TOP
REVIEWS
Review: Maxthon Browser
Review Aplikasi Android
Dec 30 2010 3:35PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
0
4581

Maxthon baru saja merilis browser untuk perangkat Android. Mereka mencoba menyajikan fitur-fitur yang sudah ada di browser lainnya maupun fitur-fitur baru. Fitur-fitur browser ini misalkan dukungan Adobe Flash, Tab, widget RSS reader, Akses cepat, Super Gesture dan Maxthon Downloader. Browser ini sudah tersedia gratis di Android Market. Kami mengetes browser ini menggunakan Sony Ericsson X10 yang sayangnya masih Eclair 2.1 sehingga kami tidak bisa mencoba dukungan flash pada browser ini.

 

Antar Muka

Tampilan home pada Browser Maxthon didominasi oleh warna biru muda, dengan tampilan yang agak beda dari browser kebanyakan. Ada beberapa tabel seperti: Search (Google, Bing Yahoo dll), SNS (Facebook, Twitter dll), News (Yahoo, BBC, CNN, NY), dan Video (Youtube). Home yang berupa thumbnail seperti pada Opera Mini jug ada, tinggal menyentuh ikon thumbnail pada sebelah kiri bawah. Tab maksimal yang dapat dibuka adalah 10 tab. Tidak unlimited seperti pada Dolphin Mini, namun sepertinya sudah mencukupi kebutuhan kebanyakan pengguna. Kita juga bisa membuka link di background tab. Untuk melakukan fit to screen anda bisa mengetuk layar dua kali.Untuk melakukan copy-paste mudah saja, anda menahan layar di bagian teks yang ingin anda copy lalu akan muncul pilihan-pilihan seperti select text. Teks langsung terkopi ke clipboard ponsel anda. Ada juga fitur Orientation Lock untuk mengunci view anda baik portrait maupun landscape

Maxthon Browser Review Gallery

 

Setting

Di bagian menu ada beberapa fitur standar browser seperti Bookmark, History, Downloads, Brightness (Tingkat kecerahan layar), Find page, Help. Ada juga tambahan seperti Account, anda dapat melakukan sign in memakai akun Maxthon anda dan melakukan sinkronisasi situs-situs favorit anda di device lain maupun dari PC.

Maxthon Browser Review Gallery

 

Sedangkan pada menu Option ada Browser Setting (yang hampir sama persis dengan browser lainnya), Default Setting (default Search Engine, download path, default browser dan lain-lain), RSS Setting yang akan kita bahas di bagian selanjutnya, Screen Rotation setting, Gesture Setting (bagian selanjutnya), Favourite Sync Option (melalui wi-fi, auto sync atau manual), dan pilihan Open in New Tab. Perlu dicatat, butuh waktu beberapa detik untuk membuka menu Option ini.

Maxthon Browser Review Gallery

 

Fitur-fitur Unggulan

Maxthon meng-klaim browser mereka berbasis pada browser PC, mereka juga mengklaim memiliki beberapa keunggulan seperti widget RSS Reader, Resumable download, dan Super Gesture. Mari kita telaah fitur-fitur ini satu persatu.

 

RSS reader

Layanan pengumpul berita ini terintegrasi dengan Maxthon Browser, anda dapat menaruhnya di desktop (menjadi widget). Setting untuk RSS ini antara lain auto update option, RSS Reader Setting, RSS Bandwidth saving (membuka RSS dengan memakai WAP atau tidak), dan menampilkan notifikasi atau tidak.

Maxthon Browser Review Gallery

 

Resumable Download

Seperti browser pada PC, download dari browser ini dapat di-pause dan dilanjutkan lagi sesuka anda. Kami menutup browser ini memakai Taskiller dan saat membukanya lagi masih dapat dilanjutkan. Sungguh berguna fitur yang satu ini. Namun saat kami mencoba mengunduh lagu mp3, lagu tidak terdownload dan yang terbuka adalah Streaming Player bawaan ponsel.

Maxthon Browser Review Gallery

 

Super Gesture

Dengan gesture yang sudah anda tetapkan sebelumnya, anda bisa menutup tab, membuat tab baru, pindah tab. Namun ada kalanya saat browsing anda mengaktifkan gesture secara tidak sengaja, oleh karen itu ada pilihan untuk mematikan gesture di Option.

Maxthon Browser Review Gallery

 

Kecepatan

Kami mengadu kecepatan browser ini dengan browser lain. Kami membuka www.teknoup.com versi desktop. Kami mengujinya 2 kali, hasil uji yang kedua pasti lebih cepat karena cachenya sudah tersimpan. Hasilnya adalah sebagai berikut, kami susun dari yang paling cepat

  • Opera Mini → 1st time: 18.0 detik - 2nd time: 7.1 detik

  • Maxthon Browser → 1st time: 34.2 detik - 2nd time: 18.7 detik

  • Dolphin Mini → 1st time: 39.1 detik - 2nd time: 19.5 detik

  • Browser bawaan X10 → 1st time: 45.8 detik - 2nd time: 23.2 detik

Dapat dilihat Maxthon kalah jauh daripada Opera Mini walaupun masih menang melawan browser bawaan dan Dolphin Mini. Namun lumayan, browser ini adalah yang tercepat kedua.

Berikut adalah video perbandingan kecepatan Maxthon Browser dengan Safari pada iPod Touch 3rd gen:

 

 

Kesimpulan

Browser ini bisa dibilang keunggulannya ada di RSS feed dan pengunduhan yang bisa dilanjutkan. Sisanya, mengenai fitur Dolphin Mini masih lebih lengkap; meskipun Maxthon masih lebih cepat dalam membuka halaman. Gesture di Dolphin juga lebih banyak dan lengkap. Mengenai kecepatan, Opera Mini jauh meninggalkannya. Tapi sebagai alternatif bisa-bisa saja, lagipula browser ini gratis.

 

Kelebihan

  • RSS feed sebagai widget

  • Downlod bisa di-pause dan di-resume

  • Gesture

  • Sinkronisasi

  • flash (Android Froyo keatas)

Kekurangan

  • fitur minim

  • gesture agak mengganggu jika anda salah menginput sentuhan (tapi gesture dapat dimatikan)

  • Kalah cepat dengan Opera Mini



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
21
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.