TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy 551
Review Samsung Galaxy 551
Oct 26 2010 9:51AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
93
58663

Perkenalan

Setelah mengeluarkan Samsung Galaxy 550 alias Samsung Galaxy 5 yang sudah dilengkapi dengan Android Eclair (2.1), Samsung kembali lagi dengan handphone Android terbarunya yang kini sudah dilengkapi dengan Android Froyo (2.2). Logo "With Google" yang tertera dibelakang handset ini menandakan Google turut andil dalam pengembangan software ini. Hal ini juga dinyatakan pihak Samsung bahwa software atau OS 551 ini memang dikembangkan bersama Google. Dari segi harga Samsung Galaxy 551 diposisikan untuk menggantikan Samsung Galaxy Spica yang dikeluarkan tahun lalu. Samsung membanderol Galaxy 551 dengan harga Rp2.700.000 dan spesifikasi dibawah inilah yang akan anda dapatkan jika anda membelinya.


Spesifikasi resmi :

-GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA 2100 MHz (up to 7.2MBps)
-Layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel
-Kamera beresolusi 3.15 megapixel
-Android Froyo 2.2 dengan kustomisasi tampilan TouchWiz versi 3.0
-Keyboard QWERTY
-Akselerometer
-Lubang jack audio standar 3.5mm
-Slot eksternal microSD (up to 32GB) dan memory internal sebesar 160MB
-Konektivitas Wi-Fi dengan dukungan DLNA dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
-GPS dengan dukungan A-GPS
-Prosesor 667 Mhz
-Wi-Fi tethering

Kelebihan :

-OS sudah Froyo
-Layar cukup sensitif
-Dukungan multitouch dan kinetik scrolling pada layar
-Pemutar video DivX
-Pengaturan kamera lengkap
-Shutter speed kamera tergolong cepat
-Keyboard qwerty nyaman digunakan
-Dengan turut andilnya Google dalam pengembangan OS 551 ini, dukungan OS maupun update OS biasanya lebih cepat.

Kelemahan :

-Resolusi layar kurang tinggi(240 x 400 piksel)
-Tidak terdapat fitur Swype
-Tidak terdapat aplikasi office bawaan
-Tidak terdapat tombol shutter dan lampu flash pada kamera
-Tidak terdapat fitur Live Wallpaper
-Flash Player tidak dapat dijalankan pada Unit yang kami review


Samsung Galaxy 551 yang kami miliki masih berupa prototipe dan tidak akan menutup kemungkinan akan terjadi sedikit perbedaan pada versi yang akan dijual dipasaran nantinya. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui kehebatan Samsung Galaxy 551 lebih detil lagi.

Hardware


Desain Samsung Galaxy 551 terlihat hampir sama dengan desain Galaxy 550. Perbedaanya terlihat pada tombol yang terdapat pada bagian bawah layar, ukuran handphone, serta keyboard QWERTY yang mana tidak terdapat pada Samsung Galaxy 550.


Pada bagian atas layar terdapat sensor cahaya dan lubang suara.


Layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel. Ukuran layar Galaxy 551 memang lebih besar dari layar XPERIA X8, namun resolusinya tidak lebih baik dari layar XPERIA X8 yang dilengkapi dengan layar beresolusi HVGA (320 x 480 piksel). Ini jelas terlihat saat kami memainkan game Raging Thunder 2. Saat digunakan dibawah sinar matahari, layar Galaxy 551 dapat terlihat dengan baik dan tidak terlihat efek kehitaman pada layar.


Pada bagian bawah layar terdapat 3 buah tombol penggunaan handphone.


Saat sliding terbuka, maka keyboard QWERTY berdesain 4 baris akan muncul dari balik sliding. Mekanisme sliding Galaxy 551 terasa kokoh saat kami mencoba memainkan slidingnya.


Pada bagian belakang handphone hanya terdapat kamera beresolusi 3.15 megapixel.


Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Galaxy 551.





Tampilan Antar-Muka Dengan Kustomisasi TouchWiz 3.0

Samsung Galaxy 551 hadir dengan tampilan antar-muka yang sudah dikustomisasi dengan tampilan TouchWiz 3.0 buatan Samsung. Tampilan ini juga digunakan pada handphone-handphone Android Samsung sebelum-sebelumnya seperti Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy 550 alias Samsung Galaxy 5. 



