TOP
REVIEWS
Review: BlackBerry Bold 9780 Onyx II
Review Blackberry Bold 9780
Nov 29 2010 10:47AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
20
64585

Perkenalan

Konsumen Indonesia selalu heboh dan antusias jika RIM mengeluarkan produk terbarunya. Demikian pula kehadiran RIM BlackBerry 9780 yang juga dikenal dengan nama BlackBerry Onyx II. Beberapa teman saya sudah meghubungi saya atau mengirimkan BBM kepada saya yang berisikan pertanyaan kapan akan mengulas produk keluaran RIM ini, padahal waktu itu produk keluaran RIM ini belum ada dipasaran Indonesia. Dibawah ini adalah spesifiaksi resmi BlackBerry Onyx II.


Spesifikasi resmi :

-Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA 850/1900/2100 Mhz
-Layar TFT 2.44 inci dengan kedalaman 65K warna beresolusi 480 x 360 piksel
-Kamera beresolusi 5 MP dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED
-Prosesor sebesar 646 Mhz dan RAM sebesar 512 MB
-Keyboard QWERTY dan trackpad optikal
-Konektivitas Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP dan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g dengan dukungan UMA 
-BlackBerry OS 6
-Aplikasi untuk mengedit dokument
-Jack audio standar 3.5mm
-GPS dengan dukungan A-GPS
-Daya tahan batery yang baik
-Slot eksternal microSD (up to 32GB)




Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui peningkatan performa apa saja yang terjadi pada BlackBerry 9780 bila dibandingkan dengan performa BlackBerry Onyx 9700.

Kotak Penjualan

BB 9780 dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang terdapat didalam kotak penjualannya seperti charger, kabel data microUSB, headset standar 3.5mm, sarung kulit, CD software, buku panduan penggunaan handphone, serta lartu garansi selama 12 bulan. Aksesoris yang terdapat didalam BB 9780 bernuansa putih semua, mungkin karena BB 9780 yang kami miliki juga berwarna putih. RIM juga menyertakan bonus microSD sebesar 2GB didalam kotak penjualan BB 9780.


Hardware

Dari sisi hardware, tidak terdapat BB 9780 dan BB 9700 terlihat benar-benar kembar identik. Dari segi desain, panjang dimensi, dan berat handphone semuanya sama. Ukuran BB 9780 terasa pas saat kami genggam ditangan kami yang berukuran sedang. Nuansa warna putih pada BB 9780 kami membuat tampilan luar terlihat elegan dan mewah. Lapisan kulit pada bagian belakang semakin mengukuhkan kemewahan handphone keluaran RIM ini.


BB 9780 menggunakan layar TFT 2.44 inci dengan kedalaman 65K warna beresolusi 480 x 360 piksel berposisi landscape. Layar ini juga digunakan oleh BB 9700 Onyx atau sekarang lebih dikenal dengan nama BlackBerry Onyx I. Layar terlihat tajam meskipun saat digunakan dibawah sinar matahari langsung.


Pada bagian atas layar terdapat lubang suara, lampu notifikasi LED, sensor cahaya, serta logo BlackBerry.


Pada bagian bawah layar terdapat tombol penggunaan handphone serta trackpad optikal yang terasa sensitif dan akurat saat digunakan untuk mengakses menu handphone.


Keyboard QWERTY dengan lampu latar berwarna putih siap untuk anda gunakan ber-BBM-an ria. Tidak terdapat jarak antar tombol, namun ukuran tombol yang tergolong besar membuatnya mudah ditekan. Sebagai informasi, tombol keyboard QWERTY BB 9780 memang agak keras namun feedback tombol sangat sensitif dan mudah digunakan.


Pada bagian belakang handphone terdapat kamera beresolusi 5 megapixel yang sudah dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED. Logo bertuliskan ”Bold” menyempil diantara lensa dan lampu flash LED.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery


Dibawah ini adalah foto dan video dimensi  BB 9780.





video

BlackBerry OS 6

BB 9780 sudah dilengkapi dengan BlackBerry OS versi 6 sama dengan BlackBerry Torch 9800. Hanya saja jika pada BB 9800 anda dapat menggunakan layar sentuh untuk melakukan navigasi, pada BB 9780 anda hanya dapat menggunakan trackpad optikal untuk navigasi menu.




