TOP
REVIEWS
Review: Samsung Genoa TV
Review Samsung Genoa TV
Dec 20 2010 9:06AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
22
25481

Perkenalan

Mengerti dan memahami kebutuhan pasar adalah hal yang harus dilakukan untuk tetap bertahan dan eksis saat ini. Ini pula yang dilakukan oleh Samsung Indonesia untuk dapat menggenjot penjualan produknya dipasaran Indonesia. Setelah mengeluarkan handphone dual SIM On-nya beberapa waktu lalu, kini Samsung kembali lagi dengan handphone terbarunya yang sudah dilengkapi dengan fitur TV. Walaupun idenya terlihat sedikit mencontek handphone cina, namun ini merupakan strategi jitu untuk menggenjot penjualan handphonenya di Indonesia. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Samsung Genoa TV atau dikenal juga dengan nama Samsung GT-C3510T.


Spesifikasi resmi :

-Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-TV analog
-Layar sentuh resistif LCD TFT 2.8 inci dengan kedalaman 262K beresolusi QVGA (240 x 320 piksel)
-Kamera beresolusi 1.3 megapixel
-Slot eksternal microSD (up to 8GB)
-Jack audio standar 3.5mm
-Aplikasi jaringan sosial terintegrasi (SNS)
-Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
-Radio FM dengan dukungan RDS
-Teknologi DNSe (Digital Natural Sound Engine)
-Tampilan antar-muka dengan widget


Bukalah halalam selanjutnya untuk mengetahui fitur yang terdapat didalam Samsung Genoa TV.

Kotak Penjualan Samsung Genoa TV

Didalam kotak penjualan Samsung Genoa TV terdapat aksesoris seperti charger, batery, headset, buku panduan manual, serta kartu garansi handphone. Tidak terdapat bonus microSD ataupun kabel data pada kotak penjualan handphone.


Hardware

Desain Samsung Genoa TV identik dengan desain kakanya, Samsung Genoa. Keempat sudut handphone yang terlihat melengkung membuat desain ponsel besutan Samsung ini semakin manis. Samsung Genoa TV dikeluarkan dalam dua pilihan warna, hitam dan putih.


Samsung Genoa TV menggunakan layar sentuh resistif LCD TFT berukuran 2.8 inci dengan kedalaman 262K beresolusi QVGA (240 x 320). Walaupun menggunakan layar resistif namun kesensitifan layar sentuh patut diacungi jempol. Penggunaan layar dibawah sinar matahari tergolong baik dan kami tidak mendapatkan kendala sedikitpun saat menggunakan Samsung Genoa TV diruang terbuka.


Pada bagian atas layar terdapat lubang suara dan logo Samsung, sedangkan pada bagian bawah terdapat tiga buah tombol penggunaan handphone serta logo ”Mobile TV” yang mana ini membedakan antara Samsung Genoa TV dan Samsung Genoa.



Pada bagian belakang handphone terdapat kamera beresolusi 1.3 megapixel dan lubang speaker handphone. Tekstur permukaan bagian belakang handphone terlihat berbintik-bintik seperti pada Samsung Galaxy S.


Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Samsung Genoa TV.





Tampilan Layar Sentuh Dengan Widget

Samsung Genoa TV hadir dengan tampilan layar sentuh yang dilengkapi dengan widget pada home screen. Terdapat tiga buah layar home screen pada ponsel layar sentuh ini yang dapat anda lihat dengan cara menggeser layar. Ketiga layar home screen dapat anda isikan widget dengan cara drag n drop widget pada home screen.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Terdapat beberapa widget yang dapat anda gunakan seperti widget penunjuk waktu, konektivitas, jam analog, jam dunia, kalendar, galeri foto, Bluetooth, memo, profiles, pemutar musik, radio FM, mesin pencari Google, notifikasi pesan (SMS, MMS, Email), kontak favorit, ramalan cuaca, peningat hari ulang tahun, Facebook, Twitter, dan My Space.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Sama seperti home screen, terdapat tiga buah layar menu. Ikon menu terlihat besar dan mudah untuk dibaca. Navigasi menu berlangsung cepat dan akurat saat ujicoba berlangsung. Kami tidak merasakan adanya jeda saat masuk kedalam sub-menu Samsung Genoa TV.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Mengirimkan Pesan

Samsung Genoa TV dapat digunakan untuk mengirimkan SMS, MMS, dan Email. Untuk mengirimkan IM anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Palringo yang sudah terdapat didalam handphone. Hanya terdapat satu pilihan keyboard pada Samsung Genoa TV yaitu keyboard alfanumerik dalam posisi portrait, tidak terdapat pilihan keyboard QWERTY pada handphone ini.




SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda harus memasukan konten multimedia pada editor SMS.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Untuk menggunakan email pada ponsel TV ini anda harus melakukan pengaturan email terlebih dahulu secara. Tidak terdapat pengaturan email secara otomatis pada Samsung Genoa TV dan ini cukup merepotkan mengingat Samsung Genoa TV adalah handphone keluaran terbaru dari Samsung. Jika anda sudah melakukan pengaturan email barulah anda dapat membaca email yang terdapat pada kotak masuk email anda.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Phonebook

Untuk masalah penyimpanan kontak, Samsung Genoa TV cukup dapat diandalakan. Ponsel TV ini dapat menyimpan hingga 2000 kontak yang dilengkapi dengan detil kontak seperti email, grup kontak, tanggal ulang tahun, notes, foto personal, dan nada dering personal.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Samsung Genoa TV sudah dilengkapi dengan fitur smart dialing untuk kemudahan anda dalam mempercepat membuat panggilan.

Multimedia

TV Analog

Inilah fitur jagoan dari Samsung Genoa TV, dimanapun anda berada, anda tetap dapat menonton TV. Samsung mengerti benar apa yang lagi dibutuhkan orang Indonesia saat ini, apalagi euforia Piala AFF 2010 sedang melanda Indonesia saat ini. TV menjadi hal wajib saat ini untuk menonton bola dan mendukung Timnas kita.


TV analog dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti screen capture, perekam siaran TV, dan fitur untuk menyimpan chanel TV favorit anda. Siaran TV dapat ditangkap dengan baik, sebelom menonton TV ada baiknya anda mengeluarkan antena eksternal TV yang terdapat pada bagian atas handphone agar siaran tampil dengan baik.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Kamera

Untuk urusan mengabadikan foto, Samsung melengkapi ponsel terbarunya ini dengan kamera beresolusi 1.3 megapixel. Hasil foto disiang hari tergolong bagus dalam hal pencahayaan. Saat foto dimalam hari atau memotret objek dalam jarak dekat, hasil kamera aga buruk karena kamera Samsung Genoa TV belum dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Kamera dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pilihan resolusi (1.3MP, 0.3MP, QVGA), white balance (AWB, daylight, incandescent, fluorescent, cloudy), efek warna (hitam putih, sepia, negatif, watercolor), EV, kualitas foto (sangat bagus, bagus, normal), self timer (2, 3, 10 detik), shooting mode (single, continue, panorama), dan zoom digital 2x.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Perekam video

Selain memotret anda dapat menggunakan kamera untuk melakukan perekaman video beresolusi QVGA . Perekam video dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pilihan resolusi (QVGA/QCIF), white balance (AWB, daylight, incandescent, fluorescent, cloudy), efek warna (hitam putih, sepia, negatif, watercolor), EV, self timer (2, 3, 10 detik), dan zoom digital sebanyak 2x. Hasil rekaman video disimpan dalam format MP4 dan hasil video dapat anda lihat pada video dibawah ini.



Pemutar Musik

Untuk urusan entertainment, selain terdapat TV analog, Samsung Genoa TV juga dilengkapi dengan pemutar musik yang handal dengan dukungan teknologi DNSe (Digital Natural Sound Engine). Teknologi DNSe membuat suara terdengar lebih natural, sebagai informasi anda harus menggunakan headset untuk mendengarkannya perbedaannya. Saat lagu dimasukan kedalam handphone, maka pemutar musik akan secara otomatis mengelompokan lagu anda berdasarkan penyanyi, album, serta jenis musik. Anda juga dapat membuat playlist pada pemutar musik.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Saat lagu dimainkan maka akan terdapat tampilan album art pada pemutar musik. Jack audio standar 3.5mm pada bagian atas handphone siap untuk anda gunakan menggunakan headset 3.5mm milik anda. Pilihan EQ seperti rock, klasik, jazz, wide, dynamic, surround, pop, dance, tersedia dan siap untuk digunakan. Pemutar musik dapat memainkan lagu berformat MP3, AAC, dan WMA saat kami ujicoba.