Terdapat total 7 home screen pada Galaxy 551 yang mana ketujuh home screen ini dapat anda terapkan widget atau ikon menu sebagai akses pintas. Anda dapat menggunakan metode drag dan drop pada layar Galaxy 551 untuk memindahkan ikon menu ke layar home screen. Terdapat beberapa widget yang dapat anda gunakan seperti widget jam digital, dual clock, facebook, feed and updates, google search, home screen tips, latitude, android market, news anda weather, picture frame, power control, youtube, dan program monitor. Sebagai informasi tidak terdapat live wallpaper pada Galaxy 551.


Untuk melihat notifikasi pada layar handphone, anda dapat menggeser layar bagian atas kearah bawah. Pada layar notifikasi juga terdapat akses pintas konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth.


Untuk menu, standarnya terdapat 2 halaman menu yang dipenuhi dengan ikon-ikon menu bawaan handphone. Jika anda mendownload aplikasi pada Android market, maka layar menu akan bertambah dengan sendirinya mengikuti banyaknya ikon pada handphone. Ikon menu dapat dipindahkan sesuai dengan keinginan anda dengan cara drag dan drop sesuai dengan kebutuhan anda.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Phonebook Dengan Dukungan Sinkronasi Jaringan Sosial

Tidak terdapat batasan penyimpanan kontak pada phonebook Galaxy 551. Jika pada handphone lama anda hanya tersedia pilihan backup kontak menggunakan kartu SIM, pada phonebook Galaxy 551 disediakan banyak pilihan untuk melakukan backup kontak pada phonebook seperti menggunakan Google Sync, Gmail, Facebook, Twitter, dan MySpace. Setelah menuliskan nama dan nomor kontak anda dapat langsung menyimpan kontak pada memory handphone ataupun Gmail.


Tersedia beberapa detil kontak seperti nada dering personal, alamat IM, foto personal, alamat rumah, dll pada phonebook. Anda juga dapat melihat update status teman-teman anda pada phonebook.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Input Teks Kini Lebih Mudah Dengan Adanya Keyboard QWERTY Sliding

Tersedia dua pilihan untuk melakukan input teks pada Galaxy 551 yaitu menggunakan layar handphone ataupun menggunakan keyboard QWERTY yang terdapat pada bagian sliding handphone. Mengetik teks menggunakan layar sama mudahnya dengan mengetik menggunakan keyboard QWERTY. Layar Galaxy 551 terasa mudah digunakan dan hanya diperlukan sentuhan halus untuk dapat mengetik teks.




Input teks sudah dilengkapi dengan fungsi copy dan paste untuk kemudahan pengetikan teks. Keyboard QWERTY virtual dilengkapi dengan dua pilihan cara penginputan teks yaitu portrait dan landscape.




Kemampuan Olah Pesan

Galaxy 551 dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. SMS dan MMS tergabung menjadi 1 editor bersama. Untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat memasukan kontent multimedia pada SMS (file foto, gambar, cuplikan suara). Tidak terdapat folder pemisah pada SMS.




Untuk Email, anda dapat menggunakan email standar bawaan Google yaitu Gmail. Email ini dilengkapi dengan pengaturan push email yang mana email baru langsung masuk ke inbox anda. Untuk Yahoo Mail dengan pengaturan push email anda dapat mendowload versi resminya pada Android Market secara gratis. Untuk email diluar itu anda tetap dapat menggunakanya namun dengan pengaturan email secara manual.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery



Galaxy 551 hanya dilengkapi dengan IM bawaan Google yaitu Gtalk. Untuk menggunakan IM lainnya anda dapat mendownloadnya pada Android Market.




