TOP
REVIEWS
Review: Apple iPhone 4
Review Apple iPhone 4
Nov 29 2010 10:37AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.9
44
87960

Perkenalan

Banyak yang memuja banyak juga yang menghujat. Yup, itulah konsekuensi yang harus diterima oleh handphone keluaran pabrikan Apple ini. Tampaknya produk buatan Steve Jobs ini sukses menghipnotis seluruh dunia (termasuk saya). Walaupun banyak yang menghujat, ini tidak akan terlalu berpengaruh banyak untuk fans fanatik iPhone. Prosesor Apple A4 sebesar 1 GHz, kamera beresolusi 5 megapixel, perekam video beresolusi HD, serta layar Retina adalah sedikit dari kelebihan handphone ini.  Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Apple iPhone 4.


Spesifikasi resmi :

-Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz
-Layar TFT kapasitif berukuran 3.5 inci dengan kedalaman 16 juta warna dan lampu latar berteknologi LED beresolusi 640 x 960 piksel
-Kamera beresolusi 5 MP autofokus dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED dan kamera depan untuk  melakukan panggilan video
-Perekam video beresolusi 720p dengan kecepatan 30 frame perdetik
-Lapisan anti gores pada bagian depan dan belakang handphone
-Prosesor Apple A4 sebesar 1GHz dan RAM sebesar 512MB
-Konektivitas Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP dan Wi-Fi 802.11b/g/n
-GPS dengan dukungan A-GPS dan kompas digital
-Sensor akselerometer, sensor proximity, dan sensor 3 axis gyro
-Jack audio standar 3.5mm
-Kualitas audio yang memukau


Bagi anda yang sekarang sedang ingin membeli iPhone 4, ada baiknya anda membaca review kami sampai habis. Mungkin review kami dapat membantu anda untuk menimbang kembali apakah handphone ini layak untuk anda beli atau tidak. Bukalah halaman selanjutnya.

Kotak Penjualan iPhone 4

Aksesoris yang terdapat didalam kotak penjualan iPhone 4 tergolong standar seperti sebuah charger, dock konektor, kabel data USB, headset standar 3.5mm, buku panduan manual, serta kartu garansi handphone. Selain itu juga terdapat sebuah aksesoris untuk mengeluarkan micro SIM pada kotak penjualan. Iphone 4 tidak dilengkapi dengan slot microSD, sehingga jelas tidak terdapat bonus microSD didalam kotak penjualan iPhone 4.

Hardware

Perbedaan desain yang cukup siginfikan jelas terlihat antara iPhone 3GS dan iPhone 3. Jika iPhone 3GS berdesain agak melengukung kini desain iPhone 4 terlihat rata pada keempat sisi dan bagian belakangnya. Sehingga anda dapat meletakan iPhone 4 anda dimeja kerja anda dengan posisi berdiri.


Beberapa waktu lalu isu yang beredar adalah cara memegang iPhone 4 mempengaruhi kekuatan sinyal handphone. Hal itu langsung kami buktikan pada iPhone 4, kami memegang dengan beberapa cara dan terbukti ini tidak mempengaruhi sinyal pada produk Apple kami.

 

iPhone 4 menggunakan layar TFT berteknologi retina bertipe kapasitif berukuran 3.5 inci dengan kedalaman 16 juta warna dan lampu latar berteknologi LED beresolusi 640 x 960 piksel. Tidak perlu diragukan layar iPhone sangat tajam dan jernih, penggunaan teknologi retina display membuat anda tidak akan melihat titik piksel pada layar iPhone yang mana ini terdapat pada layar lain yang tidak menggunakan teknologi retina display.


 

Bagian depan dan belakang iPhone 4 dilengkapi dengan sebuah lapisan anti gores yang terasa kokoh saat kami sentuh. Lapisan ini terbuat dari bahan plastik yang terasa kokoh yang terlihat glossy dan bukanlah plastik biasa. Walaupun bagian depan dan belakang iPhone 4 menggunakan bahan anti gores yang baik, pemilik iPhone 4 pasti tetap akan melengkapi handphonenya dengan sarung handphone untuk melindunginya jika suatu saat jatuh genggaman tangan.




