TOP
REVIEWS
Review: iPod Touch 4th Gen
Review iPod Touch 4th gen
Dec 23 2010 3:30PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.9
27
87556

Sangat tipis. Itulah yang pertama kali ada dalam pikiran ketika pertama kali melihat iPod Touch 4th gen secara langsung. Dilengkapi dengan Retina Display, video kamera 720p, kamera Face Time, prosesor Apple A4, 3-axis gyroscope, iPod Touch 4th gen bisa dibilang adalah iPhone 4 tanpa kemampuan menelepon. Jika anda menginginkan iPhone 4 namun merasa harganya terlalu mahal, dan tidak terlalu membutuhkan fitur telephone, anda bisa membeli iPod Touch ini, dengan harga 2jutaan anda sudah dapat membeli iPod Touch 4th gen 8GB.

 





 

Berikut spesifikasi utama dari iPod Touch 4th gen

  • Layar sentuh kapasitif beresolusi 960x640 piksel (Retina Display), diagonal 3.5 inchi, 16 juta warna

  • Kamera belakang 960x720 piksel dengan perekam video beresolusi HD 720p @ 30fps

  • Kamera depan untuk melakukan Face Time

  • iOS 4.1

  • 720p video playback

  • Wi-Fi dan Bluetooth 2.1

  • 3-axis gyroscope, Accelerometer

  • Ketebalan 7.2mm

Kotak Penjualan

Kotak penjualan seperti iPod Touch sebelumnya, sangat sederhana, bahkan tidak memakai dus dan hanya memakai bahan mika plastik saja. Ada buku manual, headset dan kabel data dari Apple saja. Tidak ada charger.


 

Desain luar

Sekilas memang tidak beda jauh bentuk fisiknya dengan iPod Touch generasi sebelumnya. Namun 4th gen lebih tipis dibanding 3rd gen, 7.2mm vs 8.4mm, serta mempunyai kamera di dua sisinya. Tipisnya begitu luar biasa, anda akan sulit membayangkan dari gadget setipis ini akan bisa memainkan game dengan kualitas yang luar biasa.


Perbandingan ketebalan dengan iPod Touch 3rd Gen dan iPhone 4 (gambar sesuai urutan)

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Bagian belakangnya terbuat dari bahan stainless steel yang sayang sekali sangat mudah kotor dan mudah sekali tergores. Tampaknya anda harus segera membeli casing eksternal untuk iPod anda setelah membelinya jika tidak mau iPod anda tergores-gores. Di kiri atas ada kamera, bagian tengah ada logo Apple, bagian bawah ada penjelasan. Bagian belakang ini juga melengkup seperti iPod Touch sebelumnya, tidak seperti iPhone 4 yang rata.


 

Di bagian kiri ada tombol volume up and down. Di bagian kanan tidak ada apa-apa.


 

Di bagian atas hanya ada tombol lock dan juga berfungsi sebagai tombol on/off.


 

Di bagian bawah ada jack audio standar 3.5mm, soket untuk charger dan kebel data serta speaker yang ukurannya kecil sekali. Sayang sekali Apple tidak mau memberikan soket micro USB yang sudah umum ke produk-produk iPhone dan iPod-iPad-nya.


 

Layarnya seperti halnya iPhone 4, berjenis kapasitif, berukuran 3.5 inchi, beresolusi 960x640 pixel (yang disebut Apple dengan Retina Display), dan berkedalaman warna 16 juta warna. Tampilan layar luar biasa, warna, kontras yang keluar cukup bagus, meskipun masih kalah cemerlang dengan iPhone 4, apalagi jika dibandingkan dengan Super AMOLED-nya Samsung Galaxy S. Seperti klaim Apple, Retina Display benar-benar tajam. Sebelumnya menurut saya, resolusi WVGA (800x480 atau 854x480) cukup memadai untuk gadget dengan layar dibawah 4inchi. Namun setelah melakukan perbandingan browser, terlihat jelas perbedaan antara resolusi WVGA dan Retina Display. Kami membuka www.teknoup.com versi fullsite, dan menampilkannya pada posisi portrait, tanpa zooming, dan Retina Display menampilkan semua huruf yang ada menjadi terlihat, sedangkan pada layar WVGA SE X10 masih ada huruf yang kurang jelas. Berikut perbandingan antara iPhone 4(paling kiri), iPod Touch 4th Gen dan iPod Touch 3rd Gen(paling kanan).