Grafik dan Resolusi Layar

Samsung melengkapi Galaxy 551 dengan layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel. Layar keluarga Galaxy ini terlihat kurang tajam jika dibandingkan dengan layar Sony Ericsson XPERIA X8 (HVGA) saat kami gunakan untuk memainkan game yang sama yaitu Raging Thunder 2 yang hadir dengan grafik tinggi. Dibawah ini adalah hasil perbandingan kedua foto layar handphone tersebut.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Menurut kami layar Galaxy 551 memang agak nanggung, walaupun sudah dilengkapi dengan OS Froyo namun resolusi layar dan kedalaman warna kurang baik. Ini akan berpengaruh pada grafik layar yang terlihat kurang tajam. Namun menurut informasi yang kami dapatkan, Galaxy 551 memang ditujukan untuk segmentasi bisnis dan jaringan sosial jadi masalah resolusi layar dan ketajaman warna tidak terlalu penting.

Multimedia

Kamera 3.15 Megapixel

Untuk masalah kamera, Galaxy 551 sudah dipersenjatai dengan kamera beresolusi 3.15 megapixel yang sudah dilengkapi dengan fitur autofokus. Sayangnya kamera tidak dilengkapi dengan lampu flash LED sehingga pengambilan foto dimalam hari akan terlihat gelap. Walaupun demikian anda tetap dapat menggunakan pengaturan kamera yang tergolong lengkap seperti geotaging, shooting mode (single, cont, add me, smile shoot, panorama mode, action shoot), scene mode (landscape, sport, portrait, night, party/inddor, beach/snow, dwan, firework, sunset, fall colour, text, candelight, backlight), brigtness, macro mode, timer, resolusi foto (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, dan 0.1MP), metering mode, efek warna (hitam putih, negatif, sepia), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), dan garis foto.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery



Dibawah ini adalah hasil foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy 551.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery



Perekam Video

Selain dapat digunakan untuk memotret, kamera Samsung Galaxy 551 juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi QVGA (320 x 240 piksel). Terdapat beberapa pengaturan perekam video yang dapat anda gunakan seperti resolusi durasi video (normal, MMS), brightness, timer, resolusi (QVGA, QCIF), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), efek warna (hitam putih, negatif, sepia), kualitas video (normal, baik, sangat baik), adjust (kontras, saturation, sharpness), dan audio. Hasil rekaman video akan secara otomatis disimpan dalam file MP4. Dibawah ini adalah hasil perekaman video Galaxy 551.




Pemutar Musik

Walaupun berorientasi pada handphone bisnis, Samsung tidak asal-asalan dalam menggarap pemutar musik dan kualitas audio handphone Android-nya yang satu ini. Pemutar musik Galaxy 551 sudah dilengkapi dengan pilihan EQ (normal, rock, jazz, klasik, dance, pop, live, konser, wide, bass enhancement, dan music clarity), jack audio standar 3.5mm, dan channel 5.1 (hanya dapat digunakan dengan headset). Pemutar musik dapat memainkan lagu berformat MP3, WMA, dan AAC.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Saat lagu dimainkan maka akan terlihat tampilan album art pada pemutar musik, untuk mencari lagu yang anda inginkan anda dapat mengetik judul lagu atau penyanyi lagu menggunakan keyboard QWERTY. Saat lagu dimasukan kedalam handphone, pemutar musik akan secara otomatis memisahkan algu berdasarkan penyanyi, album, dan judul lagu. Overall, kualitas audio speaker Samsung Galaxy 551 ini tergolong bagus untuk sebuah handphone bisnis.

Galeri Foto dan Galeri Video

Galeri foto dan video tergabung menjadi satu galeri bersama. Foto dan video dipisahkan menurut tanggal pengambilan foto dan video masing-masing. Untuk melakukan zoom-in/out anda dapat menggunakan tiga cara seperti pinch and zoom (gerakan mencubit), mengetuk layar secara cepat sebanyak 2x, dan menggunakan tombol zoom-in/out virtual.


Terdapat beberapa fitur standar editing foto yang dapat anda gunakan pada galeri foto seperti cropping dan rotasi foto (ke kiri dan kanan). Selain itu juga terdapat slide shiw untuk melihat foto dengan tampilan menarik. Foto dapat anda kirimkan menggunakan all share, picasa, bluetooth, MMS, dan Email.


