TOP
REVIEWS
Review: Nokia C6-01
Review Nokia C6-01
Jan 06 2011 3:12PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
16
33626

Perkenalan

Jagat persaingan ponsel pintar kian memanas, jika Samsung dan LG menggunakan OS Android untuk memenangkan pertarungan pada jagat persaingan ponsel pintar. Nokia masih mengandalkan OS Symbiannya yang terus-menerus diperbaharui. OS Symbian^3 dipercaya oleh Nokia masih memiliki penggemar fanatik yang mampu mengalahkan penjualan ponsel pintar dengan OS Android. Dibawah ini adalah spesifikasi Nokia C6-01.


Spesifikasi resmi :

-Jaringan Quad-band GSM/GPRS/EDGE 
-Jaringan HSDPA (3G) Penta-band 3G dengan kecepatan HSDPA mencapai 10.2 Mbps dan kecepatan HSUPA mencapai 2 Mbps
-Layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 16 juta warna berteknologi ClearBack AMOLED beresolusi 640 x 360 piksel
-Kamera beresolusi 8 megapixel dilengkapi dengan lampu flash LED ganda
-Perekaman video beresolusi 720p dengan kecepatan 25 frame perdetik
-OS Symbian^3
-Prosesor ARM 11 sebesar 680 MHz dan RAM sebesar 256 MB
-Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 3.0
-Fungsi TV Out
-GPS dengan dukungan A-GPS dilengkapi dengan panduan suara gratis seumur hidup
-Kompas digital
-Slot memori eksternal microSD dan memori internal sebesar 340 MB
-Dukungan pemutar video berformat DivX dan XviD
-Sensor akselerometer dan sensor proximity
-Jack audio standar 3.5 mm
-Radio FM Stereo dengan dukungan RDS
-Port microUSB dan dukungan USB On-the-go
-Dukungan Flash dan Java pada browser




Dilihat dari spesifikasinya, Nokia C6-01 terlihat sangat menarik perhatian. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui fitur-fitur yang terdapat didalam Nokia C6-01 lebih detil lagi.

Kotak Penjualan Nokia C6-01

Didalam kotak penjualan Nokia C6-01 terdapat aksesoris standar seperti charger, batery, headset standar 3.5mm, kabel data microUSB, bonus microSD sebesar 4GB, buku panduan manual penggunaan handphone, serta kartu garansi handphone selama 12 bulan. Tidak terdapat kabel adapter USB On The Go didalam kontak penjualan Nokia C6-01.



Hardware

Ukuran panjang dan lebar Nokia C6-01 terlihat lebih kecil dari dimensi Nokia C7 yang pernah kami review beberapa waktu lalu, namun Nokia C6-01 terlihat sedikit lebih tebal bila dibandingkan dengan kakak kandungnya. Dimensi Nokia C6-01 terasa pas saat digenggam, penggunaan bahan campuran plastik dan stainles steel yang terdapat pada bagian penutup batery membuat handphone ini terasa kokoh. Nokia C6-01 dikeluarkan dalam dua pilihan warna yaitu silvar dan hitam.


Pada bagian atas layar terdapat sensor cahaya, sensor proximity, lubang suara, kamera untuk melakukan panggilan video, serta logo Nokia.

Nokia C6-01 Review Gallery

Nokia C6-01 menggunakan layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 16 juta warna berteknologi ClearBack AMOLED beresolusi 640 x 360 piksel. Penggunaan layar berteknologi ClearBack membuat kontras layar Nokia C6-01 terlihat lebih terang dan mudah dilihat sekalipun digunakan dibawah sinar matahari. Penggunaan teknologi ClearBack pada layar Nokia C6-01 membuat layar handphone terlihat lebih hitam bila dibandingkan dengan layar ponsel Nokia lainnya. Ini bertujuan agar layar handphone dapat dilihat dari sisi manapun dengan baik dan tetap tajam.


Kesensitifan layar Nokia C6-01 patut diacungi jempol. Hanya diperlukan sentuhan halus dan ”sapuan” lembut untuk dapat menggunakan layar Nokia C6-01.