Galeri Foto

Untuk melihat koleksi foto-foto atau gambar anda, anad dapat menggunakan file manajer yang berfungsi sebagai galeri foto. Foto dapat anda kirimkan langsung menggunakan MMS, Email, atau Bluetooth. Untuk melihat foto sebelum atau selanjutnya anda dapat menggeser foto kearah kiri atau kanan. Untuk zoom-in/out foto anda dapat menggunakan tombol virtual zoom pada layar. Galeri foto dilengkapi dengan fitur untuk mengedit foto, pilihan editor foto cukup banyak seperti resize foto, efek warna, kontras, dan crop.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Radio FM Dengan Dukungan RDS

Untuk mendengarkan siara radio anda harus mencolokan headset terlebih dahulu yang mana berfungsi sebagai antena. Siaran radio dapat anda cari secara manual ataupun secara otomatis dan dapat anda simpan pada handphone.


Konektivitas

Samsung Genoa TV berjalan pada jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Untuk memindahkan data dari handphone ke PC atau sebaliknya anda dapat menggunakan kabel data. Untuk memindahkan data dari microSD anda dapat menggunakan card reader.


Browser

Untuk masalah browser, Samsung Genoa TV menggunakan browser bawaan Samsung yang sudah dilengkapi dengan dukungan flash, yaitu Samsung Mobile Browser versi 1.0 yang mana ini sedikit berbeda dengan Samsung Genoa yang menggunakam browser bawaan Net Front versi 3.5. Browser bawaaan Samsung dapat digunakan untuk membuka halaman web versi HTML saat kami ujicoba walaupun agak lambat karena masih mengandalkan konektivitas EDGE.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Terdapat beberapa fitur browser bawaan yang kami catatkan sepeti fitur untuk mengirim url via email/MMS, fitur untuk melihat web dengan posisi portrait/landscape, dan fitur untuk meload flash. Kami mencoba untuk membuka flash pada situs kaskus.us dan hasilnya ternyata konten flash dapat dibuka menggunakan browser Samsung Genoa TV.

Organizer

Fitur organiser saat ini sudah menjadi menu wajin pada handphone keluaran terbaru. Begitupun dengan Samsung Genoa TV yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur organiser yang cukup lengkap seperti kalendar, memo, alarm, task, kalkulator, konverter, timer, dan stopwatch.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Samsung Genoa TV Review Gallery

Aplikasi Handphone

Aplikasi Jaringan Sosial

Terdapat tiga buah aplikasi jaringan sosial pada Samsung Genoa TV seperti Facebook, Twitter, dan MySpace. Ketiganya adalah aplikasi dan bukan akses pintas seperti pada kebanyakan handphone lokal yang banyak beredar di Indonesia.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Samsung Genoa TV Review Gallery

Aplikasi Google Maps

Walaupun belum memiliki GPS namun Samsung Genoa TV sudah dilengkapi dengan Google Maps versi 2.3.2. Terdapat beberapa tampilan maps seperti satelite dan maps yang dapat anda gunakan untuk melihat lokasi anda berada dan menuntun anda ke lokasi tempat tujuan anda. Absennya GPS memang membuat tingkat keakuratan kurang baik namun adanya Google Maps tetap dapat membantu pencarian lokasi tujuan anda.

Samsung Genoa TV Review Gallery



Game

Terdapat 4 buah game Java bawaan pada didalam ponsel TV ini seperti Party Bubble Popper, Brain challenge Vol.2, Diamond Twister, dan Pyramid Bloxx.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Samsung Genoa TV Review Gallery

Samsung Genoa TV Review Gallery

Daya Tahan Batery

Samsung Genoa TV menggunakan batery Li-Ion berdaya 1.000 mAh yang sanggup bertahan hingga 400 jam dalam kedaan siaga serta 4 jam saat digunakan untuk berbicara. Saat digunakan untuk menonton TV terus-menerus batery hanya dapat bertahan hingga 2.5 jam saja.