Pemutar video dapat memainkan video berformat DivX, MP4, WMV, dan H.263. Saat videi dimainkan layar akan secara otomatis memutar posisi video ke mode landscape. Tidak terdapat pilihan menonton video menggunakan mode portrait.


Radio FM

Sebelum mendengarkan Radio FM anda harus mencolokan headset terlebih dahulu pada handphone. Setelah itu barulah anda dapat mendengarkan radio menggunakan speaker ataupun headset. Chanel radio dapat anda cari secara manual ataupun otomatis sesuai dengan keinginan anda. Tampilan Radio FM terlihat sederhana dan mudah untuk digunakan.


Konektivitas Luas

Samsung Galaxy 551 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 2100 MHz (up to 7.2MBps) serta HSUPA. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Wi-Fi dengan dukungan DLNA yang memungkinkan anda menikmati konten digital dari perangkat lainnya yang juga bersertifikasi DLNA dan terhubung dengan Galaxy 551 serta Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Konektivitas GPS dengan dukungan A-GPS sudah disediakan didalam handphone Android terbaru dari Samsung ini.


Browser

Standarnya, handphone ini sudah dapat membuka 8 tab halaman web secara sekaligus. Namun kami tidak ingin menceritakan lebih lanjut mengenai browser standar Android. Kami akan membahas mengenai dukungan flash pada browser Galaxy 551.

>

Seperti yang Anda ketahui, setiap handset Android Froyo belum dilengkapi plugin Flash bawaan. Flash Player 10.1 tersedia untuk di download di Android Market khusus handset versi 2.2 alias Froyo. Namun setelah kami mencari-cari di Android Market, kami tidak menemukan Flash Player untuk Galaxy 551 ini di Android Market. Alhasil kami harus menginstal sendiri flash 10.1 yang kami temukan di internet ber-ekstensi .APK.

Kami melakukan beberapa ujicoba website dengan tampilan flash seperti teknoup.com dan bermain game Yoville pada Facebook. Saat browser meload kedua halaman web ini, browser selalu secara otomatis didrag keluar dari browser. Selanjutnya kami mencoba membuka website YouTube, website ini juga tidak berhasil dijalankan saat ujicoba. Belum terdapat informasi mengenai masalah ini sampai saat review ini kami turunkan. Kemungkinan Galaxy 551 masih tergolong baru, sehingga belum mendukung flash player sepenuhnya dan masih dalam pengembangan lebih lanjut. 

Catatan Editor : Jika flash player plug-in diaktifkan maka handphone akan secara otomatis keluar dari browser. Namun jika kami menonaktifkan plug-in (setting - plugin - off), browser kembali normal. Kami belum mendapatkan informasi perihal masalah ini, kemungkinan handset 551 yang kami dapat adalah versi prototype. Pihak Samsung sendiri mengatakan handset tersebut adalah versi prototype, sedangkan versi yang akan hadir dipasaran nanti adalah versi yang sudah disempurnakan dan kemungkinan flash player sudah berjalan normal.

Aplikasi Bawaan Pada Samsung Galaxy 551

Aplikasi YouTube

Aplikasi ini berfungsi untuk menonton video YouTube. Aplikasi YouTube dapat anda gunakan untuk mengupload video langsung dari handphone. Video YouTube pada aplikasi ini dapat anda saksikan dengan format high quality yang mana tidak terdapat pada aplikasi YouTube sebelumnya.


Aplikasi Layar

Samsung Galaxy 551 sudah dilengkapi dengan aplikasi Layar bawaan yang mana ini merupakan aplikasi reality untuk mencari tempat hiburan, apartmen, pengguna Twitter, universitas, halte busway, rumah sakit, cafe, restoran, factory outlet, dan butik. Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan kamera handphone dan sangat berguna untuk mencari tempat yang sedang kita tuju.