Dibawah layar terdapat tiga buah tombol yaitu tombol menu, tombol pembuat panggilan, serta tombol pemutus panggilan yang berfungsi ganda sebagai tombol power juga.


Pada bagian belakang handphone terdapat kamera beresolusi 8 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash LED ganda super terang. Pada sisi kanan lensa terdapat lubang speaker handphone.

Nokia C6-01 Review Gallery

Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Nokia C6-01.





Tampilan Antar-Muka Khas Symbian^3

Nokia C6-01 menggunakan OS Symbian^3 yang sama dengan Nokia C7 dan Nokia N8. Peningkatan fitur dan performa jelas terlihat pada OS Symbian terbaru ini. Symbian^3 memang diciptakan untuk dapat bersaing dengan OS Android dari Google dan iOS 4 dari Apple. Pada home screen terdapat 3 buah layar home screen yang dapat anda dapat anda isikan widget seperti widget BBC News, kalendar, CNN Video, CNN.com, E!, Email, Movie Teaser, pemutar musik, National Geographic, notifikasi, Reuters, Wi-Fi, dan widget jaringan sosial. Home screen dapat anda lihat satu persatu dengan cara menggeser layar atau menekan simbol titik yang terdapat dibawah layar.

Nokia C6-01 Review Gallery

Nokia C6-01 Review Gallery



Tampilan menu Nokia C6-01 terdiri dari susunan ikon menu berdesain grid 3 x 4. Terdapat dua tampilan menu yaitu list dan grid. Ikon menu dapat anda pindahkan sesuai dengan keinginan anda.


Dibawah ini adalah video peragaan tampilan menu pada Nokia C6-01.



Task Manager


Tampilan task manager milik Nokia C6-01 sudah mengalami penyegaran tampilan bila dibandingkan dengan tampilan task manager OS Symbian sebelumnya. Untuk mengakses task manager anda dapat menekan tombol menu selama beberapa saat, kemudian akan task manager akan menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan anda dapat menekan tanda silang (close). RAM sebesar 256 MB yang ditanamkan pada Nokia C6-01 terasa lancar saat digunakan untuk membuka 10 aplikasi secara bersamaan, kami tidak merasakan ”lag” yang terlalu berarti kecuali saat menjalankan aplikasi-aplikasi berat.




Phonebook

Sebagai ponsel pintar, Nokia C6-01 dilengkapi dengan penyimpanan kontak tanpa batas. Detil kontak pun terasa lengkap seperti nada dering personal, video personal, foto personal, perusahaan, jabatan, alamat kantor, email, alamat rumah, alamat IM, fax, tanggal ulang tahun, dan notes.

Nokia C6-01 Review Gallery



Untuk lebih melengkapi data kontak pada phonebook anda dapat melakukan sinkronasi profile kontak dengan jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter yang sudah terintegrasi dengan phonebook Nokia C6-01. Untuk membackup kontak anda dapat menggunakan layanan sinkronasi milik Nokia yaitu OVI Sync dengan syarat memiliki akun OVI Nokia.

Fitur Pesan Begitu Lengkap

Nokia C6-01 dapat digunakan untuk mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email. Untuk melakukan input teks, anda dapat menggunakan pilihan kepypad virtual alfanumerik dan keyboard QWERTY landscape. Sama seperti kedua saudara kandungnya, Nokia N8 dan Nokia C7, unput teks pada Nokia C6-01 juga dilengkapi dengan fungsi copy, cut, dan paste untuk kemudahan penulisan pesan teks.






SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor, untuk SMS tersedia 160 karakter pesan yang dapat anda gunakan untuk mengirimkan pesan teks singkat (SMS). SMS dilengkapi dengan tampilan IM alias tampilan chating yang terlihat menarik. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat memasukan konten multimedia seperti foto, video, cuplikan suara pada SMS.