Pada bagian belakang iPhone 4 terdapat kamera beresolusi 5 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash LED. Pada bagian belakang juga terdapat lambang Apple yang menjadi ciri khas setiap produk Apple. Lapisan pelindung yang terdapat pada bagian belakang handphone terlihat glossy sehingga mudah kotor jika terkena sentuhan jari.



Keempat sisi iPhone 4 terbuat dari bahan staineless steel yang terasa kokoh saat dipegang. Dibawah ini adalah foto keempat sisi iPhone 4.

Apple iPhone 4 Review Gallery





iOS 4

iPhone 4 menggunakan iOS 4 (4.1) yang mana sebenarnya ini juga dapat digunakan pada iPhone 3GS hanya saja penggunaannya tidak akan semaksimal seperti pada iPhone 4. Dengan sokongan prosesor Apple A4 sebesar 1 Ghz tidak terasa adanya jeda sama sekali saat kami menggeser layar home screen iPhone 4 yang dipenuhi dengan ikon-ikon menu. Penggunaan layar retina membuat warna pada tampilan ikon-ikon terasa semakin nyaman saat dipandang oleh mata.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Apple iPhone 4 Review Gallery

Beberapa perubahan tampilan antarmuka pada iOS 4 kami temukan seperti :

-Aplikasi dapat dimasukan kedalam folder
-Dapat melakukan multitasking
-Dapat mencari menggunakan mesin pencari Google atau Wikipedia pada kolom pencarian (spotlight)
-Tampilan ikon menu yang mengalami perubahan

Kelebihan :

-Grafis sangat tajam
-Perpindahan ikon terasa cepat
-Tidak terdapat jeda saat membuka ikon menu


Multitasking

Jika berbicara multitasking pada iPhone 4 akan terasa rancu karena beberapa orang menyebutnya bukan sebagai multitasking melainkan task switcher atau disebut juga media untuk berganti aplikasi. Untuk menampilkan task switcher anda harus menekan tombol iPhone sebanyak dua kali secara cepat.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Tampilan task switcher terlihat seperti pada layar, untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan anda dapat menekan ikon pada task switcher selama beberapa saat. Saat kami gunakan iPhone 4untuk memainkan game Angry Bird lalu keluar dari permainan, game dapat dimainkan kembali tanpa mengulang permainan dari awal. Multitasking dapat berjalan lancar pada iPhone 4. Perlu diketahui tidak semua aplikasi atau game dapat dimultitasking, beberapa game jika anda keluar dari aplikasi dan masuk kembali kedalam aplikasi, game atau aplikasi akan dimulai lagi dari awal.

Phonebook

Tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan pada phonebook iPhone 4 dengan phonebook iPhone sebelumnya. Pada phonebook tersedia detil kontak yang dapat anda gunakan seperti foto personal, nomor handphone, email, nada dering personal, alamat web, nama perusahaan, dan alamat rumah.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Kontak dapat anda masukan dengan cara memasukan nama depan kemudian diikuti dengan nama belakang kontak.

Apple iPhone 4 Review Gallery



FaceTime

FaceTime adalah fitur yang hanya terdapat pada iPhone 4 dan tidak terdapat pada produk iPhone sebelumnya. Fitur ini berguna untuk melakukan panggilan video ke sesama pengguna iPhone 4 atau panggilan ke MacBook. Untuk menggunakan fitur ini anda dapat menggunakannya saat anda sedang melakukan panggilan lalu tekan tombol “FaceTime” pada layar.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Oh iyah, FaceTime hanya berfungsi menggunakan konektivitas Wi-Fi saja. Anda dapat melakukan panggilan video menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang handphone saat melakukan panggilan.