Pada layar home screen terdapat 5 pilihan tampilan untuk melihat menu seperti tampilan semua menu, menu favorit, menu yang terdapat pada media, donwloads, serta menu yang paling sering diakses. Adanya pilihan tampilan menu pada home screen semakin mempermudah kita untuk mengakses menu yang kita inginkan.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Untuk mengakses konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan handphone anda dapat mengaksesnya pada bagian atas home screen.




Tombol search dapat anda akses dari home screen dan dapat anda gunakan untuk mencari  menu atau aplikasi yang terdapat didalam BB 9780 anda. Sayang tombol search milik BlackBerry ini tidak dapat digunakan untuk terhubung dengan mesin pencari Google.




Tampilan ikon menu terlihat standar dan tidak terdapat perubahan tampilan yang signifikan bila dibandingkan dengan tampilan ikon menu BlackBerry OS .5






Phonebook

Tampilan kontak BB 9780 terlihat berbeda dengan tampilan BlackBerry OS 5. Tampilan kontak kini lebih enak dilihat bila dibandingkan dengan tampilan sebelumnya. Beberapa detil kontak dapat anda gunakan untuk melengkapi data kontak seperti nama perusahaan, email, no telepon, PIN BB, alamat rumah, tanggal ulang tahun, alamat web, notes, foto personal, nada dering personal, dan nada dering SMS personal.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Phonebook juga dilengkapi denga sinkronasi dengan jaringan sosial seperti Facebook.

Fitur Pesan Yang Lengkap

Untuk mengirimkan pesan, handphone pintar keluaran RIM ini memang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Semua jenis pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM dapat anda kirimkan menggunakan handphone yang satu ini. SMS dapat ditampilkan dengan tampilan chat dan terlihat menarik dilengkapi dengan 160 karakter pesan yang dapat anda gunakan untuk mengirim SMS.




MMS tergabung menjadi satu editor dengan SMS. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda harus memasukan konten multimedia (foto, rekaman video, gambar) pada SMS.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Untuk berkirim email yang perlu anda lakukan adalah memasukan email dan password email anda pada handphone. Handphone akan secara otomatis melakukan pengaturan email anda. Anda dapat menggunakan lebih dari 5 akun email pada BB 9780. Menerima dan mengirim attachment file office menjadi mudah karena BB 9780 sudah dilengkapi dengan aplikasi office Documents To Go yang dapat anda gunakan untuk membaca serta mengedit dokument office. Sayang tidak terdapat fitur untuk membuat dokumen baru pada aplikasi office BB 9780, untuk membuat dokumen baru anda harus membayar sejumlah uang untuk membeli lisensinya.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Untuk IM, RIM sudah menyertakan 4 buah aplikasi chating seperti Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, Serta AOL Messenger. Keempat aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik saat kami gunakan. Hanya saja saat kami mengaktifkan 3 dari aplikasi chating ini, batery BB 9780 menjadi lebih boros.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Peningkatan Performa

Desain dan tampilan luar Onyx I dan Onyx II boleh sama, namun harga yang dibanderol berbeda cukup jauh (4.2 jt vs 5.5jt). Apa sih yang membuat harganya berbeda cukup jauh ? Pertama adanya peningkatan resolusi kamera, Onyx I masih menggunakan kamera beresolusi 3.2 megapixel autofokus, kini Onyx II sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapixel yang juga berfitur autofokus.




Kedua, RAM. Onyx I hanya dilengkapi dengan RAM sebesar 256MB, sedangkan Onyx II menggunakan RAM sebesar sebesar 512MB. RAM yang lebih besar jelas meningkatkan performa handphone, terutama yang sangat terasa sekali adalah pada kecepatan handphone dalam menjalankan aplikasi, shutter speed kamera, start-up, rendering foto, browsing, dan menjelajah menu.