Nokia C6-01 Review Gallery



Untuk mengirimkan dan menerima email, tersedia pilihan email seperti OVI Mail, Yahoo Mail, Gmail, Windows Live Hotmail. Untuk menggunakan email lainnya anda harus melakukan pengaturan email secara manual. Anda anda dapat mengirimkan email atau menerima email dengan attachment apapun menggunakan Nokia C6-01 seperti attachment file office misalnya. Tidak terdapat masalah yang berarti saat kami ujicoba fitur email pada Nokia C6-01. Anda dapat mengkategorikan email yang ada pada inbox berdasarkan tanggal, pengirim, subjek, prioritas, email yang belum dibaca, dan email dengan attachment.

Nokia C6-01 Review Gallery

Multimedia

Pemutar Musik Kini Hadir Dengan Tampilan Cover Flow

Beberapa penyegaran terlihat pada pemutar musik, salah satunya pada adanya tampilan cover flow ala iPod. Tampilan coverflow dapat terlihat jika anda memposisikan handphone secara landscape. Saat lagu dimasukan kedalam handphone, maka lagu akan secara otomatis dikelompokan berdasarkan judul lagu, playlist, dan jenis musik. Pemutar musik milik Nokia C6-01 dapat memainkan lagu dengan dukungan banyak format seperti .MP3, WMA, AAC, AAC+, eAAC, dan eAAC+.

Nokia C6-01 Review Gallery

Untuk membuat suara lagu terdengar lebih bagus, anda dapat menggunakan pilihan EQ seperti bass booster, klasik, jazz, pop, dan rock. Selain itu terdapat pula efek stereo widening dan loudness pada pemutar musik. Lubang jack audio standar 3.5mm yang terdapat pada bagian bawah siap untuk anda gunakan untuk mendengarkan lagu. Secara keseluruhan kualitas suara Nokia C6-01 tergolong cukup bagus, terutama pada bass dan treble, apalagi jika anda menggunakan headset untuk mendengarkan lagu favorit anda.

Galeri Foto dan Galeri Video

Untuk melihat foto dan video anda dapat menggunakan galeri yang sama. Galeri foto dapat anda lihat dengan tampilan portrait ataupun landscape, tampilan foto akan mengikuti posisi handphone karena sudah terdapat sensor akselerometer didalam Nokia C6-01.

Nokia C6-01 Review Gallery

Dukungan multitouch pinch and zoom serta kinetik scrolling pada layar akan membuat anda lebih leluasa dalam melihat foto-foto kolekso anda. Foto dapat anda zoom-in/out dengan melakukan gerakan pinch and zoom (mencubit), mengetuk layar sebanyak dua kali secara cepat, atau menggunakan tombol virtual zoom-in/out pada sisi kiri layar. Untuk berbagi foto, anda dapat langsung mengirimkannya menggunakan MMS dan Bluetooth. Untuk berbagi foto ke jaringan sosial terdapat pilihan Facebook dan Twitter.

Nokia C6-01 Review Gallery

Galeri video Nokia C6-01 dapat memutar video berformat DivX, XviD, MP4, WMV, H.264, dan H.263. Layar sentuh berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 16 juta warna berteknologi ClearBack AMOLED beresolusi 640 x 360 piksel mampu menampilkan video dengan tampilan yang memukau mata, kedalaman warna dan kejernihan layar patut diacungi jempol saat kami mencoba memutar video beresolusi tinggi berformat DivX milik kami. Hanya terdapat satu tampilan video yaitu landscape.


Radio FM Dengan Dukungan RDS

Sebelum mendengarkan Radio FM anda harus mencolokan headset terlebih dahulu pada handphone. Setelah itu barulah anda dapat mendengarkan radio menggunakan speaker ataupun headset. Adanya RDS membuat anda tidak perlu repot mencari gelombang Radio dikota anda berada, radio akan secara otomatis mencari gelombang radio dikota manapun anda berada.


Konektivitas Lengkap

Nokia C6-01 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE/ Quad Band serta HSDPA/3G/ HSPA Penta Band. Kecepatan HSDPA Nokia C6-01 dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 10.2 Mbps dan kecepatan HSUPA hingga 2 Mbps. Selain itu, tersedia pula konektivitas lokal seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n serta Bluetooth Stereo versi 3.0.