Beberapa Fitur Baru Pada iOS4

Kami mencatatkan beberapa fitur baru yang terdapat pada iPhone 4. Dibawah ini adalah fitur-fitur yang tidak kami temukan pada produk iPhone sebelumnya :

Perubahan Pada Input Teks :

-Terdapat pilihan menggunakan keyboard dengan pilihan seperti keyboard  QWERTY, QWERTZ, dan AZERTY
-Dilengkapi dengan fitur pengkoreksi otomatis


Perubahan Pada Phonebook :

-Mengedit dan menambahkan kontak terasa lebih mudah

Perubahan Pada Fitur Pesan :

-Terdapat penghitung karakter pesan
-Terdapat fitur pencari SMS
-Tampilan SMS seperti tampilan chat
-Email dengan akun Gmail hadir dengan tampilan yang lebih baik  

Apple iPhone 4 Review Gallery

Perubahan Fitur Pada Kamera :

-Kamera kini dilengkapi dengan zoom digital sampai dengan 5x
-Fitur touch-fokus saat melakukan perekaman video


Perubahan Pada Pemutar Musik iPod :

-Pemutar musik iPod kini dilengkapi dengan fitur membuat, mengedit, dan menghapus playlist


Perubahan Pada Bluetooth :

-Bluetooth sudah mendukung pairing dengan keyboard
-Perubahan Pada iTunes dan Apple App Store :
-Gratis e-book dari iBooks store dan PDF reader
-Peningkatan fitur editing video pada iMovie (aplikasi berbayar)

Multimedia

Pemutar Musik iPod

Pemutar musik iPod memang sudah menjadi bagian dari perangkat Apple, ini pula alasan Apple membenamkan pemutar musiknya ini didalam iPhone 4. Perlu anda ketahui, kini untuk membuat playlist lagu pada iPhone 4 anda tidak lagi memerlukan iTunes sebagai media untuk membuat playlist. Kini anda dapat membuat, mengedit, dan mengahapus plasylist dari iPhone 4 anda tanpa menggunakan iTunes.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Untuk kualitas audio, anda tidak perlu lagi meragukan kualitas audio produk buatan Apple ini, kedua speaker iPhone 4 yang bersuara jernih ini sanggup untuk memuaskan kedua telinga anda. Tidak puas ? Anda dapat mencoba mendengarkan suara musik menggunakan kedua headset bawaan yang terdapat didalam kotak penjualan iPhone 4.

Galeri Foto

Untuk melihat foto anda dapat melihatnya menggunakan galeri foto. Untuk memperbesar atau memperkecil foto anda dapat melakukan gerakan seperti mencubit (pinch and zoom). Untuk melakukan zoom anda juga dapat mengetuk foto secara cepat sebanyak dua kali pada layar iPhone 4.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Pada galeri foto anda juga dapat melihat lokasi pengambilan foto (geotaging) pada galeri foto. Fitur ini dapat menampilkan tempat pengambilan foto anda yang mana akan ditampilkan pada Google Maps.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Pemutar Video

Pemutar video iPhone 4 dapat memutar video beresolusi 720p dengan mulus. Layar retina display milik iPhone 4 terlihat sangat jernih saat kami memainkan video beresolusi 720p milik kami. Sayangnya iPhone 4 tidak dapat digunakan untuk memutar video berformat DivX atau XviD.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Konektivitas

iPhone 4 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/ 900/1800/1900 Mhz dan jaringan HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz yang dapat bekerja dengan kecepatan maksimal 7.2 MBps (HSDPA) dan 5.76 Mbps (HSUPA). Untuk konektivitas lokal terdapat Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.  




iPhone 4 sudah dilengkapi dengan internet tethering yang dapat bekerja dengan menggunakan jaringan USB atau konektivitas Bluetooth yang dihubungkan ke PC atau laptop anda. Untuk melakukan pemindahan data dari iPhone 4 ke PC anda harus menggunakan iTunes.


Safari Browser

Untuk urusan browser, Apple iPhone 4 mengandalkan browser Safari yang dapat berjalan dengan cepat. Beberapa perubahan pada browser kami catatkan seperti adanya password manager yang dapat menyimpan password anda, fitur untuk mengcopy link, dan fitur Google Sugestion yang berfungsi untuk memberikan pilihan saat anda mencari suatu website.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Fitur pinch and zoom benar-benar berarti saat kami browsing. Layar yang jernih membuat tampilan browser semakin ciamik. Browser dapat membuka lebih dari 5 tab windows secara bersamaan. Masih belum terdapat dukungan flash pada browser Safari milik iPhone 4.