News and Weather

Aplikasi ini berguna untuk melihat ramalan cuaca serta mengetahui berita-berita mancanegara terkini.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Places

Aplikasi ini berguna untuk mencari tempat yang anda inginkan seperti restoran, coffee shop, bar, hotel, atm, stasiun pengisian bahan bakar, dan tempat hiburan masyarakat. Aplikasi ini akan secara otomatis mencarikan tempat yang terdekat dengan posisi anda menggunakan bantuan Google Maps dan GPS.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Organizer

Terdapat beberapa fitur organiser standar bawaan handphone seperti kalendar, memo, alarm, dan kalkulator.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Google Maps

Galaxy 551 hanya dilengkapi dengan map bawaan Google yaitu Google Maps versi terbaru. Tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan antara Google Maps versi sebelumnya dan versi terbaru. Hanya saja terdapat penambahan fitur baru seperti mencari tempat tujuan menggunakan bantuan suara dan tampilan street view dengan fitur baru. Google maps pada Galaxy 551 juga sudah dilengkapi dengan fitur kompas digital.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery

Seperti apakah Froyo pada Handset Galaxy 551 ini ?:

-Walaupun dikatakan OS Froyo lebih cepat dari Eclair dari sisi aplikasi, maupun startup. Kami tidak merasakan perbedaan yang siginifikan saat menggunakan handset ini. Kemungkinan perbedaan kecepatan yang hanya sedikit lebih cepat atau juga hardware dari Samsung Galaxy 551 ini yang kurang tangguh bila dibandingkan dengan handset Froyo sekelas Nexus One.

-Jika anda memiliki banyak akun email Gmail, anda dapat mengganti email lainnya pada Gmail dengan cara melakukan tapping pada bagian kanan atas Gmail.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery



-Adobe Flash Player 10.1, inilah letak keunggulan yang benar-benar berbeda bila dibandingkan dengan OS Android sebelum-sebelumnya. Froyo sudah dilengkapi dengan kelebihan yang satu ini yang mana berfungsi untuk menjalankan kontent flash pada browser seperti menonton video YouTube pada browser dan memainkan game Facebook pada browser. Sayangnya kami belum sempat mencoba fitur flash ini dikarenakan masalah Flash Player seperti yang kami kemukakan di halaman depan.

-Auto Spell pada Android Market, fitur ini sangat berguna saat mengetikan kata pada Android Market. Contoh jika anda ingin mencari aplikasi Facebook anda cukup mengetikan kata "Face" saja maka Android Market akan menganjurkan beberapa aplikasi untuk anda download.




-Hotspot portabel alias Wi-Fi Tethering, ini hanya terdapat pada Froyo. Jika anda sudah pernah mendengar fitur ini terdapat pada Android Eclair itu bukanlah fitur bawaaan handphone melainkan aplikasi. Pada Froyo ini adalah fitur bawaan setting handphone dan bukan aplikasi.


-Cloud Messaging, anda dapat mengirimkan data dari PC ke handphone anda. Contohnya adalah Chrometophone, caranya anda dapat menginstal aplikasi ini langsung dari handset Froyo anda dengan mendownloadnya di http://code.google.com/p/chrometophone/ . Aplikasi ini berguna untuk mengirim link dari browser chrome ke handset Android. Caranya : download aplikasi ini pada link di atas. Lalu download extention chrometophone di Google Chrome pada desktop PC Anda. Untuk dapat mengirim link URL, username login pada handset maupun extention di browser pc harus sama, dan aplikasi pada handset harus dinyalakan. Untuk mengirimnya cukup mudah, klik kanan pada link url yang ingin dituju, lalu kemudian klik chrometophone. Link browser akan membuka browser pada handset Android, sedangkan link youtube akan otomatis membuka aplikasi youtube dan link peta google akan membuka aplikasi google maps.

Samsung Galaxy 551 Review Gallery



-App2SD : perangkat Froyo memiliki kemampuan untuk menyimpan aplikasi di memory external (SDcard), namun cara yang menggunakan penginstallan SDK dari Google kami rasa sedikit repot. Untuk itu ada cara yang lebih mudah agar aplikasi dapat terinstall otomatis ke sdcard yaitu dengan mendownload aplikasi "app2sd" yang terdapat di Android market. Pada aplikasi ini, Anda dimungkinkan juga untuk memindahkan aplikasi yg sudah terlanjur terinstall di memory internal ke SDcard, namun tidak semua aplikasi dapat dipindahkan. Untuk itu kami menyarankan untuk menginstall aplikasi "app2sd" ini terlebih dahulu, sebelum mendownload aplikasi lain. Setelah aplikasi ini terinstall, semua aplikasi yang diinstall akan otomatis tersimpan di SDcard.