Untuk bertukar data antara handphone dan PC anda dapat menggunakan port microUSB versi 2.0. Fitur USB On The Go memungkinkan anda untuk bertukar data yang terdapat didalam USB secara langsung ke handphone Nokia C6-01 anda menggunakan kabel adapter USB On The Go. Sebagai informasi, kabel USB On The Go dijual secara terpisah. Slot eksternal microSD milik Nokia C6-01 dapat anda gunakan sebagai slot memori tambahan pada handphone. Tidak terdapat port HDMI pada Nokia C6-01 seperti pada Nokia N8.

Browsing Dengan Flash

Sama seperti kedua kakaknya, yaitu Nokia N8 dan Nokia C7, browser juga sudah dibekali dengan kemampuan menjalankan file flash. Saat kami ujicoba membuka beberapa website lokal seperti kaskus.us dan kompas.com file flash dapat dijalankan dengan sempurna. Selanjutnya kami membuka website YouTube versi dekstop dan ternyata video dapat diputar dengan baik. Saat kami gunakan untuk memainkan game Facebook, ini tidak dapat dijalankan karena masih menggunakan flash lite versi 4.0, tidak seperti OS Android Froyo yang sudah menggunakan Flash versi 10.1. Flash pada browser dapat dinonaktifkan agar browser dapat meload halaman web lebih cepat.


Untuk memperbesar halaman web anda dapat melakukan gerakan mencubit layar atau mengetuk layar secara cepat sebanyak dua kali. Browser dilengkapi dengan beberapa fitur seperti fitur “find on page” untuk teks pada halaman web dan fitur untuk menonaktifkan flash pada halaman web agar browser dapat meload halaman web lebih cepat.

Browser bawaan Symbian^3 tidak dapat digunakan untuk membuka banyak halaman tab seperti browser milik Android. Namun anda tetap dapat mengakalinya dengan cara mendownload browser Opera Mobile 10 secara gratis pada OVI Store yang mana dapat digunakan untuk membuka banyak tab dan lebih cepat dalam meload halaman web.

Aplikasi Bawaan Pada Nokia C6-01

Aplikasi Web TV

Ada 4 chanel pilihan yang dapat anda tonton pada Nokia C6-01 seperti National Geographic, E News Movie Teaser, dan CNN Video. Keempat chanel  TV ini membutuhkan data untuk dapat melakukan streaming video, kami menyarankan anda untuk menggunakan konektivitas Wi-Fi untuk menonton keempat saluran film tersebut karena paket data anda akan cepat habis kalau anda sering menonton chanel tersebut. National Geographic adalah chanel favorit kami.


Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube dapat anda gunakan untuk menonton video YouTube dan mengupload video YouTube.


Aplikasi Jaringan Sosial

Terdapat dua aplikasi jaringan sosial yaitu Facebook dan Twitter pada Nokia C6-01. Update status teman-teman anda dapat ditampilkan pada halaman home screen handphone. Aplikasi jaringan sosial  juga memungkinkan anda untuk mengupload foto pada Facebok dan Twitter.

Nokia C6-01 Review Gallery

Aplikasi Photo Editor

Aplikasi ini berguna untuk mengedit foto, terdapat banyak fitur untuk mengedit foto seperti ritasi foto, resize foto, cropping, menambahkan text, menambahkan clip art, animasi, efek foto, dll.

Nokia C6-01 Review Gallery

Aplikasi Office

Untuk melihat dokumen office anda dapat menggunakan aplikasi Quick Office yang dapat anda gunakan untuk melihat dokumen office seperti .Doc, XLS, PPT, dan .PDF. Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk melihat dokumen office, tidak dapat digunakan untuk mengedit atau membuat dokumen baru. Selain itu terdapat pula aplikasi untuk keperluan office lainnya seperti file manajer, kamus (bahasa apapun dapat anda download secara gratis dari handphone anda), Zip, kalkulator, Msg reader (pembaca pesan), anti-virus dari F-Secure, dan perekam suara.

Nokia C6-01 Review Gallery

Organizer

Terdapat beberapa fitur organiser standar bawaan handphone seperti kalendar, notes, dan alarm.