Perbedaan yang terakhir adalah pada sisi OS. Jika Onyx I masih menggunakan OS BlackBerry versi 5, kini Onyx II sudah dilengkapi dengan OS BlackBerry versi 6. Walaupun Onyx I sudah dapat menggunakan OS 6, namun kecepatan performanya jelas jauh tertinggal dari kecepatan performa Onyx II.


Multimedia

Kamera

Kamera memang bukan hal yang diutamakan pada handphone bisnis seperti BlackBerry ini. Namun bukan berarti RIM tidak memberikan peningkatan performa pada kamera. BB 9780 sudah mengalami peningkatan kamera beresolusi 5 megapixel yang dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED pada bagian belakang handphone. Dibawah ini adalah hasil foto kamera  BB 9780. Hasil foto handphone keluaran RIM ini terlihat cukup baik. Dibawah ini adalah hasil foto BB 9780.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery




Beberapa pengaturan kamera dapat anda gunakan untuk semakin meningkatkan hasil foto anda seperti flash (auto, on ,off), autofokus (continuous, single shot, off), scene mode (auto, face detection, portrait, sports, landscape, party, close-up, snow, beach, night, teks), ukuran resolusi foto (large 2596 x 1944, medium 1024 x 768, small 640 x 480), dan zoom digital.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Perekam Video

Kamera BB 9780 dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi maksimal VGA (640 x 480 piksel). Beberapa fitur perekaman video seperti flash LED, image stabilization, scene mode (auto, portrait, landscape, close-up, beach), resolusi video (normal 640 x 480 piksel, MMS mode 176 x 144 piksel), dan zoom digital. Dibawah ini adalah contoh hasil rekaman video BB 9780.

Pemutar Musik

Tampilan pemutar OS 6 mengalami penyegaran bila dibandingkan dengan tampilan pemutar musik pada OS 5 walaupun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Saat anda memasukan lagu kedalam handphone maka pemutar musik akan secara otomatis memisahkan lagu berdasarkan penyanyi, album, serta jenis musik. Anda juga dapat membuat playlist pada pemutar musik BB 9780. Untuk mencari lagu anda tinggal mengetikan kata kunci lagu yang anda inginkan kemudian lagu akan tampil pada pemutar musik.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Tampilan album art terlihat menghiasi layar ”now playing” ketika lagu sedang dimainkan.Pilihan EQ seperti bass bosst, bass lower, dance, hip hop, jazz, lounge, loud, R&B, rock, treble bosst, treble lower, vocal boost dapat anda gunakan saat mendengarkan lagu. Jack audio standar 3.5mm tersedia pada sisi kiri handphone yang siap digunakan menggunakan headset kesayangan anda. Pemutar musik dapat memainkan beberapa format lagu populer seperti MP3, WMA, WAV, serta AAC+.

Galeri Foto

Galeri foto BB 9780 akan secara otomatis memisahkan foto-foto koleksi anda berdasarkan folder foto anda. Untuk melihat foto sebelumnya atau foto berikutnya anda tinggal menggeser foto ke kiri atau kanan menggunakan trackpad. Tampilan galeri foto terlihat tidak berbeda jauh dengan tampilan galeri foto OS 5. Foto koleksi anda dapat dilihat dengan tampilan layar penuh, dizoom-in/out, diputar ke arah kiri/kanan, dan dapat anda kirimkan menggunakan media seperti email, MMS, Twitter, Facebook, adn Bluetooth.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Pemutar Video

Untuk urusan putar-memutar video, BB 9780 cukup dapat diandalkan. Format video seperti DivX, WMV, XviD, dan 3GP sanggup dilahap dan diputar pada layar landscape milik BB 9780. Resolusi layar yang cukup tinggi membuat video dapat ditampilkan dengan tampilan yang tajam dan jernih.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Konektivitas Lengkap

BlackBerry 9780 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE GSM 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 850/1900/2100 Mhz. Untuk konektivitas lokal terdapat Wi-Fi 802.11 b/g dengan dukungan UMA serta Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Port microUSB dapat anda gunakan untuk bertukar data dari handphone ke PC anda. Card reader dapat anda gunakan sebagai alternatif lain untuk bertukar data dari microSD ke PC.




