TOP
REVIEWS
Review: Real Football 2011 HD
Review Game Android
Jan 05 2011 2:43PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
1
14575

Penyuka sepakbola setidaknya pasti pernah mendengar Winning Eleven / Pro Evolution Soccer dari Konami. Atau FIFA series dari EA Sport. Real Football memang kurang dikenal, namun untuk Mobile Game rasanya mereka masih bisa bersaing dengan PES ataupun FIFA. Belum lama ini Gameloft merilis Seri Real Football terbaru yaitu Real Football 2011. Banyak versi yang dikeluarkan, untuk game Java, Symbian, iOS dan Android. Yang akan kita bahas adalah versi Android, tepatnya versi HD-nya. Kami menggunakan Sony Ericsson Xperia X10 dengan OS Android 2.1 Eclair untuk memainkan game ini.


 

Game Mode

Ada beberapa mode permainan yang dapat kita pilih, yaitu:

  • Exhibition: pertandingan bebas

  • Enter The Legend: disini kita membuat satu karakter pemain, lalu berkarir seperti halnya pemain sepakbola betulan. Kita hanya memainkan satu karakter tersebut dalam pertandingan.

  • Season Club Match: kita memainkan klub yang kita pilih untuk menghadapi season, dimulai dari divisi bawah, dan anda juga dapat melakukan transfer pemain.

  • RF League: Mengkoleksi poin di tiap pertandingan dan mensubmit skornya untuk diadu melawan pemain game ini di seluruh dunia.

  • Cup: simulasi dari kejuaraan-kejuaraan yang ada di dunia seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Klub Eropa (semacam Liga Champion) dan lain-lain

  • League: simulasi liga-liga populer seperti Liga Inggris, Liga Spanyol dan lain-lain, tentu saja tidak memakai nama asli liga tersebut.

  • History: challenge yang berdasarkan pertandingan sepakbola legendaris yang pernah ada sejak 2006 sampai 2010. Misalkan pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2006 antara Spanyol melawan Prancis, dimana Spanyol sedang unggul 1-0 dan kita sebagai Prancis harus memenangkan pertandingan.

  • Penalti kick: simulasi adu penalti

  • Training: berlatih untuk memainkan game ini dengan benar

  • Replay: kita dapat menyimpan action replay yang ada dalam pertandingan yang kita mainkan kemudian memutarnya kembali disini

  • Award: melihat award yang kita dapatkan selama bermain game ini

  • Editor: meng-edit tim (formasi, seragam, transfer pemain, dan nama tim), mengubah nama pemain (anda akan senang bukan, jika nama anda ada di klub kelas atas seperti Barcelona misalnya), dan melakukan database update dengan memakai koneksi internet sehingga jika suatu saat Cristiano Ronaldo pindah ke Milan maka kita tinggal meng-update database game ini, tentunya jika Gameloft sudah menyediakan update-nya

  • Multiplayer: bermain dengan teman anda melalui koneksi Wi-Fi

Real Football 2011 HD Review Gallery

Real Football 2011 HD Review Gallery

 

Grafik

Grafik game ini sangat bagus karena sudah tergolong HD mobile game. Grafik 3 dimensi sangat bagus untuk ukuran mobile game, dan berjalan dengan sangat lancar di X10 kami. Wajah pemain terlihat detil. Namun wajah para pemain kebanyakan berwajah sama untuk pemain yang warna kulitnya memang sama. Model rambut pun hanya beberapa jenis saja. Yang wajib untuk dipuji adalah baju para pemain. Baju Barcelona sangat mirip dengan aslinya, lengkap dengan sponsor UNICEF dan sponsor Nike. Namun hanya beberapa klub yang dilengkapi atribut seperti sebenarnya. Suasana stadion pun mirip aslinya, seperti teriakan penonton, penaburan kertas putih, penonton yang bergerak-gerak. Ada cutscene setiap ada kejadian menarik, seperti perayaan gol, pemain yang kecewa karena gagal memasukkan bola, serta penayangan action replay dan lain-lain. Bahkan jika kita melakukan sliding tackle, hasilnya ada bekas tergores di rumput, Sudah mirip pertandingan sepakbola pada umumnya. Gerakan para pemain cukup mendetail dan meyakinkan, gocekan, tendangan, operan. Sayang ekspresi para pemain begitu-begitu saja, meskipun itu memang hal sulit untuk dibuat.