Nokia C6-01 Review Gallery

Navigasi Ovi Maps

Nokia C6-01 menggunakan map yang sama dengan Nokia N8, yaitu OVI Maps versi 3.04 yang mana sudah dilengkapi dengan panduan suara gratis selamanya dengan berbagai bahasa yang dapat anda download secara gratis. Maps terbaru dari Nokia ini kini dilengkapi dengan beberapa tampilan map yang dapat anda pilih sesuka anda seperti tampilan satelite dan terain. GPS dengan dukungan A-GPS dapat dengan cepat mengunci posisi satelite, satelite terkunci dalam waktu 2 menit saat ujicoba berlangsung. Adanya kompas digital dengan bantuan akselerometer sangat membantu posisi tampilan.

Nokia C6-01 Review Gallery

Selain itu pada OVI Maps juga terdapat fitur untuk berbagi lokasi,  melihat ramalan cuaca, event yang akan berlangsung, tempat-tempat favorit anda (seperti restoran, tempat belanja, tempat makan, dan hiburan malam). Anda dapat menggunakan maps sambil berjalan atau menyetir mobil sesuai dengan keinginan anda.

Kamera dan Perekam Video

Kamera

Nokia C6-01 dipersenjatai dengan kamera beresolusi 8 megapixel yang dilengkapi lampu flash LED ganda dan fixed fokus. Untuk fitur, anda tidak perlu meragukan kemampuan kamera Nokia C6-01. Fitur kamera handphone Symbian terbaru keluaran Nokia ini hampir setara dengan fitur kamera digital milik anda seperti adanya zoom-in digital sebanyak 2x, geotagging, scene mode (auto, user defined, close up, portrait, landscape, face deteciton, sport, night, night portrait), face detection, grid, self timer (2, 10, 20), efek warna (normal, sepia, hitam putih, vivid), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluoroscent), exposure, ISO (auto, low, medium, high), kontras, sharpness (hard, normal, soft), flash (auto, red eye, on, off), serta ukuran foto (8MP, 6MP, 3MP, 1.3MP, 0.3MP).

Nokia C6-01 Review Gallery



Secara keseluruhan hasil foto jarak jauh Nokia C6-01 tergolong bagus untuk detil foto, tingkat kedalaman warna, dan tingkat kontras. Untuk hasil foto dalam jarak close-up, hasil foto tetap terlihat bagus namun agak terlihat sedikit blur karena belum dilengkapi dengan fitur autofokus. Secara keseluruhan hasil foto dapat dikatakan bagus walaupun anda akan tetap menemukan adanya noise, namun noise hanya akan terlihat jika hasil foto anda zoom secara detil dan ini tidak sampai terlalu mengganggu jika anda mencetak hasil foto Nokia C6-01 hanya sebesar kartu pos. Dibawah ini adalah hasil foto Nokia C6-01.

Nokia C6-01 Review Gallery



Perekam Video

Nokia C6-01 dilengkapi dengan perekaman video beresolusi 720p dengan kecepatan perekaman 25 frame perdetik, sama seperti milik kedua saudara tuanya yaitu Nokia N8 dan Nokia C7.  Pengaturan perekaman video milik Nokia C6-01 pun juga terlihat sama dengan kedua kakaknya seperti scenes mode (auto , low light, night), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluorescent), lampu flash LED (auto, off, on, red-eye), efek warna (sepia, hitam putih, vivid), zoom digital 2x. Hasil video disimpan dalam format MP4.



Sebagai informasi, file video berdurasi 10 detik memakan memori sebanyak 16MB. Perekaman video milik Nokia C6-01 benar-benar boros akan memori jadi kami menyarankan anda untuk menggunakan microSD sebesar 32GB untuk anda yang gemar melakukan perekaman video menggunakan Nokia C6-01.

Kustomisasi

Anda dapat melakukan kustomisasi pada Nokia C6-01 seperti kustomisasi widget pada home screen, kustomisasi ikon menu, tema, ukuran huruf, dan screen saver.