Organizer

Terdapat beberapa fitur organiser standar bawaan handphone seperti kalendar dengan tampilan bulanan, harian, dan list. Selain itu juga terdapat fitur organiser lainnya seperti notes, kalkulator, perekam suara, dan alarm.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Apple iPhone 4 Review Gallery

Navigasi GPS Dengan Bantuan Google Maps

Untuk menuntun anda sampai ketujuan, anda dapat menggunakan Google Maps yang sudah terdapat pada iPhone 4. Terdapat beberapa tampilan maps standar bawaan Google Maps seperti satelite, hybrid, dan maps. Anda juga dapat melihat maps dengan tampilan street view, namun untuk maps di Indonesia belum dilengkapi dengan tampilan ini. Fitur GPS iPhone 4 juga dilengkapi dengan kompas yang dapat digunakan untuk melihat arah tujuan kita.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Apple iPhone 4 Review Gallery

Aplikasi Pihak Ketiga Dari App Store

Kami mencoba menginstal beberapa aplikasi yang kami download dari App Store. Dibawah ini adalah beberapa aplikasi yang kami instal pada iPhone 4 kami.

Yahoo Messenger

Aplikasi ini berguna untuk melakukan chat ke sesama pengguna YM, chat menggunakan layar multitouch iPhone 4 terasa mudah dan minim sekali kami melakukan kesalahan pengetikan saat melakukan chat ke rekan kerja kami.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Tweet Deck

Aplikasi ini berguna untuk berTwitter ria. Aplikasi ini juga memungkinkan anda memanage beberapa akun jaringan sosial sekaligus menggunakan satu aplikasi saja. Tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan adalah daya tarik aplikasi Tweet Deck.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Flashlight

Aplikasi ini berguna untuk menjadikan lampu flash LED kamera iPhone 4 sebagai lampu senter. Aplikasi ini juga dapat mengatur pola pencahayaan lampu LED seperti menyala terus-menerus atau kedap-kedip.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Grand Pro

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk bermain piano menggunakan layar sentuh iPhone 4. Keakuratan layar iPhone 4 saat kami memainkan dan menekan tombol piano satu persatu sangat baik. Tidak terdapat miss touch saat kami memainkan lagu favorit kami pada layar iPhone 4.




DocsToGo

Tidak terdapat aplikasi office bawaan untuk mengedit dan membuat dokumen baru pada iPhone 4, jadi anda harus menginginstal aplikasi pihak ketiga pada iPhone 4 seperti DocToGo yang dapat digunakan untuk mengedit dan membuat dokument baru pada iPhone 4.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Street Fighter IV

Game Street Fighter IV memang tidak pernah membosankan untuk dimainkan berulang-ulang. Adanya penambahan karakter permainan dan penambahan jurus-jurus pada setiap karakter membuat anda tidak akan pernah bosan jika memainkan permainan bergenre fighting yang satu ini. Jika anda ingin bernostalgia kembali ke masa muda, tidak ada salahnya menginstal game ini di iPhone 4 anda bukan.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Fitur Pesan

Beberapa peningkatan pada fitur pesan kami catatkan seperti fitur untuk menghapus SMS dan mengirim  SMS secara masal, melihat preview MMS sebelum dikirimkan, dan peningkatan fitur pada MMS. Kini dengan menggunakan MMS anda dapat menerima vCards dan file audio. Pada iPhone 4 anda juga dapat mengirimkan hasil rekaman video via MMS seperti yang juga dapat dilakukan pada iPhone 3GS.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Mengirimkan MMS terasa mudah, yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol dengan ikon kamera pada bagian atas keyboard QWERTY. Anda dapat mengirimkan pesan multimedia seperti hasil foto/gambar, rekaman video, dll. Yang terakhir fitur pesan kini dilengkapi dengan fitur pencari SMS. Ini sangat berguna jika SMS anda sudah mencapai ribuan didalam kotak masuk SMS anda.