Antar Muka

Antar mukanya tentu saja hampir sama persis dengan iPhone 4 yang sama-sama menggunakan iOS 4.1. Tidak ada lag sama sekali saat memindah menu, apalagi layar kapasitif sangat responsif dalam merespon sentuhan. Menu utama terdiri dari 4x4 ikon serta 4 ikon yang sudah fixed di bagian paling bawah. Menu terdiri dari beberapa halaman, tergantung dari berapa aplikasi yang anda instal.Anda dapat memindahkan ikon-ikon dengan menyentuh ikon tersebut selama beberapa saat, kemudian seluruh ikon akan bergerak-gerak dan siap untuk dipindahkan atau di-delete. Untuk menormalkannya anda hanya perlu menekan tombol back. Jika anda menekan tombol back 2 kali secara cepat, maka akan tertampil sebuah task switcher. Input teks sangat mengasyikkan, layar besar yang sangat responsif membuat kita jarang melakukan kesalahan pengetikkan.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Kamera

Kamera iPod Touch cukup aneh, beresolusi 960x720 piksel saja, padahal video recordernya saja beresolusi lebih besar yaitu 1280x720 piksel. Hasilnya juga cukup buruk, banyak noise jika keadaan kurang cahaya, apalagi tidak dilengkapi dengan flash. Sama sekali tidak ada pengaturan apapun, kecuali pilihan untuk men-swap kamera yang dipakai menjadi kamera depan, yang bahkan hasilnya lebih buruk lagi. Untuk melakukan fokus anda hanya perlu menyentuh layar saja. Untuk menngambil gambar silakan sentuh ikon kamera karena iPod ini tidak dilengkapi tombol shutter. Berikut User Interface-sangat-sederhana dari iPod Touch 4th Gen

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Contoh hasil kamera iPod Touch 4th Gen

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Perekam Video

Perekam video tampaknya lebih diberi perhatian oleh Apple, dilihat dari resolusinya saja sudah cukup besar, 1280x720 piksel (HD 720p). Frameratenya 30fps sehingga hasil video tidak patah-patah. Anda bisa melakukan fokus seperti pada kamera, dengan menyentuh layar. Fitur ini cukup berguna dalam mengambil video makro. Tampaknya Apple meng-anaktirikan still camera dan membuat video recorder yang bagus. Resolusinya saja lebih besar, 1280x720 lebih besar dari 960x720 bukan?

Contoh hasil video iPod Touch 4th Gen

Multimedia

Pemutar Musik

Pemutar musik pada iPod Touch 4th gen sama seperti iPhone 4, ada Cover Flow, pilihan Equalizer dan lain-lain. Kualitas suara bagus jika menggunakan headset bawaan Apple. Namun jika menggunakan speaker, suara terdengar kecil.

Pemutar Video

Pemutar Video pada iPod Touch mampu menayangkan video HD beresolusi 1280x720 pixel. Kami mencoba menonton video hasil unduhan dari Youtube dan dapat berjalan mulus pada iPod ini. Formatnya ialah .mp4, namun sayang sekali iPod Touch tidak mendukung format divx/xvid apalagi Matroska (.mkv).

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Konektivitas

Konektivitas yang ada dalam iPod ini adalah WiFi 802.11b/g/n (802.11n 2.4GHz only) , serta Bluetooth 2.1.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Browser

Browser yang digunakan adalah Safari, sama seperti pada iPod Touch dan iPhone sebelumnya. Browser ini cukup cepat, maksimal kita dapat membuka 8 tab sekaligus. Kita bisa melakukan zooming dengan pinch and zoom yang memang sudah merupakan trademark iPhone sejak dulu. Browser ini tidak mendukung flash. Bisa dilihat di video kedua, browser pada iPod Touch 4th gen menang jauh melawan iPod Touch 3rd Gen dan sedikit lebih cepat dibanding iPhone 4

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

Aplikasi bawaan

Aplikasi bawaan meliputi Face Time, Calendar, Photos, Camera, Youtube, Stocks, Maps, Weather, Notes, Utilities, iTunes, App Store, Game Center, dan Settings. Kebanyakan fitur-fitur ini sama seperti pada iPhone 4 http://www.teknoup.com/review/659/apple-iphone-4/