Daya Tahan Batery

Nokia C6-01 menggunakan batery Li-Ion BL-5CT 1.050 mAh yang sanggup bertahan dalam kedaan siaga hingga hingga 420 jam (2G) dan 380 jam (3G). Untuk berbicara, batery dapat bertahan hingga 720 menit (2G) dan 290 menit (3G).

Kata Penutup

Nokia C6-01 memiliki performa dan fitur sebaik Nokia C7, namun dalam ukuran layar dan ukuran dimensi yang lebih kecil, serta harga yang lebih terjangkau dari Nokia C7.


Kelebihan :

-Layar AMOLED berteknologi ClearBack yang sangat tajam dilihat dari sudut manapun
-Ponsel Symbian^3 dengan harga paling terjangkau
-Konektivitas lengkap
-Dapat memainkan video DivX dan XviD
-Hasil foto tergolong bagus

Kelemahan :

-Daya tahan batery kurang baik
-Dukungan aplikasi pihak ketiga kurang banyak
-Kamera belum dilengkapi dengan fitur autofokus
-Tidak terdapat aplikasi untuk mengedit dan membuat dokumen office baru

 

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 8 megapixel
Keadaan : Terang
Flash : Lampu flash LED ganda
Autofokus : Tidak
Zoom : 2x
Fitur : G
eotagging, scene mode (auto, user defined, close up, portrait, landscape, face detecton, sport, night, night portrait), face detection, grid, self timer (2, 10, 20), efek warna (normal, sepia, hitam putih, vivid), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluoroscent), exposure, ISO (auto, low, medium, high), kontras, sharpness (hard, normal, soft), flash (auto, red eye, on, off), ukuran foto (8MP, 6MP, 3MP, 1.3MP, 0.3MP), dan zoom digital 2x

Video Kamera

Resolusi : 720p (1280 x 720 piksel)
Keadaan gelap : Terang
Flash : Ya
Frame perdetik : 25fps
Fitur : S
cenes mode (auto , low light, night), white balance (auto, sunny, cloudy, incandescent, fluorescent), lampu flash LED (auto, off, on, red-eye), efek warna (sepia, hitam putih, vivid)

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, OVI Maps versi 3.04

Browser

Format : HTML
Flash Player : Ya, versi 4.0
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : Tidak

Layar

Layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 16 juta warna berteknologi ClearBack AMOLED beresolusi 640 x 360 piksel

OS

Type apa : Symbian^3
Upgrade OS : Belum diketahui

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY  virtual dan keypad alfanumerik
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Ya, Quick Office

Media & Multimedia


Pemutar musik untuk MP3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : Email, bluetooth, MMS, Facebook, dan Twitter

Wi-Fi

Wi-Fi 802.11 b/g/n
Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Ya
Band : Penta Band 850/900/1800/1900/2100 MHz
Kecepatan HSDPA : 10.2MBps

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 3.0 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Threaded messaging
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 420 jam (2G) / 380 jam (3G)
Waktu bicara : 720 menit (2G) / 290 menit (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas :
Li-Ion BL-5CT 1.050 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser dan aplikasi (Youtube dan Web TV)

Aplikasi

Dukungan format : .Jar, .SIS
Market app / Tempat Download : OVI Store
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-Facebook
-Twitter
-Kalkulator
-Browser
-Email
-Quick Office
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Widget
-OVI Maps
-Kompas digital
-Akselerometer
-USB on the go
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : -
Facebook : -
Twitter : -

Nada dering

Format : MP3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA, AMR-NB, AMR-WB
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Ya
MP3 sebagai email : Ya

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : General, silent, meeting, outdoor, pager, offline
Mode pesawat : Ya

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Tidak
Download format game : .Jar, .SIS
Tempat download : OVI Store

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 640 x 360 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Nokia PC Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 340 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Nomor telepon, alamat email, alamat IM, alamat rumah, notes, foto personal, video personal, dan nada dering personal.
Sinkronisasi OTA : OVI Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, OVI Sync, Nokia PC Sync
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 3 home screen
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Widget

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Ya
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Offline mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
47
18 Sep 2014
14
18 Sep 2014
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
47
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
14
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
3
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
25
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
10
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.