Email

Email pada iPhone 4 terasa lengkap, anda dapat menggunakan lebih dari 5 akun email pada iPhone 4. Terdapat peningkatan pada fitur email yang kami catatkan seperti adanya fitur “Archive” yang berguna untuk menyimpan email anda agar tidak terhapus sewaktu anda menghapus semua email yang terdapat didalam inbox email anda.

Apple iPhone 4 Review Gallery



Untuk email berattachment anda dapat membukanya namun anda tidak dapat mengedit atau menambah lembar baru. Untuk menjalankan fungsi mengedit dan menambahkan lembar baru pada dokumen anda dapat mendownload aplikasi pihak ketiga seperti DocsToGo pada App Store.

Kamera dan Perekam Video

Kamera 5 megapixel Dengan Hasil Terbaik Yang Pernah Kami Lihat

iPhone 4 dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash LED pada sisi kanan kamera. Tidak terdapat banyak pengaturan kamera, selain itu tampilan antar-muka kamera juga terlihat sangat sederhana dan mudah digunakan. Kamera dilengkapi dengan beberapa fitur seperti HDR, geotaging, zoom digital sampai dengan 5x, flash (auto, on, off), autofokus, touch fokus, serta geotaging.


Shutter speed kamera iPhone 4 tergolong sangat cepat (dibawah 1 detik), kecuali jika anda menggunakan fitur HDR yang membutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk mengambil foto. Dibawah ini adalah hasil foto kamera iPhone 4 yang kami ambil, kamera iPhone 4 adalah kamera handphone beresolusi 5 megapixel dengan hasil terbaik yang pernah kami lihat selama ini. Dibawah ini adalah foto pada siang hari.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Dibawah ini adalah foto pada kondisi cahaya yang minim.

Apple iPhone 4 Review Gallery

Dibawah ini adalah hasil foto tana menggunakan HDR dan foto menggunakan High Dynamic Range (HDR).

Apple iPhone 4 Review Gallery

Overall kualitas foto iPhone 4 sangat mengesankan, hasil warna terlihat sangat tajam dan jernih. Walaupun tidak dilengkapi dengan fitur autofokus namun hasil foto pada jarak dekat tetap bagus dan tidak terlihat blur. Sebagai informasi, kamera depan beresolusi VGA milik iPhone 4 juga dapat digunakan untuk memotret.

Perekam Video

Apple mempersenjatai iPhone 4 dengan perekam video beresolusi 720p (1280 x 720 piksel) dengan kecepatan 30 frame perdetik. Tampilan video juga terlihat sederhana sama seperti tampilan antar-muka kamera. Hasil video iPhone 4 disimpan dalam format .MOV. Adanya fitur touch fokus pada video membuat hasil video terlihat bagus karena tidak semua objek difokuskan pada video, hanya objek yang ingin anda fokuskan saja yang terlihat jernih.

Masalah Sinyal Pada iPhone 4

iPhone 4 generasi awal produksi memang dilaporkan memiliki masalah sinyal, namun saat ini masalah sinyal tersebut tampaknya sudah diatasi oleh Apple. Terbukti iPhone 4 tidak memiliki masalah dalam penerimaan sinyal. Dibawah ini adalah video pembuktian masalah sinyal pada iPhone 4 yang mana tidak terjadi pada iPhone 4 generasi baru.



Daya Tahan Batery

Apple iPhone 4 menggunakan batery berjenis Li-Po 1420mAh yang dapat bertahan dalam keaadaan siaga hingga 300 jam pada jaringan  2G dan 3G. Saat digunakan untuk melakukan panggilan batery dapat bertahan hingga 7 jam pada jaringan 3G dan 14 jam pada jaringan 2G. Untuk browsing secara terus-menerus via jaringan 3G batery dapat bertahan hingga 6 jam dan 10 jam jika mengunakan jaringan Wi-Fi. Saat digunakan untuk memutar video batery dapat bertahan hingga 10 jam tanpa henti. Untuk memutar musik batery dapat bertahan hingga 40 jam non-stop.