Browsing

Browser pada OS 6 adalah salah satu fitur yang cukup signifikan mengalami peningkatan performa. Selain dapat meload halaman web lebih cepat dari browser OS 5, browser OS 6 milik BlackBerry 9780 juga dapat membuka lebih dari 5 tab windows halaman web secara bersamaan.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Terdapat beberapa fitur browser yang kami temukan seperti fitur untuk mengirimkan URL, fitur untuk mengcopy alamat URL, fitur untuk mencari teks pada halaman web, dan fitur zoom-in/out.



Social Feeds

Social Feeds tidak akan anda temukan pada OS 5, ini hanya terdapat pada OS 6 saja. Fitur ini berfungsi untuk melihat seluruh notifikasi perubahan status baik yang terdapat pada situs jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace dan aplikasi chat seperti YM, MSN, BlackBerry Messenger, Google Talk, dan AIM dalam satu layar saja. Jadi anda tidak perlu membuka aplikasi jaringan sosial dan aplikasi chat satu persatu hanya untuk melihat update status dari teman-teman anda, cukup membuka Social Feeds maka anda dapat melihat seluruh update status teman-teman anda  

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery



Untuk megupdate status anda juga dapat menggunakan social feeds untuk dapat mengupdate semua status pada jaringan sosial anda.

Aplikasi Bawaan BlackBerry 9780

Slacker Radio

Aplikasi ini berfungsi untuk mendengarkan siaran radio persaonal secara online menggunakan bantuan konektivitas Wi-Fi, anda juga dapat menyimpan lagu yang terdapat pada Slacker kedalam microSD anda.


Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube pada BlackBerry 9780 dapat anda gunakan untuk melihat video pada situs YouTube atau mengupload video pada situs YouTube.


Aplikasi Jaringan Sosial

Terdapat total 3 aplikasi jaringan sosial pada BlackBerry 9780 yaitu Facebook, Twitter, dan MySpace. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mengupdate status dan mengupload foto.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Aplikasi Office Document To Go

Aplikasi office Document To Go dapat anda gunakan untuk melihat dokumen office seperti word, excel, dan ppt. Aplikasi ini dapat digunakan pula untuk mengedit dokumen namun sayangnya tidak dapat digunakan untuk membuat dokumen baru. Untuk menggunakan fitur membuat dokumen office baru anda harus membayarkan uang untuk membeli lisensi.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Organizer

Terdapat beberapa fitur organiser didalam BlackBerry 9780 seperti kalendar, memo pad, tasks, kalkulator, password keeper, dan alarm.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Navigasi GPS

BlackBerry 9780 dilengkapi GPS dengan dukungan A-GPS dan Maps BlackBerry buatan RIM. Map buatan RIM ini dilengkapi dengan fitur panduan navigasi suara. Untuk mencari alamat tujuan anda, anda tinggal mengetikannya pada kolom pencarian pada map. Tampilan maps terlihat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Game

Ada 5 buah game bawaan yang sudah terdapat pada BlackBerry 9780 seperti BrickBreaker, Word Mole, Texas Hold'Em King 2, Sudoku, dan Klondike.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Kustomisasi

Anda dapat melakukan personalisasi seperti tema, wallpaper, dan screen saver pada BlackBerry 9780.

BlackBerry Bold 9780 Onyx II Review Gallery

Daya Tahan Batery

BlackBerry 9780 dilengkapi dengan batery berdaya besar Li-Ion 1500 mAh yang sanggup bertahan hingga 528 jam pada jaringan 2G dan 408 jam pada jaringan 3G dalam kedaaan standby. Saat digunakan untuk berbicara batery dapat bertahan hingga 6 jam pada jaringan 2G dan 3G.

Kata Penutup

Peningkatan performa terasa cukup signifkan kami rasa pada BlackBerry 9780 Onyx II. Jika anda menginginkan tampilan BlackBerry OS 6 dengan keyboard QWERTY, anda perlu mempertimbangkan untuk membeli Onyx II.