Wi-Fi Tethering

Samsung Galaxy 551 sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi tethering sehingga handphone berkeyboard QWERTY ini dapat dijadikan modem Wi-Fi. Dengan fitur ini Anda dapat berbagi jaringan data internet dengan teman dimana saja.


Daya Tahan Batery

Samsung Galaxy 551 dibekali dengan batery Li-Ion 1200 mAh, tidak terdapat keterangan daya tahan batery handphone Samsung yang satu ini pada website resminya namun saat ujicoba selama kurang lebih seminggu di kantor kami, batery dalam pemakaian normal dapat bertahan hingga 4 hari. Jika digunakan untuk browsing via Wi-Fi, GPS aktif, dan pemutar musik dimainkan terus, baterai tidak dapat bertahan lebih dari 1 hari.

Kata Penutup

Superioritas Froyo terlihat pada handphone Samsung yang satu ini. Menurut kami handphone ini layak untuk anda beli karena fiturnya sesuai dengan harganya.

Sekilas Penggunaan Samsung Galaxy 551

Fitur dan Penggunaan Standar HP
 
Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari brower dan aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (TweetDeck)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 3.15 megapixel
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Ya
Zoom : -
Fitur : Geotaging, shooting mode (single, cont, add me, smile shoot, panorama mode, action shoot), scene mode (landscape, sport, portrait, night, party/inddor, beach/snow, dwan, firework, sunset, fall colour, text, candelight, backlight), brigtness, macro mode, timer, resolusi foto (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, dan 0.1MP), metering mode, efek warna (hitam putih, negatif, sepia), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), dan garis foto.

Video Kamera

Resolusi : QVGA
Keadaan gelap : Cukup terang
Flash : Tidak
Frame perdetik : -
Fitur : Resolusi, durasi video (normal, MMS), brightness, timer, resolusi (QVGA, QCIF), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), efek warna (hitam putih, negatif, sepia), kualitas video (normal, baik, sangat baik), adjust (kontras, saturation, sharpness), dan audio.

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser

Format : HTML
Flash Player : Ya
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : 8 Tab

Layar

Layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel

OS

Type apa : Android Froyo 2.2
Upgrade OS : OTA
Upgrade selanjutnya : Belum diketahui

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY  virtual dan keyboard QWERTY fisik
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Tidak

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, dan AAC
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : All share, Email, bluetooth, MMS, dan Picassa

Wi-Fi

Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan


Dukungan 3G : Ya
Band : Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
Kecepatan HSDPA : 7.2MBps

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Gtalk
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): -
Waktu bicara : -
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas :  Baterai Li-Ion 1..200 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser dan aplikasi lainnya
Video : Ya, melalui browser, Youtube dan aplikasi lainnya

Aplikasi

Dukungan format : .APK
Market app / Tempat Download : Android Market
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-SNS
-Kalkulator
-Browser
-Gmail
-Email
-Aplikasi Layar
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Widget
-Google Maps
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Facebook : -
Twitter : -

Nada dering

Format : MP3
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik
MP3 sebagai sms : -
MP3 sebagai email : -

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Airplane mode, normal, dan silent mode
Mode pesawat : Ya

  Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Tidak
Download format game : APK
Tempat download : Android Market

Background


Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 240 x 400 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Google Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 160 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Nomor telepon, alamat email, alamat IM, alamat rumah, notes, foto personal, dan nada dering personal.
Sinkronisasi OTA : Google Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, Google Sync,Facebook, Twitter, MySpace, Gmail
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 7 home screen
Perpindahan : Lancar
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Widget

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Airplane mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Teknoup.com


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
6
18 Jul 2014
38
14 Jul 2014
23
04 Jul 2014
49
04 Jul 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
6
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
38
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
49
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
28
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
Sir Lancelot's Armor - Holy Grail Screen Protector
Pelindung Layar Tahan Peluru
1
Jun 11 2014
OPPO Find 7a
Temukan Performa Sangar
13
Jun 10 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.