Kata Penutup

Produk Apple yang satu ini memang banyak menuai kontroversi diawal kehadirannya. Namun bagaimanapun juga kami salut akan teknologi yang terdapat didalam iPhone 4 ini. Ingat, jangan mencela sebelum memilikinya.

Kelebihan :

-Layar retina yang benar-benar tajam, jernih, serta nyaman digunakan dalam waktu lama
-Prosesor yang dapat berjalan cepat saat digunakan
-Hasil foto yang sangat baik untuk kamera handphone beresolusi 5 megapixel
-Kualitas audio kelas atas
-Peningkatan yang terlihat cukup signifikan bila dibandingkan dengan iPhone 3GS


Kelemahan :

-Harus menggunakan iTunes untuk bertukar file pada handphone
-Tidak terdapat dukungan flash pada browser
-Aplikasi FaceTime hanya berfungsi menggunakan Wi-Fi
-Tidak terdapat slot microSD
-Menggunakan microSIM yang menyulitkan untuk berganti kartu SIM
-Tidak terdapat tombol shutter kamera


Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari brower dan aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 5 megapixel dilengkapi dengan lampu flash LED
Keadaan : Terang
Flash : Flash LED
Autofokus : Ya
Zoom : 5x
Fitur : HDR, geotaging, zoom digital sampai dengan 5x, flash (auto, on, off), autofokus, touch fokus, serta geotaging.

Video Kamera

Resolusi : 720p (1280 x 720 piksel)
Keadaan gelap : Terang
Flash : Ya
Frame perdetik : 30fps
Fitur : Touch fokus

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser

Format : HTML
Flash Player : Tidak
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : Tidak

Layar

Layar TFT berteknologi retina bertipe kapasitif berukuran 3.5 inci dengan kedalaman 16 juta warna dan lampu latar berteknologi LED beresolusi 640 x 960 piksel

OS

Type apa : iOS 4.1
Upgrade OS : Ya, ke versi iOS 4.2.1

Keyboard

Type : Keyboard QWERT  virtual
Tombol kualitas : Sangat sensitif
Tombol penekanan : Sangat sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Ya

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk AAC (8 sampai 320 Kbps), Protected AAC (dari iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (format 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, dan AAX+), Apple Lossless, AIFF, dan WAV  
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : Email, bluetooth, MMS, Facebook, dan Twitter

Wi-Fi

Wi-Fi 802.11 b/g/n
Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Ya
Band : HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz
Kecepatan HSDPA : 7.2MBps

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Threaded messaging
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 300 jam (2G) / 300 jam (3G)
Waktu bicara : 14 jam (2G) / 7 jam (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : 40 jam
Type baterai dan kapasitas : Li-Po 1420mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser
Video : Ya, melalui browser dan aplikasi (Youtube)

Aplikasi

Dukungan format : -
Market app / Tempat Download : Apple Store
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Spotlight
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik iPod
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-Kalkulator
-Browser Safari
-FaceTime
-Airplay (iOS 4.2)
-Airprint (iOS 4.2)
-Email
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Google Maps
-Kompas digital
-Akselerometer
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Facebook : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Twitter : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen

Nada dering

Format : AAC (8 sampai 320 Kbps), Protected AAC (dari iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (format 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, dan AAX+), Apple Lossless, AIFF, dan WAV   
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik dan profile
MP3 sebagai sms : Tidak
MP3 sebagai email : Tidak

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Silent, general, airplane mode
Mode pesawat : Ya

Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Ya
Download format game : -
Tempat download : Apple Store

Background

Format gambar : JPEG, GIF, PNG
Ukuran : 640 x 960 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : iTunes, kabel data
Aplikasi : iTunes
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 16/32 GB
Dukungan kartu memory : Tidak

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Foto personal, nomor handphone, email, nada dering personal, alamat web, nama perusahaan, dan alamat rumah.
Sinkronisasi OTA : Google Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : microSIM, Google Sync
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : microSIM
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : -
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Tidak
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Menu

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Tidak ada
Akeselerometer : Ya
Sensor cahaya : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : TIdak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Airplane mode
USB : Untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
53
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
2
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
21
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
25
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
53
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.