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Aplikasi dari AppStore

Facebook

Aplikasi Facebook iPod ini cukup bagus, seperti halnya pada iPhone 4. Kenyataannya ini memang aplikasi yang sama. Kita bisa melakukan chat dengan teman kita, selain itu ada fitur Places, namun sayangnya region Indonesia belum tersedia. Jika kita melakukan update status ada tulisan dibawahnya “xx minutes ago via iPhone” yang membuktikan kalau ini memang aplikasi yang sama. Fitur push notification juga ada di iPod ini, notifikasi akan terbaca langsung pada layar (pop-up). Dapat dilihat di gambar, kami sedang membuka YM namun notifikasi komentar dari Facebook tetap masuk.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Yahoo Mesenger

YM pada iPod Touch ini juga dapat mengirim gambar, bahkan bisa melakukan video chat. Seperti halnya Facebook, ada push notification tiap kali ada pesan masuk.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Camera+

Jika anda merasa fitur-fitur kamera pada iPod ini terlalu sederhana, maka anda dapat mendownload aplikasi ini. Fitur-fitur yang tersedia: Stabilizer, Timer, Burst. Anda bisa langsung meng-upload hasil foto ke Facebook, Twitter, dan flickr. Selain itu dalam aplikasi ini ada fitur untuk mengedit gambar. Banyak sekali efek yang dapat ditambahkan, seperti Scenes Effect, Color, Retro, Analog, dan masih banyak lagi, serta dapat ditambahkan Borders atau Bingkai.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

DocsToGo

Untuk profesional, aplikasi ini akan sangat berguna karena dapat membuka dokumen Word, PowerPoint, Excel, PDF. Bahkan Office 2007 pun bisa dibuka. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat membuat dokumen baru, tentunya fitur-fiturnya tidak sedalam di komputer, namun sudah sangat mencukupi untuk keperluan mendadak.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

Game

Game yang banyak dan berkualitas adalah salah satu senjata utama dari iPod Touch 4th gen ini. Kita akan sedikit membahas beberapa diantaranya.

 

Infinite Blade

Game dengan grafik yang luar biasa. Coba saja memainkannya dan anda akan terkagum-kagum pada kualitas grafik yang disajikan di Retina Display. Grafik 3d sangat tajam, tanpa lag, meskipun environment game ini memang tidak detil, karena disini kita hanya perlu adu pedang melawan monster, menghindari atau menangkis serangan lawan. Mengapa grafik game ini begitu luar biasa, penuh dengan kilauan pedang dan efek-efek cahaya yang realistis? Jawabannya ada pada Unreal Engine dari Epic Games yang dipakai oleh developer game ini. Untuk lebih jelasnya silakan lihat screenshot dan video dibawah. Luar biasa.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

 

Rage HD

Game ini adalah game 1st person shooter, dengan para Zombie sebagai sebagai sasaran utamanya. Cukup mencekam, apalagi Zombie-zombie itu sering lompat ke arah anda. Lagi-lagi Retina Display membuat grafik begitu tajam dan luar biasa. Tidak ada lag yang berarti, padahal ada kalanya anda harus melawan beberapa Zombie sekaligus.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

 

PES 2011

Siapa yang tidak tahu serial game yang versi Jepangnya berjudul Winning Eleven ini? Terlebih di Indonesia yang masyarakatnya pecinta sepakbola. Kini versi iPhone/iPod Touchnya telah hadir. Karena keterbatasan hardware dan besar layar, pengontrolan hanya pada tombol d-pad virtual dan 2 tombol, seperti pada game iPhone lainnya. Namun kualitas gambar cukup bagus, walaupun belum sebagus PES versi PSP, minimal masih ada rasa “PES versi Console” di game ini. Permainan cukup lancar tanpa adanya lag.

iPod Touch 4th Gen Review Gallery

 

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai tidak terlalu mengesankan, jika bermain game dan browsing wi-fi paling-paling iPod ini akan bertahan sekitar 3 jam. Namun menonton video dan memainkan musik lebih irit baterai. Seperti iPhone dan iPod Touch sebelumnya, baterenya tidak bisa di-replace. Charge dari 10% sampai 80% hanya butuh waktu 2 jam (fast charging), namun jika anda ingin sampai 100% maka anda harus menunggu selama 2 jam lagi sehingga total waktu yang diperlukan adalah 4 jam. Yang harus dicatat adalah pemakaian iPod yang cukup berat seperti bermain game atau browsing akan membuat casing belakang terasa sangat panas. Wajar sebenarnya mengingat casing belakangnya terbuat dari stainless steel, namun tentunya hal ini mengurangi kenyamanan anda menggunakan iPod Touch.

