu Samsung Wave 5253. Perbedaannya sangat minor, perbedaan yang paling besar hanya adanya jaringan 3G pada Wave 575. Mengingat 3G di Indonesia masih belum sebaik di luar negeri, perbedaan harga sekitar 400.000 rupiah dengan Wave 525 dapat menjadi kendala. Namun fitur-fitur yang ada cukup bersaing dengan smartphone sekelasnya. OS Bada masih belum populer dan belum punya banyak aplikasi menarik, namun kenyataan bahwa Samsung sebagai vendor ponsel nomor 2 di dunia tentunya bisa diharapkan.

 

Kelebihan

  • Layar sentuh kapasitif yang bagus, responsif dan mendukung pinch and zoom

  • Sudah mendukung 3G

  • WiFi, GPS dan Bluetooth 3.0

  • Social Hub

 

Kekurangan

  • Aplikasi Bada masih sedikit

  • Kamera tidak berautofokus dan tidak mempunyai lampu flash

  • perekam video hanya QVGA 15fps, demikian juga dengan pemutar video

  • Tidak ada lampu led untuk menandakan adanya notifikasi

Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya
Update status : Ya
Album Foto : Ya
Komentar : Ya
Inbox : Ya
News Feeds : Ya

Twitter (Aplikasi)

 

Update status : Ya
Upload foto : Tidak
Reply : Ya
Retweet : Ya
DM : Ya

Kamera

Resolusi : 3.15 megapixel
Keadaan : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Tidak
Zoom : 2x
Fitur :  Pilihan resolusi foto (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, 0.1MP, wide 2.4MP, wide 1.5MP, dan wide 0.1MP), efek warna (sepia, hitam putih, dan negatif), exposure metering (matrix, center, spot), kualitas foto (sangat baik, baik, normal), shooting mode (single, continuous, mosaic, smile shot, panorama, frame), scene mode (night, party/indoor, landscape, sports, beach/snow, sunset, color of fall, candlelight, dawn, fireworks, agains the light), geotagging, white balance (auto, incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), self timer (2, 5, 10 detik), zoom digital sebanyak 2x, dan EV

Video Kamera

Resolusi : QVGA (320 x 240 piksel),15 frame per detik
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Frame perdetik : -
Fitur : Pilihan resolusi video (QVGA, QCIF), efek warna (sepia, hitam putih, dan negatif), kualitas video (sangat baik, baik, normal), audio (on/off), white balance (auto, incandescent, cloudy, daylight, fluorescent), self timer (2, 5, 10 detik), zoom digital sebanyak 2x, dan EV

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Tidak
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, Google Maps Versi 2.3.2

Browser

Format : HTML
Flash Player : Ya
Performa : lambat bila banyak buka tab
Dukungan banyak jendela : 5 tab

Layar

Layar sentuh TFT multitouch berukuran 3.2 inci berteknologi kapasitif, berkedalaman warna 262 ribu warna, beresolusi 240 x 400 piksel

OS

Type apa : OS Bada Versi 1.1

Input

Type : Keyboard QWERTY  virtual, Keypad virtual, dan handwriting recognition
Sensitifitas layar : cukup sensitif


Office

Aplikasi bawaan : Ya, Picsel Viewer

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WAV, AAC 
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri 
Fungsi share : Email, bluetooth, MMS

Wi-Fi

Tipe : Wi-Fi 802.11 b/g/n 
Shortcut on/off : Ada, pada notification
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : ya, HSDPA 900/2100
Band : Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz 

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Threaded messaging
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 5 hari)
Waktu bicara : 5 jam
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas : Li-Ion 1200 mAh 

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser (Youtube)

Aplikasi

Dukungan format : -
Market app / Tempat Download : Samsung App Store
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri 
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-Facebook
-Twitter
-Kalkulator
-Browser
-Email
-Picsel Viewer
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Widget

- Route 66
-Google Maps
-Yahoo Messenger
-Akselerometer
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen 
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen 
Facebook : Ya, update status pada home screen
Twitter :  Ya, update status pada home screen

Nada dering

Format : MP3, WAV, dan AAC
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Ya
MP3 sebagai email : Tidak

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Normal, silent, meeting, outdoor, driving
Mode pesawat : Ya

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Tumbling Dice, Parachute Panic.
Tempat download : Samsung  App Store

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 240 x 400 piksel 
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Samsung PC Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 100 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD sampai dengan 16Gb

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Email, alamat IM, nada dering personal, grup kontak, alamat rumah, alamat kantor, dll untuk melengkapi informasi kontak pada phonebook.
Sinkronisasi OTA : Google sync, Facebook dan Twitter 
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, google sync, PC Suite
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : Tergantung banyaknya widget
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi 

Layar depan yang dapat disesuaikan : 
-Wallpaper
-Home screen
-Jenis font (Samsung Font dan Rosemary)
-Pintasan/Shortcut
-Widget

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Ya
Speaker : Suara kencang, agak pecah pada level tertinggi
Mode pesawat : Offline mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
88
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014
1
05 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
88
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
Lenovo Vibe Z K910
Fitur Cerdas Performa Buas
14
Feb 26 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.