Kelebihan :

  • Peningkatan RAM jadi 512 MB 
  • Kamera ditingkatkan menjadi 5 megapixel 
  • Sudah menggunakn OS 6.0 
  • Hasil foto yang terlihat baik
  • Fitur messaging untuk bisnis yang dapat diandalkan
  • Trackpad terasa responsif
  • Browsing lebih cepat dari pendahulunya.
  • Sedikit lebih ringan dari Bold 9700

Kelemahan :

  • Browser belum dilengkapi dengan dukungan flash
  • Tidak terdapat fitur untuk membuat dokumen office baru tanpa membayar lisensi
  • Design monoton, sama dengan pendahulunya Onyx.
  • Tidak ada peningkatan kapasitas baterai (masih 1500mAh)
  • Tidak ada peningkatan kualitas layar (Masih TFT 65K)

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari brower dan aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 5 megapixel dilengkapi dengan lampu flash LED dan autofokus
Keadaan : Terang
Flash : Flash LED
Autofokus : Ya
Zoom : Ya
Fitur : Flash (auto, on ,off), autofokus (continuous, single shot, off), scene mode (auto, face detection, portrait, sports, landscape, party, close-up, snow, beach, night, teks), ukuran resolusi foto (large 2596 x 1944, medium 1024 x 768, small 640 x 480), dan zoom digital.

Video Kamera

Resolusi : VGA (640 x 680 piksel)
Keadaan gelap : Terang
Flash : Ya
Frame perdetik : -
Fitur : Flash LED, image stabilization, scene mode (auto, portrait, landscape, close-up, beach), resolusi video (normal 640 x 480 piksel, MMS mode 176 x 144 piksel), dan zoom digital.

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : -
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, BlackBerry Maps

Browser

Format : HTML
Flash Player : Tidak
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : Ya

Layar

Layar TFT 2.44 inci dengan kedalaman 65K warna beresolusi 480 x 360 piksel
OS

Type apa : BlackBery OS 6
Upgrade OS : -

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY
Tombol kualitas : Agak keras
Tombol penekanan : Agak keras

Office

Aplikasi bawaan : Ya, Document To Go

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, WAV, serta AAC+
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : Email, Bluetooth, MMS, Email, Facebook, dan Twitter

Wi-Fi

Wi-Fi 802.11 b/g
Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Ya
Band : HSDPA 850/1900/2100 Mhz
Kecepatan HSDPA : -

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Threaded messaging
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 528 jam (2G) / 408 jam (3G)
Waktu bicara : 6 jam (2G) / 6 jam (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : - jam
Type baterai dan kapasitas : Li-Ion 1500 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser dan aplikasi (Youtube)

Aplikasi

Dukungan format : -
Market app / Tempat Download : BlackBerry Application World
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-Game
-Facebook
-Twitter
-MySpace
-Radio Slacker
-Kalkulator
-Browser
-Email
-Documents To GO
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Akselerometer
-Push semail
-IM
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Facebook : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Twitter : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Nada dering

Format : MP3, WMA, WAV, serta AAC+.
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Ya
MP3 sebagai email : Ya

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Normal, loud, medium, silent, vibrate only, phone calls only, all alerts off
Mode pesawat : Ya

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Ya
Download format game : -
Tempat download : BlackBerry Application World

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran :  480 x 360 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Tidak
Lainnya : Trackpad optikal
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : BlackBerry sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 256 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD (up to 32GB)

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Nama perusahaan, email, no telepon, PIN BB, alamat rumah, tanggal ulang tahun, alamat web, notes, foto personal, nada dering personal, dan nada dering SMS personal.
Sinkronisasi OTA : Google Sync, Facebook Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, Google Sync, BlackBerry PC Sync
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 5 home screen
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Tidak
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Tidak ada
Akeselerometer : -
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol lock
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Turn off all connection
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
12
17 Apr 2014
93
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
12
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
93
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.