Kustomisasi

Terdapat beberapa pilihan kustomisasi handphone seperti wallpaper, tema, widget, font, dan tampilan menu yang dapat anda gunakan untuk mempersonalisasikan tampilan anda.

Samsung Genoa TV Review Gallery

Kata Penutup

Samsung Genoa TV hadir disaat yang tepat. Adanya fitur TV analog membuat kita semakin up-to date dengan peristiwa terkini, dimanapun dan kapanpun anda berada.




Kelebihan :

-Fitur TV yang membuat kita semakin up-to-date
-Kualitas audio tergolong bagus
-Harga sesuai dengan fitur
-Layar sentuh yang terasa cukup responsif

Kelemahan :

-Konektivitas kurang lengkap
-Tidak terdapat akselerometer
-Terkadang terasa “lemot”

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari brower dan aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Tidak
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Tidak
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 1.3 megapixel
Keadaan : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Tidak
Zoom digital : 2x
Fitur : Pilihan resolusi (1.3MP, 0.3MP, QVGA), white balance (AWB, daylight, incandescent, fluorescent, cloudy), efek warna (hitam putih, sepia, negatif, watercolor), EV, kualitas foto (sangat bagus, bagus, normal), self timer (2, 3, 10 detik), shooting mode (single, continue, panorama), dan zoom digital 2x.

Video Kamera

Resolusi : QVGA (320 x 240 piksel)
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Frame perdetik : -
Fitur : Pilihan resolusi (QVGA/QCIF), white balance (AWB, daylight, incandescent, fluorescent, cloudy), efek warna (hitam putih, sepia, negatif, watercolor), EV, self timer (2, 3, 10 detik), dan zoom digital sebanyak 2x.

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : -
A-GPS : Tidak
Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser

Format : HTML
Flash Player : Ya
Performa : Lambat
Dukungan banyak jendela : Tidak

Layar


Layar sentuh resistif LCD TFT 2.8 inci dengan kedalaman 262K beresolusi QVGA (240 x 320 piksel)

OS

Type apa : Proprietary
Upgrade OS : -

Keyboard

Type : Keypad alfanumerik (portrait)
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Tidak

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, dan AAC
Galery foto video : Ada, menggunakan file manajer
Fungsi share : Email, MMS, Bluetooth

Jaringan

Dukungan 3G : Tidak
Band : Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz  
Kecepatan HSDPA : -

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : -
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 400 jam
Waktu bicara : 4 jam
Pengoperasian untuk menonton TV : 2.5 jam
Type baterai dan kapasitas : Li-Ion 1000 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser dan aplikasi

Aplikasi

Dukungan format : -
Market app / Tempat Download : Samsung App World

Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-TV analog
-Aplikasi Facebook
-Aplikasi Twitter
-Galeri foto
-Browser
-Alarm
-Kalendar
-Kalkulator
-Palringo
-Email
-Kamera
-Perekam video
-Google Maps

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Tidak  
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Facebook : -
Twitter : -

Nada dering


Format : MP3, WMA, AAC   
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Tidak
MP3 sebagai email : Tidak

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Normal, silent, driving, meeting, outdoor
Mode pesawat : Flight mode

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games


Bawaan : Ya
Download format game : -
Tempat download : Samsung App World

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran :  240 x 320 piksel piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data
Aplikasi : -
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi) : -
Dukungan kartu memory : Ya, microSD (up to 8GB)

Buku Telepon

Kapasitas: 2000 entry
Data :  Email, grup kontak, tanggal ulang tahun, notes, foto personal, dan nada dering personal.
Sinkronisasi OTA : -
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM card
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM Card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 3
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi


Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Widget
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Menu

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada (perlu menggunakan headset untuk mendengarkannya)
Akeselerometer : Tidak
Sensor cahaya : Tidak
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, (port Samsung)
Unlocked dan lock : Tekan tombol lock
Hot swap : Ya
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : -
USB : Untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
22
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.