Real Football 2011 HD Review Gallery

 

Gameplay

Kita dapat memilih salah satu dari lima tingkat kesulitan yang ada. Kami mencoba tingkat kesulitan “Amateur” yang merupakan kedua termudah. Sama seperti game berlayar sentuh pada umumnya, pengontrolan pemain pada game ini menggunakan stick analog virtual ataupun d-pad virtual, dan 3 tombol. Tombol A adalah tombol untuk melakukan tembakan ketika menyerang dan sliding tackle ketika bertahan, tombol B adalah tombol mengoper/mengejar lawan (ditahan). Satu lagi adalah tombol lari (ditahan agar pemain berlari). Yang agak aneh adalah cara untuk mengoper jarak jauh; caranya adalah menyeret tombol B, terserah kemana saja. Makin jauh menyeret makin kencang operan, terlihat pada bar kuning yang muncul. Arah operan tergantung arah kemana d-pad/v-pad kita. Untuk melakukan lemparan kedalam pun unik, kita mengarahkan lemparan dengan memiringkan ponsel ke kanan atau ke kiri, kemudian melemparkannya dengan menggoyangkan ponsel ke arah depan kita. Secara umum pengontrolan cukup mudah, hanya saja kami merekomendasikan handset berkapabilitas Multitouch, misalnya untuk berlari anda harus menahan tombol lari dan mengarahkannya melalui v-pad sekaligus.

 

Permainannya sendiri tidak terlalu sulit, tergantung dari tingkat kesulitan yang anda pilih tentu saja. Bagi anda yang terbiasa dengan game konsol memang akan kesulitan dengan pengontrolan yang unik itu, terutama long pass, namun secara umum masih mudah, apalagi jika anda ingin mengejar pemain lawan yang sedang membawa bola anda hanya perlu menahan tombol B saja. Kiper di game ini sering bengong, jadi sebenarnya agak mudah ditaklukkan dari jarak dekat. Pemain lawan (dalam hal ini lawan kami adalah CPU) juga sering melakukan kesalahan sendiri. Kami juga mencatat bug yang menggelikan, kiper yang tiba-tiba menghilang, ada pemain yang tekstur badannya berubah menjadi tekstur bola sepak, dan ada juga pemain yang salah kostum sehingga memakai kostum wasit. Terlepas dari itu semua bermain game ini cukup menyenangkan, apalagi nama-nama pemain disini asli (lisensi dari FIFpro) walaupun hanya segelintir klub yang tidak memakai nama aslinya.

Real Football 2011 HD Review Gallery

 

Berikut video singkat tentang gameplay pada Real Football 2011

 

Kesimpulan

Jika anda penyuka sepakbola anda layak untuk melirik game ini, dengan grafik yang bagus sekali, nama pemain yang asli, gameplay yang cukup menarik. Namun grafik yang bagus tadi juga mempunyai sisi gelap, anda harus memiliki handset berkemampuan tinggi untuk dapat memainkan game ini. Kami mencatat beberapa kali X10 kami auto-restart ketika sedang bermain. Batere juga cepat sekali tersedot. Belum lagi berbagai bug yang aneh-aneh. Tapi tentu saja ada keunggulan lain seperti update database pemain, bahkan hasil pertandingan terbaru di dunia sebenarnya pun tertampil di game ini ketika anda sedang menunggu loading. Game mode lengkap walaupun bisa dibilang meniru game mode-nya Pro Evolution Soccer dari Konami. Suasana pertandingan sepakbola juga sudah seperti menyaksikan langsung di televisi. Tidak heran judul game ini Real Football.

 

Kelebihan

  • Game modenya lengkap

  • Grafik bagus

  • Suasana seperti pertandingan sepakbola betulan

  • Ada edit mode

  • Update database pemain sesuai dunia nyata

 

Kelemahan

  • Pengontrolan agak unik

  • Membutuhkan handset berkemampuan tinggi

  • Tidak stabil, sering membuat ponsel auto restart ataupun force close

  • Beberapa bug yang cukup mengganggu



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
22
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.