 

Kesimpulan

Sebagai sebuah Portable Media Player, mungkin iPod Touch 4th gen tergolong mahal, karena untuk versi 8GB saja anda harus merogoh kocek lebih dari 2 juta rupiah. Namun karena iPod Touch ini mempunyai nyaris semua kemampuan iPhone 4, termasuk Retina Display, kemampuan Gaming dan Internet, maka harga segitu kami rasa cukup masuk akal. Apalagi untuk anda penggemar game, kualitas grafik yang bagus dan gameplay yang melibatkan accelerometer serta layar sentuh membuat pengalaman main game menjadi sangat menyenangkan.

 

Kelebihan

  • Retina Display, sangat tajam

  • Gaming sangat luar biasa, baik dari grafik, maupun gameplay

  • Aplikasi sangat banyak, dukungan AppStore dari Apple

  • Kemampuan internet bagus, push notification bekerja dengan baik.

  • Perekam video cukup bagus, HD 720p

  • Nyaris tanpa lag, sangat cepat

  • Layar sangat responsif baik untuk mengetik maupun main game

  • dukungan Multitouch

  • 3-axis gyroscope dan akselerometer untuk mendukung gaming

 

Kekurangan

  • Layar tidak secemerlang iPhone 4, dilihat dari sudut sempit menjadi buram

  • Hasil kamera kurang baik

  • Baterai cepat habis dan tidak dapat diganti sehingga anda tidak bisa memakai batere cadangan

  • Casing belakang cepat panas dan panasnya cukup menakutkan, mudah tergores dan kotor terkena sidik jari

  • Pemutar video tidak didukung banyak format

  • Tidak dilengkapi memori eksternal

  • Sangat tergantung pada iTunes, tidak bisa memindahkan lagu dan video dari PC tanpa iTunes

 

Kamera
Resolusi : 0.7 megapixel (960x720 piksel), kamera depan VGA (640x480)
Flash : Tidak ada
Fokus : Fokus dilakukan memakai sentuhan (Touch Focus)


Video Kamera
Resolusi : HD 720p (1280 x 720 piksel)
Frame perdetik : 30fps
Fitur : Touch fokus saat merekam video sedang dilakukan

 

 

Browser
Format : HTML
Flash Player : Tidak
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : sampai 8 jendela
Layar

bertipe kapasitif berukuran 3.5 inci dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 640 x 960 piksel (Retina Display)

 

OS
Type : iOS 4.1
Upgrade OS : Ya, ke versi iOS 4.2.1 , melalui iTunes

 

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY  virtual
Tombol kualitas : Sangat sensitif
Tombol penekanan : Sangat sensitif

 

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk AAC (8 sampai 320 Kbps), Protected AAC (dari iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (format 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, dan AAX+), Apple Lossless, AIFF, dan WAV  
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri , video up to 720p format mp4
Fungsi share : Email, bluetooth, MMS, Facebook, dan Twitter



Wi-Fi
Wi-Fi 802.11 b/g/n
Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil


 

Memory
Internal (Aplikasi): 16/32 GB
Dukungan kartu memory : Tidak

 

 

Home Screen, Tema & Personalisasi
Jumlah maximal : tergantung pada jumlah aplikasi yang terinstal
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Tidak
Dukungan Shortcut : Ya
 


Personalisasi 
Layar depan yang dapat disesuaikan : 
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Menu
 


Lain-lain
Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Tidak ada
Akeselerometer : Ya
Sensor cahaya : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya
Unlocked dan lock : Tekan tombol power

Memori internal : 8GB, 32GB, 64GB

Memori eksternal : tidak
Hot swap : TIdak
Speaker : Suara berkualitas
USB : Untuk data via iTunes dan charging  



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
14
17 Oct 2014
1
16 Oct 2014
23
08 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Apple iPhone 6
Akan Datang
14
Oct 17 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
1
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.